5+ Informasi Lengkap NUPTK 2022 Dapodik, Penting untuk Guru

NUPTK 2022 Dapodik menjadi dokumen penting yang harus dimiliki guru dan tenaga kependidikan (GTK) di tingkat SD/MI hingga SMA/SMK/MA. Zaman sekarang, dokumen berupa nomor 16 digit ini sudah bisa diurus secara online, sehingga lebih mudah dan cepat. penasaran dengan berbagai informasi tentang NUPTK? Simak ulasannya berikut ini.

1. Apa itu NUPTK 2022 Dapodik?

Para guru maupun tenaga kependidikan di semua tingkat satuan pendidikan tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah NUPTK.  NUPTK merupakan nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan yang berfungsi sebagai nomor identitas resmi kependidikan para GTK.

Sebagai guru maupun tenaga kependidikan (GTK), Anda bisa mengajukan NUPTK dengan memenuhi beberapa persyaratan sesuai jabatan. Nantinya proses pengajuan bisa dilakukan secara online menggunakan PC atau smartphone melalui website Verval PTK.

2. Kegunaan NUPTK 2022  Dapodik

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) memiliki banyak manfaat, baik bagi guru maupun tenaga kependidikan. Kegunaan atau manfaat dari dokumen ini bisa dirasakan oleh guru dan tenaga kependidikan yang PNS maupun non PNS.

NUPTK 2022 Dapodik bisa menjadi syarat guru honorer untuk mendapat tunjangan, pembinaan guru, dan berbagai program dari Kemendikbud. Kemudian, dokumen ini bisa membuat para guru atau tenaga kependidikan non PNS berkesempatan mendapat beasiswa pendidikan.

Dokumen ini bisa membuat para tenaga kependidikan berkesempatan untuk berpartisipasi dalam pengumpulan data dalam program peningkatan kesejahteraan pendidik. Selain itu, para tenaga kependidikan juga bisa mendapat nomor identifikasi resmi dan turut berpartisipasi dalam berbagai program dari pemerintah.

3. Siapa yang Bisa Mendapatkannya?

Seperti namanya, Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) bisa didapat oleh guru dan tenaga kependidikan. Guru dan tenaga kependidikan yang bisa mendapatkan dokumen ini bisa berstatus CPNS/PNS maupun non PNS.

Dokumen ini bisa didapat oleh guru dan tenaga kependidikan (GTK) di sekolah negeri dan sekolah swasta. Meskipun begitu, ada persyaratan yang menentukan apakah GTK bisa mendapatkan NUPTK 2022 Dapodik atau tidak, misalnya durasi masa kerja.

4. Syarat Pengajuan

Syarat yang ditentukan supaya bisa mengajukan NUPTK umumnya berbeda untuk setiap guru dan tenaga kependidikan (GTK). Meskipun begitu, terdapat beberapa persyaratan yang sama, khususnya untuk persyaratan administrasi. Persyaratan umumnya GTK PNS maupun non PNS harus memiliki masa kerja minimal 2 hingga 2,5 tahun di sekolah/yayasan.

Selanjutnya, beralih ke bagian persyaratan administrasi, terdapat beberapa dokumen yang harus disiapkan oleh para pengaju NUPTK. GTK PNS maupun non PNS harus menyiapkan scan KTP (pdf), serta SK pengangkatan dan pembagian tugas. Selain itu, para GTK juga harus menyiapkan scan ijazah dan nilai mulai dari SD hingga S1 dalam bentuk pdf.

5. Prosedur Pengajuan

Setelah memenuhi semua persyaratan yang diminta, Anda sudah bisa memulai proses pengajuan NUPTK 2022 Dapodik. Pertama, Anda bisa melakukan pengajuan melalui website resmi verval PTK dengan mengetik http://vervalptk.data.kemendikbud.go.id/ di kolom search Browser atau chrome. Langkah kedua, silahkan login menggunakan akun Dapodik yang sudah dimiliki.

Ketiga, silahkan klik menu “Pengajuan NUPTK”, dan nantinya data PTK yang belum memiliki NUPTK akan muncul. Setelah menemukan nama Anda dalam daftar tersebut, maka langkah keempatnya silahkan klik “Ajukan NUPTK”. Nantinya layar PC/smartphone Anda akan menampilkan halaman upload berkas pengajuan NUPTK.

Langkah kelima, silahkan unggah semua persyaratan administrasi yang sudah disiapkan (scan ijazah, dll) dengan masing-masing berkapasitas maksimal 2 MB. Langkah terakhir, klik tombol “Ajukan”, dan jika berhasil maka akan muncul notifikasi “Pengajuan NUPTK berhasil”.

6. Prosedur Cetak Kartu NUPTK

Setelah prosedur pengajuan berhasil, Anda harus mengirimkan hardcopy Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan ke dinas pendidikan setempat. NUPTK yang sudah berhasil diajukan nantinya bisa dicetak sebagai kartu secara online. Dari file kartu NUPTK 2022 Dapodik yang telah diunduh, Anda bisa mencetaknya jika dibutuhkan.

Langkah pertama, Anda bisa mengakses website verval GTK dengan mengetik https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appKey=ECAEF583-9134-43B6-B092-01E9E864FB23 di kolom search Google Chrome atau Browser. Setelah itu, silahkan login dengan memasukkan username dan password, kemudian klik “Log In”.

Langkah ketiga, setelah login silahkan klik opsi “Kartu NUPTK” lalu pilih kartu yang ingin dicetak, sesuai identitas Anda. Setelah itu, layar perangkat akan menampilkan kartu yang akan dicetak, dan langkah selanjutnya Anda bisa langsung memilih ikon “»”. Kemudian, Anda bisa menekan pilihan “Download” yang tertera di layar dan nantinya file akan terunduh.

7. Prosedur Cek Keaktifan NUPTK 2022 Dapodik

Jika sudah mengetahui bagaimana proses pengajuan NUPTK 2022 Dapodik, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui prosedur cek keaktifan NUPTK. Proses pengecekan ini bisa dilakukan melalui website resmi Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).

Caranya, pertama siapkan PC ataupun smartphone yang bisa digunakan untuk mengakses internet dengan koneksi stabil. Kedua, buka Google Chrome, Mozilla Firefox atau Browser kemudian ketik http://gtk.data.kemdikbud.go.id/ di kolom pencariannya, lalu klik tombol search.

Langkah ketiga, jika sudah muncul laman yang dimaksud, silahkan pilih menu status NUPTK yang berada di sudut kanan atas. Setelah dipilih, nantinya dari menu tersebut akan muncul laman status NUPTK bagi para GTK Kemendikbud/Kemenag. Maka langkah keempat, masukkan NUPTK yang sudah Anda miliki, lalu klik tombol search (ikon lup berlatar belakang merah).

Setelah memasukkan NUPTK, Anda bisa langsung melihat apakah status NUPTK aktif atau justru sebaliknya. Jika aktif, maka di kolom status akan tertulis “NUPTK Aktif” atau “Terdaftar di Kemendikbud”. Namun jika tidak aktif, maka di kolom status akan tertulis “NUPTK Tidak Aktif” atau “Tidak Terdaftar di Kemendikbud”.

Itulah beberapa informasi penting seputar NUPTK 2022 Dapodik yang perlu Anda ketahui, khususnya sebagai guru maupun tenaga kependidikan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dalam menambah wawasan dan mempermudah proses pengajuan NUPTK.

Leave a Comment