Jangan Terlambat! Catat Tanggal Penting dan Informasi PPPK Tahap 2

Informasi PPPK tahap 2 sangat penting untuk diketahui supaya tidak ketinggalan info seputar tes seleksi tersebut. Tes ini sangat penting bagi tenaga honorer yang sudah mengabdi dengan lama. Berikut tanggal-tanggal penting informasi PPPK tahap 2 yang perlu diketahui:

1.  1 November 2021, Awal Sosialisasi Informasi PPPK Tahap 2

Informasi PPPK tahap 2 harus diketahui dengan pasti dengan melihat di website resmi pemerintahTahap ini  peserta akan mendaftarkan diri di SSCASN.

Langkah selanjutnya adalah memilih jurusan atau jenis seleksi yang akan diikuti. Otomatis sistem akan mengecek NIK Anda.

Peserta yang sudah ada namanya di dapodik akan bisa memilih jurusan formasi. Bagi yang lulusan PPG dan guru swasta harus ada kualifikasi pendidikan.

Sistem ini akan bekerja selama 24 jam sejak dokumen diupload. Langkah selanjutnya adalah menunggu verifikasi.

Setelah mendapatkan verifikasi data Anda sudah bisa melakukan pencetakan kartu bukti pendaftaran akun.

2.  15-19 November 2021

Tanggal 15 hingga 19 merupakan masa pengumuman dan pendaftaran peserta tes. Anda bisa melakukan pendaftaran secara berkala setiap hari.

Anda harus memperhatikan apa saja yang harus dilengkapi dalam syarat mengikuti tes. Persiapkan bahan yang diperlukan untuk memudahkan Anda dalam mengisi syarat yang dibutuhkan.

Dalam kisaran tanggal ini Anda harus mempersiapkan diri setelah melakukan pendaftaran. Pelajari trik dan tips untuk bisa lulus tes.

3.  2- 5  Desember 2021

PPPK merupakan tes yang dilakukan untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak.  Jadi, dengan kata lain PPPK merupakan para ASN non pemerintah yang mendapatkan gaji setara dengan ASN.

Bagi yang sudah lulus PPPK ini bisa menduduki jabatan administratif dan fungsional di pemerintahan. Gaji PPPK setara dengan gaji PNS cuma tidak mendapatkan tunjangan masa tua atau pensiun.

Tes PPPK sekarang sedang memasuki proses tahap 2. Alur mengikuti seleksi tahap 2 dimulai pada tanggal 2 hingga 5 Desember 2021.

Pada tanggal 2 Desember 2021 peserta sudah mendapatkan hasil pengumuman lulus tidaknya tes tersebut. Peserta akan diberikan jangka waktu untuk mencetak kartu pendaftaran dari tanggal 2 sampai 5 desember.

Pada saat pengumuman peserta juga sudah mengetahui waktu dan tempat seleksi dimana akan mengikuti tes.

4.  7-10 Desember 2021, Informasi PPPK Tahap 2  tentang Tes Seleksi

Informasi PPPK tahap 2 selanjutnya adalah mengikuti tes seleksi. Tes seleksi akan dilakukan pada tanggal 7 sampai 10 Desember 2021.

Tes PPPK ini berupa tes kompetensi dan tes keahlian bidang atau SKB. Dalam tes yang diberikan akan ada soal berupa teknis, manajerial, sosial kultural, dan wawancara.

Soal yang diberikan juga meliputi pengetahuan kebangsaan, empati, matematis, dan logika. Banyak jenis soal lainnya yang akan Anda temukan di soal tes P3K tersebut.

5.  16 Desember 2021

Tanggal 16 Desember 2021 Anda akan melihat hasil tes yang sudah diikuti. Peserta akan mengetahui lulus atau tidak tes tahap 2.

Anda bisa melihat hasil pengumuman seleksi di situs yang sudah ditentukan. Prosedur selanjutnya setelah kelulusan adalah mengikuti masa sanggah dokumen.

