Kesempatan Emas: PPG Daljab TMT 2016 Resmi Dibuka

Sebelum kabar PPG Daljab TMT 2016 resmi diinformasikan, cukup banyak pihak-pihak tertentu di Kemendikbudristek yang khawatir status guru. Pasalnya, setiap tahun guru baru hadir di tengah-tengah dunia pendidikan, tetapi yang belum mendapat sertifikasi sebagai tanda kelayakannya.

Makin bertambahnya jumlah tenaga pendidik setiap tahun maka bertambah besar pula total guru yang belum tersertifikasi. Karenanya, tahun ini pemerintah membuka kesempatan bagi tiga jenis guru beda generasi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru.

Dengan PPG Daljab khusus untuk TMT 2015, PPG Daljab TMT 2016, dan yang terbaru adalah PPG Prajab Model Baru. Dengan ketiga jenis program sertifikasi ini, pemerintah berharap para guru sama antusiasnya dan berjuang sebisanya agar mendapat sertifikat keguruan.

Seputar PPG Daljab TMT 2016 di Tahun 2022

Simak informasi seputar program sertifikasi tenaga pendidik, yakni guru, pengawas, hingga kepala sekolah di ulasan berikut. Jangan baca setengah-setengah, ya.

1. Apa itu PPG?

Program Pendidikan Profesi Guru merupakan agenda lanjutan setelah lulus sarjana, baik S1 atau D4 seperti halnya mengambil S2. Perbedaannya, PPG benar-benar khusus menggiring mahasiswanya agar mendapat wawasan luas tentang pendidikan dan teknik mendidik yang baik.

Dengan demikian, profesionalisme seorang guru dapat lebih menonjol setelah lulus dari pendidikan tinggi ini. Kemudian, dengan mengikuti PPG, guru akan mendapat gelar yang menunjukan identitasnya sebagai guru.

Selain itu, guru juga akan mendapat sertifikasi yang mampu menjadi alat bicara pertama kualitas seorang tenaga pendidik. Bonus lainnya, Pendidikan Profesi Guru bisa menjadi jalan yang mudah untuk sampai pada status ASN formasi Pegawai Negeri Sipil.

2. Jenis-Jenis PPG

Berdasar aturan Permendikbud Nomor 27 Tahun 2017, PPG Dalam Jabatan 2022 hanya dapat diikuti oleh guru dengan TMT 2015. Namun, berdasar kebijakan baru, guru dengan TMT mulai 2016 hingga 2019 bisa ikut serta dalam program ini.

Disebutkan dalam kategori yang dapat mengikuti PPG Daljab 2022 di Instagram resmi @ppgkemendikbud, TMT 2016 meliputi 3 generasi. Mulai dari tanggal 1 Januari 2016 sampai dengan tanggal sama di 2019.

3. Kuota PPG Daljab TMT 2015

Berdasar informasinya yang dipublikasikan, Tanggal Mulai Terhitung (TMT) 2015 adalah guru yang diangkat sebaru-barunya Desember 2015. Sementara itu, yang termasuk pada jenis ini adalah seluruh guru dengan SK pengangkatan sebelum 2015.

Hal itu berarti tahun 2014, 2013, 2012, dan seterusnya. Sekitar 40.000 guru akan mendapat sertifikasi keguruan di PPG Daljab kriteria ini.

Sebagai informasi, jumlah tersebut akan dialokasikan pada dua angkatan. Dari satu kelompok yang mengikuti seleksi kelayakan ini, hanya 20.000 peserta yang akan maju ke tahap selanjutnya.

Rencananya, program Pendidikan Profesi Guru untuk kualifikasi TMT 2015 akan berlangsung selama 3 bulan. Penting diketahui, terdapat sekitaran 1,13 juta jiwa guru yang berkemungkinan mengikuti PPG ini.

4. Kuota PPG Daljab TMT 2016

Program ini merupakan regulasi baru untuk membantu para guru mendapat haknya yang masih banyak diabaikan. Meskipun masih banyak jumlah guru dengan SK tahun-tahun sebelumnya belum tersertifikasi, kebijakan baru ini diharapkan mampu mengurangi total tersebut.

