Dalami Contoh Tes Wawancara PPPK dengan Pemahaman Pancasila

Contoh tes wawancara PPPK tentu sangat membantu Anda dalam menghadapi seleksi calon ASN terutama PPPK. Materi yang akan diberikan saat tes dimulai tentu sudah mengalami rombakan yang signifikan, dan artikel ini bisa membantu Anda.

PPPK merupakan aturan baru untuk para guru honorer yang sudah diberi amanat menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara). Bisa diartikan PPPK adalah suatu proses pengangkatan seseorang yang memiliki persyaratan untuk mengisi untuk posisi di pemerintahan.

Masa jabatan dari pegawai PPPK disesuaikan sebagaimana yang tertuang di surat perjanjian kerja. Fasilitas yang akan didapat sama halnya seperti pegawai di pemerintahan umumnya. Tes wawancara sendiri merupakan bagian penting dalam seleksi PPPK baik guru maupun non guru.

Pendaftaran PPPK

Adapun beberapa prosedur pendaftaran, syarat, kebijakan dan contoh tes wawancara PPPK yang perlu diperhatikan oleh para calon pegawai.

1. Pendaftaran Calon Pegawai PPPK

Kompetisi II untuk seleksi calon pegawai PPPK pendaftaran akan dibuka pada tanggal 24 sampai 30 Oktober. Dengan dimulainya pengumuman, pemilihan formasi II, pengumuman daftar peserta serta waktu juga tempat diselenggarakannya seleksi.

Sebelum itu Anda juga wajib mencetak kartu seleksi PPPK guru. Juga perlu diperhatikan tentang ketentuan umum, tahapan rekrutmen, serta formasi yang masih tersedia apakah memiliki sertifikat pendidik atau belum.

Supaya Anda dapat selalu memantau dan tidak ketinggalan informasi tentang seluruh proses pendaftaran PPPK. Anda dapat memperhatikan time line yang telah tersedia.

2. Materi Tes

Sebelum contoh tes wawancara PPPK Anda pelajari, penting juga apabila mempelajari tentang materi yang akan disampaikan nanti. Memiliki sekurangnya tiga tahapan dalam penyelenggaraan seleksi PPPK meliputi seleksi administrasi, kompetensi, dan wawancara.

Ada juga beberapa tahapan yang diperlukan dan panitia seleksi melakukan uji persyaratan. Seperti halnya syarat fisik, psikologis, dan tes kejiwaan itu semua dilakukan berdasarkan jabatan dalam pemerintahan nantinya.

3. Seleksi Kompetensi PPPK

Tes kompetensi PPPK terdiri atas beberapa seleksi yakni kompetensi manajerial, teknis, dan sosok kultural. Seleksi kompetensi sendiri dilakukan dengan maksud untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, teknis dan sosok kultural.

4. Syarat PPPK Guru

Sebelum membahas contoh tes wawancara PPPK mari memperhatikan syarat tes calon pegawai PPPK. Syarat yang wajib dipenuhi ialah sesuai peraturan pemerintah nomor 49 tahun 2018 berisikan tentang management PPPK.

Seperti seorang guru honorer SD dan swasta yang belum pernah lulus seleksi PNS atau PPPK di tahun sebelumnya. Terdaftar pada data pokok pendidikan, lulusan pendidikan profesi guru yang untuk saat ini sudah tidak mengajar.

Jikalau sudah memenuhi syarat seleksi PPPK silahkan mendapatkan diri mengikuti dan menjadi peserta. Karena tahun ini pendaftaran akan dibuka sampai ketersediaan kuota terpenuhi.

5. Kebijakan untuk Guru yang Mengikuti Seleksi

PPPK untuk guru memiliki beberapa kebijakan. Kebijakan tersebut seperti semua guru honorer dan lulusan PPG dapat mendaftar serta mengikuti seleksi.

Peserta yang lulus seleksi dapat menjadi guru PPPK sampai batas yang telah ditetapkan. Pemerintah juga berusaha keras untuk mencapai target tersebut.

Maka dari itu upaya pemerintah yaitu dengan mengundang pemerintah daerah untuk mengajukan formasi sebanyak mungkin. Ini dapat mendorong para guru honorer mengikat seleksi serta mendapatkan beberapa fasilitas ASN.

Kebijakan lainnya yaitu setiap peserta yang telah terdaftar diberi kesempatan mengikuti ujian seleksi hingga tiga kali. Apabila dalam seleksi pertama gagal maka dapat mengikuti seleksi selanjutnya apabila masih gagal juga maka dapat mengikuti seleksi terakhir.

Dimana seleksi ini dilaksanakan dalam waktu berkala dengan jadwal yang sudah di informasikan sebelumnya. Kebijakan selanjutnya datang dari Kemendikbud yang akan menyediakan materi pembelajaran secara online atau daring.

