Tertarik Ikut PPG 2022? Calon Guru Wajib Tahu Prosedurnya

Ada beberapa hal yang cukup penting untuk diketahui mengenai PPG 2022. Persaingan untuk menjadi guru di 2022 ini perlu diperhatikan. Terlebih lagi memerlukan persiapan yang matang.

Tujuan, Misi, serta Sasaran PPG 2022

Pendidikan profesi guru merupakan didikan tinggi sesudah program pendidikan sarjana yang menyiapkan peserta didik. Dengan tujuan untuk mempunyai profesi dengan syarat memiliki keahlian khusus untuk menjadi guru.

Lalu seberapa pentingkan PPG 2022 ini? Tujuan dari program tersebut merupakan sebuah usaha. Yaitu untuk menghasilkan guru yang mempunyai kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial serta profesional, dan mampu mengembangkan kompetensi lebih lanjut.

Misi dari Pendidikan Profesi Guru ini ialah menghasilkan guru yang memiliki daya saing tinggi serta profesional. PPG juga berfungsi untuk mengadakan publikasi dan penelitian ilmiah di tingkat nasional serta internasional.

Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat serta mengumpulkan kerjasama yang baik pada tingkat nasional dan internasional serta memberikan akreditasi prodi yang baik, HAKI, penelitian, serta publikasi artikel jurnal merupakan sasaran kegiatan.

Penyelenggara PPG diharapkan menjadi universitas yang berpusat pada petunjuk profesional, peningkatan sumber daya serta manajemen, penataan kelembagaan, peningkatan citra serta kemitraan internasional. Kemudian, misi terakhir dari kegiatan ini yaitu eskalasi mutu pembinaan kemahasiswaan.

Keuntungan dari PPG 2022

Ada beberapa manfaat jika Anda mengikuti PPG 2022 saat ini, jika telah menyelesaikan sarjana pendidikan. Mari simak apa saja keuntungan dari mengikuti program ini.

1. Mendapat Gelar Tambahan

Jika Anda memiliki minat terhadap program PPG 2022 saat ini serta telah menyelesaikan pendidikan tersebut. Maka akan mendapatkan gelar tambahan pada belakang nama.

Yang sebelumnya hanya mendapatkan gelar S.Pd jika telah menyelesaikan pendidikan sarjana. Maka berubah menjadi S.Pd, Gr jika telah menyelesaikan pendidikan profesi guru.

2. Sertifikat Keahlian

Anda akan mendapatkan sertifikat yang digunakan untuk mendampingi ijazah nantinya. Yaitu, ketika telah menyelesaikan program pendidikan profesi guru.

3. Memperoleh Tunjangan Sertifikasi

Hal ini cukup berbeda dengan mereka yang sebelumnya tak memiliki sertifikat PPG. Tunjangan tersebut diberikan oleh pemerintah kepada mereka yang memiliki sertifikat PPG dengan syarat memiliki NUPTK.

4. Dapat Mendapat Menjadi Guru SILN

Jika Anda tertarik untuk mengajar di luar negeri atau menjadi guru SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri). Maka tahap pertama yang harus dilakukan adalah menyelesaikan program PPG dengan sertifikat yang dimiliki sebagai peluang keberhasilan.

5. Kesempatan Menjadi PNS

Bagi sarjana yang ikut mendaftarkan diri sebagai CPNS, Memiliki kesempatan yang lebih besar ketika memiliki sertifikat pendidikan profesi guru.

Bahkan Anda tak perlu repot-repot untuk mengikuti test SKB karena telah memiliki sertifikasi melalui PPG.

6. Kompetensi Lebih

Dengan mengikuti program ini, Anda akan mendapatkan kompetensi yang lebih. Yaitu dapat menjadi seorang tenaga pengajar yang memiliki profesional serta kompetensi.

7. Subsidi Pemerintah

Mengikuti program pendidikan ini tentunya mendapatkan biaya yang lebih murah. Hal ini dikarenakan pemerintah telah memberikan subsidi kepada mereka yang ingin mengikuti PPG.

