Pentingnya Login SIM PKB PPG Prajabatan Secara Frekuentif

Jika Anda memiliki keinginan untuk menjadi PPG Prajabatan tahun ini maka Anda harus menyimak cara login SIM PKB PPG Prajabatan. Artikel ini akan membahasnya untuk Anda.

Pengertian Login SIM PKB

PPG prajabatan merupakan suatu program pendidikan yang diselenggarakan jika program sarjana atau terapan telah lulus sarjana maupun Diploma IV. Hal tersebut dapat dilakukan bagi calon guru, baik dari kependidikan maupun nonkependidikan

Fungsi untuk memperoleh sertifikat pendidik pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar negeri dan pendidikan menengah negeri. Untuk bisa mendaftarkan diri pada PPG prajabatan atau seleksi PPG bisa mendaftarkan diri pada PPG prajabatan selama bulan Juni.

Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian atau SIMPKB merupakan syarat agar bisa mengikuti pendaftaran Pendidikan Profesi Guru atau PPG prajabatan. Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru atau PPG ini dibuka mulai dari tanggal 1-30 Juni 2022 lewat situs ppg.kemedikbud.go.id.

Syarat agar bisa mengikuti PPG prajabatan adalah belum terdaftar sebagai guru atau kepala sekolah di basis data Dapodik. Serta telah memenuhi syarat-syarat yang lain.

Jadi bagi Anda yang memiliki status guru honorer, guru sekolah non formal bisa mendaftarkan diri. Seperti profesi guru di tempat pendidikan anak dan satuan PAUD, atau kelompok bermain, selama belum terdaftar di Dapodik.

Tahap-Tahap dalam Seleksi

Untuk bisa melakukan pendaftaran Anda terlebih dahulu harus menyiapkan email yang masih aktif. Selanjutnya Anda bisa mengikuti cara berikut ini login SIM PKB untuk daftar PPG Prajabatan 2022.

1. Mengakses Website Resmi Pemerintah

Anda harus mengakses website resmi milik pemerintah. Yakni https://ppg.kemdikbud.go.id/.

2. Mendaftar Diri

Kemudian Anda harus mendaftarkan diri melalui laman resminya. Dengan cara memilih menu daftar PPG Prajabatan tahun 2022.

3. Memilih Peran

Selanjutnya Anda diharuskan memilih peran. Cara mengklik daftar sebagai peserta.

4. Isi Kota Alamat Surel yang Masih Aktif

Anda harus membuat akun pendaftaran aplikasi SIMPKB. Di tahap ini, data NIK diversifikasi otomatis, yang akan berhasil terbentuk apabila data Anda dinyatakan valid juga memenuhi syarat.

Kemudian buka email Anda, salin username juga password yang telah masuk ke email. Selanjutnya login ke aplikasi SIMPKB menggunakan username dan password tersebut.

5. Melengkapi Biodata

Setelah login SIM PKB selanjutnya adalah mengisi biodata. Diantaranya adalah biodata diri, data kemahasiswaan, bidang studi PPG serta data pendukung lainnya.

Data pendukung lainnya adalah pengalaman mengikuti berorganisasi, pelatihan. Selain itu data pernah menjadi sukarelawan bidang pendidikan, pelatihan atau pengembangan orang lain, dan hobi. 

Jika Anda awalnya tercatat menjadi guru di Dapodik kemudian saat ini tidak lagi menjadi guru. Bisa melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan pada wilayah satuan pendidikan di tempat Anda berada.

Selanjutnya Anda diharuskan memilih lokasi untuk tempat pelaksanaan tes substantif secara luring. Serta mengisi pertanyaan esai.

Kemudian mengunggah dokumen, diantaranya foto terbaru dengan berpakaian formal yaitu kemeja putih dan berdasi dengan berlatar belakang warna biru. Ukuran file dokumen tersebut maksimal harus 1 Mb, Anda juga harus menandatangani pakta integritas di atas materai Rp10.000.

Jika Anda merupakan calon mahasiswa lulusan Luar Negeri. Diharuskan untuk mengunggah SK penyetaraan ijazah Luar Negeri dan transkrip asli dari Perguruan Tinggi asal.

6. Verifikasi Data IPK dan Linieritas

Anda diharuskan memverifikasi data IPK juga linearitas program studi S-1/D-IV melalui bidang studi PPG yang dipilih secara sistem. Apabila dinyatakan valid atau linier maka anda wajib mengisi berbagai pertanyaan jika tidak valid proses tidak bisa dilanjutkan.

Tahap Seleksi  

Setelah bisa Login SIM PKB, Anda akan mendapatkan arahan untuk unggah dokumen hingga mengikuti tes akademik. Lebih lanjut, inilah tiga tahap seleksi yang akan Anda lalui.

1. Tahap I

Tahap dalam seleksi administrasi, tahap ini adalah proses seleksi dalam penyeleksian kelengkapan berkas. Juga kesesuaian persyaratan administrasi yang dilakukan secara daring atau online melalui aplikasi SMPKB.

Pada tahap 1 ini Anda juga harus melakukan pembayaran biaya untuk mengikuti tes substantif. Setelah semua data administrasi telah dinyatakan memenuhi syarat.

Untuk mekanisme pembayarannya bisa dilakukan sesuai petunjuk ada pada aplikasi SIMPKB. Apabila pembayaran Anda terverifikasi berhasil akan berlanjut pada proses penempatan lokasi tes substantif.

2. Tahap II

Pada tahap ini akan dilakukan tes substantif. Sebelumnya Anda diharuskan mencetak kartu tes substantif lewat aplikasi SIMPKB pada masa cetak kartu tes.

Pada kartu tes tersebut akan terdapat  jadwal juga lokasi untuk mengikuti tes substantif secara luring. Selanjutnya Anda akan mengikuti tes substantif.

Teks tersebut meliputi tes penguasaan bidang juga tes kemampuan dasar literasi dan numerasi. Tes itu akan dilaksanakan secara offline atau luring pada Tempat Ujian Kompetensi yang ditunjuk.

Teknis dalam pelaksanaan tes tersebut menggunakan Computer Assisted Tes Asesmen Nasional Berbasis Komputer (CAT ANBK). Untuk pengumuman hasil tes substantif ini dapat Anda lihat pada aplikasi SIMPKB, dengan menggunakan akun pendaftaran masing-masing.

3. Tahap III

Pada tahap 3 ini akan ada tes wawancara. Anda akan diberikan informasi terkait jadwal tes wawancara pada aplikasi SIMPKB dengan menggunakan akun masing-masing.

Tes wawancara memiliki tujuan untuk menggali lebih dalam kompetensi Anda. Kompetensi tersebut baik secara personal maupun profesional yang dilaksanakan secara online atau daring.

Pelaksanaannya tes wawancara menggunakan media atau platform virtual meeting. Ruang pertemuan virtual tersebut telah ditentukan.

Untuk pengumuman hasil tes wawancara Anda bisa melihatnya pada aplikasi SIMPKB. Anda bisa mengaksesnya dengan menggunakan akun pendaftaran masing-masing.

Bagi Anda yang telah dinyatakan lolos pada tes wawancara ini selanjutnya akan diproses untuk penempatan ke Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi tersebut sesuai dengan bidang studi PPG yang telah Anda dipilih.

Anda harus mengonfirmasi untuk kesediaan dalam mengikuti PPG Prajabatan pada Perguruan Tinggi yang telah ditentukan di aplikasi SIMPKB. Hal tersebut sesuai dengan jadwal masa konfirmasi.

Direktorat Jenderal GTK akan menetapkan Anda pada PPG Prajabatan Tahun 2022. Itu sesuai dengan kuota nasional bidang studi yang telah dibuka.

Demikian itulah berbagai cara tahapan-tahapan untuk mendaftarkan diri dalam program SIMPKB PPG Prajabatan. Anda bisa mengakses informasi lebih lengkapnya mulai dari syarat dan lainnnya dengan membuka link resminya.

Baca Juga: Poin Peluang serta Kriteria Teknis Administrasi Honorer K2

Seberapa Sering Harus Login SIM PKB?

Anda bisa mewujudkan harapan Anda untuk menjadi pegawai negeri salah satunya dengan mengikuti tes SIMPKB PPG ini. Jangan lewatkan kesempatan tersebut segera daftarkan diri Anda.

Dengan menjadi pegawai negeri Anda bisa mengabdikan diri kepada Negara. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan kompensasi sebagai abdi negara.

Dua kebaikan sekaligus bisa Anda raih, tentu ini juga akan menambah pengalaman dan wawasan. Anda juga akan terjamin disaat masa tua dengan mendapatkan dana pensiun.

Dana pensiun bisa digunakan untuk masa depan di saat usia sudah tidak lagi produktif. Program pemerintah ini ada mulai dari tanggal 1-30 Juni 2022. emoga informasi ini bisa membantu Anda. Untuk mewujudkan apa yang ingin Anda capai. Jangan lupa untuk terus menerus update dan melakukan login SIM PKB, karena dari sanalah info terbaru tentang apa yang harus Anda lakukan bisa diakses.

Leave a Comment