Manfaatkan Peluang PPPK Daerah 3T yang Minim Peminat

Peluang PPPK daerah 3T sangat minim peminat. Hal inilah yang menyebabkan target pemerintah untuk mencetak satu juta lowongan guru belum memenuhi kuota.

Pengertian PPPK dan Daerah 3T

PPPK merupakan singkatan dari Pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak, artinya PPPK merupakan anggota ASN non PNS. Hal ini artinya PPPK bisa mendapatkan jabatan administratif serta jabatan fungsional di instansi pemerintah.

Apabila dilihat dari gaji yang diterima ASN sama besarnya seperti PNS, akan tetapi seorang ASN tiga mendapatkan dana pensiun. Sehingga masa depan setelah pensiun seorang ASN kurang terjamin karena tidak adanya dana masa depan/ pensiun.

Daerah 3T merupakan singkatan dari kata daerah terdepan, terpencil dan tertinggal. Daerah tersebut termasuk wilayah yang terdampak dari ketidakmerataan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.

Akibatnya wilayah tersebut menjadi daerah tertinggal dan terisolir. Minim semua akses menuju lokasi, minim jangkauan listrik negara bahkan sekolah pun cukup sulit ditemukan.

Hal inilah yang sekarang menjadi sorotan dan merupakan masalah nasional. Jadi bisa dikatakan daerah 3T merupakan wilayah yang masih sangat memerlukan bantuan dari berbagai macam sektor.

Misalnya saja pendidikan, kesehatan, ekonomi serta  kebijakan dalam skala nasional lainnya.

Alasan Peluang PPPK Daerah 3T Minim Peminat

Sudah tidak asing lagi jikalau wilayah 3T sangat sepi akan minat lowongan tenaga pendidik, berikut alasan sebagai berikut.

1. Letak Wilayah

Daerah 3T merupakan wilayah terpencil, hal ini sering menjadi alasan kenapa peluang PPPK daerah 3T sepi peminat. Pemerintah pusat maupun daerah juga sudah berusaha agar minat para tenaga pendidik ini lebih tinggi dan mencapai kuota.

Berbagai macam cara termasuk anggaran untuk tunjangan juga sudah disediakan. Akan tetapi masih saja minim peminat untuk wilayah tersebut sehingga pemerintah daerah belum bisa mencapai target kuota yang ditetapkan.

Ada pula beberapa tenaga pendidik ini mau mengabdikan diri di wilayah tersebut. Alasan mulia yang menjadi dasar, mengabdikan diri yaitu untuk kesejahteraan masyarakat terisolir agar sama-sama mendapatkan pelayanan publik yang memadai.

Dengan kontur tanah yang menanjak dan menurun membuat wilayah tersebut semakin terpencil dan tertinggal. Sehingga sangat sulit sekali untuk dijangkau dari dunia luar.

2. Lokasi Sekolah

Alasan kenapa peluang PPPK daerah 3T minim peminat lainnya ialah letak sekolah. Para tenaga pendidik pun semakin minim untuk mengabdikan diri di wilayah 3T ini.

Wilayah terpencil dengan letak sekolah yang cukup jauh dengan akses jalan yang sangat memprihatinkan. Namun jika dilihat dari semangat para siswa yang ingin bersekolah menjadikan akses jalan dan letak sekolah tidak menjadi masalah.

Untuk menuju sekolah biasanya tenaga pendidik dan murid dengan naik turun bukit, menyeberang sungai dengan peralatan seadanya. Hal ini menjadi PR penting untuk pemerintah agar lebih memperhatikan wilayah yang jauh dari jangkauan seperti ini.

Dengan tujuan semua masyarakat di wilayah 3T dapat mendapatkan pendidikan yang baik tanpa harus mempertaruhkan nyawa demi mencapai sebuah sekolah.

3. Listrik

Perusahaan listrik negara kebanyakan belum sampai pada daerah yang terpencil. Wilayah 3T ini merupakan daerah dengan letak geografis yang sulit dijangkau, misalnya listrik.

Ini juga menjadi alasan peluang PPPK daerah 3T sepi peminat. Untuk dunia pendidikan yang semakin maju dan berkembang seperti saat ini energi listrik sangatlah penting.

Dunia pendidikan berkembang di era digital dimana pembelajaran kebanyakan dilakukan melalui media komputer atau internet. Jika sekolah di wilayah yang belum dilalui listrik bisa saja pendidikan di sini sedikit tertinggal.

