Ketahui Tahapan Dapat Sertifikat Pendidik untuk Afirmasi PPPK

Tahapan dapat sertifikat pendidik adalah langkah yang harus ditempuh oleh guru untuk meningkatkan keahliannya. Plus untuk menjadi bagian dari orang yang terkena afirmasi PPPK, dengan memiliki sertifikat pendidik. Ulasan singkat tentang tahapan dapat sertifikat pendidik akan dibahas di sini.

Pentingnya Memperjuangkan Sertifikat Pendidik

Pendidik adalah seseorang yang mendalami suatu bidang ilmu dan mengajarkan pada orang lain. Pendidik memberikan ilmunya kepada peserta didik dengan cara mengajar di dalam kelas.

Dalam artian umum, pendidik memiliki pengertian semua orang yang bisa memberikan pengaruh yang baik bagi peserta didik. Pengaruh tersebut bisa berupa semakin sempurnanya pengembangan diri seseorang dengan ilmu yang diajarkan.

Dalam pengertian lain disebutkan bahwa seorang pendidik harus bisa mendidik peserta didik menjadi manusia yang bermartabat. Hal ini bisa didapatkan dengan menguasai ilmu pengetahuan dengan baik.

Dalam dunia pendidikan, pendidik berarti orang yang bertanggung jawab membina dan mengembangkan peserta didik. pengembangan diri dimulai dari aspek psikomotor, kognitif, dan afektif.

Pendidik sebenarnya tidak hanya seorang guru tetapi semua orang berperan dalam memberi bimbingan dan arahan. Pihak pendidik bisa berupa orang tua, dosen, camat, dan pihak lainnya.

Secara formal pendidik diambil alih oleh dosen pada tingkat universitas dan guru pada pihak sekolah. Pemerintah menerapkan standar yang sangat ketat untuk menjadi pendidik profesional.

Adanya sertifikat pendidik memberikan angina segar kepada guru untuk meningkatkan skillnya menjadi lebih baik lagi. Sertifikat pendidik merupakan bukti bahwa seorang guru mampu menguasai bidang yang diajarkannya.

Bukti formal ini juga berguna sebagai bukti profesionalitas seorang pendidik. Sertifikat pendidik juga merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar di dalam kelas.

Ada beberapa tahapan dapat sertifikat pendidik yang harus ditempuh. Tahapan dapat sertifikat pendidik  bisa Anda dipenuhi untuk memperoleh sertifikat dari lembaga pendidikan dengan mengikuti proses seleksi.Proses seleksi tersebut meloloskan siapa saja yang bisa memenuhi syarat yang ditetapkan.

Tahapan Dapat sertifikat Pendidik dari Dinas Pendidikan

Adapun syarat umum tahapan dapat sertifikat pendidik bisa Anda miliki dengan memenuhi ketentuan sebagai berikut.

1. Menyelesaikan  Pendidikan S1 atau D-IV

Sertifikat pendidik diberikan untuk mengetahui seorang guru mumpuni atau tidak dalam menguasai bidang ilmu tertentu. Teknologi dan ilmu pengetahuan semakin berkembang dengan pesat.

Seorang pendidik harus memiliki ilmu yang selalu update setiap waktu untuk mengimbangi rasa ingin tahu peserta didik. Hal ini bisa diperoleh dengan mengadakan seleksi atau pelatihan untuk meningkatkan keahlian terkini.

Adanya sertifikat pendidik ini diperlukan untuk menjadikan semangat bagi pendidik untuk melakukan hal terbaik. Calon pendidik yang bisa mengikuti tahapan dapat sertifikat pendidik adalah yang sudah menyelesaikan pendidikan sarjana atau D-IV.

Pendidikan sarjana merupakan syarat mutlak seorang pendidik bisa mengajar di kelas. Jika ijazah tersebut sudah ada berarti Anda sudah dianggap layak mendidik anak abngasa.

2.  Guru PNS atau Non PNS

Tahapan dapat sertifikat pendidik kedua adalah termasuk guru PNS atau non PNS. Guru yang memiliki status PNS sudah terbukti bahwa dia memiliki kemampuan mengajar.

Pengalaman mengajar sebelumnya juga diperlukan untuk memberikan bukti bahwa seorang guru layak mendapat sertifikat mengajar. Biasanya ada syarat berapa tahun sudah memiliki pengalaman mengajar sebelumnya.

Bagi guru Non pNS juga memiliki kesempatan yang sama dalam meningkatkan kemampuan mengajar. Guru non pNS mendapatkan sertifikat pendidik melalui jalur yang berbeda dengan guru PNS.

3.  Belum Memiliki Sertifikat Pendidik       

Guru yang berhak memperoleh sertifikat pendidik adalah pendidik yang belum mendapatkannya sebelumnya. Guru yang belum lolos seleksi dalam mengikuti tes sertifikasi juga bisa mencoba lagi pada tahap selanjutnya.

