Sangat Dinanti-nanti: Pembukaan Lowongan 1 Juta Formasi ASN

1 Juta Formasi ASN adalah program pemerintah dalam membuka lowongan sebagai ASN atau Aparatur Sipil Negara. Tentunya informasi satu ini terasa sangat menarik bagi Anda yang telah menanti dan bermimpi untuk menjadi salah satu dari mereka.

Hal ini pasti sangat dinantikan dan dirindukan oleh semua orang, terlebih lagi oleh para guru yang masih bersifat honorer. Lantas apa saja informasi terkait pembukaan lowongan 1 Juta Formasi ASN ini? Mari simak lebih lanjut artikel di bawah ini.

Apa Itu 1 Juta Formasi ASN?

1 Juta Formasi ASN merupakan salah satu upaya pemerintah untuk merekrut ASN atau Aparatur Sipil Negara. Pembukaan lowongan pada tahun anggaran 2022 ini yaitu ditujukan untuk calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan  Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Adapun jumlah rencana usulan rekrutmen calon ASN 2022 adalah berjumlah 1.086.128 orang atau dalam formasi jabatan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Pak Mahfud MD selaku menteri pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Dimana informasi tersebut disampaikan pada saat Rapat Kerja dengan Komisi II DPR RI. Selain itu, disampaikan pula bahwa Pengadaan calon ASN tahun 2022 difokuskan PPPK gulu, tenaga kesehatan, dan tenaga lainnya. 

Sehingga, dapat dikatakan sebagai kabar baik bagi guru apalagi untuk jumlahnya lebih di prioritaskan. Selain itu, lebih membahagiakan lagi apabila lowongan ini akan diberikan kuota dalam jumlah lebih banyak jika dibandingkan dari guru daerah.

Tentunya hal  tersebut akan semakin menjamin kesejahteraan guru, apalagi tenaga pendidik daerah dengan perjuangan yang sungguh mulia untuk mendidik anak bangsa. Pastinya tidak mudah dengan gaji yang kecil untuk memenuhi kebutuhan hidup, namun, mereka tetap berjuang tanpa letih dan terus bersabar.

Mengulas Informasi Penting Terkait 1 Juta Formasi ASN

Perlu untuk diketahui apabila sangat banyaksekali informasi terkait 1 Juta Formasi ASN anggaran 2022 ini, dan tentunya keinginan untuk lolos sangat besar. Berikut akan diulas terkait apa saja persyaratan untuk daftar ASN meliputi CPNS dan PPPK anggaran 2022 itu.

1. Mempunyai Batas Usia Sesuai

Syarat yang pertama yaitu telah termasuk ke dalam batas usia yang ditentukan. Perlu untuk diketahui apabila batas usia untuk mendaftar ASN yaitu antara 18 hingga 35 tahun.

Pasalnya, pada usia usia tersebut dianggap sebagai usia pas atau telah memenuhi usia produktif sesuai standar di Indonesia. Sehingga dapat dikatakan bahwa usia minimalnya 18 tahun dan untuk usia maksimal 35 tahun.

Terlebih lagi, ada pula beberapa catatan khusus yang para pelamar harus memperhatikan dengan baik. Dimana, bagi pendaftar dengan usia maksimal dikhususkan untuk posisi dokter spesialis, dokter gigi spesialis.

Akan tetapi, untuk posisi posisi dosen, peneliti, dan perekayasa harus memiliki kualifikasi pendidikan Strata 3 atau Doktor. pada posisi ini juga termasuk ke dalam catatan khusus yang boleh melamar hingga batas usia 40 tahun.

2. Menjadi Warga Negara Indonesia Asli

Syarat yang kedua dan harus dipenuhi yaitu menjadi warga negara Indonesia asli yang ditunjukkan melalui Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Peraturan ini memang telah termuat dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019.Warga Negara Indonesia (WNI).

Oleh sebab itu, harus dipatuhi dan diikuti sesuai ketentuan yang berlaku. Terlebih lagi, bukti identitas yang ditunjukkan harus telah melalui proses pengesahan yang disesuaikan berdasarkan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia.

4. Nihil Catatan Tindak Kriminalitas

Syarat lain untuk memenuhi kriteria 1 Juta Formasi ASN yaitu tidak mempunyai catatan tindak kriminalitas sama sekali. Secara umum, pendaftar atau pelamar tidak pernah melalui proses pidana terhitung 2 tahun ataupun hingga lebih.