Lama & Syarat Program PPG 2022

Bagi mereka yang memiliki minat atau ketertarikan menjadi guru baik dari sarjana non-pendidikan atau fakultas pendidikan. Diharapkan tenaga pengajar tersebut memiliki profesional yang tinggi serta kompetensi yang memenuhi standar.

Anda harus menempuh waktu 1 tahun atau 2 semester lamanya untuk mengikuti program PPG ini.  Adapun orang yang dapat mengikuti program ini antara lain.

Lulusan S1 atau D4 dari perguruan tinggi dan program studi minimal akreditasi B yang berdasarkan AIPT. Untuk usianya sendiri maksimal 30 tahun yang dihitung dari 31 Desember pada tanggal mendaftar.

Dan syaratnya yang terakhir adalah terdaftar di PDDIKTI serta tercantum pada pangkalan program data studi PPG. Program ini wajib diikuti oleh tiap orang yang ingin menjadi tenaga pengajar Sekolah Dasar hingga Menengah Atas.

PPG Prajabatan dan Dalam Jabatan

PPG Prajabatan merupakan program untuk mereka yang telah menyelesaikan pendidikan S1 maupun D4. Diperuntukan bagi mereka yang belum menjadi guru dengan ketentuan lulusan dari fakultas pendidikan atau non-pendidikan.

Program ini diikuti do LPTK terdekat. Akan tetapi, LPTK tersebut telah dipilih atau ditunjuk Kemendikbud Ristek. Serta memiliki program studi yang sesuai dengan jurusan yang berhubungan atau terkait.

Biaya yang diperlukan untuk menempuh PPG ini memerlukan dana sekitar Rp7.5 juta hingga Rp10 jutaan tiap semesternya. Biaya tersebut telah disetujui oleh Kemenristek serta Asosiasi Rektor LPTK.

PPG dalam jabatan kebalikan dari program yang sebelumnya, agenda satu ini diperuntukan kepada mereka yang memiliki status sebagai guru. Dengan catatan telah mengajar dan sudah terdaftar pada catatan Dapodik.

Sedangkan PPG dalam jabatan ini tidak dikenakan biaya saat menempuh pendidikan tersebut. APBN atau APBD telah mendanai seluruh biaya program tersebut serta disalurkan ke LPTK.

Sistem Belajar

Sistem pembelajaran dari pendidikan profesi guru adalah peer teaching, tatap muka, praktikum, uji kompetensi, dan praktik mengajar. Bagi mereka yang mengikuti PPG dalam jabatan sistem pembelajarannya dilakukan secara daring.

Peserta PPG dalam jabatan juga ikut dalam acara orientasi mahasiswa pada LPTK yang dipilih. Setelah itu, mereka mengikuti pembelajaran sesuai dengan ketentuan berlaku seperti tatap muka.

Kegiatan perkenalan serta uji kompetensi yang diikuti oleh peserta pendidikan profesi guru dalam jabatan memerlukan waktu sekitar 3 bulan. Atau bahkan sesuai dengan ketentuan pemerintah atau LPTK yang bersangkutan mengenai lamanya masa orientasi jika ada kendala.

Kesimpulan Tentang PPG 2022

Ketika ingin mengambil PPG 2022 tentunya perlu memperhatikan aturan-aturan yang perlu diikuti. Aturan tersebut merupakan kunci untuk dapat mengikuti program pendidikan tersebut.

Yang pertama adalah mempersiapkan berkas yang diperlukan. Selanjutnya dilihat dari riwayat pendidikan yang ditempuh. Dan terakhir adalah akses info GTK.

Jika Anda seorang guru atau belum pernah mengajar tetap dapat mengikuti program ini sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Namun penting pula memperhatikan biaya yang diperlukan dan sistem pembelajaran apa yang diterapkan.

Apakah Anda tertarik untuk mengikuti program PPG 2022 tahun ini? jangan sampai kelewatan. Selain itu jangan lupa persiapkan biaya yang diperlukan serta memeriksa ulang syarat yang harus dipenuhi.

Leave a Comment