Alasan Pemerintah Jadikan Guru PPPK Terbanyak di Indonesia

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyebutkan lowongan guru PPPK terbanyak Indonesia tahun ini mencapai 1,3 juta. Maka dari itu pengusulan nomor induk di Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah dilakukan.

Lebih Dekat Mengenal PPPK Guru

Seringkali mendengar kata PPPK guru, apakah Anda tahu apa itu PPPK guru? Guru merupakan tenaga pendidik yang lebih dikenal dengan sebutan pahlawan tanpa tanda jasa.

Lebih sering mendengar seorang guru berstatus tenaga honorer. Bahkan ada yang usia 40 tahun bahkan lebih masih menjadi tenaga honorer.

Begitu miris mendengar seorang tenaga pendidik yang masih berstatus honorer, dengan gaji yang kecil serta tidak adanya tunjangan. Akan tetapi pemerintah sekarang memberikan kesempatan dan membuka lebar bagi para guru honorer sebagai PPPK bahkan PNS.

PPPK sendiri merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, dan PPPK guru sudah masuk kategori ASN. Hal ini sudah ada dalam ketentuan undang-undang nomor 5 tahun 2014.

PPPK guru termasuk dalam aparatur sipil negara, mendapatkan gaji dari pemerintah. Mendapatkan tunjangan yang sama besar dengan PNS.

Tentu saja untuk tenaga honorer yang ingin menjadi PPPK atau ASN harus mengikuti serangkaian tes serta seleksi. Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seluruh peserta seleksi.

Maka dari itu pemerintah sekarang memberikan kesempatan guru PPPK terbanyak Indonesia. Dengan adanya kesempatan ini tentu pemerintah daerah mengatur strategi agar para tenaga pendidik di wilayahnya dapat mengikuti seleksi tersebut.

Alasan Pemerintah Memberikan Kesempatan Guru PPPK Terbanyak Indonesia

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) bapak Nadiem Makarim telah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan kesempatan kepada para guru honorer. Untuk dapat melangkahkan karirnya menjadi PPPK atau ASN bahkan PNS, adapun alasannya sebagai berikut:

1. Indonesia Minim Guru PNS

Berdasarkan survei data lapangan untuk tenaga pendidik yang berstatus PNS masih jarang ditemukan. Berdasarkan data pokok pendidikan jumlah guru berstatus PNS di Indonesia hanya mencapai 60% saja dari jumlah yang dibutuhkan.

Maka dari itu perlu adanya tindakan agar dapat memenuhi kuota tenaga pendidik yang dibutuhkan di Indonesia. Jumlah tersebut bahkan bertambah rendah dalam kurun waktu empat tahun terakhir, bahkan mencapai 6%.

Tentu hali ini berpengaruh terhadap pelayanan optimal untuk para siswa. Maka dari itu pemerintah telah menggenjot dan memberikan kesempatan untuk guru PPPK terbanyak Indonesia.

Semoga dengan upaya tersebut kuota guru dengan status PNS dapat terpenuhi, sehingga siswa bisa mendapatkan pelayanan yang optimal.

2. Banyaknya Guru Honorer Berkompeten

Jumlah guru honorer di Indonesia mencapai diatas rata-rata, lebih banyak dari jumlah guru PNS. Maka dari itu pemerintah menyurvei langsung tentang kemampuan dari tenaga honorer tersebut.

Dari sinilah Mendikbud mendapatkan data tentang banyaknya para tenaga pendidik honorer yang berkompeten. Memiliki kualitas sangat bagus, baik dari segi cara mendidik, emosional serta kemampuan lainnya yang diperlukan saat mengajar.

Hal inilah yang menjadi alasan guru PPPK terbanyak Indonesia. Untuk memberikan jaminan dan kesejahteraan bagi para tenaga honorer yang telah mengabdi.

Menurut Mendikbud kesejahteraan bagi para guru honorer ini merupakan hal penting yang harus segera diatasi. Maka dari itu pemerintah melakukan pendekatan melalui rekrutmen guru honorer menjadi status PPPK.

Kini para guru honorer dapat bernafas lega karena adanya kebijakan tersebut. Mendapatkan peluang perbaikan kesejahteraan bagi para tenaga honorer di seluruh wilayah Indonesia.