4. Kesehatan

Jauh dari jangkauan dan minim akses menuju lokasi, beberapa alasan tersebut sering dikeluhkan. Minim pusat kesehatan juga sering menjadi penyebab utama minimnya minat para tenaga pendidik masuk wilayah 3T.

Pusat kesehatan memang tersedia akan tetapi sangat sulit untuk dijangkau oleh masyarakat karena akses jalan yang cukup sulit. Selain itu tenaga medis juga bisa dihitung dengan jari, alat medis juga sangat terbatas.

Hal ini menjadikan masyarakat harus menuju pusat kesehatan yang lebih memadai untuk berobat. Lokasi pusat kesehatan dengan fasilitas lengkap biasanya terletak di kota besar dengan jarak yang sangat jauh.

Hal ini cukup mempersulit masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan. Tidak jarang masyarakat yang menderita sakit  cukup parah harus dirawat dengan peralatan juga obat-obatan seadanya.

Tidak heran luka jika tingkat kematian juga cukup tinggi disini. Karena sulitnya medan jalan serta keterbatasan alat serta obat menjadikan tingkat kesembuhan untuk pasien sangat minim.

5. Kondisi Ekonomi

Untuk kondisi ekonomi masyarakat wilayah 3T termasuk menengah kebawah. Mayoritas bekerja sebagai petani menjadikan masyarakat bergantung hidup dengan hasil alam.

Untuk menjualnya hasil pertanian pun harus menuju kota yang jarak tempuh cukup jauh. Akses jalan yang tidak memungkinkan menjadikan masyarakat yang ingin menjual hasil bumi harus  berjalan kaki menuju pasar.

Waktu yang dibutuhkan bisa sampai setengah hari bahkan seharian. Kondisi inilah yang menjadi perekonomian daerah ini menjadi sangat miris.

Hal ini tentu menjadi salah satu alasan juga mengapa peluang PPPK daerah 3T sangat sepi peminat. Karena untuk mendapatkan kebutuhan pokok saja harus ditempuh dengan jarak dan waktu yang cukup lama.

6. Tunjangan Pemerintah

PPPK merupakan seorang ASN dengan nominal gaji yang sama dengan PNS. Akan tetapi seringkali terjadi penunggakan pembayaran oleh pemerintah.

Hal ini menjadikan ketidaknyamanan seorang pendidik dalam mengemban tugas. Dengan berbagai keterbatasan saat mengabdi tentu peran pemerintah sangatlah dibutuhkan.

Termasuk dengan anggaran yang tepat waktu untuk diberikan. Untuk tunjangan hari tua/ dana pensiun seorang ASN tidak mendapatkannya.

Ini juga menjadikan alasan mengapa peluang PPPK daerah 3T sangat sepi peminat. Para tenaga pendidik merasa tidak ada jaminan untuk masa depan atau hari tuanya nanti.

Jadi tidak heran jika para ASN ini menuntut untuk diangkat menjadi PNS. Ini menjadi tugas serta PR penting yang harus segera diatasi pemerintah.

Agar pendidikan serta pembangunan dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia. Serta seluruh rakyat Indonesia mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Baca Juga: Ragam Kode dan Arti Afirmasi PPPK Guru, Jangan Sampai Tertukar

Ingin Diterima Lebih Mudah? Manfaatkan Peluang PPPK Daerah 3T

Peluang PPPK daerah 3T memang sepi peminat karena berbagai macam alasan. Mulai dari letak wilayah, letak sekolah, pusat kesehatan, sampai kondisi ekonomi masyarakat disana.

Pemerintah daerah dan pusat sudah mulai berusaha agar wilayah tersebut mendapatkan fasilitas yang sama dengan wilayah lainnya. Sehingga daerah 3T dapat berkembang dengan baik serta masyarakatnya mendapatkan semua fasilitas dengan mudah.

Para tenaga pendidik yang mengabdikan diri kepada masyarakat disana juga tidak luput dari perhatian pemerintah. Mendapatkan tunjangan serta gaji sebagaimana mestinya sebagai apresiasi atas dedikasinya.

Akibat efek ketidakmerataan pembangunan pemerintah mengakibatkan kurangnya fasilitas sebagian masyarakat. Maka dari itu pemerintah mulai untuk berlomba-lomba dalam memperbaiki kondisi seperti ini.

Itulah beberapa alasan mengapa peluang PPPK daerah 3T minim peminat, semoga bermanfaat untuk Anda. Menambah informasi tentang bagaimana keadaan wilayah yang terdampak akibat tidak pemerataan pembangunan pemerintah.

Leave a Comment