Sebelum 7 Maret, Ketahui Sebab dan Solusi Tidak Terundang Pretest PPG

Tidak terundang pretest PPG, barangkali akan jadi pertanyaan besar bagi sebagian besar guru, terkhusus bagi yang sangat mengharapkan kelolosan. Setelah menunggu cukup lama bapak/ibu guru tentu berharap terundang di pengumuman hasil seleksi administrasi tanggal 7 Maret mendatang.

Namun, beberapa hal yang keliru dan tidak disadari bisa jadi pemicu hal itu terjadi. Sebagai pengingat, guru yang telah mendaftar program Pendidikan Profesi Guru diharapkan selalu aktif akun SIMPKB-nya.

Dengan demikian, ketika terdapat update terbaru atau notifikasi khusus untuk Anda, tidak terlewat begitu saja hingga timeline terlewat. Salah satu penyebab Anda tidak terundang bisa jadi karena hal ini.

Contohnya, notifikasi dari panitia verifikasi dan validasi data memberitahukan agar Anda mengubah formasi program studi hingga waktu tertentu. Namun, karena telat melihat informasi tersebut, Anda melewatkan kesempatan untuk memperbaiki data.

Karenanya, kemungkinan itulah alasan Anda tidak terundang pretest PPG. Selain itu, terdapat penyebab lain yang perlu diketahui beserta dengan solusinya.

Mengatasi Tidak Terundang Pretest PPG

Berikut merupakan informasi seputar masalah dan cara mengatasi tidak diundangnya peserta ke program PPG. Simak hingga tuntas, ya.

1. Cara Melihat Hasil Persetujuan

Calon peserta PPG yang sudah melakukan registrasi wajib memantau akun Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB). Sebab, verval data calon peserta akan ditinjau dengan segera dan pasti ditanggapi dengan cepat juga.

Berdasarkan informasi yang telah dipublikasikan sebelumnya, guru akan diberikan 3 jenis tanggapan untuk pendaftarannya. Di antaranya, (1) disetujui, (2) ditolak untuk perbaikan, dan (3) ditolak permanen.

Anda dapat melihat info tersebut di layanan SIMPKB dengan mengeklik “Program Pendidikan Profesi Guru”. Di bagian paling bawah, calon peserta akan melihat pemberitahuan apabila telah selesai proses verifikasi dan validasi oleh panitia.

Sebagai informasi, makna “disetujui” artinya, formasi peserta sudah benar dan  pasti lolos seleksi administrasi. Kemudian, maksud notifikasi jenis kedua, “ditolak untuk perbaikan”, pendaftar diminta merevisi program studi agar linier dengan prodi semasa kuliah.

Terakhir, “ditolak permanen” adalah tanda bahwa calon peserta PPG 2022 telah dinyatakan gugur dan pasti tidak terundang pretest PPG. Hal ini bisa dikarenakan program studi yang pernah diambil tidak ada yang linier dengan jurusan di Pendidikan Profesi Guru.

Contohnya, guru berlatar belakang S1 Hukum tidak bisa mengikuti program sertifikasi sebab tidak ada program linier untuk melanjutkan studinya. Sementara itu, jika guru punya ijazah S1 Bahasa Inggris, tetapi memilih formasi wali kelas SD, pelamar diminta melinierkan programnya.

Apabila tidak diubah, guru mungkin masih bisa lolos. Namun, peluangnya bisa dianggap sangat kecil sebab dibandingkan dengan peserta lain dengan prodi sejurus.

2. Penyebab Tidak Terundang Pretest PPG

Penyebab umum peserta tidak terundang pretest PPG di antaranya, guru terdata telah memiliki sertifikat pendidik. Selain itu, bisa juga dikarenakan status guru honor di sekolah negeri atau guru tidak tetap di sekolah yayasan.

Pemicu lainnya adalah pendaftar PPG sudah menyelesaikan UTN sebanyak empat kali atau teridentifikasi sebagai mahasiswa Pendidikan Guru. Selanjutnya bisa dikarenakan salah tempat mengikuti program PPG.

Sebagaimana diketahui, saat ini terdapat dua jenis PPG Daljab dan bisa diikuti seluruh tenaga pendidik mulai dari K2. Yang pertama, untuk guru dengan TMT 2015 ke bawah, sedangkan yang kedua adalah untuk TMT 2016 sampai awal 2019.

Jadi, pastikan Anda sebagai pelamar melihat kembali SK pengangkatan pertama menjadi guru. Bisa dari pemerintah kota, kabupaten, atau provinsi.

Penyebab berikutnya yang dapat membuat peserta tidak terundang pretest PPG adalah kualifikasi akademik tidak sesuai dengan aturan. Untuk diketahui, minimal pendidikan calon peserta PPG adalah Strata 1 atau Diploma 4.