6.  17-19 Desember 2021, Informasi PPPK Tahap 2  tentang Masa Sanggah

Masa sanggah adalah waktu melakukan sanggahan tentang hasil tes. Masa sanggah termasuk alur selanjutnya yang harus diikuti dari informasi PPPK tahap 2.

Waktu melakukan sanggahan diberikan selama 3 hari setelah pengumuman seleksi. Caranya peserta mengisi sanggahan berupa pernyataan kronologinya.

Jangan lupa mengunggah dokumen yang diperlukan. Jika selama masa sanggah terbukti terjadi kesalahan bukan dari peserta maka akan ada pengkajian ulang.

Pengumuman ulang hasil dari sanggahan yang diberikan akan diumumkan selanjutnya.Masa sanggah ini menjadi jalan terakhir yang tidak lewat seleksi. Hasil sanggah merupakan hasil pengumuman yang tidak bisa diubah lagi.

7.  30 Desember 2021

Informasi PPPK tahap 2 selanjutnya adalah melihat hasil pengumuman sanggahan terhadap hasil tes. Anda bisa mengecek apakah sanggahan diterima atau ditolak.

Bagi yang sudah lulus bisa mengikuti tahap selanjutnya. Sedangkan bagi yang tidak lulus persiapkan diri untuk mengikuti tes P3K tahap 3.

8.  24 Desember 2021 – 10 Januari 2022

Tahap selanjutnya adalah pemberkasan oleh peserta yang sudah lulus tes tahap 2. Pemberkasan dimulai dari tanggal 14 Desember 2021 hingga 10 Januari 2022.

Berkas yang harus dilengkapi yaitu surat pernyataan 5 poin sesuai aturan BKN nomor 14 tahun 2018. Surat pernyataan ini harus dilengkapi dengan materai dan tanda tangan calon peserta.

Berkas yang kedua adalah surat keterangan catatan kepolisian yang masih berlaku bisa diurus di kantor kepolisian. Selanjutnya daftar riwayat hidup dengan diunduh dari DRH yang sudah disediakan di web SSCN.

Kedua berkas tersebut dibuat dalam format PDF dan sudah ditandatangani dan ditempel materai. Surat bukti pengalaman kerja dan surat narkoba juga harus dilampirkan.

Berkas yang diperlukan lainnya ialah surat kesehatan jasmani dari rumah sakit pemerintah. Ijazah, transkrip serta ijazah penyetaraan dari Dikti harus diunggah juga.

Berkas ijazah harus asli bukan legalisir. Langkah selanjutnya mengunggah lamaran kerja kepada instansi yang dilamar.

Jangan lupa sertakan pas photo yang diperlukan. Pas poto menggunakan latar belakang merah bagi yang resmi.

9.  2-31 Januari 2022

Pada tanggal 2 hingga 31 Januari 2022 adalah masa penyampaian dokumen usul penetapan NI PPPK Guru. Masa ini adalah waktu tunggu dalam proses pemberkasan.

Penyeleksian akan dokumen yang di upload akan dinilai diproses ini. Peserta bisa memanfaatkan waktu beristirahat setelah mengikuti segala persyaratan.

Informasi PPPK tahap 2 harus diikuti tahap demi tahap untuk hasil yang terbaik.  Anda sudah melakukan segala usaha terbaik pasti akan mendapatkan hasil yang bagus.

10.  31 Januari 2022, Akhir Pengumuman Kelulusan dan Informasi PPPK Tahap 2 

Tahap ini merupakan hasil terakhir dari segala proses PPPK tahap 2. Tanggal 31 Januari merupakan waktu pengumuman hasil lulus atau tidaknya calon PPPK.

Bagi yang sudah lulus tentu sangat senang dan bangga atas hasil usaha keras selama ini. Sedangkan bagi yang tidak lulus bisa mencoba lagi di tahap selanjutnya.

Informasi PPPK tahap 2 semoga bermanfaat bagi yang memerlukannya. Usaha tentu tidak akan menghianati hasil.

Leave a Comment