Sebagai bukti persyaratan ini biasanya disertakan SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Oleh sebab itu, diperkenankan untuk mengurus terlebih dahulu melalui kantor kepolisian terdekat Anda.

Nantinya, di dalam surat tersebut akan disertakan atau  berisikan catatan kejahatan seseorang. Cukup memiliki surat ini  tentunya dapat dilihat berapa kali seseorang pernah dikenai pidana penjara ataupun pelanggaran lainnya.

5. Mempunyai Riwayat Pekerjaan yang Bagus

Persyaratan untuk mengikuti seleksi ASN ini memang  mewajibkan para pendaftarnya tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat atau atas permintaan sendiri dalam instansi pemerintah.

Selain itu, pendaftar  juga tidak boleh memiliki catatan pernah diberhentikan tidak hormat sebagai pegawai swasta.

Oleh sebab itu, sangat dipastikan apabila riwayat pekerjaan sebelumnya memang tidak bermasalah dan nama Anda terbebas dari pencemaran. Hal ini tentunya menjadi bahan pertimbangan lain untuk menerima pendaftar sebagai bagian dari instansi pemerintahan.

6. Keterikatan dengan Instansi Lain

Ketika telah memutuskan untuk  mendaftar sebagai ASN, para pendaftar tidak diperkenankan mempunyai keterikatan dengan instansi lainnya. Misalnya saja  dalam status sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI ataupun anggota kepolisian Negara RI.

7. Terbebas dari Politik

Syarat lain yang harus diperhatikan yakni pendaftar tidak memiliki status sebagai anggota ataupun pengurus parpol atau terlibat politik praktis. Oleh sebab itu, ketika memang Anda sudah terjerumus kedalam aksi politik sangat disarankan untuk tidak turut andil lagi.

8. Kualifikasi Pendidikan

Untuk mendaftar sebagai ASN, kualifikasi pendidikan tentunya harus sesuai dengan persyaratan jabatan yang dituju. Apabila tidak sesuai, maka tidak akan dapat lolos, karena tidak memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

9. Riwayat Kesehatan

Syarat kesehatan juga di cek kepada seluruh calon ASN. Dimana pendaftar dinyatakan sehat jasmani dan rohani sesuai dengan kriteria jabatan yang dilamar.

Persyaratan ini umumnya disertai bukti dari tes kesehatan yang dikeluarkan oleh dokter untuk mendukung pernyataan tersebut.

10. Ketersediaan Penempatan

Sebagai calon ASN seharusnya telah  mengetahui konsekuensi dalam penempatan. Hal ini memang sudah menjadi hal umum untuk diketahui para pendaftar ASN.  

Dimana ketika nantinya telah diterima dan telah dinyatakan sebagai anggota ASN, maka harus siap bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKR. Dimana pendaftar ditempatkan nantinya akan ditentukan oleh instansi pemerintahan terkait.

Baca Juga: 10 Tahapan Cara Daftar PPG Prajab 2022 dan Jadwal Pelaksanaannya

Pastikan Telah Memenuhi Persyaratannya

Mengetahui informasi 1 Juta Formasi ASN menjadi sangat penting dan juga telah dinanti-nanti oleh banyak orang di Indonesia. Mereka yang bercita cita menjadi bagian dari pemerintahan tentunya sangat mendambakan untuk ikut turut serta menjadi bagian ASN.

Pasalnya banyak keuntungan yang didapatkan ketika telah dinyatakan sebagai ASN secara resmi. Banyak orang juga beranggapan bahwa dengan menjadi ASN, masa depan akan lebih terjamin.

Setelah mengetahui berbagai informasi terkait pendaftaran ASN pada anggaran 2022 ini, diharapkan akan membantu kebingungan Anda terkait proses pendaftarannya. Namun, tidak perlu khawatir, untuk informasi lebih lanjut dapat memantau laman resmi dari pendaftaran CPNS dan PPPK tahun 2022 ini pada https://sscasn.bkn.go.id.

Di dalam laman tersebut tersedia informasi lengkap terkait apa saja yang berhubungan dengan pendaftaran ASN tahun ini. Semoga selalu diberikan kelancaran dan selamat berjuang calon ASN Indonesia.

Leave a Comment