11 Universitas Luar Negeri Buka Program Beasiswa Microcredential Guru

Kemdikbudristek kembali membuka program beasiswa microcredential guru yang ditujukan untuk kepala sekolah dan pendidik. Guru-guru mulai dari jenjang TK hingga SMA, apabila berminat dapat segera mendaftar di portal GTK Kemdikbud.

Sebagai informasi, program beasiswa microcredential guru ini merupakan program studi non-gelar yang diselenggarakan perguruan tinggi luar negeri. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi, memberikan modul pembelajaran terbaik, lebih profesional dan masih banyak lagi.

Tahun ini, terdapat 11 universitas ternama yang dapat dipilih salah satunya oleh calon peserta beasiswa. Lalu, universitas mana saja yang terikat dengan program beasiswa microcredential guru ini?

Info Seputar Program Beasiswa Microcredential Guru 2022

Berikut ini informasi seputar beasiswa microcredential yang diberikan oleh Kemdikbud. Simak sampai selesai, ya.

1. Pengertian Program Beasiswa Microcredential Guru

Program beasiswa microcredential guru adalah serangkaian pendidikan singkat yang ditujukan untuk para guru semua jenjang, begitu juga dengan kepala sekolah. Berdasar informasinya, lamanya menempuh pendidikan kilat ini adalah sekitar 3, 4, atau sampai 6 bulan.

2. Tujuan Program Beasiswa Microcredential Guru

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, tujuan diselenggarakannya acara terbuka untuk para guru ini memiliki maksud tertentu. Yakni, menjadikan para guru lebih berkualitas dalam hal ajar-mengajar, baik guru sekolah swasta maupun negeri.

3. Jadwal Pendaftaran

Dilansir dari laman GTK Kemendikbud, pendaftaran program beasiswa sudah bisa dimulai sejak tanggal 02 Februari. Kemudian, untuk jadwal penutupan, mengikuti aturan dari perguruan tinggi yang dituju, dapat dilihat di website masing-masing universitas.

Selanjutnya, hari penting diselenggarakannya acara ini adalah mulai dari Mei hingga Oktober mendatang. Sudah siap?

4. Ketentuan Peserta Program Beasiswa Microcredential Guru 2022

Kemdikbud memublikasikan ketentuan peserta yang bisa mengikuti program beasiswa microcredential guru bersamaan dengan resmi dibukanya pendaftaran. Menurut Kemdikbud, peserta yang dapat mengikuti program belajar daring ini merupakan guru dengan minimal masa kerja 2 tahun.

5. Persyaratan Umum

Selain kriteria, persyaratan umum sangat penting diketahui Anda yang berminat mengikuti program ini. Yang pertama, peserta merupakan WNI sebagaimana disebut di poin sebelumnya, dengan masa kerja minimal 2 tahun tanpa cuti tidak penting.

Selain itu, peserta dengan data Dapodik juga diminta melampirkan bukti kesehatan dan bebas narkoba, serta surat rekomendasi. Kirimkan dokumen-dokumen tersebut ke portal GTK dengan masuk menggunakan akun SIMPKB.

6. Persyaratan Khusus

Selain syarat-syarat di atas, peserta diwajibkan melakukan beberapa tahapan berikut. Seperti mengunggah LoA atau Letter of Admissions/Acceptence di universitas tujuan.

Selanjutnya, mengunggah surat izin mendaftar beasiswa dari dinas pendidikan, khusus guru PNS. Kemudian, peserta wajib menandatangani berkas pernyataan yang menyebut peserta setuju akan kuliah singkat.

Syarat selanjutnya, usia maksimal 45 tahun per 31 Desember 2022. Tidak hanya itu, transkrip IPK berlegalisir sekurang-kurangnya 3,00 juga harus disertakan.

Berikutnya, memiliki sertifikat ujian TOEFL dengan skor minimal 550, TOEIC dengan skor 800, IBT 80, IELTS 6,5 atau TOAFL 650. Selanjutnya, scan sertifikasi dari lembaga resmi penyelenggara TOEFL.

