Bagaimana Cara Mengisi Essai PPG Prajabatan Sebagai Syarat Wajib?

Tahukah Anda bagaimana cara mengisi essai PPG? Ya, caranya memang sangat mudah, Anda hanya harus mengisinya seperti saat mengisi pertanyaan dalam kertas latihan.

Cukup isi, jawab, dan simpan. Namun, faktanya tidak sedikit peserta yang masih bingung bagaimana cara mengisi essai PPG.

Bisa jadi karena tidak tau di mana menunya atau alasan lainnya. Untuk diketahui, berikut adalah ulasan seputar Pendidikan Profesi Guru yang perlu diketahui, termasuk dengan cara mengisi essai PPG, simak sampai tuntas!

Pentingnya Mengisi Essai PPG Prajabatan

Mengisi essai Pendidikan Profesi Guru bagi calon mahasiswa Prajabatan merupakan satu hal yang wajib. Pasalnya, mengisi essai masih termasuk dalam persyaratan administrasi yang  harus dilengkapi pendaftar seleksi. 

Untuk memenuhi syarat ini, peserta wajib mempunyai akun SIM PPG terlebih dahulu, Anda bisa membuatnya di laman PPG Kemdikbud. Jikapun sudah memiliki akun, pendaftar tidak bisa langsung mengisikan essai.

Namun, calon peserta seleksi wajib melengkapi syarat administrasi lain, seperti mengisi biodata lengkap, foto diri, hingga biaya registrasi. Untuk bisa lolos seleksi, essai pun harus diisi dengan baik agar peluang lolos administrasi makin besar.

Nah, berikut ini adalah panduan atau cara mengisi essai PPG yang benar agar peluang lolos makin besar.

Seputar PPG Prajabatan yang Harus Diketahui

Supaya pemahaman mengenai program ini makin banyak, berikut disajikan informasi seputar PPG Prajab 2022 yang perlu diketahui.

1. Apa itu PPG Prajabatan?

Sebelum membahas cara mengisi essai PPG, sudah tahukah Anda apa itu PPG Prajabatan? Seperti diketahui, dulu program Pendidikan Profesi Guru hanya dikenal dengan nama tambahan Daljab atau Dalam Jabatan.

Sebagai informasi, program PPG Prajab memang terobosan baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pemerintah berharap dengan program ini akan ada lebih banyak tenaga pendidik yang berkualitas dan profesional dalam bertugas.

Untuk diketahui, lulusan pendidikan ini dikatakan lebih berpeluang menjadi bagian pegawai pemerintah, baik itu civil government atau worker government.

2. Apa Saja Mata Kuliah PPG Prajab?

Bagi Anda yang ingin menjadi bagian mahasiswa Pendidikan Profesi Guru, penting untuk mengetahui apa saja mata kuliah yang bakal dipelajari nanti. Untuk diketahui, para peserta yang lolos dan menjadi bagian PPG 2022 diharuskan menempuh masa studi selama satu/dua tahun.

Di masa tersebut, mahasiswa akan diberikan tiga kategori pengajaran, di antaranya mata kuliah inti, selektif, dan elektif. Di mata kuliah inti terdapat 33 SKS selama dua semester, sementara mata kuliah selektif hanya 4 SKS.

Terakhir, untuk mata kuliah elektif hanya 2 SKS saja sehingga total per dua semester, mahasiswa akan belajar dengan 39 SKS.

3. Apa Saja Tahapan Seleksi dan Mekanisme Tes PPG Prajabatan?

Sebagaimana disinggung sebelumnya, terdapat tiga proses seleksi yang bakal dilalui peserta. Di antaranya adalah seleksi administrasi, seleksi substansi, dan seleksi wawancara.

Untuk diketahui, tiap-tiap tahapan seleksi tersebut berkemungkinan besar akan dilangsungkan secara online. Di seleksi administrasi, pendaftar bisa mengunjungi portal https://ppg.kemdikbud.go.id untuk memenuhi persyaratan yang berlaku.

Sementara itu, tes substansi dan tes wawancara juga telah dicanangkan akan dilangsungkan secara online seperti biasanya. Untuk diketahui, terdapat dua kategori tes substansi atau substantif yang perlu dilalui para pendaftar.

Di antaranya adalah tes yang bakal menguji kemampuan dasar literasi dan numerasi peserta. Selain itu, bakal tersedia juga tes penguasaan konten dari bidang studi yang dipilih pendaftar.

