Belajar Mandiri dengan Ebook PPPK Sebelum Rekrutmen Tahap 3 Dibuka

Ebook PPPK adalah salah satu produk yang sebaiknya dimiliki calon peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja 2022. Pasalnya, buku yang lebih simpel dari versi cetak ini, bisa membantu pelamar seleksi agar lebih siap menghadapi serangkaian tes.

Sekilas Tentang Ebook PPPK

Seiring dengan majunya teknologi, banyak hal yang mulai bertransformasi ke media elektronik. Mulai dari obrolan sehari-hari, belanja kebutuhan, hiburan berupa tontonan, musik, hingga bacaan komik, berita, dan lain-lain.

Tidak terkecuali dengan bacaan yang memuat pendidikan, seperti contoh soal dan pembahasan PPPK dan selanjutnya disebut ebook PPPK. Seperti diketahui, e-bookmerupakan bentuk ringkas dari kata electronic book yang berarti buku elektronik atau digital.

Sementara itu, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja adalah golongan Aparatur Sipil Negara atau pekerja pemerintah yang bersifat kontrak. Status ini resmi dipakai di tahun 2019 dengan perekrutan pegawai menggunakan sistem seleksi serupa CPNS.

Tahun ini, rekrutmen nasional untuk status worker government akan kembali dibuka. Atas dasar itu, calon peserta rekrutmen PPPK diharuskan mempersiapkan diri dengan pengetahuan seluas mungkin agar siap menghadapi CAT.

Supaya calon pelamar seleksi makin siap, bisa belajar dari program ataupun produk yang menyediakan berbagai materi PPPK. Contohnya, Seri Belajar Mandiri yang disediakan oleh Kemendikbud untuk calon pelamar seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja formasi guru.

Selain dari program belajar, calon pelamar bisa memilih belajar mandiri lewat buku, baik fisik maupun elektronik. Namun, ebook PPPK bisa dikatakan lebih praktis dan efisien sebab bisa dipelajari dan dibawa ke mana pun.

Selain itu, berikut adalah beberapa alasan kenapa ebook PPPK lebih efektif dipakai untuk belajar mandiri.

Manfaat Belajar Mandiri dengan Ebook

Di antara keunggulan belajar PPPK dengan menggunakan ebook adalah sebagai berikut.

1. Intensitas Belajar Lebih Sering

Seperti diketahui, alat elektronik seperti smartphone lebih sering dipegang oleh orang-orang. Di sisi lain, berbagai pengetahuan mengenai materi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja bisa dengan mudah diakses pemegang alat tersebut.

Sehingga, jika calon pelamar seleksi memiliki produk ebook seputar ujian di pengadaan ASN modern, proses belajarnya jadi lebih intensif.

2. Pengetahuan Lebih Dalam dan Luas

Calon peserta yang belajar secara intens menggunakan produk modern ini bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam dan luas. Makin sering membaca dan memahami materi-materi yang disediakan maka pelamar jabatan kosong di instansi pemerintah akan lebih siap.

Seperti diketahui, terdapat empat jenis seleksi kompetensi yang harus dilalui pelamar sehingga proses belajarnya harus maksimal. Mulai dari materi kompetensi teknis, manajerial, sosio-kultural, hingga wawancara harus benar-benar dipahami.

3. Mendeteksi Kemampuan Diri

Selain materi seputar formasi yang ada di jabatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, ebook PPPK juga menyediakan contoh soal. Masyarakat bisa belajar mandiri dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kemudian mengecek benar atau tidaknya jawaban yang diberikan.

Dengan demikian, calon pelamar bisa mengetahui sampai mana dirinya mampu menghadapi soal di ujian nanti. Selain itu, dari hasil deteksi ini, peserta bisa tahu materi apa yang harus dipelajari kembali agar lebih paham dan siap menghadapi ujian.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Setiap orang tahu bahwa kepercayaan diri merupakan hal yang krusial. Tanpa ini, pengetahuan seluas apa pun berkemungkinan tidak berguna sebab pikirannya kurang terpusat atau terfokus.

Dengan belajar yang intensif hingga latihan soal terus-menerus, calon peserta bisa memiliki kepercayaan diri lebih besar. Jika sudah percaya diri, saat ujian dilaksanakan pelamar akan berfokus pada soal dan mengandalkan pengetahuan yang sudah dipelajarinya.