Harap diingat, ketika belum yakin memilih perguruan tinggi, lebih baik jangan dulu memilih. Karena aturannya, peserta tidak bisa memilih kembali apabila pilihan pertama langsung diterima.

7. Tahap Pendaftaran Program Beasiswa Microcredential Guru

Calon peserta yang telah memenuhi semua dokumen dan kriteria bisa langsung mendaftar di www.gtk.kemdikbud.ac.id/. Selain itu, pendaftar wajib mengunggah berkas-berkas yang diperlukan dengan format pdf.

8. Daftar Universitas dan Keterangan Program Studi

Sebagaimana telah disebut sebelumnya, terdapat 11 universitas yang tahun ini bekerja sama dengan Kemdikbud. Di antaranya, Universitas Hong Kong dengan prodi Centre for the Enhancement and Teaching & Learning.

Kedua, Universitas Cambridge dengan program Professional Development Qualification. Ketiga, Harvard Graduate School of Education dengan prodi Online Professional Development Programs.

Keempat, terdapat International Baccalaureate (IB) ASCD for Teacher and Educators.

Selanjutnya, University of Wisconsin-Madison memberikan program Online Professional Learning Programs, School of Education. Keenam, University of Michigan dengan prodi No-degree Programs.

Ketujuh, universitas selanjutnya yang dapat dipilih sesuai keinginan guru, yaitu University of Virginia. Prodi yang ditawarkan adalah No-degree Professional Development. Kedelapan, University of Cambridge (PPD) dengan prodi Practitioner Personal Development.

Kesembilan, Columbia University juga memberikan satu program yakni Teacher College dan Reading & Writing Institutes. Kesepuluh, Online Professional Development Course yang diselenggarakan oleh Monash University.

Kesebelas, Stanford University dengan program Graduate School of Education Professional Learning. Anda bisa memilih salah satu program yang paling pas untuk Anda.

9. Beasiswa

Informasi tambahan, dari program beasiswa microcredential guru, peserta bisa mendapatkan keuntungan lain dari sistem pembiayaan ini. Di antaranya, diberikan dana pendaftaran, biaya SPP, hingga dana buku.

Selain itu, masih terdapat juga dana pendukung lain sebagai tunjangan beasiswa. Misalnya, asuransi hidup dan dana hidup bulan, tertarik?

10. Lain-Lain

Menambah kembali informasinya, terdapat informasi bahwa dana beasiswa bisa ditransfer ke rekening peserta atau universitasnya. Beasiswa di luar dana pendidikan, seperti tunjangan buku, akan langsung diberikan pada peserta.

Program Beasiswa Microcredential Menjadikan SDM Pendidik Meningkat

Setelah membaca ulasan program beasiswa microcredential guru di atas, bagaimana? Sudah siap mendaftar beasiswa dengan kesempatan emas luar biasa ini?

Segera persiapkan berkas-berkas pentingnya, kemudian lanjut registrasi di portal GTK. Selain akan mendapatkan ilmu, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman belajar bersama guru-guru lain dengan tentor dari universitas ternama dunia.

Sistem pembelajaran yang dilakukan via daring sehingga program terbilang fleksibel sifatnya. Selain itu, keunggulan dan keuntungan lain bisa Anda dapatkan di program singkat ini.

Makin pesatnya perkembangan zaman sekarang, bukan tidak mungkin berpengaruh pada sebagian anak didik. Dengan belajar lebih di pendidikan kilat non-degree dari universitas-universitas di atas, Kemdikbud berharap guru-guru kualitasnya lebih baik lagi.

Bisa dari segi kreativitas, wawasan, atau banyak hal lainnya. Jadi, ayo jadi bagian beasiswa microcredential 2022!

Itulah informasi seputar program beasiswa microcredential guru yang punya banyak keuntungan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan pada orang terdekat yang memiliki profesi sebagai pendidik.

Leave a Comment