Materi PPG Bahasa Inggris yang Harus Dikuasai Sebelum UKIN

Materi PPG bahasa Inggris yang penting dipelajari sebelum UKIN (Uji Kinerja) akan segera dirilis oleh Kemendikbud melalui daring. Mengingat masih dalam masa pandemi, jadi tidak heran jika sistim daring juga masih dilakukan meskipun hanya 50 persen saja.

Mengenal PPG Bahasa Inggris

Pembelajaran Pekerjaan Guru (PPG) mata pelajaran bahasa Inggris diluncurkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan lewat sistem daring. Materi PPG bahasa Inggris ini merupakan pembelajaran untuk para guru agar mendapatkan sertifikasi dalam kedudukan.

Materi yang diberikan dalam bentuk file pdf agar mudah untuk dipelajari para guru yang ingin melakukan sertifikasi. Diharapkan dengan adanya sistem sertifikasi ini para tenaga pendidik lebih handal pada mata pelajaran yang diajarkan.

Tentu ada harapan lain saat para guru menjajaki materi PPG bahasa Inggris dapat memperoleh akta pengajar. Untuk pemberian materi dicocokkan sesuai kurikulum terbaru yakni k13 mata pelajaran bahasa Inggris.

Maka dari itu para partisipan tidak hanya menggunakan pangkal materi didik yang ini saja, tetapi dapat mengakses pendukung lainnya. Materi penajaman modul yang diberikan ini merupakan wujud dari komitmen untuk menaikkan mutu guru.

Kenaikan komitmen tenaga pendidik ini merupakan salah satu kunci membangun bangsa dengan totalitas dalam mengajar. Jadi diharapkan untuk para guru yang telah mendapatkan PPG untuk benar-benar mempelajari.

Penguasaan Materi PPG Bahasa Inggris

Ada beberapa penguasaan dan materi PPG bahasa Inggris yang harus dimiliki dan dikuasai oleh para tenaga pendidik. Berikut penguasaan dan materi apa saja yang harus diperhatikan oleh para tenaga pendidik.

1. Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik merupakan menilai akan kemampuan seorang guru dalam mengelola pembelajaran. Melihat akan kemampuan tenaga pendidik dalam pemahaman berbagai hal yang berkaitan pemahaman terhadap peserta didik.

Menilai kemampuan guru dalam membuat perancangan serta pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil serta pengembangan. Tujuan seorang guru wajib mengetahui hal tersebut ialah agar para tenaga pendidik ini dapat memahami betul potensi anak didiknya.

Dengan ini pula menjadikan kompetensi pedagogik suatu materi yang wajib dikuasai dan berbeda dengan profesi lainnya. Penguasaan kompetensi ini untuk dapat melihat dan menentukan kualitas proses serta hasil pembelajaran.

Melihat kinerja profesional nya para tenaga pendidik ini dalam mengajar nantinya. Materi ini merupakan pembelajaran yang mencakup lingkup luas dan mendalam, serta penguasaan kurikulum dari mata pelajaran. Penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuan yang dimiliki oleh seorang tenaga pengajar.

2. Perencanaan Program Belajar

Materi selanjutnya ialah perencanaan program belajar, hal ini haruslah seorang guru dapat menata perencanaan dalam program belajar. Kemampuan ini bertujuan agar para guru mengetahui dapat menata cara pembelajaran sehingga proses belajar mengajar tidak semrawut.

Seorang guru haruslah juga dapat mengolah pembelajaran yang disampaikan kepada anak didiknya. Agar materi belajar dapat tersampaikan dengan baik tanpa harus terus mengulang.

3. Dapat Mengevaluasi Pembelajaran

Dalam materi PPG bahasa Inggris peserta juga wajib paham dan dapat mengevaluasi hasil pembelajaran yang telah dilakukan. Tujuannya agar pelajaran serta materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh para anak didik.

Mengevaluasi hasil belajar juga sangat penting untuk para siswa, agar dapat mengingat kembali materi yang telah dipelajari. Juga menghindari siswa yang tidak begitu paham akan tetapi enggan untuk bertanya kembali.

Tentu saja jika evaluasi hasil belajar tentu dapat membuat para siswa merasa nyaman dan bersemangat mempelajari mata pelajaran tersebut.

4. Menguasai Struktur, Materi, Konsep Plus Pola Pikir Keilmuan

Dalam pemberian materi PPG bahasa Inggris peserta juga wajib menguasai materi pelajaran yang akan disampaikan. Tentu saja jikalau seorang guru belum menguasai betul dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan akan berdampak pada siswanya.