Ciri-Ciri Ebook PPPK Terbaik

Setelah mengetahui beberapa manfaat belajar materi P3K di buku digital, Anda tentu ingin tahu seperti apa ciri-ciri produk terbaiknya. Simak informasinya, berikut ini!

1. Tidak Disebarluaskan Secara Gratis

Seperti diketahui, terdapat banyak media yang menyediakan buku digital dengan isi materi seputar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Namun, beberapa produk mungkin dianggap tidak sesuai dengan aturan yang berlaku atau bisa dikatakan ilegal.

Untuk produk yang aman, masyarakat bisa mengunduh, menyewa, atau membelinya di aplikasi legal seperti PlayStore, iPusnas, dan lain sebagainya. Namun, tidak ada salahnya Anda mencari ebook materi PPPK di Google Search.

Meski begitu, sebaiknya Anda tidak asal mengunduh. Sebab, ciri pertama buku digital berkualitas yang memuat materi lengkap PPPK umumnya bersifat komersial.

Jadi, sebelum yakin mengunduh ebook, pastikan kualitas lainnya terlebih dahulu. Contohnya, akan dibahas di poin berikutnya.

2. Memuat Materi, Contoh Soal, Pembahasan, dan Jawaban

Buku belajar terbaik untuk pelamar seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja akan memuat materi, contoh soal, pembahasan, hingga jawaban. Dengan semua itu, calon peserta bisa mendalami materi, berlatih soal, dan mengukur kemampuan dirinya agar makin siap mengikuti rekrutmen.

3. Materi yang Dimuat Sesuai Formasi Tujuan

Ciri buku terbaik selanjutnya, produk memuat pembahasan seputar formasi yang calon peserta tuju. Contohnya, jika Anda ingin menjadi guru, fasilitas pembelajaran dari https://ayobelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/ cocok diakses.

Sementara itu, untuk formasi lain, seperti tenaga kesehatan, ebook dengan isi pengetahuan seputar PPPK Nakes bisa dipakai belajar.

4. Memiliki Contoh Soal yang Banyak

Buku belajar akan makin bermanfaat jika jumlah pengetahuan di dalamnya terbilang banyak. Tidak hanya berisi materi yang banyak, tetapi contoh soal yang banyak juga.

Dengan besarnya jumlah contoh pertanyaan di ebook, calon peserta bisa berlatih dengan variasi soal berbeda setiap kali berlatih. Sehingga, peserta makin tahu soal mana yang masih menjadi titik lemahnya.

5. Mempunyai Pembahasan Lengkap

Ciri ebook PPPK terbaik selanjutnya ada di bagian pembahasan yang detail. Dengan bahasan yang rinci, calon pelamar bisa lebih memahami alasan jawaban A hingga D salah, dan opsi E benar.

Selain itu, orang-orang juga bisa mendapatkan pengetahuan dalam bahasa yang lebih sederhana dari pembahasan soal tadi. Biasanya, penjelasan yang simpel di pembahasan soal lebih mudah dipahami dan selalu diingat.

6. Memberikan Paket Belajar Lain

Selain ebook, produk terbaik untuk belajar seputar materi ujian di pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja akan memberikan bonus. Paket bonus ini bisa dimiliki jika Anda membeli ebook langsung dari penyedia jasa try out PPPK.

Di antara bonus tersebut adalah grup belajar, paket video pembahasan, tutorial ujian CAT, simulasi CAT, dan materi lainnya. Dengan paket belajar super lengkap itu, calon peserta bisa makin siap menghadapi seleksi kompetensi di rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Baca Juga: Prioritas: Calon PPPK Honorer K2 Tidak Perlu Ikut Seleksi Kompetensi

Apakah Wajib Belajar Menggunakan Ebook?

Untuk diketahui, mempunyai ebook PPPK memang bukan hal yang wajib. Namun, dengan memiliki produk ini, ada sederet keuntungan yang bisa didapatkan calon peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Kenapa tidak terlalu diwajibkan? Sebab, yang menentukan lolos tidaknya Anda di seleksi adalah kerja keras dan pengetahuan diri sendiri.

Jadi, belajar dengan media apa pun boleh-boleh saja, terlebih dengan jadwal yang terstruktur dan secara terus-menerus. Dengan mempersiapkan diri di segi pengetahuan, calon peserta bisa lebih siap menghadapi ujian dan percaya diri mendapatkan status PPPK.  Jadi, ayo belajar untuk menghadapi ujian CAT PPPK 2022!

Leave a Comment