10 Tahapan Cara Daftar PPG Prajab 2022 dan Jadwal Pelaksanaannya

Cara daftar PPG Prajab tahun 2022 menjadi informasi yang penting diketahui para calon mahasiswa program pendidikan profesi keguruan ini. Selain itu, rangkaian jadwal pelaksanaan kegiatan pun perlu dicatat agar tidak ketinggalan informasi apa pun, Anda sudah tahu?

Berikut ini adalah informasi seputar cara daftar PPG Prajab 2022 hingga jadwal pelaksanaannya. Simak hingga tuntas, ya!

Pengertian dan Manfaat PPG Prajab

Berdasarkan informasi yang disadur dari laman PPG Kemdikbud, yang dimaksud dengan PPG Prajab atau PPG Prajabatan adalah sebagai berikut. Yaitu, program pendidikan lanjutan untuk masyarakat yang telah  menyelesaikan masa studi di bangku kuliah dan meraih gelar sarjana terapan.

Baik itu Strata-Satu maupun Diploma-Empat, dan dari jurusan kependidikan ataupun non-kependidikan. Untuk diketahui, program ini dimaksudkan guna menjaring calon guru profesional yang bisa diberikan amanah untuk menjalankan tugasnya sebagai pendidik.

Sebagaimana amanat yang tertera dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dalam Pasal 8, UU tersebut menyebutkan bahwa guru wajib mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik.

Selain itu, guru pun wajib menyatakan dirinya  sehat secara jasmani dan rohani melalui surat keterangan yang dibuat oleh pihak berkewenangan. Kemudian, guru juga harus memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Atas dasar amanah dalam UU tersebut, pemerintah melalui Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi membuka program PPG. Yang mana, maksud program ini telah disebutkan sebelumnya, yakni menjaring calon guru profesional.

Lantas apa manfaat mengikuti PPG Prajab bagi masyarakat? Untuk diketahui, tiap-tiap masyarakat yang mengikuti program ini bakal mendapatkan banyak sekali keuntungan.

Beberapa di antaranya adalah meningkatkan kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, profesional, serta kompetensi kepribadian yang sangat diperlukan dalam dunia ajar-mengajar. Selain itu, manfaat lain mengikuti program ini adalah mendapatkan sertifikat pendidik. Lantas, bagaimana cara mendapatkan sertifikat pendidik tersebut?

Cara Daftar PPG Prajab 2022

Salah satu cara untuk mendapatkan sertifikat pendidik adalah dengan mendaftarkan diri sebagai peserta seleksi di program Pendidikan Profesi Guru ini. Berikut ini adalah informasi seputar cara daftar PPG Prajab 2022 yang harus diketahui.

1. Pastikan Mempunyai Email Aktif

Langkah pertama untuk mendaftar sebagai peserta seleksi PPG Prajab adalah dengan memastikan bahwa calon mahasiswa memiliki email aktif. Sebagaimana proses registrasi program Kemendikbud lainnya, alamat email menjadi satu hal yang penting dipersiapkan, terlebih jika Anda belum memilikinya.

Jika Anda sudah punya, tetapi tidak bisa diakses, disarankan untuk membuat akun baru apabila akun lama tersebut tidak dapat diaktifkan kembali.

2. Siapkan Dokumen Berisi Data Diri

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan untuk mendaftar sebagai peserta seleksi PPG adalah menyiapkan dokumen data diri. Misalnya, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), ijazah, atau berkas lain yang memuat data diri Anda.

3. Login ke Laman GTK

Selanjutnya, akses laman GTK Kemdikbud di https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/. Untuk menghindari sistem website macet, Anda bisa memilih waktu registrasi di pagi atau malam hari.

4. Buat Akun Peserta

Cara daftar PPG Prajab selanjutnya adalah membuat akun di portal TK Kemdikbud. Caranya adalah dengan menekan tombol Register Account atau Buat Akun di card PPG Prajabatan.

5. Daftar sebagai Peserta Seleksi

Setelah membuat akun, selanjutnya adalah mendaftarkan diri sebagai peserta seleksi. Anda bisa memilih kolom kedua di laman berikutnya setelah registrasi akun.

6. Input Alamat Email

Selanjutnya, sistem akan meminta Anda untuk menginput alamat email. Jika tidak benar-benar mengingat username akun email Anda, pastikan untuk mencatatnya terlebih dahulu.

Di laman yang sama, Anda akan diminta untuk memverifikasi Captcha. Klik simbol kotak yang bertuliskan Saya Bukan Robot.

Jika tidak otomatis menampilkan centang hijau, coba kembali beberapa kali. Apabila menampilkan beberapa gambar yang mesti dipilih, silakan pilih beberapa pic sesuai instruksi sistem, dan klik verifikasi.  Jika berhasil, kolom tersebut akan bercentang hijau dan Anda bisa memilih tombol Selanjutnya.

