Pentingnya Tryout PPPK untuk Peserta Seleksi Guru dan Non Guru

Apa sih pentingnya tryout PPPK? Mungkin sebagian dari Anda tidak kesulitan menjawab pertanyaan tersebut. Apalagi bagi Anda seorang tenaga non PNS yang ingin mengikuti atau sudah berjuang mengikuti tes PPPK.

Apa itu Tryout PPPK?

Kata ujian atau tes PPPK sering didengar lantaran mulai tahun 2021 menteri pendidikan telah menyerukan angin segar untuk para tenaga honorer. Memberikan kesempatan untuk menjadi tenaga ASN (Aparatur Sipil Negara).

Inilah yang menjadi alasan mengapa antusiasme masyarakat terutama tenaga honorer berbondong-bondong mengikuti tes. Menjadi ASN guru memberi keuntungan tersendiri apalagi untuk pegawai honorer yang selama ini mencari kebijakan dari pemerintah.

Dengan menjadi ASN tentu sangat menguntungkan seperti gaji sama besar dengan PNS, tunjangan, kontrak lebih lama mendekati waktu pensiun.

Serta mendapatkan fasilitas yang sama seperti PNS (Pegawai Negeri Sipil). Maka dari itu mengikuti tryout sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tes PPPK.

Adapun pengertian dari tryout PPPK sendiri adalah salah satu cara melatih diri dengan menjawab soal-soal serta materi yang akan disampaikan nantinya. Untuk persiapan menghadapi tes seleksi PPPK. Agar lebih percaya diri serta mampu menghadapi tes dan bisa menjalani dengan baik.

Pentingnya Tryout PPPK untuk Peserta Seleksi

Menghadapi tes PPPK agar lebih siap, penting sekali mengikuti latihan- latihan soal (tryout), berikut manfaat pentingnya mengikuti tryout PPPK.

1. Lebih Siap Menghadapi Tes

Pentingnya tryout PPPK ini dapat Anda rasakan saat menghadapi tes berlangsung. Anda akan lebih siap dengan berbagai macam soal serta materi yang akan diberikan.

Semua materi dan macam soal sudah Anda latih jauh-jauh hari dengan seringnya mengikuti tryout. Dapat dibedakan antara seseorang yang sering mengikuti tryout dan yang tidak pernah mengikuti.

Lebih percaya diri dan lebih tenang saat menghadapi ujian. Memiliki keyakinan kuat dengan keberhasilan yang akan dicapai.

2. Peluang untuk Lolos Seleksi ASN PPPK

Lolos seleksi serta dilantik menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) merupakan impian setiap guru honorer. Memiliki gaji dan tunjangan yang sama besar dengan PNS, serta kontrak kerja lebih lama (mendekati masa pensiun).

Memang mengikuti tryout tidak serta-merta langsung dinyatakan lolos dalam tes. Akan tetapi Anda akan lebih memiliki peluang besar untuk lolos dikarenakan seringnya berlatih soal-soal yang kemungkinan keluar saat tes.

Dengan mengikuti tryout juga Anda akan di refresh kembali materi-materi yang pernah dipelajari di bangku kuliah.

3. Berbagi Ilmu dan Wawasan Sesama Peserta

Saat Anda.engikuti tryout secara online ataupun offline pasti akan bertemu dengan orang-orang yang akan mengikuti tes PPPK juga. Disini Anda dapat saling sharing tentang ilmu dan wawasan sehingga dapat menambah materi nantinya.

Memiliki peluang lolos lebih besar apabila diimbangi dengan pengetahuan yang luas pula. Bersama orang-orang dari latar belakang berbeda tetapi satu tujuan membuat Anda akan kaya dengan pengetahuan.

Melakukan interaktif secara langsung maupun tidak langsung (visual) dapat dilakukan saat hendak melakukan sharing. Maka dari itu pentingnya tryout PPPK juga dapat menambah wawasan antar sesama peserta ujian.

4. Mengasah Kemampuan

Melaksanakan tryout dapat dikatakan mengasah kemampuan, karena Anda akan diuji coba dengan berbagai macam jenis soal dan materi. Disinilah Anda dapat melihat kemampuan dalam mengerjakan soal secara mandiri.

Saat Anda lolos dalam seleksi tentu hal paling menyenangkan. Tetapi lebih menyenangkan dan membanggakan apabila hasil tersebut merupakan buah dari jerih payah Anda sendiri.

Seringnya mengikuti tryout membuat  Anda lebih familiar dengan soal-soal yang akan diujikan. Dapat mengasah kemampuan juga merupakan pentingnya tryout PPPK untuk para peserta seleksi.

5. Sebagai Media untuk Mengetahui Kekurangan Diri Sendiri

Selain mengetahui akan kemampuan diri dengan mengikuti tryout Anda juga akan semakin tahu dengan kelemahan diri sendiri. Dengan mengetahui hal demikian Anda dapat menggenjot lagi atau mengasah kemampuan sehingga kelemahan bisa diminimalisir.

Sehingga potensi lolos dalam tes akan semakin besa. Maka dari itu inilah pentingnya tryout PPPK dilaksanakan oleh para peserta ujian.

6. Memahami Kapasitas Diri Sendiri

Pentingnya mengikuti tryout PPPK untuk diri sendiri yaitu lebih memahami akan kapasitas yang dimiliki. Mengikuti tryout juga bisa dikatakan sebagai jembatan menuju suatu tujuan yaitu lolos seleksi PPPK.

Mengetahui kapasitas diri juga merupakan suatu strategi yang bagus dalam menghadapi ujian. Menghadapi masalah dalam mengerjakan soal dapat diatasi dengan baik karena Anda sudah tahu akan kapasitas diri.

7. Melatih Mengerjakan dengan Tepat Waktu

Seringnya mengerjakan soal tryout juga dapat melatih ketepatan waktu Anda dalam mengerjakan soal nantinya. Dengan waktu yang telah ditentukan dan banyaknya soal dapat Anda lakukan dengan baik dan selesai tepat waktu.

Apabila kurangnya melakukan latihan soal (tryout) pasti Anda akan dibuat bingung dengan waktu. Merasa gugup takut akan tidak soal yang tidak dapat diselesaikan tepat waktu.

Dengan ini Anda dapat membuat gambaran tersendiri akan berapa kapasitas waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu soalan. Dapat berlatih kecepatan waktu dalam menjawab sehingga soal dapat selesai tanpa harus meminta penambahan waktu.

8. Melatih Mental

Mendengar kata ujian seleksi PPPK pasti membuat jantung Anda berdegup kencang antar asenag dan tegang. Mental pun akan sedikit terganggu karena akan pikiran saat menghadapi seleksi.

Ketakutan akan kegagalan juga tidak luput dari bayang-bayang, mungkin sebagian dari Anda seperti itu. Disinilah pentingnya tryout PPPK diadakan dan diikuti yaitu melatih mental agar lebih cooling down.

Dengan seringnya berlatih menjawab segala pertanyaan tentu akan membuat mental Anda lebih kuat. Bayangan akan kegagalan tidak akan muncul, karena sudah tergantikan dengan seringnya berlatih soal.

Terbiasa dengan soal dan berbagai pertanyaan membuat Anda lebih rileks saat menghadapi seleksi. Sehingga ujian akan dapat terselesaikan dengan baik dan lancar.

Untuk urusan lolos tidaknya Anda serahkan saja kepada Tuhan, setidaknya Anda sudah berusaha semaksimal mungkin.

Baca Juga: THR PPPK dan CPNS Tahun 2022: Tepat Waktu Menjelang LIburan

Ikuti Tryout PPPK dan Selalu Pantau Situs Resmi BKN

Pentingnya tryout PPPK sudah Anda ketahui, dan pelajari. Denganseringnya mengikuti tryout dapat membantu Anda dalam menghadapi ujian.

Memberi rasa percaya diri saat pelaksanaan ujian, memberi keyakinan lolos dalam seleksi, dan menambah pengetahuan serta wawasan. Anda juga akan lebih mengenal dengan potensi diri, kelemahan diri, serta kapasitas diri sendiri.

Melatih ketepatan waktu dalam mengerjakan soal serta melatih mental Anda agar tidak mudah down. Lakukan tes dengan jujur dan sesuai kemampuan, hal ini akan menambah rasa puas serta bangga akan diri Anda sendiri.

Untuk melihat dan mengetahui informasi lebih lanjut tentang tes PPPK Anda dapat klik website resminya https://sscasn.bkn.go.id

Disini Anda akan mendapatkan informasi resmi tentang lowongan guru, jadwal seleksi PPPK, info peserta dan lain sebagainya.

Demikian artikel pentingnya tryout PPPK yang dapat disampaikan semoga membantu. Dalam menggapai seleksi PPPK. Gunakan cara baik untuk mendapatkan hasil yang baik pula, mengikuti tryout juga merupakan usaha baik untuk bisa lolos seleksi.

Leave a Comment