Jadwal PPG Daljab 2022 Mulai Februari Hingga Maret Ini

Guru yang telah mengajar namun belum memiliki sertifikat pendidikan, ada baiknya untuk mengikuti PPG Daljab 2022. Sertifikat tersebut merupakan alat untuk menunjang dosen atau guru dalam menjalan profesinya.

Alur Tanggal Pendaftaran

PPG Daljab 2022 berlangsung dari 7 Februari hingga 4 Maret 2022. Untuk pendaftaran serta pengiriman berkas dari 7 hingga 23 Februari 2022.

Untuk perbaikan berkas dari 7 hingga 25 Februari 2022. Di tanggal 4 Maret 2022 merupakan pengumuman hasil seleksi administrasi.

Penting untuk Anda menyiapkan berkas yang diperlukan mengenai pendaftaran program pendidikan profesi guru ini. Selain itu, jangan sampai salah dalam mengirimkan berkas-berkas yang diminta.

Cara Mendaftar PPG Daljab 2022

Pastikan sebelumnya untuk menyiapkan semua berkas yang diperlukan serta menyiapkan diri untuk mendatar. Berikut cara mendaftar PPG Daljab 2022:

  1. Mendaftar melalui laman ppg.kemdikbud.go.id serta mengirimkan berkas yang sesuai dengan persyaratan. Pada laman tersebut masuk atau log-in dengan akun SIMPKB masing-masing.
  2. Mengunggah scan ijazah asli D-IV atau S-1 serta syarat administrasi lainnya yang diminta.
  3. Memilih bidang studi linier yang ingin ditetapkan
  4. Melakukan pengisian nama perguruan tinggi serta program studi sesuai dengan ijazah yang dimiliki.
  5. Selanjutnya, menunggu pengumuman kelulusan seleksi administrasi pada laman kemdikbud PPG serta login dengan akun SIMPKB.
  6. Terakhir, memeriksa status kelulusan seleksi administrasi dengan parameter berikut:

Disetujui, jika berkas telah lengkap dan bidang studi PPG Linier dengan ijazah S-1/ D-IV.

Ditolak (perbaikan), jika berkas tidak terpenuhi dan bidang studi atau prodi tidak linier (tetapi dibolehkan adanya perbaikan).

Ditolak permanen, jika berkas tidak memenuhi syarat. Bidang studi yang dipilih tidak linier dengan ijazah serta tidak memungkin untuk perbaikan.

Guru yang telah lolos validasi dan verifikasi dengan status disetujui dinyatakan lolos seleksi administrasi PPG Daljab.

Surat Kemendikbudristek Sebagai Landasan PPG Daljab 2022

Berdasarkan peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2017 mengenai atas alternasi peraturan pemerintah No. 74 tahun 2008 tentang guru. Direktorat PPG, Direktorat Jenderal Guru serta tenaga kependidikan. Kemendikbudristek akan membuka pendaftaran dan juga seleksi administrasi pelaksanaan PPG Daljab 2022.

Berdasarkan dengan surat edaran tersebut, persiapan seleksi administrasi dan pendaftaran PPG Daljab sebagai berikut:

  1. Data calon peserta PPG berdasarkan hasil pemutakhiran Dapodik 31 Januari 2022
  2. Calon terdiri dari kategori, yaitu guru yang diangkat sampai dengan 31 Desember 2015. Yang kedua, guru yang diangkat mulai 1 Januari 2016 sampai 1 Januari 2019.
  3. Peserta program PLPG yang ter data belum mengikuti UTN dengan total jumlah sebanyak 4 kali. Selain itu, memenuhi syarat untuk dapat mengikuti seleksi administrasi PPG Daljab tahun 2022.
  4. Calon peserta PPG Daljab wajib melakukan pendaftaran melalui laman ppg.kemdikbud.go.id masuk menggunakan akun SIMPKB.
  5. Validasi dan verifikasi dilakukan untuk meninjau linear antara bidang studi PPG yang ditetapkan. Yaitu dengan ijazah S-1/D-IV dimiliki serta syarat administrasi lainnya.
  6. Tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal pelaksanaan serta seleksi administrasi PPG Daljab. Serta daftar linear yang tertera di lampiran 1 dan 2.

