Perbedaan Gaji 13 PPPK yang Perlu Diketahui Pejuang NIP

Perbedaan gaji 13 PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) perlu untuk Anda ketahui sebelum menjadi pegawai pemerintah. Artikel ini akan membahas terkait perihal tersebut, simak selengkapnya yuk.

Pengertian Gaji 13 PPPK

PPPK yang merupakan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja harus seorang warga Negara Indonesia. WNI tersebut harus telah memenuhi syarat tertentu.

Lalu pegawai tersebut akan diangkat berdasarkan perjanjian kerja dalam jangka waktu tertentu. Untuk menjalankan tugas pemerintahan, yang saat ini memiliki perbedaan gaji 13 PPPK.

Kedudukan hukum PPPK yang merupakan ASN di dalam UU nomor 5 tahun 2014. Yang memiliki turunan hukum PP 11 tahun 2017, PP Nomor 49 tahun 3027.

Tentang manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja dan Peraturan Badan Kepegawaian Negara. Juga terkait teknis pengadaan PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Hal-hal Penting Seputar Gaji PPPK

Tujuan dari adanya manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja adalah dalam rangka pengelolaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Untuk menghasilkan pegawai pemerintah yang memiliki perjanjian kerja profesional.

Sehingga para pegawai mempunyai etika, nilai dasar, profesi bebas dari intervensi berbagai pihak. Kemudian bebas dari praktik KKN, korupsi, kolusi, dan nepotisme, sehingga pemerintah memberikan apresiasi dengan perbedaan gaji 13 PPPK.

1. Kedudukan PPPK

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK dengan kedudukannya dalam jabatan sebagai ASN. Akan mengisi devisi JF dan JPT Madya dan Utama tertentu.

PPPK diangkat melalui perjanjian kerja sesuai dengan kebutuhan instansi terkait. Pegawai tersebut harus memiliki NIP secara nasional untuk melaksanakan tugas pemerintahan.

Pegawai PPPK memiliki syarat usia paling rendah 20 tahun. Sedangkan usia paling tinggi setahun sebelum batas usia pensiun yakni usia 58 tahun.

Masa kerja pegawai PPPK yang paling singkat adalah 1 tahun kerja, gaji yang akan didapat berdasarkan hitungan dalam perundang-undangan. Pegawai pemerintah akan jaminan perlindungan jamkes, JHT, JKK, JKM, BanHK.

2. Perbedaan Gaji 13 PPPK, CPNS, dan PNS

Seperti halnya yang telah diketahui bahwasanya pemerintah telah mengeluarkan PP atau Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 2022. Terkait pemberian THR juga gaji ke-13 tahun 2022.

Menteri Keuangan menjelaskan dengan adanya kebijakan dari THR serta gaji ke-13 sangat diharapkan bisa mendorong dalam percepatan ekonomi nasional. Melalui peningkatan daya beli masyarakat.

3. Siapa yang Berhak Mendapat Gaji ke-13?

Apakah Anda penasaran Siapa saja yang mempunyai hak untuk mendapatkan gaji ke-13? Berikut ini adalah daftar para penerimanya.

Berdasarkan PP Nomor 16 tahun 2022 yaitu ayat 2. Di sana dijelaskan pemerintah akan memberikan Tunjangan Hari Raya dan gaji ke-13 tahun 2022 kepada aparatur negara.

Selain itu akan diberikan juga kepada pensiunan, penerima pensiun, juga penerima tunjangan. Sebagai sebuah penghargaan atas perhatiannya kepada bangsa dan negara tentunya dengan memperhatikan kemampuan keuangan negara.

Sedangkan dalam PP Nomor 16 tahun 2022 pada pasal 3 yang mempunyai hak dalam mendapatkan gaji ke-13 adalah PNS. Selain itu CPNS atau Calon PNS, serta PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Kemudian selanjutnya anggota Polri, prajurit TNI, serta pejabat negara. Selain orang-orang diatas Yang punya hak mendapatkan gaji ke-13 juga adalah pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan.

4. Inilah Besaran Gaji CPNS

Jika melihat pada PP Nomor 16 tahun 2022. Berikut ini adalah perbedaan gaji 13 PPPK, calon PNS, PNS serta PPPK.

Yang pertama gaji ke-13 bagi CPNS bersumber dari anggaran APBN meliputi 80% dari gaji pokok PNS dan tunjangan keluarga. Kemudian juga mendapatkan tunjangan pangan, tunjangan umum, serta 50% tunjangan kinerja sesuai pangkat, jabatan, kelas jabatan, atau peringkat jabatan.

