Dukung Sistem Digitalisasi dengan Pembuatan Kartu ASN Virtual

Kartu ASN virtual telah dirilis oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang bekerjasama dengan biro Humas, dan Hukum. Kartu ini wajib dimiliki dan digunakan oleh seluruh ASN untuk memudahkan dalam mengupdate data.

Penjelasan Kartu ASN Virtual

Kartu ASN virtual merupakan salah satu identitas elektronik yang diperuntukkan bagi seluruh Aparatur Sipil Negara. Kartu ini dikeluarkan oleh biro Humas, hukum dan BKN, dengan tujuan memudahkan para ASN saat mengupdate data.

Seluruh ASN sewaktu-waktu diwajibkan memperbaharui seluruh data diri, karena setiap tahunnya akan ada perbaikan data. Dengan adanya kartu ini para ASN tidak perlu lagi melakukan pencetakan ulang Kartu PNS.

Kartu ASN virtual ini telah ramai diperbincangkan di mediasi sosial, karena ini merupakan hal baru. Yang membuatnya semakin ramai diperbincangkan karena manfaat dari kartu sendiri yakni mempermudah dalam pelayanan data ASN.

Sebelum kartu virtual ini diluncurkan, para ASN menggunakan kartu fisik sebagai identitas. Akan tetapi saat akan memperbaharui data, para ASN harus mengurus dengan tahapan lebih rumit.

Tentu saja peluncuran kartu virtual disambut baik karena para Aparatur Sipil Negara tidak perlu repot lagi dalam mengurus data. Peluncuran kartu tersebut sejak Juli tahun 2022, dan langsung rami diperbincangkan di media sosial seperti Twitter.

Seluruh data Aparatur Sipil Negara yang tersimpan dalam kartu virtual tersebut dan telah terprogram di data pusat.

Fungsi dan Mekanisme Pembuatan Kartu ASN Virtual

Adapun beberapa fungsi dari kartu ASN virtual yang bisa Anda ketahui dan menguntungkan bagi para pegawai negeri. Berikut beberapa fungsi dan mekanisme pembuatan serta cara login dari kartu ini.

1. Fungsi dari Kartu ASN Virtual

Kartu virtual yang diperuntukkan bagi para ASN ini memiliki fungsi yang dapat menguntungkan bagi para pegawai. Sebelum rilisnya kartu virtual para ASN diberikan kartu fisik seperti yang sering Anda lihat.

Memiliki kartu virtual dapat memberikan kemudahan bagi para ASN saat melakukan pembaharuan seta perbaikan data.  Pelayanan yang akan diterima lebih baik dari pada sebelumnya, juga akan lebih cepat.

Kartu fisik dulu hanya berfungsi sebagai identitas para ASN saja, sedangkan pembaharuan data harus dilakukan dengan cara lebih rumit. Sedangkan kartu virtual selain sebagai identitas diri, bermanfaat untuk mendapatkan pelayanan lebih baik saat melakukan perbaikan data.

Selain itu jika kartu fisik yang dulu pernah digunakan, jika ada kerusakan atau kehilangan maka para ASN tidak perlu lagi meminta untuk pembuatan kartu. Maka secara tidak langsung akan digantikan dengan kartu virtual.

Hal ini berlaku mulai bulan Juli 2022, sebelum ada kartu virtual jika terjadi hal seperti ini. Maka para ASN harus meminta pembaharuan identitas kepada instansi dengan memberikan semua data yang harus dipenuhi.

Kartu virtual untuk Aparatur Sipil Negara ini dapat dibuat dan dimiliki tanpa harus melalui usulan dari instansi masing-masing.

2. Keunggulan dari Kartu Virtual

Ada beberapa keunggulan dari kartu virtual tersebut seperti proses cepat, semua Aparatur Sipil Negara akan langsung mendapatkan kartu virtual tersebut. Mendapatkannya tidak membutuhkan waktu yang lama, setelah Anda dinyatakan lolos seleksi.

Memiliki TMT PNS atau tangga awal Anda bekerja melalui aplikasi MySAPK dan ini tidak harus melalui pengajuan kepada BKN. Yang kedua ialah hemat biaya dapat dikatakan demikian karena Anda tidak akan terkena biaya tambahan lagi seperti kartu fisik.