Selanjutnya, di tes wawancara, peserta juga akan diuji dengan pertanyaan-pertanyaan. Mulai dari berkaitan dengan motivasi, kompetensi, hingga kepribadian tiap-tiap peserta seleksi.

Sebagai informasi, wawancara kategori ini bakal menguji beberapa hal berikut. Di antaranya adalah membangun hubungan kerja sama positif, hingga pembinaan, cara membuat komunikasi yang menarik.

Kemudian, wawancara kompetensi juga menguji sisi pembelajaran berkelanjutan, pengambilan keputusan, kematangan beretika, dan bagaimana Anda mengelola pekerjaan. Tidak lupa, misi/tujuan, daya juang/resiliensi, dan menghargai perbedaan juga jadi salah satu acuan penilaian dalam tes wawancara.

4. Bagaimana Cara Mengisi Essai PPG?

Sebagaimana disebut sebelum-sebelumnya, cara mengisi essai PPG itu sangat murah. Pertama-tama, Anda hanya perlu login ke SIM PPG menggunakan akaun yang telah dibuat sebelumnya.

Anda bisa menginput username email dan password akun di laman masuk portal tersebut. Jika berhasil masuk menggunakan kata sandi dan email yang telah ditulis sebelumnya, Anda bisa mengisi menu Card Essai.

Kemudian, klik Lengkapi Essai poin A, pilih jawabannya dan simpan. Cara yang sama juga berlaku pada pertanyaan di essai lain, cukup pilih salah satu opsi, lalu simpan jawaban Anda.

5. Apa Saja Persiapan Sebelum PPG Prajabatan Berlangsung?

Mengingat kini tahapan PPG sudah memasuki pertengahan, tidak ada salahnya calon mahasiswa mulai mempersiapkan kembali kesediaannya mengikuti seleksi. Sebab, bakal sia-sia nantinya jika Anda lolos seleksi, tetapi belum bersedia mengikuti pelatihannya.

Untuk diketahui, salah satu persiapan yang bisa dilakukan calon mahasiswa adalah teknologi yang bisa menunjang berbagai kegiatan daringnya nanti. Disarankan, pendaftar telah mempersiapkan komputer atau laptop serta jaringan internet yang terjamin stabil untuk kegiatan PPG Prajabatan selanjutnya.  Selain itu, masih banyak hal yang perlu dipersiapkan pendaftar seleksi.

6. Berapa Biaya Mengikuti PPG Prajabatan?

Berdasarkan informasi yang tertera di laman PPG, mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru tidak akan dibebani biaya kuliah. Sebagai informasi, jika dirupiahkan, dalam dua semester peserta wajib membayar Rp17 juta.

Namun, kali ini Kemendikbud membuka program beasiswa sehingga peserta bisa mengikuti program ini tanpa perlu biaya apa pun. Mahasiswa hanya perlu menanggung biaya akomodasi, konsumsi, dan kebutuhan masing-masing sehari-hari.

Selain itu, sebelum menjadi mahasiswa, peserta wajib membayar biaya registrasi seleksi sebesar Rp200 ribu. Selain biaya itu, tidak ada lagi pembayaran yang perlu dilunasi para peserta seleksi PPG Prajabatan.

Baca Juga: Perbedaan Formasi ASN 2022 dan Waktu Pensiun PNS Serta PPPK

Siap Menghadapi Tes yang Akan Diujikan di PPG?

Nah, itu dia ulasan mengenai cara mengisi essai PPG dan jawaban dari beberapa pertanyaan seputar Pendidikan Profesi Guru. Setelah membaca beberapa hal mengenai program pendidikan profesi ini, bagaimana? Makin siap menghadapi tiap tahap seleksi atau justru sebaliknya?

Ya, sebaiknya Anda memang makin siap menghadapi tiap ujian yang bakal dilalui. Tanamkan pandangan bahwa semua ujian bisa dilakukan dengan mudah, semangat dan jangan pesimis.

Meski kuota calon mahasiswa PPG Prajab hanya 40.000, bukan tidak mungkin Anda jadi salah satunya. Yang terpenting, ada kesiapan yang selalu dirasakan peserta, sebab itu merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhinya. Jika peserta selalu siap mengikuti serangkaian seleksi, artinya ada rasa optimis cukup tinggi dan semangat dalam dirinya.

Sehingga, dengan dua rasa tersebut, peserta yang mengikuti tes Pendidikan Profesi Guru tentu akan merasa semuanya dimudahkan. Semudah cara mengisi essai PPG Prajabatan.

Leave a Comment