Yang kedua gaji ke-13 calon PNS bersumber dari anggaran APBD meliputi 80% dari gaji pokok, tunjangan pangan, tunjangan keluarga. Selain itu akan mendapatkan Tunjangan umum atau tunjangan jabatan serta tambahan penghasilan paling banyak 50% bagi instansi pemerintah daerah.

Yang akan memberikan tambahan penghasilan dalam memperhatikan kemampuan fiskal daerah. Juga sesuai atas aturan UU mengenai pangkat, jabatan, peringkat jabatan, kelas jabatannya.

5. Besaran Gaji Bagi pegawai PPPK

Menurut MK nomor 42/PMK.05/2021 ditandatangani pada 29 April 2021 oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Menjelaskan apabila CPNS mendapatkan THR serta gaji ke-13 sebesar 80% dari gaji pokok PNS.

Juga tunjangan keluarga, tunjangan umum sesuai jabatan. Serta pangkat golongan serta tunjangan pangan dalam bentuk uang.

Maka pegawai PPPK atau mendapatkan 100% dari gaji pokok tunjangan keluarga tunjangan pangan dalam bentuk uang. Pangkat golongan dan tunjangan umum sesuai jabatan.

Menurut Sri Mulyani dalam PMK tersebut, besaran perbedaan gaji 13 PPPK dan THRnya juga bagi CPNS dan PPPK. Tahun ini tidak akan memperhitungkan tunjangan kinerja.

Sesuai PP nomor 98 tahun 2020 terkait perbedaan gaji 13 PPPK dan tunjangan PPPK, masing-masing akan mendapatkan gaji pokok. Kemudian tunjangan anak dan istri/suami, tunjangan fungsional umum, tunjangan khusus, tunjangan eselon.

6. Contoh Perhitungan Gaji 

Sebagai contoh misalnya guru PPPK 2019, untuk golongan IX atau setara dengan golongan III/a PNS. Yang menerima gaji pokok sebesar Rp2.966.500.

Lalu ditambahkan tunjangan suami/istri sebesar Rp296.650. Serta tunjangan dua anak Rp118.660 juga tunjangan beras sebesar Rp289.680.

Sesuai gambar tersebut maka total pendapatan yang akan diterima guru PPPK tersebut sebesar Rp3.527.800. Dalam perhitungan itu mainan termasuk tunjangan fungsional umum.

7. Contoh Perhitungan THR dari Perbedaan Gaji 13 PPPK

Untuk perhitungan THR CPNS, berdasarkan PP Nomor 15 tahun 2019. Mendapatkan besaran gaji pokok PNS berjenjang sesuai golongan serta lamanya dalam bekerja.

Contohnya PNS golongan III/a dengan masa kerja 0 tahun. Maka gaji pokok yang akan diterima Rp2.579.400.

Sehingga dengan demikian bagi CPNS memiliki besaran gaji ke-13 Dan THR sebesar 80% dengan nominal sekitar Rp2.063.520. Akan tetapi itu belum termasuk tunjangan pangan dalam bentuk uang, tunjangan keluarga, tunjangan pangkat golongan, tunjangan umum sesuai jabatannya.

Baca Juga: Seleksi PPPK Non Guru adalah Jalan Menjadi ASN di 2022, Ayo Ikut!

Semangat untuk Jadi Pejuang NIP

Demikianlah berbagai informasi terkait Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Beserta Perbedaan gaji 13 PPPK, jika Anda sedang membutuhkan informasi lanjutannya Anda dapat terus.

Jika anda ingin mengetahui lebih banyak informasi terkait PPPK, PNS, dan CPNS segera cek langsung website berikut https://gurupppk.kemendikbud.go.id. Anda akan mendapatkan berbagai macam informasi terupdate mengenai pegawai pemerintahan.

Apakah Anda berminat untuk menjadi pegawai pemerintah baik itu PNS yaitu Pegawai Negeri Sipil. Maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK?

Anda akan mendapatkan berbagai macam tunjangan yang diuangkan dari negara beserta perbedaan gaji 13 PPPK dan juga pensiun. Uang pensiun sangat bermanfaat bagi Anda ketika sudah tidak produktif lagi, yang akan menunjang biaya hidup di masa tua.

Leave a Comment