Jika dulu ketika masih menggunakan kartu fisik Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk biaya cetak kartu. Lebih praktis karena kartu virtual dibuat langsung melalui smartphone Anda.

Hanya cukup mengunduh aplikasi dan mengisi form yang telah tersedia. Kartu virtual tidak harus disimpan dalam dompet Anda cukup disimpan pada ponsel.

Para ASN tidak akan mengeluh akan adanya kehilangan kartu lagi, karena semua data telah tersimpan pada aplikasi MySAPK. Mudah melakukan perbaikan data karena para ASN tidak perlu lagi untuk mencetak kartu yang baru.

Keunggulan selanjutnya ialah akuntabel maksudnya seluruh validitas data seluruh ASN dapat dicek melalui kode QR. Lebih modern dan kekinian karena data sudah tersimpan dengan baik dalam aplikasi di smartphone Anda.

3. Cara Login MySAPK

Cukup dengan login melalui situs resmi MySAPK di smartphone Anda. Dengan masuk pada situs Anda dapat langsung masukkan NIP serta password MySAPK.

Lanjut dengan klik login atau bisa juga Anda langsung mengarah ponsel pada kode QR yang telah tersedia. Mengecek dan melakukan pembaharuan data dapat dilakukan dengan mudah.

4. Membuat Kartu ASN Virtual

Membuat kartu virtual kini dapat dengan mudah dilakukan, cukup melalui smartphone dan dilakukan dimana saja. Pertama masuk pada situs MySAPK terlebih dahulu, klik menu “layanan lainnya”.

Lanjutkan pilih sub menu “Kartu ASN Virtual”  dilanjutkan dengan memilih update foto dibagian atas halaman sub menu. Apabila telah selesai dilakukan klik “pilih foto” untuk mengunggah foto terbaru Anda.

Sebelum itu Anda harus mengikuti panduan update foto Yanga tertera pada laman situs. Setelah memilih foto yang akan digunakan klik “ginakan foto ini”.

Anda juga dapat memilih mode portrait ataupun lanscape untuk tampilan foto pada kartu virtual.

5. Cara Mengunduh dan Mencetak

Para pengguna dapat mengunduh Sera mencetak pada menu kartu virtual. Kemudian klik download untuk mengunduh seluruh bagian dari kartu, lanjutkan dengan klik print untuk proses mencetak.

Proses ini berlangsung singkat dan mudah sehingga tidak akan menyulitkan Anda untuk melakukannya.

6. Scan QR Code

Kartu virtual terdapat kode QR yang bisa di scan oleh para penggunanya melalui smartphone. Cukup dengan mengarahkan ponsel pada kode QR yang ada pada kartu virtual tersebut

Apabila telah muncul link maka Anda harus klik “link” tersebut dilanjutkan memasukkan kode captcha yang sudah ditentukan. Apabila hasil telah selesai dilaksanakan maka akan muncul informasi tentang diri Anda yang tidak lain seorang ASN.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengisi Essai PPG Prajabatan Sebagai Syarat Wajib?

Semakin Mudah dengan Kartu ASN Virtual

Kartu virtual khusus para Aparatur Sipil negara (ASN) oleh BKN untuk memberikan kemudahan bagi para pegawai negeri. Mempermudah segala urusan mengenai perbaikan data yang sewaktu-waktu harus dilakukan pembaharuan.

Semua ASN akan segera mendapatkannya tanpa harus melaku pengajuan kepada instansi yang menaungi. Proses pembuatan kartu virtual tersebut dapat dilakukan dimana saja dan melalui smartphone saja.

Cukup masuk pada link https://MySAPK.bkn.go.id  Anda sudah bisa membuat dengan memasukkan data dengan benar. Lakukan tahapan sesuai dengan perintah, pastikan Anda teliti saat mengisi data diri.

Anda juga dapat mengecek dan memperbaharui data diri melalui kode QR yang telah tersedia para kartu. Para ASN juga dapat mencetak kartu tersebut dengan langkah-langkah mudah.

Itulah informasi tentang kartu ASN virtual yang mencakup cara membuat, login, fungsi, keunggulan dan mencetak id card ini. Semoga bermanfaat sehingga kemudahan bisa Anda rasakan saat memiliki kartu virtual tersebut.

Leave a Comment