Proses memperoleh sertifikat pendidik dimulai dengan penataan yang dilakukan oleh dinas pendidikan. Lalu, nama yang dianggap layak akan dipanggil untuk mengikuti tes sertifikasi.

Jika Anda lulus maka akan mendapatkan sertifikat pendidik secara langsung. Apabila Anda gagal memenuhi nilai tes maka pada tahap tersebut Anda dianggap gagal dan tidak berhak memiliki sertifikat tersebut.

4.  Memiliki NUPTK

Tahapan dapat sertifikat pendidik keempat adalah memiliki NUPTK. NUPTK memiliki keanjangan  nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan yang harus dimiliki oelh seorang pendidik.

NUPTK wajib dimiliki oleh setiap pendidik yang terdaftar dalam naungan dinas pendidikan Indonesia. Hal ini memudahkan pendataan guru dan pemilihan pendidik yang tepat untuk mengikuti suatu seleksi.

NUPTK juga diperlukan sebagai kartu identitas yang mengatakan Anda adalah seorang guru profesional. Anda bisa mengirimnya melalui lembaga tempat Anda bekerja.

5.  Usia Maksimal 58 Tahun

Umur batas maksimal bisa memperoleh sertifikat pendidik adalah 58 tahun. Umur tersebut masih dianggap produktif untuk berkarya dan mengajar.

Di usia muda Anda tetap bisa maksimal memberikan semangat yang lebih untuk selalu berkreasi dan berinovasi. Semakin tua seorang pendidik kemampuannya juga semakin menurun sehingga sulit mengikuti perkembangan siswa.

6.  Bebas NAPZA

Seorang pendidik juga harus terbebas dari narkotika dan psikotropika jika ingin memperoleh sertifikat pendidik. Anda bisa mendapatkan surat tersebut di rumah sakit jiwa terdekat dengan mengikuti beberapa tes.

Pendidik harus terbebas dari narkoba supaya bisa mendidik dengan baik. pengaruh NAPZA sangat buruk bagi kesehatan mental dan juga fisik.

7.  Sehat Jasmani dan Rohani

Syarat mendapatkan sertifikat pendidik selanjutnya adalah sehat jasmani dan rohani. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani bisa Anda dapatkan di rumah sakit dan rumah sakit jiwa terdekat.

Kesehatan jasmani diperlukan untuk mengetahui seorang pendidik mampu melaksanakan kewajibannya dengan baik. Kesehatan mental berguna untuk memahami dengan baik bagaimana mendidik siswa dari segala aspek pendukungnya.

8.  Berkelakuan Baik

Syarat terakhir yang harus dipenuhi adalah memiliki kelakuan yang baik. Anda bisa membuktikannya dengan membuat surat berkelakuan baik dari pihak kepolisian.

Anda bisa langsung mendatangi kantor polisi dan mengatakan ingin mengurus surat berkelakuan baik. Pihak kepolisian akan langsung merespon dengan memberikannya secara langsung.

Anda hanya perlu memberikan data pribadi yang dibutuhkan. Semua diurus oleh pihak kepolisian dengan cepat.

Baca Juga: Seberapa Besar Peluang PPPK Guru TK Tahun 2022 Tahap 3?

Upayakan untuk Lulus Pretest PPG Hingga Selesai Pendidikan Profesi

Sertifikat pendidik bisa diperoleh oleh siapa saja yang mempunyai profesi sebagai pendidik. Anda hanya perlu melengkapi berkas yang diperlukan dengan baik.

Tes seleksi diadakan untuk memperoleh sertifikat tersebut. Anda bisa mempelajari soal-soal untuk mengikuti tes dengan baik. Setelah itu, Anda akan diundang kuliah PPG di universitas yang ditunjuk pemerintah secara gratis. Jika mengikuti pembelajaran di kampus dengan maksimal, dan mengikuti ujian hingga selesai, maka Anda akan mendapatkan sertifikat pendidik.

Syarat untuk memperoleh sertifikat pendidik diantaranya adalah umur maksimal 58 tahun dan terdaftar sebagai guru PNS dan Non PNS. Anda juga diharuskan memiliki kesehatan jasmani yang prima serta sehat mental untuk mendidik generasi penerus.

Anda juga harus mempunyai ijazah sarjana pendidikan sehingga terbukti mampu mengajar dengan baik. Seorang pendidik juga dilarang mengkonsumsi narkoba dan psikotropika.

Anda bisa mempelajari soal tes tahun sebelumnya untuk mengetahui kisi-kisi soal yang akan muncul pada tes. Anda juga harus melampaui nilai abang batas kelulusan yang ditetapkan.

Tahapan dapat sertifikat pendidik juga memerlukan persiapan dengan matang supaya memperoleh hasil yang diinginkan. Jangan lupa cek terus undangan ikut PPG di https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/gtk.

Leave a Comment