Freshgraduate Berpeluang Besar Jadi PPPK Jika Ikut PPG Prajab 2022

Kemendikbudristek telah membuka pendaftaran PPG Prajab 2022. Yuk cari tahu kisi-kisi informasi mengenai program itu sebagai berikut.

Pengertian PPG Prajab 2022

Profesi Pendidikan Guru atau sering disingkat PPG merupakan program yang dikhususkan untuk mendidik calon-calon guru. Program ini terbagi menjadi dua kategori, yakni dalam jabatan dan pra jabatan.

PPG dalam jabatan dikhususkan untuk guru-guru yang sudah mengabdi di sekolah masing-masing, sedangkan prajab untuk guru fresh graduate. Yakni mahasiswa sarjana pendidikan yang baru saja selesai menamatkan pendidikan S1 atau D4.

Tidak menutup kemungkinan bagi guru yang sudah mengajar, tetapi baru memiliki ijazah sarjana. Mendaftarkan diri untuk mengikuti program model baru ini.

Selain itu juga terbuka bagi guru yang mengambil jurusan kependidikan maupun non-kependidikan. Berita baiknya, PPG Prajab 2022 bisa diikuti di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Mahasiswa LPTK akan mengikuti pendidikan selama satu tahun atau dua semester. Para peserta didik akan memperoleh pendidikan khusus untuk menguasai kompetensi seorang pendidik.

Program ini nantinya akan sinkron dan terintegrasi dengan ASN (Aparatur Sipil Negara). Ini adalah salah satu solusi untuk menjadikan profesi guru lebih diperhatikan kesejahteraannya oleh pemerintah.

Namun, jangan beranggapan bahwa untuk dapat lulus seleksi ASN itu mudah. Tentunya ada persaingan dan melewati tahapan seleksi yang cukup ketat.

Berdasarkan data dari Kemendikbudristek kebutuhan tenaga guru lima tahun ke depan  menyentuh angka 1jutaan orang untuk seluruh Indonesia. Maka diharapkan program ini dapat memberikan solusi dari masalah kekurangan pendidik tersebut.

Persyaratan PPG Prajab 2022

Bagi Anda yang tertarik mengikuti program ini, beberapa dokumen yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut.

1. Melengkapi Biodata Calon Peserta PPG Prajab 2022

Tulislah secara lengkap pengalaman mengajar Anda dan juga pendidikan yang sudah ditempuh. Berikanlah data selengkap mungkin dan informasi yang disampaikan juga harus detail.

Contohnya, informasi awal Anda menjadi pendidik di sebuah sekolah atau lembaga pendidikan lainnya. Walaupun fresh graduate tentunya pernah melakukan praktek pengajaran ke peserta didik.

Penjabaran seperti itu bisa ditulis untuk melengkapi biodata. Sebagai pertimbangan apakah Anda layak untuk mendapatkan kesempatan mengikuti program ini.

2. Ijazah dan Transkrip Nilai Calon Peserta PPG Prajab 2022

Pastikan Anda sudah memegang ijazah dan transkrip nilai asli, bukan fotokopi. Dikarenakan kedua dokumen tersebut diperlukan untuk pembuktian tempat kelulusan.

Sering terjadi peserta tidak lolos seleksi administrasi dikarenakan dokumen asli belum diambil setelah lulus wisuda ataupun hilang. Jangan sampai hal tersebut terjadi, karena tentunya akan berakibat fatal bagi Anda.

3. Pasfoto Ukuran 4×6

Latar belakang pasfoto dibedakan berdasarkan jenis kelamin, jika Anda perempuan maka warna yang dipilih adalah merah. Sedangkan warna biru untuk laki-laki, pastikan jangan keliru memilih latar belakang warna dan ukuran pasfoto. Mengenakan kemeja formal berwarna putih dan memakai dasi berwarna hitam bagi laki-laki.

4. KTP dan KK Baru

KTP yang Anda miliki harus sudah e-KTP dengan KK keluaran model terbaru dan sudah terdaftar di Disdukcapil.

5. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani

Selain surat keterangan kesehatan, Anda wajib menyertakan surat bebas NAPZA dari BNN untuk melengkapi syarat PPG Prajab 2022.

Kedua surat tersebut dikeluarkan oleh dua instansi berbeda, pihak rumah sakit tidak diizinkan untuk mengeluarkan surat keterangan bebas narkotika.

6. Melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Surat ini bisa diajukan di kantor kepolisian terdekat berdasarkan tempat tinggal ataupun tempat mengajar Anda. Pastikan untuk mencantumkan alasan yang tepat, yakni untuk mengikuti program PPG Prajab 2022.

7. Membayar Biaya yang Telah Ditentukan

Biaya yang ditetapkan cukup terjangkau dan dapat Anda bayarkan melalui BTN atau BNI. Untuk periode sebelumnya, ada kesempatan untuk dibiayai oleh pemerintah. Akan tetapi, alangkah lebih baik bahwa Anda juga mempersiapkan sejumlah uang sehingga lebih aman dalam segi pendanaan.

8. Memantau Situs Kemendikbud atau LPTK

Pertama kali yang Anda lakukan adalah membuat akun di situs itu, kemudian akan ada pemberitahuan bahwa pendaftaran telah dibuka. Seluruh dokumen yang diminta untuk dilengkapi harus dipindai dan diunggah melalui situs tersebut.

Setelah semua persyaratan dilengkapi jangan lupa untuk memantau perkembangan informasinya. Jika pemberkasan dinyatakan lolos, maka akan menerima notifikasi yakni Anda diundang menjadi calon peserta pendidikan profesi guru prajabatan.

Tahapan Seleksi ASN Jika Sudah Ikut PPG Prajab 2022

Setelah menyimak persyaratan program ini, selanjutnya informasi yang harus Anda diketahui adalah tahapan seleksi. Ada tiga tahapan seleksi, yakni pengajuan formasi guru yang diajukan oleh pemerintah daerah.

Kemudian persetujuan formasi guru yang sudah diajukan akan ditetapkan oleh KemenPANRB. Tahapan berikutnya adalah penetapan seleksi ASN Guru.

Bagian ini akan dilakukan oleh Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) yang terdiri dari berbagai instansi terkait, antara lain KemenPANRB, BKN. Lalu Kemendikbudristek, Kemenag, Kemendagri, Kemenkeu, BSSN, BPPT dan terakhir BPKP.

Banyaknya pihak yang terlibat karena adanya tahapan seleksi ASN di bagian akhir. Adapun standar seleksi yang akan dihadapi berupa tes penguasaan konten, tes literasi dan numerasi.

Ada juga tes kepribadian, wawancara dan terakhir pengangkatan serta penempatan ASN Guru. Jika Anda sudah lolos tahapan seleksi ASN, otomatis mengikuti program Pendidikan Profesi Guru ASN.

Atau singkatnya akan mengikuti program PPG Prajab 2022 yang dilakukan oleh Ditjen GTK dengan LPTK. Dan setelah berhasil mengikutinya akan memperoleh sertifikasi.

Sertifikat itu sangat penting bagi pendidik sesuai dengan amanah UU Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Berdasarkan sertifikasi itu barulah penugasan dan penempatan guru disesuaikan dengan unit tugas masing-masing.

Yang ditentukan seluruhnya oleh pemerintah daerah. Kemudian Anda dapat memilih dua jalur yang diminati, yakni jalur karir sebagai guru atau kepemimpinan sekolah.

Keuntungan bagi guru yang memperoleh sertifikat PPG, jika masih honorer bisa memperoleh tunjangan sertifikasi dan penyesuaian gaji dengan PNS. Sedangkan yang sudah PNS akan memperoleh tunjangan sertifikasi yang dibayar per tiga bulan.

Lalu bagi mahasiswa lulusan sarjana pendidikan tidak perlu mengikuti tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang)  jika telah memiliki sertifikat PPG. Banyak formasi yang mewajibkan sertifikat pendidik sebagai salah satu syarat untuk pendaftaran CPNS. Tertarik mengikutinya? Segera daftarkan diri Anda sebelum pendaftaran ditutup.

Leave a Comment