3. Penghapusan Tenaga Honorer

Pemerintah sudah mengeluarkan program penghapusan tenaga honorer yang akan dimulai tahun 2023. Tentu hal ini juga menjadi alasan kenapa pemerintah memberi kesempatan PPPK guru terbanyak Indonesia.

Menurut data untuk guru honorer di Indonesia cukup banyak dan itu semua perlu diatasi apabila ingin program dapat terlaksana. Memberikan kesempatan kepada guru honorer menjadi status PNS atau ASN.

Memberikan lowongan PNS dengan jumlah yang lebih banyak untuk para guru honorer. Apabila seluruh kuota dapat dipenuhi maka tenaga honorer sudah tidak ada lagi.

4. Program 1 Juta Guru

Selain program penghapusan tenaga honorer pemerintah juga meluncurkan program kuota 1 juta guru. Kuota sebanyak ini harus dipenuhi dengan para guru yang telah berstatus PNS atau ASN.

Akan tetapi tidak semua guru honorer dapat diangkat menjadi PPPK, PNS atau ASN. Hanya bagi para guru honorer yang lolos dalam seleksi yang sebelumnya akan diadakan.

Akan tetapi untuk para peserta yang tidak lulus dalam seleksi pemerintah masih memberikan kesempatan seleksi. Jadi untuk Anda perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi  yang sewaktu-waktu diadakan.

5. Permintaan Pengalihan Status

Untuk alasan guru PPPK terbanyak Indonesia ialah banyaknya permintaan pengalihan status. Guru honorer atau CPNS akan dialihkan secepatnya menjadi PPPK, hal ini diungkapkan oleh kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pengalihan skema tersebut dilakukan karena seringnya para tenaga pendidik meminta pemindahan satu daerah ke daerah lainnya. Juga seringnya usulan bahkan permintaan untuk perubahan status honorer menjadi PPPK, ASN atau PNS.

Untuk permintaan para guru dari satu wilayah ke wilayah lain tentu dapat mengacaukan sistem distribusi guru secara nasional. Tentu saja hal tersebut dapat berakibat perombakan ulang data pemerintah pusat secara keseluruhan dan itu membutuhkan waktu cukup lama.

Akibatnya lagi seluruh distribusi para guru dapat terhambat dan mengalami penumpukan data. Tentu sangat merugikan para guru lainnya karena distribusi tidak dapat disalurkan tepat waktu.

Baca Juga: Info Terbaru: Kabar Gembira Tentang PPPK Lulus Passing Grade

Manfaatkan Kesempatan Emas Ini

Guru PPPK terbanyak Indonesia telah ditetapkan dengan alasan yang sangat tepat. Seperti disebabkan Indonesia kekurangan guru berstatus PNS yang dapat berpengaruh terhadap pelayanan kepada siswa secara optimal

Banyaknya tenaga pendidik honorer yang memiliki sepak terjangnya yang sangat mumpuni. Dalam bidang pendidikan, emosional serta cara membuat suasana belajar menjadi lebih rileks.

Program penghapusan tenaga honorer yang akan dilaksanakan tahun 2023. Banyaknya guru honorer di Indonesia menjadi alasan guru PPPK terbanyak Indonesia diadakan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Program satu juta guru juga menjadikan alasan ini karena pemerintah sudah menyiapkan banyak kuota untuk guru berstatus PPPK, ASN atau PNS. Tentu saja para tenaga pengajar honorer harus lulus dalam seleksi PPPK sebelum diangkat menjadi PNS.

Seringnya meminta untuk pengalihan status serta wilayah bertugas, yang dapat mengacaukan sistem distribusi guru. Terjadi perombakan data secara keseluruhan juga berakibat molornya distribusi guru secara nasional.

Alasan tersebut juga dapat menjadi kabar baik bagi para guru honorer yang telah lama bermimpi menjadi seorang PNS. Informasi tersebut dapat Anda lihat website resmi https://gurupppk.kemdikbud.go.id disini Anda akan mendapatkan segala hal yang berkaitan dengan PPPK guru.

Demikian artikel tentang guru PPPK terbanyak Indonesia beserta alasan dari pemerintah memberikan banyak kesempatan untuk para guru honorer. Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi PPPK guru yang mungkin dalam waktu dekat akan dilaksanakan.

Leave a Comment