7. Konfirmasi Pendaftaran

Di laman selanjutnya, sistem akan meminta pendaftar seleksi untuk mengecek kotak masuk di alamat email. Apabila tidak ditemukan email baru, periksa bagian spam.

Jika surel dari GTK Kemdikbud telah tersedia, Anda dapat registrasi. Lalu, klik tautan yang tertera di email guna mengonfirmasi proses registrasi sebelumnya.

8. Validasi dan Input Data Diri

Berikutnya, Anda akan diarahkan ke laman validasi data diri. Masukkan informasi data diri Anda, seperti Nomor Induk Keluarga (NIK), nama, jenis kelamin, beserta tanggal lahir.

Pastikan bahwa informasi yang ditulis benar-benar sesuai dengan data di KTP, ijazah, ataupun Kartu Keluarga. Sebab, sistem akan memvalidasi langsung melalui data di Dukcapil.

Apabila tidak sinkron, segera lakukan perbaikan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di wilayah Anda. Jika tidak, otomatis Anda akan kesulitan menerapkan cara daftar PPG Prajab tahun 2022.

9. Buat Kata Sandi

Langkah selanjutnya adalah membuat kata sandi akun GTK, pastikan kata sandi yang dibuat kuat, tetapi bisa Anda ingat. Guna menghindari lupa password, Anda bisa menuliskannya di catatan pribadi.

Tulis kata sandi di kolom pertama dan kolom kedua sebagai penegasan. Berikutnya, klik Simpan Kata Sandi.

10. Pilih Unsur sesuai dengan Data Anda

Guna memastikan kata sandi dibuat oleh pendaftar seleksi, calon peserta PPG diharuskan memilih unsur yang sesuai dengan data pribadinya. Jika sudah, setujui proses pendaftaran dengan mengeklik menu Daftar.

Akun GTK Anda telah berhasil dibuat. Selanjutnya, Anda bisa masuk ke portal GTK Kemdikbud dan melengkapi biodata secara lengkap.

Jadwal Pelaksanaan PPG Prajab

Selain mengetahui cara daftar PPG Prajab, calon peserta seleksi program pendidikan profesi ini juga wajib mengetahui serangkaian jadwalnya. Pendaftaran seleksi dibuka mulai tanggal 1 Juni tahun 2022.

Bagi peserta umum, pendaftaran berakhir tanggal 30 Juni, sementara untuk lulusan luar negeri, pendaftaran terakhir adalah tanggal 25 Juni. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan webinar cara daftar PPG Prajab tanggal 6 Juni.

Berikutnya, kelulusan peserta seleksi akan diumumkan pada tanggal 6 Juli dilanjutkan dengan cetak kartu peserta hingga 10 Juli. Kemudian, peserta akan melalui tes substantif mulai 11 Juli hingga 19 Juli.

Selanjutnya, hasil tes substantif akan diumumkan pada tanggal 12 Agustus. Kemudian, panitia akan mengumumkan jadwal wawancara pertama pada tanggal 15 hingga 17 Agustus.

Tes wawancara pertama akan dilangsungkan mulai tanggal 18 sampai 27 Agustus dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 1 September. Kemudian, peserta diminta untuk mengonfirmasi kesediaannya mengikuti program PPG Prajabatan tahap pertama mulai tanggal 2 sampai 4 September.

Selanjutnya, akan diumumkan jadwal wawancara tahap kedua pada tanggal 6 sampai 7 September. Sementara pelaksanaannya di tanggal 8 hingga 13 September, lalu pengumuman di tanggal 16 September.

Lebih lanjut, peserta akan diminta mengonfirmasi kesediaan mengikuti PPG Prajabatan tahap dua mulai tanggal 19 hingga 21 September. Penetapan peserta atau mahasiswa PPG Prajabatan 2022 akan diumumkan pada tanggal 23 September.

Selanjutnya, peserta wajib melapor diri ke LPTK yang telah ditentukan panitia program PPG mulai tanggal 23 hingga 30 September. Kegiatan berikutnya adalah orientasi mahasiswa yang akan dilakukan pada 3 Oktober.  Berikutnya, kegiatan perkuliahan PPG Prajabatan akan dilangsungkan mulai 4 Oktober 2022.

Baca Juga: Uji Pengetahuan PPG Daljab Kemenag Digelar Kembali Tahun 2022

Catat Jadwalnya Segera!

Nah, itulah informasi seputar cara daftar PPG Prajab dan jadwal program pendidikan profesi yang dinaungi Kemendikbud ini. Pastikan untuk mencatat jadwalnya supaya Anda tidak ketinggalan informasi apa pun.

Selain itu, jangan lupa untuk terus memantau laman PPG Kemdikbud atau media sosial resminya guna mengetahui jadwal terupdate program ini. Sebab, jadwal bisa berubah sewaktu-waktu dikarenakan beberapa alasan tertentu.

Leave a Comment