Cek Update Jadwal Penyerahan Surat Keterangan PPPK Guru Tahap 2

Tahap pemberkasan PPPK guru tahap 2 diperpanjang hingga 4 Februari. Sementara itu, seleksi PPPK tahap 1 sedang dalam tahap evaluasi.

Masyarakat, khususnya peserta PPPK tengah menantikan informasi selanjutnya mengenai perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ini. Sebagian menunggu jadwal resmi pendaftaran PPPK tahap 3, sebagian lain menantikan berita yang sesuai harapan.

Surat keterangan (SK) PPPK guru menjadi berkas yang dinantikan para peserta lolos seleksi tahap 1 atau 2. Sebab, surat keterangan lulus PPPK bisa menjadi bukti bahwa guru tersebut telah tersertifikasi sebagai bagian dari lembaga pemerintah.

Sebagaimana diketahui, SK PPPK guru merupakan dasar hukum yang menyatakan bahwa seseorang telah sah menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Bagi PPPK guru tahap 1 yang sudah dinyatakan lulus, penting mengetahui bagaimana cara mengecek jadwal penyerahan SK nanti.

Selain itu, peserta PPPK guru tahap 2 juga bisa membaca ulasan mengenai langkah-langkah mengetahui jadwal tersebut. Dengan jadwal yang senantiasa terpantau, Anda tidak akan ketinggalan informasi terkini mengenai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dokumen dan Jadwal SK PPPK Guru Tahap 2

Berikut ini merupakan cara untuk mengecek jadwal penyerahan Surat Keterangan lulus PPPK guru. Simak hingga tuntas, ya.

1. Fungsi Surat Keterangan

Sebelum membahas cara mengecek jadwal penyerahan SK bagi peserta PPPK guru tahap 2, bukan salah membahas fungsinya terlebih dahulu. Dalam Peraturan Pemerintah Pasal 31 Nomor 49 Tahun 2018, SK PPPK merupakan dasar dimulainya perjanjian kerja antara dua pihak.

Contohnya, peserta PPPK guru tahap 2 yang resmi jadi pegawai di sebuah instansi pemerintah. Setelah melewati tahapan-tahapan dalam seleksi dan dinyatakan lulus, seperti halnya CPNS, PPPK guru juga akan diberikan Surat Keterangan.

Surat tersebut mengisyaratkan pada peserta yang telah mendapat NIPPPK agar segera bersiap, sebab artinya SPMT akan segera turun. Penyerahan SK juga menandakan bahwa peserta PPPK telah dibebani tanggung jawab untuk satu tahun penuh ke depannya.

Dengan surat keterangan tersebut, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak bisa menerima gaji dan tunjangan. Penyerahan SK akan diberikan bersamaan dengan diangkatnya peserta lulus seleksi menjadi ASN formasi PPPK.

2. Isi Surat Keterangan PPPK

Surat keterangan lulus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja memuat poin-poin ketentuan kerja bagi PPPK. Mulai dari tanggung jawab atau tugas, target kinerja, jangka waktu kerja, hak dan kewajiban, larangan, serta sanksi.

Pegawai yang menerima surat tersebut diharuskan membaca dengan teliti kemudian memahaminya. Jika pegawai bersedia, tandatangani di atas materai 10.000, tetapi jika tidak, terdapat sanksi atas ketidaksetujuan yang dianggap pengunduran diri tersebut.

3. Jadwal Penyerahan SK PPPK Guru Tahap 2

Melihat perkembangan PPPK guru tahap 2 yang sudah mencapai hari terakhir tahap pemberkasan, SK PPPK masih belum terdapat kejelasan. Namun, dihitung dari waktu pemberkasan PPPK guru tahap 1 sampai hari ini, tampaknya SK akan diserahkan pada pertengahan Februari.

Pasalnya, berdasar jadwal PPPK yang tertera, tahap pemberkasan akan selesai selambat-lambatnya 30 hari masa kerja. Selain itu, jangka waktu paling cepat adalah 25 hari masa kerja.