Terakhir, bisa dikarenakan usia melebihi batas kriteria yang ditentukan, yakni maksimal 58 tahun di akhir tahun 2022.

3. Solusi agar Terundang Pretest Pendidikan Profesi Guru

Setelah mengetahui penyebab tidak diundang PPG, adakah problem yang menurut Anda dirasa benar?  Jika penyebab yang telah disebutkan dirasa tidak dilakukan, data pun menunjukkan Anda sudah memenuhi kriteria, silakan hubungi operator Dapodik.

Siapkan dokumen-dokumen yang telah dipakai untuk mendaftar PPG, berjaga-jaga jika ditanyakan, Anda lupa. Pastikan memberikan data selengkap-lengkapnya dan sebenar-benarnya agar proses verifikasi dan validasi data berjalan lancar.

Apabila terdapat ketidaksinkronan data, Dapodik akan segera memperbaikinya. Sebagai informasi, beberapa data yang sangat penting dipastikan kebenarannya sebelum mendaftar PPG adalah NIK, tanggal lahir, hingga riwayat kepegawaian.

Jika salah satu dari ketiga hal itu tidak sesuai atau ada kekeliruan, dapat menjadi penyebab peserta gagal maju ke program sertifikasi guru. Karenanya, mintalah bantuan Dapodik sesegera mungkin.

4. Langkah Selanjutnya Setelah Disetujui atau Diundang

Sebelumnya, telah disebutkan jika peserta “disetujui” di seleksi administrasi, otomatis akan lanjut ke tahapan berikutnya. Untuk mengetahui apa langkah berikutnya setelah mendapat kabar gembira itu, Anda hanya harus mengetahui detail lokasi dan waktu ujian.

Cek di menu “kelola program PPG” dan cetak Surat Pengantar Ujian Seleksi untuk mengikuti pretest masuk Pendidikan Profesi Guru.

5. Seleksi Kompetensi PPG

Perlu diingat kembali, setiap peserta yang diundang dalam PPG akan diberikan 4 jenis tes kompetensi. Di antaranya, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi profesional, serta kompetensi kepribadian.

Kompetensi pedagogik pretest menilai seberapa tingkat kemampuan guru dalam mendidik siswanya lewat soal-soal seputar ajar-mengajar yang baik. Penilaian kompetensi ini dibagi menjadi beberapa aspek, seperti evaluasi terhadap karakter murid, perbedaan sosial, budaya, bahkan agama anak didiknya.

Selanjutnya, di kompetensi sosial, terhubung dengan kompetensi sebelumnya, tetapi di sini harus lebih diperdalam. Seperti mendekatkan dengan interaksi kepada anak sehingga setiap siswa merasa nyaman bersama guru dan teman-teman lainnya.

Kemudian, kompetensi profesional menuntut setiap guru untuk berwawasan luas. Guru yang profesional juga dapat menyesuaikan dengan kondisi peserta didik, misalnya siswa suka belajar dengan kreatif, guru bisa menciptakannya.

Terakhir, kompetensi kepribadian. Di pretest kompetensi kepribadian, nilai utamanya menjurus pada watak dan pembentukan karakter yang baik untuk dirinya dan anak didiknya.

Jika peserta seleksi ujian kompetensi mendapatkan nilai yang baik, bisa segera mempersiapkan diri lagi untuk ikut PPG sebenarnya. Apabila belum, tidak perlu berkecil hati sebab masih banyak kesempatan yang bisa didapatkan di tahun berikutnya.

Baca Juga: Indikator Penilaian dalam Kompetensi Profesional Pretest PPG

Penting untuk Tahu Sebab dan Cara Mengubah Status Tidak Terundang Pretest PPG

Bulan Maret nanti, sudah menjadi waktu yang sangat ditunggu-tunggu banyak warga, terutama guru. Program sertifikasi guru yang memberikan banyak keunggulan ini terbukti banyak diminati masyarakat.

Pasalnya, meskipun tidak memiliki NIP, guru dengan sertifikat keguruan bisa mendapat gaji sesuai dengan Pegawai Negeri Sipil. Agar jalan benar-benar mulus hingga mendapatkan undangan PPG, Anda wajib teliti dalam setiap aturan.

Selain itu, calon peserta diharuskan selalu memantau update terbaru dari laman https://simpkb.go.id/. Hal itu bermanfaat untuk menghindari kondisi tidak terundang pretest PPG sebelum acara berlangsung.

Demikianlah informasi mengenai penyebab dan solusi tidak terundang pretest PPG. Pastikan untuk mengupdate di Dapodik dan juga SIMPKB yang terintegrasi, agar Anda bisa terundang. Cek juga jadwal pemberkasan dan jangan sampai ketinggalan.

Leave a Comment