Hal ini dimaksudkan agar para peserta merasa terbantu dengan adanya pembelajaran dan pemberian materi. Peserta juga dapat mempersiapkan dengan matang agar dapat lolos dalam seleksi.

Pemerintah pusat juga akan memastikan ketersediaannya anggaran gaji kepada semua peserta yang telah lulus seleksi. Gaji pegawai PPPK, guru PPPK nantinya akan diambilkan dari anggaran pendapatan dan belanja negara pada setiap instansi.

Semua biaya penyelenggaraan akan ditanggung oleh Kemendikbud. Sehingga seluruh peserta tidak akan dipungut biaya sepeserpun.

Biaya ini tidak termasuk ongkos pulang pergi para peserta seleksi. Jadi calon pegawai PPPK masih mengeluarkan modal sedikit hanya untuk ongkos pulang dan berangkat saja.

Contoh Tes Wawancara PPPK dengan Pilihan Ganda

Dalam melakukan tes wawancara PPPK materi yang disampaikan merupakan pertanyaan umum. Seperti materi nasionalisme serta wawasan kebangsaan dan dilanjutkan dengan pertanyaan yang lebih spesifik tentang posisi yang akan dilamar.

Contoh tes wawancara PPPK yang akan disampaikan terdiri dari enam pertanyaan nasionalisme dan kebangsaan. Enam pertanyaan tes wawancara PPPK guru.

Anda dapat membaca dan memahami pertanyaan pada referensi. Untuk jawaban Anda dapat mengikuti pada referensi atau bisa juga mencari informasi lebih detail dan mudah untuk dipahami.

Contoh tes wawancara PPPK pertama, jika Anda melihat dua orang teman yang sedang bersitegang hingga menarik perhatian. Maka teman yang lain tidak boleh ikut campur dalam masalah dan tidak boleh terpengaruh oleh suasana gaduh tersebut.

Contoh Soal 1

Bagaimana dengan pandangan tersebut…. (A. Sangat Setuju).

Alasan dari jawaban ialah sebagai seorang yang profesional memang tidaklah benar jika ikut mencampuri dan terpengaruh dalam situasi tersebut. Karena tidaklah boleh ada perselisihan jika bertugas dan hal tersebut bertentangan dengan tupoksi Anda sebagai ASN.

Contoh Soal 2

Kedua, apabila sudah menjadi pegawai ASN PPPK maka  Anda bersedia apabila ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan pertanyaan tersebut maka saya….

Jawaban A. Sangat setuju.  Dengan alasan, bahwa sebagai pegawai ASN PPPK yang merupakan bagian dari masyarakat Indonesia bersedia ditempatkan dimana saja. Karena janji sebagai seorang ASN PPPK yaitu tidak membedakan kinerja walaupun ditempatkan dimana saja dan akan selalu profesional.

Contoh Soal 3

Ketiga, motivasi ASN PPPK yaitu mengabdikan diri untuk negara dan selalu melayani rakyat. Mengembangkan profesionalisme kerja, sikap dengan motivasi tersebut….

Jawaban: A. Sangat setuju. Alasannya sebagai anggota ASN PPPK harus memiliki integritas tinggi yang mampu bekerjasama dan melayani masyarakat.

Giat dalam mengembangkan diri, komunikatif serta dapat mengekokah suatu perubahan. Semua itu merupakan bentuk dalam pengabdian diri kepada masyarakat sebagai seorang ASN.

Contoh Soal 4

Empat, semua nilai-nilai dalam Pancasila telah diimplementasikan dalam pekerjaan setiap harinya sebagai tenaga honorer. Dengan pernyataan tersebut maka….

Jawaban: A. Sangat setuju. Alasan, bahwasanya Pancasila merupakan dasar negara Indonesia, yang berarti semua pelaksanaan pemerintahan termasuk juga pendidikan harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Implementasi yang telah ditetapkan pada pekerjaan merupakan ketentuan dalam melaksanakan pekerjaan sebagai pendidik. Mengikuti semua ketentuan yang sudah tersusun dan berlandas Pancasila.

Baca Juga: SK PPPK adalah Dokumen Penting Sesuai UU ASN Tahun 2014

Pahami Dasar Sikap Sesuai Pancasila Agar Bisa Mendalami Soal

Contoh tes wawancara PPPK terdiri dari pengetahuan umum yang sering Anda lakukan dan laksanakan. Anda perlu mengolah kata dalam memberikan alasan yang tepat dan tidak keluar dari pertanyaan.

Ada banyak contoh tes wawancara PPPK lainnya serta materi yang mungkin dapat membantu Anda. Maka dari itu disarankan agar selalu update tentang informasi, Anda dapat informasi di https://gurupppk.kemdikbud.go.id

Itulah beberapa hal tentang pendaftaran, syarat, kebijakan dan contoh tes wawancara PPPK yang mungkin dapat membantu Anda. Semoga dengan adanya artikel ini Anda dapat dengan mudah menjalani tes sehingga lolos dengan hasil yang memuaskan.

Leave a Comment