Kemudian, perkiraan jadwal penyerahan SK PPPK guru tahap 2 akan diberikan per bulan Maret. Jadwal ini belum dipastikan, sebab beberapa hal yang mungkin dialami tim penyeleksi berkas sehingga ketentuan tanggal bisa berubah.

Namun, peserta PPPK guru, baik tahap satu atau dua, tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa cara agar informasi jadwal penyerahan SK tidak terlewatkan.

4. Gabung Grup WhatsApp atau Telegram

Cara pertama, bukan sesuatu yang terlalu penting untuk dibahas sebetulnya. Namun, sebab beberapa orang sering mengabaikan fungsi grup sebuah kelompok, gabung grup menjadi hal yang penting untuk dibahas.

Bagi peserta yang sudah lulus, harap masuk grup yang telah disediakan, baik itu di Telegram atau di WhatsApp. Jika beralasan ponsel nge-lag karena sudah terlalu banyak grup, ada baiknya keluar dari grup yang kurang penting dulu.

5. Laman Resmi BKN

Selain dari grup, Anda bisa mengeceknya secara berkala setelah 25 hari sejak penyampaian usulan di laman www.sscasn.bkn.go.id. Di portal tersebut, klik kolom (garis tiga) bagian kanan atas.

Kemudian, pilih ‘layanan informasi’ kemudian tekan ‘kontak instansi’ di urutan kedua. Setelah masuk laman instansi, masukkan nama instansi yang Anda lamar di kolom pencarian.

Jika sudah dirilis jadwalnya, akan muncul info mengenai SK PPPK yang akan diserahkan Dinas Pendidikan. Kemudian, tunggu instruksi selanjutnya setelah penentuan jadwal penyerahan SK.

Sebab pengumuman masih belum tentu, sebaiknya lakukan cara berikut ini juga. Simpan informasi yang memuat cara mengetahui kapan penyerahan PPPK guru tahap 2 ini untuk dilihat kembali, jika sewaktu-waktu terlupa.

Setelah Penyerahan SK PPPK Guru Tahap 2, Selanjutnya Apa?

Dilihat dari fungsinya, SK bisa diibaratkan tanda bahwa calon PPPK resmi dinobatkan sebagai ASN formasi PPPK. Lalu, tahapan selanjutnya apa?

Bagi beberapa orang yang bisa dianggap overthinking, pertanyaan seperti itu akan sering diajukan. Tidak perlu khawatir atau cemas berlebihan, sebab keunggulan PPPK dibanding CPNS akan segera Anda dapatkan setelah pemberian SK.

Setelah mendapat surat tersebut adalah saat untuk Anda mulai mengabdikan diri pada negeri, dengan tunjangan dan gaji 100 persen. Tanpa pelatihan dan tanpa potongan, gaji pun akan diterima sebulan pertama setelah kerja.

Kemudian, setelah penetapan PPPK dan berlangsung selama 1 tahun kontrak kerja, Anda bisa mendapat perpanjangan kontrak setiap tahunnya. Dengan catatan, kinerja Anda selalu baik dan makin baik setiap waktunya.

Jika Anda memutuskan kontrak sebelum masa kerja selesai, ada sanksi dan denda yang mesti diterima. Lalu, apabila kontrak kerja pertama selesai dan tidak diperpanjang, Anda bisa melamar pekerjaan yang sama di instansi berbeda.

Dengan surat tersebut, hak yang serupa atau lebih bisa didapatkan. Namun, lampiran tersebut tidak dapat digunakan untuk melamar posisi pekerjaan berbeda.

Jika ingin melamar jabatan lain, pegawai PPPK harus kembali melalui tahap seleksi. Gambarannya, kembali ke masa registrasi sampai seleksi PPPK.

Itulah informasi mengenai jadwal penyerahan SK PPPK guru tahap 2 serta cara melihat jadwalnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment