Waktu Seleksi dan Pendaftaran PPPK Tahap 3 Juli 2022

Pendaftaran dan pendataan  PPPK tahap 3 juli 2022 akan mulai dibuka kembali sehingga calon peserta bisa mempersiapkan diri. Simak informasi tentang PPPK tahap 3 juli 2022 di bawah ini.

PPPK Tahap 3

PPPK merupakan seleksi yang diadakan oleh pemerintah untuk merekrut calon pegawai kontrak dengan perjanjian dinas. Calon pegawai ini akan mendapatkan kontrak eksklusif dengan gaji dan tunjangan yang hampir menyerupai ASN.

Jalur ini diadakan di seluruh daerah yang ada di Indonesia sehingga siapa saja yang memenuhi syarat bisa mengikutinya. Lulusan sarjana sangat diperlukan untuk keperluan setiap kementerian yang membutuhkan.

Seleksi diadakan untuk mencari calon pegawai yang bisa menunjukkan baktinya kepada negeri tercinta. PPPK ini memiliki batas waktu dalam kontraknya biasanya minimal satu tahun dan maksimal tergantung kebutuhan dalam suatu lembaga.

PPPK sudah dilakukan sebanyak dua gelombang dan sudah diumumkan pada tahun sebelumnya. Tahun 2022 ini PPPK kembali dibuka dengan tetap memprioritaskan bagi yang sudah pernah honor sebelumnya.

Tahun ini tenaga honorer masih menjadi prioritas dalam mengikuti PPPK Kareena sebagai pengganti menjadi ASN. Gaji tenaga PPPK hampir sama dengan para aparatur sipil negara yang memiliki pangkat paling rendah.

Tunjangan dan lain sebagainya tetap akan diterima selama masih terikat kontrak dengan pemerintah. Tenaga PPPK cuma tidak memiliki gaji pensiun saja.

Pendataan PPPK tahap 3 Juli 2022 dan akan dibuka secara bertahap mulai dari tahap pendaftaran berkas hingga ujian. PPPK tahap 3 Juli 2022 juga memprioritaskan bagi tenaga honorer yang tidak lulus pada gelombang 1 dan 2.

PPPK tahap 3 Juli 2022 juga memberikan kepada Anda informasi penting supaya selalu memantau website resmi. Update terbaru akan lebih akurat jika Anda selalu memantau website pemerintah tentang proses PPPK.

Informasi terbaru memudahkan Anda dalam menyiapkan apa yang diperlukan selama mengikuti PPPK tahap 3 Juli 2022.

Informasi PPPK Tahap 3 Juli 2022

Berita yang beredar luas di linimasa mengatakan bahwa PPPK tahap 3 mulai akan diadakan pada tanggal 3 Juli 2022. Waktu ini belum pasti karena pemerintah belum mengumumkan secara resmi melalui menteri pendidikannya.

Waktu tersebut adalah perencanaan yang dilakukan untuk memudahkan dalam melaksanakan seleksi PPPK tersebut. Hal ini juga menjadi peringatan bagi siapa saja yang ingin mengikuti seleksi bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Adapun tanggal-tanggal rencana pelaksanaan PPPK tahap 3 Juli 2022 menurut linimasa terkini adalah sebagai berikut.

1.  Finalisasi Data

Pertama sekali adalah akan dilakukan finalisasi data dari seluruh kementerian yang ada. Hal ini dilakukan supaya tidak ada data yang rangkap atau tertinggal sehingga bermasalah di kemudian hari.

Finalisasi data juga diperlukan untuk mengetahui seberapa banyak tenaga honorer yang masih bertugas di suatu daerah. Ada tenaga honorer yang sudah mengundurkan diri atau sudah meninggal dunia.

Hal ini tentu harus dihilangkan karena bisa dimasukkan nama lainnya yang lebih membutuhkan. Finalisasi data ini diperkirakan akan dimulai pada bulan Maret tahun ini.

Tanggal tersebut belum pasti hanya perkiraan dari beberapa pihak terkait. Informasi lebih lanjut atau terbaru bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi website kementerian terkait.

2.  Pembukaan e-Formasi

Langkah kedua yang dilakukan setelah finalisasi data adalah pembukaan e-formasi yang dibutuhkan. Setiap kementrian sudah mendapatkan data tentang seluruh jumlah honorer yang ada dalam jajaran pemerintahannya.

Lalu, rapat akan diadakan untuk membicarakan berapa kapasitas PPPK yang dibutuhkan sehingga formasi bisa dibuka. Pembukaan e-formasi ini membuat Anda bisa mengetahui jumlah peserta yang dibutuhkan untuk mengisi PPPK tersebut.

Pada pembukaan e-formasi setiap daerah tentu memiliki jumlah peserta yang berbeda. Hal ini disebabkan karena setiap tempat memerlukan jumlah tenaga PPPK yang berbeda.

Pembukaan e-formasi ini diperkirakan akan dilakukan pada bulan Maret hingga April. Anda bisa segera mendaftarkan diri jika e-formasi sudah dibuka.

3. Validasi Usulan Formasi

Langkah ketiga yang dilakukan pada tahap seleksi PPPK adalah validasi usulan formasi. Validasi data harus dilakukan untuk mengesahkan data yang sudah ada tidak akan bertambah lagi kedepannya.

Validasi juga diperlukan untuk dapat memastikan berapa kebutuhan pegawai dalam suatu daerah atau kementerian. Proses ini diprediksi akan dilakukan selama bulan Mei hingga selesai.

4. Penetapan Kebutuhan

Langkah keempat adalah penetapan kebutuhan tenaga PPPK dalam suatu daerah. Pemerintah akan memetakan keadaan setiap daerah profesi mana yang membutuhkan keberadaan pegawai paling banyak.

Daerah yang kebutuhannya paling banyak akan mendapatkan kuota peserta lebih banyak. Misalnya di daerah Aceh memerlukan tenaga guru lebih banyak maka kuota peserta daerah tersebut akan dilebihkan.

Penetapan kebutuhan peserta akan dimulai sejak bulan Juni. Penetapan ini akan diumumkan secara resmi melalui website pemerintah.

5. Penyampaian Informasi ke Pemda dan Kementerian

Langkah kelima adalah pemberitahuan kepada pemerintah daerah dan kementerian terkait. Pemberitahuan ini dilakukan untuk mendata peserta yang akan diterima pada suatu kementerian atau pemerintah daerah.

Proses ini akan dilakukan mulai bulan Juni 2022. Pemda dan kementerian akan segera bersiap-siap untuk mengadakan persiapan terkait pelaksanaan PPPK tersebut.

6. Integrasi Data dengan Pihak SSCASN

Proses pengintegrasi data dilakukan supaya datanya sama antara pihak pemerintah dengan SSCASN. Jadi, pihak pelaksana dan pemerintah akan mendapatkan data yang sama dan mulai dilakukan pada bulan Juni

7. Pengumuman Seleksi

Langkah ketujuh adalah mengumumkan seleksi kapan mulai dibuka PPPK tahap 3 tersebut. Proses ini diperkirakan berjalan pada bulan Juli tahun ini.

8. Pendaftaran SSCASN-BKN

Langkah keempat adalah melakukan pendaftaran pada SSCNASN dan BKN. Proses ini mulai berjalan pada bulan Juli 2022.

9. Pelaksanaan Seleksi

Langkah kesembilan adalah ,melakukan seleksi kepada peserta yang sudah mendaftar. Pelaksanaan seleksi akan dilakukan pada bulan Juli tahun ini.

Proses seleksi akan dimulai dengan keharusan menjawab berbagai soal yang sudah dipersiapkan. Soal yang diperuntukkan bagi peserta berupa soal TKD, TIU, dan TKP.

Semua proses di atas akan dilakukan dari satu proses menuju proses lainnya hingga selesai. Informasi tersebut diatas adalah prediksi linimasa sehingga  peserta bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Baca Juga: Seleksi PPPK Non Guru: Jalan Menjadi ASN di 2022, Apa Syaratnya?

Ikuti Prosedurnya Sesuai Jadwal

PPPK tahap 3 Juli 2022 akan mulai dilaksanakan tahun ini dengan berbagai proses yang ada di dalamnya. Proses pelaksanaan PPPK dimulai dnegan prose finalisasi data dan pembukaan e-formasi sesuai kebutuhan.

Proses selanjutnya dilakukan validasi usulan formasi dan penetapan kebutuhan peserta yang dibutuhkan. Langkah selanjutnya adalah penyampaian informasi kepada pemerintah daerah dan kementerian.

Lalu, integrasi data akan dilakukan dengan pihak SSCASN sehingga bisa sesuai dengan pemerintah. Pengumuman seleksi akan dilakukan selanjutnya hingga proses selesai selesai.

Terakhir, proses ditutup dengan pengumuman proses seleksi PPPK tahap 3. Anda bisa mengikuti semua proses dari pertama hingga selesai dengan tertib. PPPK tahap 3 Juli 2022 semoga bisa menjadi jalan bagi Anda menjadi salah seorang calon PPPK tahun ini

1 thought on “Waktu Seleksi dan Pendaftaran PPPK Tahap 3 Juli 2022”

Leave a Comment