Seberapa Besar Prospek Diterima PPPK Dokter 2022?

PPPK dokter 2022 diperuntukkan bagi semua orang yang memiliki keahlian di bidang kedokteran untuk terikat kontrak. Berikut seputar informasi tentang PPPK dokter 2022 di bawah ini:

Pengertian PPPK Dokter 2022

PPPK dokter 2022 adalah tes yang diperuntukkan bagi tenaga dokter di seluruh Indonesia aupaya menjadi pegawai kontrak. Kontrak akan terjalin selama kurun waktu tertentu dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

PPPK dokter 2022 bisa diikuti dimana saja di seluruh daerah Indonesia selama memenuhi syarat. Tenaga kontrak memiliki gaji dan fasilitas yang sama dengan ASN selama menjalani tugasnya.

Tenaga kontrak juga harus melaksanakan hak dan kewajiban selama ditempatkan di suatu lembaga. Kinerja tenaga kontrak yang bagus akan diperpanjang dengan melihat hasil kerja selama menjalani jabatan.

Rekomendasi dari pimpinan lembaga atau dinas sangat dibutuhkan untuk kelangsungan kontrak ke depannya. Anda juga akan menerima segala fasilitas yang diberikan untuk kelancaran dalam bertugas.

Dokter kontrak biasanya ditempatkan pada rumah sakit atau puskesmas di suatu daerah terpencil. Hal ini karena kurangnya tenaga dokter di wilayah yang jauh dari kota sehingga pelayanan kesehatan sangat tidak maksimal.

Pengangkatan PPPK dokter 2022 diharapkan bisa tersebar hingga daerah pelosok. Penyebaran dokter kontrak secara merata merupakan upaya pemerintah dalam memfasilitasi kesehatan bagi masyarakat.

Jika Anda memiliki ijazah sarjana kedokteran bisa mengikuti tes PPPK dokter 2022 dengan memenuhi segala syarat yang ada. Tugas seorang dokter selain mengobati penyakit juga harus mengedukasi ilmu kesehatan kepada masyarakat.

Seorang dokter memiliki profesi yang sangat mulia karena keahliannya dalam mengobati suatu penyakit. Dokter juga merupakan profesi yang menangani konsultasi kesehatan dengan pengetahuan yang telah dipelajarinya.

Pekerjaan yang berjasa ini memberikan pelayanan berupa pengecekan, perawatan, dan pengobatan kepada orang sakit. Dokter juga memiliki wewenang dalam memberikan pengobatan terbaik kepada pasiennya.

Tahapan Seleksi PPPK Dokter 2022

Ada beberapa tahapan seleksi PPPK dokter 2022 yang harus diikuti bagi tenaga dokter  yang mau mengikuti tes. Adapun tahapan tersebut yaitu:

1.  Seleksi Administrasi

Tahapan pertama yang harus dilewati oleh tenaga PPPK dokter adalah seleksi administrasi. Anda harus melengkapi segala dokumen penting mulai dari berbagai surat keterangan, ijazah, surat pernah bekerja, dan lainnya.

Seleksi administrasi juga membutuhkan riwayat hidup Anda dengan segala keterangan di dalamnya. Anda juga harus melengkapi surat bebas narkoba dari rumah sakit jiwa terdekat.

Dalam berkas administrasi surat kesehatan jasmani dan rohani harus lengkap. Anda bisa mendapatkannya di rumah sakit pemerintah di kota Anda.

Sebaiknya Anda menyiapkan segala dokumen jauh-jauh hari supaya tidak kelabakan ketika tes dibuka. Anda juga masih punya waktu memperbaiki jika ada berkas yang salah.

2.  Seleksi Kompetensi

Tahapan kedua dari tes PPPK 2022 adalah mengikuti seleksi kompetensi. Seleksi ini ada beberapa tahapan yang harus diikuti.

Tahap yang pertama adalah mengikuti tes kompetensi teknis yang memuat berbagai soal tentang tingkah laku dan keterampilan. Tes ini juga bertujuan mengukur perilaku dan ilmu pengetahuan dalam bidang medis.

Tahap kedua adalah tes kompetensi manajerial yang bertujuan mengetahui tentang integritas, kerja sama, hasil pelayanan public dan lainnya. Ada dua puluh butir soal yang harus diselesaikan oleh peserta tes.

Tahap ketiga adalah tes kompetensi sosial kultural yang bertujuan untuk mengukur pengalaman interaksi dengan masyarakat umum. Tes ini juga memasukkan butir agama, wawasan kebangsaan, perilaku, dan lainnya.

