Sasaran PPG Prajabatan 2022 untuk Lulusan S1 dan D4 Non Dapodik

Para tenaga pendidik yang berkontribusi di dunia pendidikan yang telah mengikuti PPG Prajabatan, adapun sasaran PPG Prajabatan 2022. Sudah diatur dalam peraturan Kemendikbud, ada beberapa manfaat dari anggota yang telah mengikuti PPG Prajabatan ini.

Pengertian PPG Prajabatan

PPG Prajabatan merupakan suatu program pemerintah yang diselenggarakan pasca sarjana atau sarjana lulusan diploma IV. Program ini diincar para calon tenaga pendidik atau lulusan sarjana karena ada manfaat yang dapat diterima.

Para lulusan S1 dan D4, baik untuk fakultas pendidikan maupun non kependidikan dapat mengajar dan menjadi guru. Akan tetapi wajib melewati tahapan PPG jabatan ini sebagai syarat resmi untuk memulai mengajar.

Lembaga yang mengikuti program PPG Prajabatan ini meliputi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Akan tetapi tidak semua LPTK dapat mengikuti program tersebut kecuali sudah ditunjuk Kemendikbud ristek Sera memiliki program studi sesuai.

PPG Prajabatan saat ini menang berbeda dengan PPPG Prajabatan sebelumnya, karena untuk sekarang ditetapkan berdasarkan kebutuhan tenaga pendidik. Lulusan PPG Prajabatan harus memiliki kepastian menjadi seorang guru.

Para guru pemula harus terinduksi terigrasi dengan PPG Prajabatan. Terdapat struktur kurikulum seperti mata kuliah inti, mata kuliah pilihan seleksi dan elektrifikasi dengan total 39 SKS.

Praktik pengalaman kerja dilakukan sejak awal semester dan untuk mata kuliah yang ditempuh saat semester berjalan. Adapun pemangku yang berperan dalam perekrutan tenaga pendidik pemula seperti pemerintah pusat, daerah, universitas dan sekolah.

Terdapat pelibatan guru penggerak dan praktisi pendidikan saat proses PPG Prajabatan berlangsung atau dilakukan.

Serba-serbi Tentang Sasaran PPG Prajabatan 2022

Pemerintah membuka kesempatan untuk para tenaga pendidik dengan menentukan sasaran PPG Prajabatan 2022. Berikut serba-serbi tentang PPG Prajabatan mulai dari manfaat sampai syarat yang harus dipenuhi.

1. Siapa Saja Sasaran PPG Prajabatan 2022?

Program yang dirancang oleh Kemendikbud ristek untuk para tenaga pendidik. Adapun sasaran PPG Prajabatan 2022 yang dapat mengikuti program tersebut.

Seperti para mahasiswa lulusan S1 dan D4 yang belum menjadi seorang guru. Juga para tenaga pendidik yang baru saja masuk dalam dunia kependidikan.

Para lembaga LPTK terdekat dan telah ditunjuk oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan ristek. Sasaran PPG Prajabatan 2022  lebih dikhususkan untuk para mahasiswa lulusan S1 dan D4.

Dengan tujuan agar calon pendidik lebih siap untuk menjadi seorang guru dan dapat mengemban tanggung jawab lebih baik.

2. Manfaat Mengikuti PPG Prajabatan

Adapun manfaat dari mengikuti program PPG Prajabatan seperti memperoleh sertifikat pendidik. Adanya surat pernyataan resmi mengajar ini dapat memberikan identitas untuk para peserta yang lolos seleksi PPG Prajabatan.

Ada pula manfaat dari seleksi PPG Prajabatan yakni meningkatkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial serta kepribadian. Tujuannya agar para calon guru lebih siapa saat memulai sebagai seorang tenaga pendidik profesional.

Memperoleh pengakuan dari Kemendikbud sebagai seorang guru profesional. Hal ini tentu menjadi nilai plus untuk diri Anda sendiri.

3. Keuntungan Setelah Mengikuti PPG Prajabatan

Apabila telah selesai mengikuti PPG Prajabatan Anda akan mendapatkan sertifikat pendidik (serdik). Yang dapat Anda gunakan sebagai poin tambahan saat mendaftarkan diri apabila ingin mengikuti seleksi ASN, CPNS ataupun PPPK.

Jadi apabila sudah memiliki sertifikat ini peluang menjadi ASN, PNS atau PPPK akan terbuka sangat lebar. Tidak hanya digunakan saat mendaftarkan seleksi ASN, dan lainnya sertifikat ini juga dapat digunakan untuk mendapatkan tunjangan.