Persyaratan Seleksi Administrasi

Yang pertama adalah mengenai persyaratan peserta, yaitu guru yang di lingkungan Kemendikbudristek yang belum mengikuti program sertifikasi guru. Terdaftar di Dapodik Kemdikbudristek.

Persyaratan calon peserta juga harus memiliki NUPTK serta telah diangkat menjadi guru sampai 1 Januari 2019. Mempunyai kualifikasi akademik S-1/D-IV linier sesuai dengan bidang studi pendidikan profesi guru yang diikuti.

Persyaratan lainnya, yaitu aktif mengajar selama dua tahun terakhir, berusia maksimal 58 tahun sampai dengan 31 Desember 2022. Dipastikan sehat jasmani dan juga rohani serta bebas dari NAPZA dan berkelakuan baik.

Selanjutnya memenuhi persyaratan administrasi yang harus dilakukan oleh calon peserta PPG. Yang pertama, hasil scan ijazah asli atau fotokopi legalisir perguruan tinggi. Untuk mahasiswa S-1 luar negeri dapat melampirkan surat penyetaraan dari Ditjen Dikti.

Kedua, hasil scan SK pengangkatan pertama sebagai guru, legalisir Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten/Provinsi.  Selanjutnya hasil scan SK kenaikan pangkat terakhir untuk guru PNS asli dan juga fotokopi legalisir.

Selain itu bisa pula SK pengangkatan 2 tahun terakhir 2021/2022 dan 2020/2021 untuk guru non-PNS. SK tersebut harus dilegalisir oleh beberapa badan atau pihak.

Yaitu Dinas Pendidikan Provinsi/Kota/Kabupaten/BKD untuk guru PNS. Untuk guru yang ditugaskan oleh Pemerintah Daerah atau diberi kekuasaan, memiliki persyaratan yang sama dengan PNS.

Ketua Yayasan juga melakukan legalisir untuk guru tetap Yayasan. Terakhir, untuk guru non-PNS di sekolah negeri yang mempunyai SK dari Pemerintah daerah, dilegalisir oleh Dinas Pendidikan pula.

Persyaratan administrasi selanjutnya adalah scan SK pembagian tugas mengajar selama 2 tahun terakhir serta dilegalisir oleh Kepala Sekolah. Terakhir, hasil pindai pakta integritas yang telah ditanda tangani serta dibubuhi materai 10 ribu dengan format terlampir.

Segera Daftarkan Diri untuk Ikut PPG Daljab 2022

Seleksi penerimaan calon program PPG dalam jabatan ini melalui 3 tahapan. Yang pertama adalah seleksi administrasi tahap satu.

Selanjutnya seleksi kemampuan akademik atau prestest. Terakhir seleksi administrasi tahap kedua.

Proses pembelajaran program pendidikan profesi guru ini dilakukan melalui daring atau luring, dan atau kombinasi keduanya. Pada proses pembelajaran sangat bergantung dari universitas masing-masing.

Jika ada yang berbeda, maka ada baiknya untuk mohon dimaklumi. Karena setiap aturan dari universitas mengenai pembelajaran atau kuliah PPG memiliki aturannya masing-masing, namun umumnya sama.

Sebagian besar universitas melalukan pendalaman atau pemahaman materi sebanyak 10 modul dengan waktu pembelajaran dari Senin hingga Sabtu. Mengenai sistem pembelajaran yang lainnya ada baiknya untuk menanyakan langsung ke universitas terkait.

Informasi Lebih Lanjut PPG Daljab 2022

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran PPG Daljab di 2022 ini dapat langsung ke portal website ppg.kemdikbud.go.id. Penting pula untuk memperhatikan persyaratan administrasi apa saja yang perlu dipenuhi.

Beberapa telah dijabarkan di atas mengenai alur pendaftaran serta tanggal penting PPG dalam jabatan 2022. Mari daftarkan PPG Daljab 2022 sekarang juga.

Leave a Comment