Sebagai informasi, terdapat sekitar 428 ribu guru sejak penetapan SK tahun 2016 belum mendapat sertifikasi. Dengan PPG Daljab TMT 2016 yang menyediakan kuota sebesar 36.000, semoga para guru memanfaatkan kebijakan ini sebaik-baiknya.

Untuk diketahui, program baru ini akan dilaksanakan selama satu semester atau enam bulan. Apabila tidak lolos tahun ini, matangkan kembali persiapan untuk maju di PPG Daljab TMT 2016 tahun depan.

5. Kuota PPG Prajab Model Baru

Pendidikan Profesi Guru Prajabatan atau PPG Prajab kini bereformasi menjadi PPG Prajab Model Baru. Program ini sebetulnya tidak terlalu mendapat rombakan aturan yang banyak, tetapi lebih menekankan pada beberapa poin saja.

Di antaranya, memprioritaskan peserta fresh graduate, dan sisitem terintegrasi dengan seleksi CPNS. Karenanya, jika lulus pendidikan ini, peserta berkemungkinan besar lanjut menjadi CPNS dan lebih dekat dengan status PNS.

Bagi lulusan lama yang belum mendapat gelar guru, baik honorer atau lainnya, diminta untuk mengikuti program PPPK. Setelah lulus seleksi tersebut, ikut pretest, kemudian lanjut ke PPG Daljab.

Informasi jumlah kuota yang tersedia untuk program sertifikasi formasi PPG Prajab Model Baru 2022 adalah 40.000. Total tersebut akan diperebutkan oleh lulusan baru prodi pendidikan dengan jumlah sekitar 45.590 (akhir Januari 2022).

6. Jadwal Penyelenggaraan PPG Daljab TMT 2016

Setelah melihat beberapa data di atas, Anda tentu dapat menggambarkan sebanyak apa guru yang belum mendapat haknya secara layak. Bagi Anda yang termasuk dalam kategori sebagaimana disebut, persiapkan diri sebulat mungkin guna lulus seleksi masuk PPG 2022.

Sebab, tidak menutup kemungkinan, tahun depan jumlah tersebut akan meningkat lagi. Silakan tentukan formasi mana yang sesuai kualifikasi, PPG Daljab TMT 2015, PPG Daljab 2016, atau PPG Prajab Model Baru.

Menurut jadwal yang direncanakan, pelaksanaan ketiga program di atas akan dimulai dengan waktu yang berbeda. Untuk Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tanggal Mulai Terhitung (TMT) 2015, akan dilangsungkan mulai Maret 2022.

Sementara itu, PPG Daljab TMT 2016 diagendakan bakal diselenggarakan sebulan setelah dimulainya PPG Daljab TMT 2015, tepatnya bulan April. Kemudian, untuk PPG Prajabatan Model Baru disebut akan dilaksanakan mulai bulan Agustus 2022.

Memanfaatkan Peluang untuk Bisa Ikut PPG Daljab TMT 2016

Banyak diketahui, sekitar satu jutaan tenaga didik, baik itu guru, pengawas, bahkan kepala sekolah di Indonesia belum tersertifikasi. Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, jumlah tersebut bisa saja makin banyak di tahun-tahun berikutnya.

Oleh karenanya, manfaatkan kebijakan tersebut sesegera mungkin. Apabila belum beruntung, coba lagi di tahun berikutnya sebelum total guru tanpa sertifikasi atau calon guru lebih banyak lagi.

Menekankan kembali pernyataan bagi calon guru dengan tahun lulus di bawah 2019 dan ingin mendapat sertifikasi. Kesempatan Anda hanya ada di dua jenis PPG Daljab, yakni PPG Daljab TMT 2015 atau PPG Daljab TMT 2016.

Catatan penting, ikuti alurnya dulu sebagaimana disebut di atas. Mengikuti PPPK, Pretest, baru Pendidikan Profesi Guru.

Demikianlah ulasan mengenai kebijakan baru Kemendikbud, yakni PPG Daljab TMT 2015 yang diharap bisa mewujudkan kesejahteraan guru. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment