Mekanisme Administrasi Teknis NI PPPK dengan 18 Digit Angka

Administrasi Teknis NI PPPK tahun ini telah disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan persiapan itupun sudah 75 persen. Data yang telah ditetapkan BKN per 27 April 2022 sudah diinformasikan melalui web resmi BKN.

Pengertian Administrasi Teknis NI PPPK

Setiap pegawai akan diberikan nomor induk kepegawaian sebagai identitas. Begitu juga dalam lingkup pppk, para pegawai akan diberikan NIP sekarang disebut dengan nomor induk (NI).

Memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai identitas bahwasanya yang bersangkutan merupakan anggota atau pegawai dari pemerintahan. Jumlah untuk angka pada NI juga sama dengan NI CPNS, NI PPPK pun memiliki 18 digit angka.

Untuk 8 digit pertama menunjukkan tahun, bulan , tanggal lahir yang bersangkutan. 6 digit angka selanjutnya menunjukkan tahun serta bulan pengangkatan pertama sebagai PPPK.

Untuk 1 digit berikutnya merupakan angka penunjuk jenis kelamin, untuk angka satu pria dan 2 untuk jenis kelamin wanita. Untuk 3 digit angka terakhir menunjukkan nomor urut anggota PPPK.

Apabila 15 angka sebelumnya berbeda maka pada angka 3 angka terakhir selalu dengan 001. Jika 15 angka sebelumnya sama maka 3 digit angka belakang angka berlanjut.

NI akan diterbitkan ketika para calon pegawai ini telah lolos seleksi PPPK. Untuk NI sendiri dikeluarkan oleh badan kepegawaian negara (BKN).

Mekanisme Administrasi Teknis NI PPPK dan Dokumen yang Perlu Disiapkan

Sudah diketahui bahwasanya peserta yang lolos seleksi akan diangkat menjadi PPPK non guru . Mendapatkan nomor induk (NI) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang nantinya akan diterbitkan langsung oleh BKN. Berikut ini beberapa info tentang mekanismenya.

1. Lulus Seleksi

Mekanisme administrasi teknis NI PPPK yang pertama ialah para pelamar harus lulus seleksi PPPK dan diumumkan oleh PPK. Pengumuman hasil dari peserta yang lolos seleksi sudah berdasarkan hasil dari pengolahan yang dilakukan oleh BKN.

Para pelamar yang telah lulus passing grade akan diangkat sebagai calon PPPK berdasarkan keputusan PPK. Pernyataan kelulusan seleksi PPPK dibarengi dengan surat keputusan pembinaan kepegawaian.

2. Keputusan PPK disampaikan ke BKN

Semua keputusan dari PPK akan disampaikan kepada kepala BKN untuk mendapatkan nomor induk (NI) PPPK. Ini merupakan mekanisme administrasi teknis NI PPPK  selanjutnya.

Pengangkatan calon PPPK harus disertai dengan dokumen pendukung yang telah ditetapkan dan selanjutnya akan disampaikan oleh instansi ke BKN. Proses selanjutnya ialah BKN akan menerbitkan persetujuan teknisi dan penetapan nomor induk (NI) PPPK. Penerbitan nomor induk ini akan disampaikan oleh instansi terkait (BKN).

3. Menandatangani Perjanjian Kerja

Administrasi teknis NI PPPK selanjutnya ialah calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja harus menandatangani kontrak perjanjian kerja. Proses penandatanganan ini terjadi setelah terbitnya nomor induk PPPK dan ditindak lanjuti oleh instansi.

Penandatanganan ini tidak harus dengan PPKnya dan itu bisa dilegasikan. PPK nantinya akan membuat surat keputusan pengangkatan PPPK yang akan disampaikan atas persetujuan BKN.

4. Penerbitan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas

Untuk mekanisme selanjutnya ialah PPK akan menerbitkan surat pernyataan melaksanakan tugas. Meskipun dokumen telah tertulis PPK tapi untuk penandatanganan perjanjian kerja dan penerbitan surat itu bisa didelegasikan.

Para peserta yang telah lulus passing grade, akan diusulkan untuk penetapan nomor induk. Hal ini dilakukan secara elektronik (paperless) dengan melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK).

Serta melalui aplikasi pendukung dokumen elektronik (DOCU Digital), dan ini dapat diakses melalui link dokumen elektronik.

Untuk tandatangan pertimbangan teknis akan dilakukan secara digital atau digital signature. Para peserta juga sangat diharapkan untuk memeriksa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan nantinya.

Kelengkapan dokumen ini ada dua pihak yang melengkapi. Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk melengkapi persyaratan. Diantaranya daftar riwayat hidup dan kelengkapan dokumen lainnya yang telah ditetapkan.

5. Tahapan Penetapan NI PPPK

Untuk tahapan penetapan NI PPPK pihak instansi akan membuat usul dengan menambahkan pelamar untuk penetapan NI kemudian melakukan pencetakan. Selanjutnya pihak instansi akan mengunggah seluruh berkas pendukung yang diperlukan untuk penetapan NI oleh BKN.

Semua dokumen pendukung nantinya akan dimasukkan kedalam sistem DOCUDigital oleh instansi BKN. Untuk melakukan pengecekan seluruh berkas dan selanjutnya akan dilakukan pengecekan ulang oleh pusat pelayanan terpadu.

Setelah melakukan pengecekan oleh BKN tim admin melakukan cek berkas pelamar kembali dengan dilanjutkan penetapan NI oleh tim teknis. Selanjutnya tim admin  akan mengirimkan Pertemuan (Pertimbangan Teknis) untuk ditandatangani oleh BKN secara digital.

Kemudian akan dikirim kembali ke DOCUDigital setelah semua telah disetujui. Nantinya BKD ( Badan Kepegawaian Negara) atau Biro Kepegawaian Instansi bisa menggugah pertemuan yang sudah disetujui.

Setelah semuanya sudah selesai serta disetujui oleh instansi BKN, akan dilakukan pencetakan SK penetapan NI PPPK. Nantinya para calon PPPK yang telah lulus dan selesai melengkapi dokumen akan segera mendapatkan nomor induk.

6. Dokumen Adminstrasi Teknis NI PPPK yang Perlu Disiapkan

Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan oleh para pelamar untuk melengkapi syarat administrasi teknis NI PPPK. Surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani, pas foto normal dengan menggunakan latar belakang warna merah.

Membawa ijazah sebagai dasar pelamaran, dokumen daftar riwayat hidup yang telah ditandatangani serta bermaterai. Melampirkan surat pernyataan sebanyak 5 poin, dokumen SKCK yang resmi diterbitkan oleh pihak kepolisian RI.

Melampirkan surat keterangan tidak menggunakan obat-obatan terlarang seperti narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya. Adapun beberapa dokumen yang harus diunggah dari sisi instansi.

Seperti surat pengangkatan calon PPPK, melampirkan surat pengantar usul penetapan NI PPPK. Membawa nota usul penetapan NI PPPK serta surat pernyataan rencana penempatan kerja.

Melampirkan dokumen penetapan kebutuhan pegawai dari kementerian PAN-RB, dokumen daftar pelamar yang telah dinyatakan lulus PPPK. Juga tidak lupa melampirkan dokumen daftar peringkat nilai dari seluruh peserta seleksi PPPK.

Baca Juga: Bidang Fokus PPPK 2022 dan Kriterianya, Siapkan Ijazah dan Sertifikat                          

Pastikan Selalu Cek Jadwal Resmi dan Ikuti Prosedurnya

Administrasi teknis NI PPPK melalui beberapa mekanisme dan perlu menyiapkan dokumen yang menjadi persyaratan. Mekanisme nya antara lain peserta harus lulus seleksi, akan diberikan keputusan dan akan disampaikan ke BKN.

Proses tanda tangan perjanjian kerja, penerbitan surat pernyataan melaksanakan tugas, dan tahap penetapan NI PPPK. Adapun dokumen yang harus disiapkan untuk proses pengusulan dan penetapan NI PPPK.

Dengan menyiapkan serta mengecek ulang semua dokumen bisa menjadi jalan terwujudnya penetapan NI PPPK. Mengisi dokumen dengan benar serta teliti juga menjadi kunci utama dalam menyiapkan berkas.

NI PPPK memiliki fungsi sama dengan NIP CPNS yaitu sebagai identitas bahwasanya yang bersangkutan merupakan pegawai resmi pemerintah. Dengan jumlah digit sama yaitu 18 angka.

Apabila Anda ingin melihat seluruh informasi tentang CPNS, PPPK, ASN serta hal yang bersangkutan dengan pegawai pemerintah. Anda dapat melihat dengan mengunjungi laman web https://sscasn.bkn.go.id

Itulah beberapa mekanisme administrasi teknis NI PPPK serta dokumen yang harus disiapkan. Semoga memberikan informasi yang dapat bermanfaat untuk Anda sehingga menambah pengetahuan serta wawasan.

Leave a Comment