Seberapa Besar Peluang PPPK Guru TK Tahun 2022 Tahap 3?

Peluang PPPK guru TK tahun 2022 sangat menjanjikan karena akan dibuka formasi khusus untuk guru TK di seluruh Indonesia. Adapun pembahasan lebih dalam tentang peluang PPPK guru TK bisa Anda dapatkan disini.

Apa Itu PPPK Guru TK?  

Guru adalah seseorang yang mengajarkan segala sesuatu kepada peserta didik dengan bidang ilmu yang diampunya. Setiap guru memiliki keahlian masing-masing karena menempuh jurusan yang berbeda.

Peran seorang guru merupakan faktor utama bagi peserta didik dalam menguasai ilmu pengetahuan baru. Guru akan mengajarkan dengan sabar apa yang belum diketahui oleh siswa menjadi tahu akan hal hal baru.

Jalur pendidikan formal yang ditempuh oleh seseorang dimulai dari tingkatan paling bawah. JAlur pendidikan paling bawah biasa dimulai dengan pendidikan PAUD atau pendidikan anak usia dini.

PAUD adalah lembaga pendidikan yang semi-formal karena anak masih dikenakan bagaimana cara mandiri dan bersosialisasi. Pendidikan lanjutan adalah masuk sekolah taman kanak-kanak atau TK.

TK adalah lembaga formal pertama yang dimasuki oleh anak untuk mendapatkan pendidikan pada usia dini. Guru yang mengajar pada TK dinamakan dengan guru PAUD.

Guru PAUD adalah fasilitator yang membimbing dan mengajarkan peserta usia dini tentang tahap awal ilmu. Ilmu yang dipelajari seperti bagaimana merangkai bentuk suatu gambar atau hewan dari bahan kertas.

Menciptakan kreasi dari bahan bekas dan mewarnainya menggunakan berbagai bahan yang tidak digunakan lagi. Banyak hal baru yang akan dipelajari oleh peserta didik ketika sekolah di taman kanak-kanak.

Guru TK memiliki tugas yang sangat berat karena harus menangani anak dengan segala tingkah lakunya. Kesabaran berlebih juga harus dimiliki oleh guru TK untuk menghadapi anak kecil tersebut.

Tahun sebelumnya, guru PAUD belum mendapatkan peluang mengikuti tes PPPK yang diadakan pemerintah. Tahun 2022 ini pemerintah sudah menjanjikan bahwa guru TK akan mendapatkan prioritas ketika mengikuti tes.

Peluang PPPK guru TK tahun 2022 sangat besar karena ini baru pertama dibuka. Anda harus benar-benar mempersiapkan diri untuk menjadi salah seorang yang akan lulus dalam ujian PPPK tersebut.

Syarat Guru TK Menjadi Tenaga PPPK 2022

Peluang PPPK guru TK tahun 2022 terbuka sangat besar karena sudah dijanjikan akan dibuka formasi khusus. Adapun ketentuan yang harus dimiliki diantaranya yaitu:

1.  Lulusan Sarjana di Bidang yang Linear

Peluang PPPK guru TK tahun ini sangat menjanjikan sehingga harus memiliki persiapan dengan baik. Syarat pertama yang harus dimiliki adalah untuk menjadi salah satu calon PPPK tahun 2022 adalah lulus sarjana.

Anda harus menyelesaikan minimal sarjana dari universitas terdaftar yang ada di Indonesia. Guru TK harus memiliki ijazah sarjana pendidikan anak usia dini.

Ijazah adalah tanda bagi seseorang diakui ilmu dan kapasitasnya sebagai seorang pendidik. Profesi tersebut sudah dikuasainya dengan baik sehingga paham bagaimana pengasuhan anak dan cara mengajari anak dengan baik.

Proses pembelajaran pada anak balita berbeda dengan anak yang sudah menjelang remaja. Hal ini memerlukan teknik khusus sehingga guru TK yang sudah memiliki dasar keahlian tersebut bisa menanganinya dengan baik.

2.  Warga Negara Indonesia

Syarat kedua yang harus dipenuhi untuk mengikuti PPPK guru TK adalah menjadi WNI pastinya. Peluang PPPK guru TK hanya bisa diisi oleh warga negara asli Indonesia.

Hal ini diharapkan untuk mengutamakan kesejahteraan bagi warga negara sendiri. PPPK guru TK dibuka untuk meningkatkan taraf hidup guru menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Pengangkatan PPPK tersebut menjadi salah satu langkah dari pemerintah untuk meratakan proses  pendidikan hingga jenjang terkecil. Taraf hidup yang meningkat diharapkan kualitas pengajaran guru juga akan semakin baik.

