Berakhir 12 Maret, Panduan Menautkan Akun Belajar.id dengan SIMPKB

Sebagai informasi, terdapat dua alasan kenapa setiap guru harus menautkan akun belajar.id ke akun SIMPKB-nya. Di antaranya, akun belajar.id disebut Kemendikbud dapat membantu proses pembelajaran jarak jauh.

Hal ini memungkinkan guru dapat tetap memberi pembelajaran yang lebih efisien, baik saat sekolah daring maupun setelah normal kembali. Selain itu, fasilitas yang terdapat di akun belajar.id sangat mumpuni untuk menunjang kebutuhan pembelajaran.

Akun belajar.id juga direncakan akan dijadikan akun SSO SIMPKB. Artinya, Single Sign On Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang berisikan layanan-layanan tentang ajar-mengajar, dan lain sebagainya.

Seputar Akun Belajar.id dan Akun SIMPKB

Jika guru tidak segera menautkan akun belajar.id dengan akun SIMPKB, sangat disayangkan karena tidak bisa merasakan manfaatnya dengan segera. Kebijakan ini merupakan bentuk inovasi dari pemerintah guna mempermudah guru dalam proses ajar-mengajar peserta didik.

SIMPKB sendiri merupakan suatu website yang memuat informasi tentang guru. Sehingga, Anda yang berprofesi sebagai guru akan bisa mengakses banyak sekali fasilitas mulai pelatihan sampai undangan pretest PPG Dalam Jabatan. Yang terbaru adalah akun pembelajaran ini. Berikut ulasan mengenai akun belajar.id dan SIMPKB yang penting Anda ketahui. Simak hingga akhir, ya.

1. Sekilas Tentang Akun SIMPKB

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, SIMPKB merupakan bentuk ringkas dari kalimat Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Akun ini wajib dimiliki setiap guru guna mengembangkan potensi dan kompetensi yang telah dikuasainya.

Dengan SIMPKB, guru dapat mengakses seluruh fitur yang disediakan untuk kepentingan guru, misalnya program sertifikasi guru di PPG. Selain itu, terdapat pula layanan pelatihan untuk guru seperti disebut seri belajar non-teknis, dan masih banyak lagi.

2. Akun Belajar.id

Belajar id merupakan program yang beberapa waktu lalu dirilis pemerintah dan diharapkan mampu memaksimalkan kualitas layanan pendidikan. Selain dapat digunakan oleh guru, akun tersebut dapat dipakai oleh peserta didik.

Dengan demikian, keduanya dapat terhubung di platform sama untuk proses pembelajaran daring yang berlaku sementara ini. Akun belajar id memungkinkan setiap penggunanya dapat mengakses berbagai keperluan belajar ataupun mengajar.

Terdapat banyak fitur yang dipersembahkan Kemendikbud untuk semua warga sekolah. Selengkapnya di poin berikutnya.

3. Fitur dan Kegunaan Akun Belajar.id

Situs akun belajar id dapat diakses di tautan berikut www.belajar.id. Pada portal tersebut, dapat Anda lihat berbagai fitur yang diterapkan dalam website pembelajaran usungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Di antaranya, fitur video call yang bisa menunjang kelas interaktif baik dalam bentuk tatap muka atau panggilan suara saja. Pada layanan ini, guru dapat merekam kegiatan belajar dari awal hingga akhir sehingga bisa dipelajari kembali cara belajarnya.

Kemudian, terdapat webinar yang selalu diagendakan di platform ini. Guru dapat mengakses banyak aplikasi dengan satu akun ini seperti aplikasi Merdeka Belajar, dan Penyimpanan Daring.

Tidak hanya itu, platform Kelas Daring, Chromebook, Presentasi Daring, hingga Rumah Belajar dapat diakses oleh akun belajar.id Anda. Selain itu, masih banyak lagi aplikasi rancangan Kemdikbud yang bisa digunakan dengan akun pembelajaran ini.

4. Kegunaan Tautan

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan apa kegunaan utama dari menautkan akun belajar.id dengan SIMPKB. Yakni, menyempurnakan fasilitas yang ada dan memaksimalkan layanan-layanan yang sebelumnya diberikan agar guru makin mendapat kemudahan.

Salah satu kelebihan yang dapat dirasakan secara maksimal dari akun ini adalah ruang penyimpanan yang tidak terbatas. Selain itu, sebagaimana telah disinggung sebelumnya, fitur dapat merekam kegiatan meeting bersama guru lain bisa dipakai untuk evaluasi.

5. Cara Menautkan Akun Belajar.id dan SIMPKB

Sebelum lanjut ke bahasan cara menautkan akun, pastikan Anda telah memiliki akun belajar id. Sebab, rencananya, mulai 12 Maret akun belajar id akan dijadikan SSO SIMPKB.

Anda bisa mendapatkan akun belajar id dari Operator Satuan Pendidikan di sekolah. Kemudian, buka www.mail.google.com dan masukkan user id serta kata sandi yang diberikan OSP.

Klik setuju ketika ditampilkan syarat dan ketentuan layanan akun pembelajaran, lalu ubah password guna mengamankan akun. Jika sudah, silakan kembali dan masuk ke www.akun.simpkb.id/.

Langkah-langkah untuk menautkan akun belajar.id dengan SIMPKB dimulai dengan login akun tersebut lebih dulu. Dengan demikian, sistem secara otomatis menampilkan laman dashboard yang berisi menu-menu pilihan, seperti data personal dan lain-lain.

Tekan selengkapnya di bagian Integrasi Layanan, akan ada menu belajar id di kiri dan pilihan untuk menautkan di kanan. Pilih menu Tautkan dan google secara otomatis menampilkan akun belajar id Anda, jika sudah login sebelumnya.

Pilih akun belajar id dan tombol Tautkan akan berubah menjadi Hapus jika sudah berhasil. Tahapan menautkan akun belajar.id dengan akun SIMPKB sudah berhasil dan Anda bisa menikmati layanan terbaik dari Kemdikbud secepatnya.

Pembelajaran Jadi Lebih Mudah dengan Akun Belajar.id

Akun pembelajaran atau akun belajar id dirilis Kemdikbud supaya kegiatan ajar-mengajar di masa PJJ ini lebih simpel. Dengan mengaktivasi akun pembelajaran dan menautkannya dengan SIMPKB, guru bisa menikmati berbagai fitur menarik di dalamnya.

Seperti satu akun untuk semua platform usungan Kemdikbud, akses webinar guru, buat meeting dan rekam, dan lain-lain. Kemudian, mengingatkan kembali untuk segera menautkan akun belajar.id sebelum tanggal 12 Maret sebagaimana ketetapan yang menjadikannya wajib.

Itu selaras dengan Persekjen Nomor 16 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pemanfaatan Data Pokok Pendidikan untuk Akses Layanan Pembelajaran. Disebutkan bahwa seluruh tenaga pendidik diimbau untuk mengaktifkan dan memanfaatkan fasilitas yang ada di dalamnya.

Selain itu, berdasar pada dua alasan yang sebelumnya disinggung, akun ini akan bisa menunjang kebutuhan pembelajaran jarak jauh. Dengan demikian, sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) akan benar-benar difasilitasi pemerintah, bukan pengembang lain.

Hal itu pun memungkinkan kegiatan belajar makin terasa keamanannya bagi pengguna maupun komputernya. Ditambah lagi, layanan untuk pengguna dari akun pembelajaran akan sangat bermanfaat untuk pendidikan berkelanjutan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera tautkan akun belajar.id dengan SIMPKB sebelum tanggal 12 Maret, ya.

Leave a Comment