Terima SK, PPPK Guru Surabaya Diingatkan Memimpin dengan Santun

Selasa 24 Mei 2022 menjadi hari bahagia untuk 470 PPPK Guru Surabaya yang berhasil melalui berbagai tes di seleksi CASN. Pasalnya, para pelamar jabatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja itu resmi diberikan Surat Keputusan (SK) oleh pemerintah Surabaya.

Walikota Surabaya, Eri Cahyadi memberikan berbagai wejangan untuk para pegawai yang resmi menjadi bagian abdi negara itu. Mulai dari mendidik soal tingkah laku murid, sifat, dan ucapannya.

Eri meminta agar para guru mengerahkan kemampuan dan pengetahuannya untuk mendidik anak-anak supaya menjadi generasi yang unggul. Bukan hanya perihal pendidikan umum, tetapi juga soal pembentukan karakter agar kelak bisa jadi pembangun Surabaya.

Walikota Surabaya mewanti-wanti para guru untuk selalu adil dan objektif, menerapkan dan mencontohkan sikap santun, hingga menghormati orang lain. Selain itu, masih banyak lagi wejangan yang diucapkan Eri Cahyadi.

Sebelumnya, para peserta telah berhasil melalui 4 jenis tes kompetensi di rekrutmen. Tiap-tiap seleksi itu memiliki kesulitan sendiri sehingga para peserta yang lolos dapat dikatakan beruntung.

Oleh karenanya, para peserta yang telah resmi dinyatakan menjadi pegawai pemerintah harus senantiasa bersyukur. Sebab, harapan yang diinginkan banyak orang kini telah didapatkannya setelah melalui proses panjang.

Proses Menjadi PPPK Guru Surabaya

Untuk diketahui berikut adalah serangkaian proses yang harus dilalui masyarakat untuk menjadi PPPK Guru Surabaya. Simak hingga tuntas yuk!

1. Mendaftar Seleksi

Langkah pertama yang harus dilalui para peserta adalah mendaftar atau registrasi di laman SSCASN. Di sini, para pelamar diharuskan mengunggah data diri selengkap-lengkapnya seperti yang diminta sistem.

Seperti diketahui, sistem pelamaran jabatan di rekrutmen calon Aparatur Sipil Negara telah menggunakan sistem modern dengan memanfaatkan teknologi. Masyarakat dapat mengakses website SSCASN di saat pendaftaran PPPK resmi dibuka.

Sebagai informasi, beberapa data yang pertama kali dibutuhkan untuk registrasi di antaranya adalah Nomor Induk Keluarga (NIK) pelamar. Selain itu, nomor KK, tempat dan tanggal lahir, swafoto, hingga email aktif dibutuhkan di tahap ini.

Sebagai saran, registrasilah di waktu yang bukan jam sibuk, seperti malam antara jam 12 hingga 3 dini hari. Sebab, pelamar bisa terhambat dalam proses registrasi.

2. Diuji dengan Tes Kompetensi

Setelah mengajukan lamaran, peserta akan diseleksi oleh Panitia Seleksi Nasional dan akan dipilih siapa saja yang berhak lolos. Untuk diketahui, kelolosan peserta tidak terpengaruh apa pun kecuali kesesuaian antara kebutuhan jabatan dan data pelamar.

Oleh karena itu, pastikan semua data yang diberikan telah benar dan pilih posisi sesuai dengan potensi diri. Jika data benar, pelamar bisa menjadi salah satu peserta PPPK Guru Surabaya yang mengikuti serangkaian seleksi kompetensi.

Untuk diketahui, keseluruhan tes di rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja menggunakan basis CAT atau Computer Assisted Test. Oleh karenanya, poin yang dihasilkan peserta terjamin bersih dari kecurangan.

Untuk diketahui, tes kompetensi yang akan dilalui peserta PPPK Guru Surabaya terdiridari 4 jenis seleksi. Di antaranya adalah seleksi kompetensi teknis, kompetensi manajerial, kompetensi sosio-kultural, dan yang terakhir adalah wawancara.  Selengkapnya di poin berikutnya.

3. Seleksi Pertama (Kompetensi Teknis)

Seleksi kompetensi teknis adalah ujian soal yang bertujuan menilai pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan sikap peserta secara spesifik. Untuk diketahui, terdapat 100 butir soal yang harus diselesaikan peserta PPPK Guru Surabaya dalam waktu kurang lebih 120 menit.