3.  Umur Minimal 22 Tahun 

Syarat ketiga adalah batas usia minimal anda dalam mengikuti PPPK guru TK adalah 20 Tahun. Usia minimal ditetapkan untuk memberikan kesempatan bagi yang berusia pantas menjadi guru dengan keahlian tertentu.

Usia 22 tahun juga menandakan seseorang sudah menyelesaikan pendidikan strata satu atau sarjana. Menyelesaikan pendidikan di tingkat universitas menandakan seseorang sudah mampu mengajar dengan baik.

Guru TK juga diharapkan bisa membimbing siswa dalam memahami berbagai bidang ilmu. Bidang ilmu yang harus diajarkan diantaranya yaitu belajar tentang alam membuat praktek science sederhana, dan belajar berkreasi dengan kertas.

Guru TK juga memiliki tugas sebagai fasilitator permainan yang edukatif bagi anak. Dunia anak adalah bermain jadi pendidikan TK mengajar anak belajar sambil bermain.

4.  Bukan TNI/POLRI

Syarat keempat yang harus dipenuhi oleh calon guru TK adalah bukan termasuk anggota TNI/Polri. Peluang PPPK guru TK tahun 2022 menyediakan banyak peluang yang bisa diisi untuk menjadi pegawai kontrak pemerintah.

Anggota TNI dan Polri merupakan pegawai negeri sipil yang terdapat dalam pemerintahan. Kedua profesi tersebut tidak bisa menjadi tenaga PPPK karena merupakan bagian dari pemerintahan.

5.  Bukan Narapidana

Surat kelima yang harus dimiliki oleh seorang calon guru TK untuk mengikuti tes PPPK adalah bukan narapidana. Narapidana adalah seseorang yang sudah pernah mendapatkan hukuman akibat kejahatan yang pernah diperbuatnya.

Pegawai pemerintah baik PNS atau kontrak tidak boleh terlibat kejahatan atau sejenisnya karena bisa membahayakan masyarakat. Pegawai pemerintahan adalah pengayom masyarakat sehingga harus bersih dari unsur kejahatan.

6.  Sehat Fisik dan Mental

Syarat keenam adalah harus memiliki kesehatan fisik dan mental dengan baik. Seorang guru harus memiliki fisik yang prima karena mengajar anak itu harus bergerak dengan aktif.

Jika fisik tidak sehat bagaimana menangani anak yang sedang aktif-aktifnya bergerak. Surat kesehatan fisik atau jasmani bisa Anda dapatkan di rumah sakit pemerintah terdekat.

Surat kesehatan mental bisa anda peroleh pada rumah sakit jiwa yang ada di kota Anda. Anda akan melakukan beberapa tes untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Peluang PPPK guru TK tahun 2022 memberikan kesempatan bagi siapa saja yang sehat fisik dan mental. Anda harus mempersiapkan semua hal dengan sebaiknya.

Baca Juga: Jurusan yang Relevan dengan PPPK Kesehatan Apa Saja?

Manfaatkan Peluang PPPK Guru TK Tahap 3

Peluang PPPK guru TK diberikan oleh pemerintah bagi siapa saja yang sudah menyelesaikan pendidikan sarjana strata satu. Lulusan sarjana PG-PAUD diharapkan bisa memberikan kontribusi pada dunia pendidikan anak menjadi lebih baik.

Guru TK juga harus memenuhi berbagai syarat yang ditetapkan untuk mengikuti tes PPPK tersebut. Syarat yang harus dipenuhi diantaranya adalah termasuk warga negara Indonesia, bukan narapidana, dan sehat jasmani dan rohani.

Guru TK juga harus memiliki sertifikat pendidik supaya bisa mengajar anak balita dengan baik. sertifikat pendidik bisa Anda dapatkan setelah menyelesaikan syarat yang diminta oleh pihak universitas.

Mengikuti tes PPPK harus mempersiapkan diri dengan sebaiknya. Anda bisa mempelajari soal-soal tes tahun sebelumnya dan pastikan melewati nilai passing grade yang ditetapkan.

Peluang PPPK guru TK sudah dipastikan oleh pihak pemerintah dibuka tahun ini. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut Anda bisa mengunjungi situs https://ppg.simpkb.id/.

Leave a Comment