Siswa tidak akan paham dengan pelajaran yang disampaikan yang dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman saat menerima pelajaran. Para guru juga harus memiliki pola pikir yang luas dalam memahami para muridnya.

Tujuannya Agar seorang guru dapat lebih dekat serta memahami tentang siswanya. Sehingga para siswa tidak merasa enggan untuk bertanya dan bicara akan kesulitan yang dihadapi saat menerima pelajaran.

5. Menguasai Standar Kompetensi dan Dasar Mata Pelajaran yang Diampu

Seorang guru juga harus menguasai betul akan standar kompetensi agar tidak terjadi kekeliruan dalam proses pembelajaran. Standar kompetensi untuk mata pelajaran yang diajarkan tentu sudah diketahui oleh para tenaga pendidik.

Maka dari itu penguasaan perlu dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti simpang siurnya materi yang disampaikan.

6. Pengembangan Materi Pembelajaran Secara Kreatif

Materi PPG bahasa Inggris juga menganjurkan agar para guru dapat mengembangkan materi pembelajaran dengan cara kreatif. Para siswa akan betah dan senang saat menerima pelajaran apabila disetiap pengajaran materi dikemas secara menarik.

Perlunya tenaga pendidik untuk lebih kreatif dalam mengemas materi mata pelajaran supaya siswa dapat menerima pelajaran dengan baik. Belajar akan terasa lebih menyenangkan dan nyaman sehingga akan mudah dipahami.

7. Mengembangkan Kerja Profesional Secara Berkelanjutan

Dalam setiap pekerjaan keprofesionalan juga wajib dilakukan dan hal itu haruslah diterapkan secara terus menerus. Tidak mencampur adukkan masalah pribadi, keluarga dengan pekerjaan.

Apabila keprofesionalan kerja tidak diterapkan maka akan berdampak pada proses belajar mengajar sehingga tidak efektif. Kemungkinan para sisa tidak ada rasa nyaman saat proses belajar mengajar, juga tidak nyaman dengan pembimbingnya.

Keprofesionalan dalam bekerja juga harus dilakukan dengan berkelanjutan agar tercipta suasana menyenangkan saat belajar. Jarak antara siswa dengan guru juga tidak terlalu jauh sehingga tidak ada rasa sungkan untuk bertanya tentang mata pelajaran. Akan tetapi guru juga harus memberi jarak agar bisa dapat dihormati oleh para siswanya.

8. Dapat Memanfaatkan Teknologi

Dalam PPG bahasa Inggris guru juga harus dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Pada jaman digital tentu semua proses pengajaran harus dapat mengikuti perkembangan tersebut.

Maka dari itu seorang guru juga wajib menguasai akan teknologi saat ini. Karena seluruh sistem belajar mengajar kini tersedia melewati teknologi.

Apabila seorang guru kurang dalam pemanfaatan teknologi nantinya akan sulit saat akan menyampaikan informasi tentang mata pelajaran.

Baca Juga: Fakta Kebijakan 2023 Bebas Honorer dan Syarat Mengikuti Seleksi

Belajar dan Melakukan Microteaching Selama Perkuliahan

Materi PPG bahasa Inggris kini telah diluncurkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan lewat sistem online atau daring. Meskipun semua kegiatan sudah berangsur membaik dan normal, akan tetapi proses daring tetap dilakukan.

Materi PPG juga disampaikan berupa file pdf yang dapat dijangkau oleh seluruh peserta sertifikasi. Memahami semua materi serta menguasai semua hal tentang mata pelajaran dan cara mengajar perlu diperhatikan.

Agar proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik, sehingga para siswa dapat menerima dengan baik. Proses belajar mengajar juga perlu diperhatikan, membuat suasana menyenangkan juga berdampak positif.

Para siswa akan lebih menyukai dengan mata pelajaran tersebut, dan ini perlu dilakukan secara berkelanjutan. Agar proses belajar mengajar menyenangkan dapat terus dirasakan.

Artikel materi PPG bahasa Inggris ini semoga dapat membantu dan menambah wawasan sehingga Anda dapat mengetahui serta mempelajarinya. Anda juga dapat menggunakan tautan https://ppg.kemdikbud.go.id untuk mengetahui tentang PPG lebih banyak.

Leave a Comment