Adapun besaran tunjangan untuk pengajar swasta atau belum menjadi ASN yakni sebesar Rp 1,5 juta setiap bulannya. Hal ini sudah tertuang dalam peraturan Kemendikbud.

4. Syarat Mengikuti PPG Prajabatan

Adapun persyaratan jika ingin mengikuti PPG Prajabatan dimana telah diatur dalam pengumuman Kemendikbud no.2518/B/GT.00.03/2022. Seperti merupakan warga negara Indonesia hal ini dibuktikan dengan KTP dan identitas lainnya.

Belum terdaftar sebagai tenaga pengajar ataupun kepal sekolah pada data pusat (dapodik). Mempunyai sertifikat ijazah kualifikasi sarjana (S1) ataupun D4 yang telah terdaftar pada PD-Dikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi).

Juga ter data pada unit penyertaan ijazah dengan lulusan luar negeri dengan jurusan perguruan tinggi. IPK minimal 3,00 wajib dimiliki bagi para pendaftar seleksi PPG Prajabatan.

Untuk maksimal usia mendaftar yakni 32 tahun pada akhir bulan tahun pendaftaran (32 Desember). Tidak lupa menyertakan surat keterangan sehat jasmani dan rohani juga surat berkelakuan baik yang diserahkan saat pelaporan diri.

Keterangan bebas obat-obatan psikotropika golongan serta zat adiktif lainnya (NAPZA). Menandatangani pakta integritas serta mengikuti tahapan seleksi lainnya yakni administrasi, subtansi dan interview.

Ada pula syarat lainnya yakni para peserta wajib lulus dari perguruan tinggi dengan melalui program studi terakreditasi minimal B. Karena ini juga termasuk di dalam peraturan yang telah ditentukan sebelumnya.

5. Program Pada Studi PPG Prajabatan

Sasaran PPG Prajabatan 2022 juga menggasak beberapa program studi seperti guru kelas tingkat sekolah dasar. Guru mata pelajaran bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, IPS, IPA dan sejarah.

Juga untuk tenaga pengajar jenjang taman kanak-kanak, sekolah luar biasa dan guru olah raga. Ada pula untuk program studi PKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), ekonomi, biologi, kimia serta fisika.

6. Tahapan Tes PPG Prajabatan

Tahapan yang wajib dipenuhi oleh setiap pendaftar seperti kelengkapan dalam administrasi dan berkas dokumen. Tes substantif meliputi numerasi, kemampuan dasar literasi serta penguasaan bidang.

Selanjutnya interview, dari beberapa tahapan tersebut apabila ada salah satu tahapan yang tidak lolos maka tidak diperkenankan tahap selanjutnya. Hal ini dikarenakan seluruh tahapan tersebut merupakan komponen utama dan penting saat mengikuti seleksi PPG Prajabatan.

7. Cara Mendaftar PPG Prajabatan 2022

Masuk laman Kemendikbud kemudian masuk menu daftar PPG Prajabatan Tahun 2022. Buat Akun terlebih dahulu pada aplikasi SIMPKB sesuai data NIK. Lanjut login dengan menggunakan username password yang nantinya dikirim melalui email.

Isi seluruh data diri yang telah tersedia dengan benar dan teliti. Memilih lokasi pelaksanaan tes, selanjutnya isi pertanyaan dengan benar.

Unggah seluruh dokumen yang telah ditentukan serta Anda juga dapat meng-upload semua orang. Lanjut isi pertanyaan esai yang tersedia, setelah itu  Lakukan pembayaran pendaftaran.

Baca Juga: PPPK Tenaga Kesehatan 2022 Sesuai Perpres No. 38 Tahun 2020

Freshgraduate Wajib Coba Daftar PPG Prajabatan 2022

Program pemerintah untuk para calon guru telah dimulai, sasaran PPG Prajabatan 2022 juga sudah ditentukan. Dikhususkan bagi para lulusan S1 dan D4 perguruan tinggi dengan minimal IPK 3.00.

Bertujuan untuk memberikan stimulus untuk jiwa para calon guru, sehingga lebih dapat bertanggung jawab atas tugasnya. Untuk mendapatkan seluruh informasi tentang sasaran PPG Prajabatan 2022 Anda dapat mengunjungi https://ppg.kemdikbud.go.id/.

Demikian informasi tentang sasaran PPG Prajabatan 2022 dapat disampaikan, semoga menambah informasi seputar dunia pendidikan. Mengikuti seleksi PPG Prajabatan membantu Anda yang ingin mengabdikan diri sebagai tenaga pengajar profesional.

Leave a Comment