Anda harus menyelesaikan semua tes dalam waktu yang telah ditentukan. Anda dinyatakan lulus jika sudah melewati passing grade yang telah ditetapkan.

3.  Tes Wawancara

Jika Anda sudah lulus tes kompetensi maka harus menghadapi tes selanjutnya yaitu wawancara. Tes wawancara dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan seorang dokter dalam bidang ilmunya.

Wawancara juga bisa menetapkan seorang dokter sangat layak untuk mendapatkan kontrak pemerintah karena kepintarannya. Ada juga tes wawancara berupa sepuluh butir soal yang sama kepada seluruh peserta.

Anda akan dinyatakan lulus jika sudah memenuhi nilai yang sudah ditetapkan oleh panitia pelaksana PPPK dokter. Jadi, jangan ragu untuk menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan dengan sebaik-baiknya.

4.  Tes Fisik, Psikologis, dan Kesehatan Jiwa

Tahapan keempat adalah mengikuti serangkaian tes kesehatan yang sudah ditetapkan. Tes kesehatan tersebut berupa tes kesehatan fisik, psikologis, dan jiwa.

Dalam berkas administrasi memang sudah ada surat kesehatan yang dilampirkan yang menyatakan Anda sehat jasmani dan rohani. Tetapi, jika Anda sudah lewat kontrak tes kesehatan harus dilakukan sekali lagi di depan petugas resmi suatu dinas terkait.

Hal ini dilakukan supaya tidak ada kecurangan dari peserta. Anda bisa mengikuti tes kesehatan ini pada lembaga resmi yang telah ditunjuk sebelumnya.

5.  Hasil Kompetensi

Tahapan yang kelima adalah pengumuman hasil tes yang sudah dilakukan oleh seluruh peserta calon dokter PPPK. Hasil tes akan diumumkan secara resmi dan serentak di seluruh wilayah Indonesia oleh Menpan dan kepala BKN.

Hasil keputusan bisa Anda unduh pada link yang disertakan pada pengumuman. anda juga bisa melihat langsung kepada instansi yang Anda lamar.

Jika lulus berarti Anda sudah memenuhi segala persyaratan menjadi tenaga dokter kontrak pemerintah. Jika tidak lulus, Anda bisa mencoba lagi di tahun berikutnya.

6.  Melengkapi Administrasi PPPK

Tahapan terakhir yang harus Anda penuhi adalah melengkapi segala administrasi yang diperlukan jika dinyatakan lulus seleksi PPPK dokter. Anda harus mempersiapkan segala dokumen penting untuk pemberkasan.

Jika sudah selesai pemberkasan administrasi Anda akan diangkat menjadi tenaga PPPK dokter. Nomor induk sebagai tenaga PPPK akan Anda dapatkan untuk dimasukkan ke dalam sistem.

Anda akan mengikuti pelantikan jabatan oleh kepala daerah terkait. Ada juga yang dilantik resmi oleh pimpinan rumah sakit atau instansi tempat Anda melamar sebelumnya.

Baca Juga: Fakta-Fakta tentang Apakah Jabatan PPPK Bisa Naik Pangkat

Siap untuk Ikut Tes PPPK Dokter 2022?

PPPK dokter 2022 boleh diikuti oleh tenaga medis yang memiliki latar belakang sarjana kedokteran. Sarjana kedokteran tentu sudah memiliki ilmu pengetahuan tentang segala penyakit yang timbul pada manusia.

Dokter juga bertugas memberikan perawatan jika ada pasien yang mengalami sakit baik berat atau ringan. Perawatan terbaik bagi pasien menjadi wewenang penuh bagi dokter yang menentukan bagaimana baiknya.

Dokter yang mengikuti PPPK setidaknya sudah berumur 20 tahun dan memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun. Hal ini ditetapkan supaya ada pengalaman sebelumnya bagi dokter dalam menangani suatu kasus kesehatan.

Dokter juga bertugas memberikan edukasi dan pengetahuan media bagi pasiennya. Jadi, konsultasi kesehatan pada saat sehat lebih baik daripada waktu sakit.

Dokter bisa memberikan solusi bagaimana menjaga kesehatan menjadi lebih baik lagi. Bagi dokter tes PPPK adalah sebagai uji kompetensi dan peningkatan kinerja kerja supaya menjadi lebih baik lagi.

Jadi, persiapkan diri Anda sebaiknya untuk mengikuti tes PPPK dokter tersebut. Anda bisa mulai mempelajari soal tes dan melengkapi dokumen yang diperlukan.

Jika Anda berusaha dengan sebaiknya maka hasil yang akan didapat akan sangat luar biasa. Pastikan Anda lulus tes tahun ini.

Leave a Comment