4. Seleksi Kedua (Kompetensi Manajerial)

Sebagaimana namanya, kompetensi manajerial akan menguji peserta di bidang manajemen lewat pemaparan soal ujian. Untuk diketahui, peserta akan diberikan pertanyaan berjumlah 20 soal dengan waktu menjawab selama 40 menit.

Selain kompetensi manajerial, waktu tersebut juga diberikan untuk mengisi soal kompetensi sosial-kultural sebanyak 25 butir. Artinya, peserta PPPK Gurudari mana pun asalnya hanya punya waktu kurang dari satu menit untuk menjawab soal.

Oleh karena itu, penting  bagi calon peserta untuk mempelajari hal-hal mengenai jabatan hingga mempertahankan pengetahuan yang dimiliki. Itu dilakukan agar setiap pertanyaan dapat dengan mudah dijawab.

Untuk diketahui, berikut adalah kisi-kisi soal kompetensi manajerial. Di antaranya mengangkat soal untuk mengukur tingkat integritas, kerja sama, orientasi pada hasil, pelayanan publik, komunikasi, dan mengelola perubahan.

Selain itu, masih banyak lagi tolok ukur penilaian yang akan diangkat dalam bentuk soal di lembar ujian kompetensi teknis.

5. Seleksi Ketiga (Kompetensi Sosio-kultural

Dihadirkan dalam lembar ujian yang sama bersama Kompetensi Manajerial, seperti telah disebut Kompetensi Sosio Kultural terdiri dari 25 butir soal.

Sebagai informasi, tiap-tiap soal tersebut akan menguji kemampuan peserta dari segi keterampilan, pengetahuan, hingga perilaku menyikapi beragam budaya. Tidak hanya itu, peserta tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja juga diuji dengan soal isu atau konflik di Indonesia.

Hal itu dimaksudkan untuk menilai kepekaannya terhadap apa yang terjadi di pemerintahan dan masyarakat. Selain itu, kemampuan berhubungan sosial dan sikap empati juga diuji di tes ini.

6. Seleksi Keempat (Wawancara)

Jika Anda mengira bahwa wawancara akan dilakukan dengan tatap muka sebagaimana proses interview pada umumnya, Anda salah. Proses wawancara di pengadaan PPPK juga menggunakan teknologi komputer.

Peserta akan diminta mengisi jawaban dari 10 butir soal dalam waktu 10 menit. Tiap-tiap soal akan berjumlah 4 poin sehingga wawancara akan memberikan tambahan nilai sebesar 40.

Jika ditotalkan dengan jumlah soal pada seleksi kompetensi lainnya, semuanya adalah 155. Dengan demikian, nilai yang bisa diraih di seleksi kompetensi adalah 740 poin.

Rinciannya adalah pada kompetensi teknis, tiap soal bernilai 5 poin sehingga nilai maksimal yang bisa diperoleh adalah 500. Sementara itu, pada kompetensi manajerial dan sosio-kultural, maksimal nilai yang bisa diperoleh adalah 200 poin.

Kemudian, untuk waktu pengerjaan semua tes adalah 170 menit. Sebagai informasi, passing grade atau nilai ambang batas di tes PPPK Guru Surabaya adalah sebagai berikut.

Pertama, seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosio-kultural adalah 130 poin. Kedua, nilai ambang batas seleksi wawancara adalah 24 poin.  Sementara itu, belum ada informasi lengkap mengenai berapa nilai passing grade kompetensi teknis.

Baca Juga: Jawaban Pemerintah Tentang PPPK Lolos Passing Grade Tahap 1 & 2

Rekrutmen PPPK Tahap 3 Segera Dibuka

Sebagai informasi, bagi yang berminat menjadi bagian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, pengadaan tahap 3 bakal segera dibuka. Namun untuk saat ini, belum terdapat kabar kapan jadwal resmi pembukaan seleksi.

Untuk itu, supaya Anda tidak ketinggalan kapan PPPK Guru Surabaya dilaksanakan, pastikan untuk mengecek informasi terupdate di internet. Guna mendapatkan informasi resmi, Anda bisa mengunjungi https://gurupppk.bkn.go.id/.

Selain selalu update info terbaru, pastikan untuk mempersiapkan diri dari berbagai segi. Salah satunya adalah mempersiapkan diri menghadapi berbagai seleksi sebagaimana telah diketahui.

Anda bisa mulai mematangkan persiapan pengetahuan dengan belajar secara mandiri seputar jabatan dan kemampuan yang harus dimiliki formasi. Yakni, menjadi PPPK Guru Surabaya dengan skill mendidik sesuai usia peserta didik.

Leave a Comment