Bagaimana Skema dan Koordinasi Program PPG 2022 Prajab dan Daljab?

Koordinasi program PPG 2022 ini yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan pendidikan para peserta khusus dalam menjadi guru.  Lalu ada pengertian seputar PPG 2022 ini yaitu sebagai berikut.

Pengertian Dari PPG Serta Koordinasi Program PPG 2022

PPG merupakan pendidikan tinggi setelah pendidikan sarjana yang bertujuan untuk mempersiapkan Anda agar memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Dalam pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1 hingga 2 tahun.

Lalu, setelah seorang calon lulus dari program sarjana pendidikan maupun non sarjana kependidikan. PPG merupakan program pengganti akta IV dan ini sudah tidak berlaku kembali padatahun 2005.

Lalu apa ya yang dimaksud dengan koordinasi program PPG 2022 itu? Mari simak bersama.  Koordinasi program PPG 2022 adalah mahasiswa yang baru saja lulus sarjana dan ingin mencoba masuk ke program PPG ini akan tetapi ini hanya untuk gelombang 2.

Bidang Studi yang Akan Diampu

Koordinasi program PPG 2022 telah dibuka pada beberapa waktu yang lalu.  Koordinasi program PPG 2022 ini setidaknya ada 18 bidang yang meliputi: Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, fisika, ekonomi, biologi, seni budaya dan lain-lain.  

PPG pada gelombang ke2 ini mempunyai 3 tes yaitu:tes administrasi, tes substantif, serta tes wawancara. Lalu untuk mendaftarkan diri sebagai PPG Prajabatan 2022 pada gelombang.  Bidang studi yang dibuka pada koordinasi program PPG 2022 gelombang 2 adalah sebagai berikut.

1. Guru SD

Guru SD ini mempunyai pelatihan atau pendidikan khusus yang  memiliki cita-cita untuk terjun ke dalam dunia pendidikan. itulah yang ditimpakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Pada umumnya, di sinilah para mahasiswa akan dibentuk dari segi kemampuan akademik serta karakternya. Dari kualitas dari calon pendidik dapat direpresentasikan dari profil calon guru sebagai lulusan yang nantinya akan secara langsung terjun di lapangan.

Lalu, semua kompetensi itu diperoleh melalui pendidikan maupun profesi. Pada kompetensi kepribadian ini dan sosial sangat dianggap memiliki tingkat urgenitas yang tinggi. Akan tetapi, untuk mencapainya mahasiswa membutuhkan model pengalaman belajar yang tepat. Maka pada dasarnya situasi seperti itulah muncul gagasan untuk mendesain pendidikan guru berasrama.

2. Guru Bahasa Indonesia

Guru Bahasa Indonesia yang profesional adalah orang yang mempunyai kelengkapan kompetensi hingga mampu bekerja dan bertanggung jawab. Agar proses pendidikan berjalan dengan baik serta menghasilkan produk yang baik pula maka profesionalisme guru harus ditingkatkan melalui proses pembelajaran, pendidikan, maupun pengajaran, maka terjadilah output yang menjadi harapan masyarakat dapat terwujud.

Untuk guru zaman sekarang Anda harus mengikuti arus perkembangan zaman. Khawatirnya  akan berat persaingan pada sumber daya manusia di Indonesia pada era global yang akan datang menjadi salah satu alasan tuntutan tersebut. Maka dari itu upaya untuk melahirkan sumber daya manusia yang unggul, kompetitif, serta berkarakter merupakan sebuah keharusan untuk dapat bersaing di era teknologi.

3. Pendidikan Luar Biasa

Pendidikan luar biasa ini merupakan pendidikan yang khusus yang diperuntukan untuk anak berkebutuhan khusus.  Cara kerja pada layanan pendidikan jenis Pendidikan Khusus ini untuk para peserta didik yang berkelainan.

Atau peserta didik yang memiliki kecerdasan luar biasa dapat diselenggarakan secara inklusif atau berupa satuan pendidikan khusus pada tingkat pendidikan dasar serta menengah. Pada Pendidikan Khusus hanya ada pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Akan tetapi untuk  jenjang pendidikan tinggi secara khusus belum ada.  Bahwa Peserta didik yang mempunyai kelainan terdiri atas peserta didik. Yaitu: Tunanetra, Tunarungu, Tunawicara, Tunagrahita, Tunadaksa, Tunalaras, kesulitan belajar, lamban belajar, Autis, mempunyai gangguan motorik.

Serta yang menjadi korban penyalahgunaan narkotika, obat terlarang, dan zat adiktif lain, dan memiliki kelainan lain.

4. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Secara konsep dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani perlu Anda akan diajarkan mempunyai mindset berpikir guru sebagai upaya membangun performa anak didik. Mahasiswa yang baru masuk PPG 2022 akan diberikan pembelajaran pendidikan jasmani sebagai berikut ini.

Anda memahami dasar filosofi penjas, Anda juga harus memahami arti dan makna penjas, Anda memahami tujuan pembelajaran penjas, lalu Anda juga harus memunyai model pembelajaran sesuai dengan karakter geografis dan budaya di sekolah setempat.

Agar saat pembelajaran diberitahukan agar turun secara langsung kelapangan agar bisa mengkondisikan sistem pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

5. Guru Ilmu Pengetahuan Sosial

Pembelajaran atau pendidikan pada IPS memiliki pengetahuan  mengenai pelajaran atau pendidikan IPS  dan meningkatkan  pemahaman dan pengetahuan memberikan motivasi bagi  siswa mengenai pentingnya menguasai Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam kehidupan Sehari-hari.

Sebagai guru IPS memiliki tujuan dalam mengajar. Tujuan dari bimbingan pada mahasiswa dalam pendidikan IPS adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuaan yang lebih mengenai penting belajar IPS dalam kehidupan masyarakat. Serta banyak lagi bidang studi yang bisa Anda temui pada kemendikbud ini.

Rapat Koordinasi Program PPG 2022 Jabatan Gelombang 2

Pada program studi PPG di sebuah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia telah melaksanakan rapat untuk persiapan pelaksanaan koordinasi program PPG 2022 dalam jabatan kategori 2 Tahun 2022 . Pada rapat ini dihadiri oleh Ketua Yayasan YPLP IKIP PGRI Bali.

Yakni selaku pengarah serta Rektor Universitas PGRI Mahadewa Indonesia yang menjadi selalu Penanggung Jawab. Dr. I Wayan Sumandya, S.Pd., M.Pd yang selaku koordinator program studi.

Beliau telah menyatakan koordinasi ini sangat perlu dilakukan agar pelaksanaan PPG berlangsung selama tiga bulan kedepan akan berjalan dengan lancar. Pada rapat ini juga turut mengundang beberapa perwakilian dosen dan guru dari bidang studi bahasa Indonesia dan seni budaya.

Lalu, hasil yang didapat dalam sebuah rapat ini antara lain sebagai berikut:

  1. Melakukan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh Tim antara dosen dan guru.
  2. Penilaian terhadap mahasiswa PPG dilakukan secara kolaboratif antara dosen dan guru pengurus.
  3. Pada proses pembelajaran dilakukan dengan 9 langkah.
  4. Dosen dan Guru pengurus harus dilibatkan dari awal hingga akhir.

Baca Juga: Transformasi Data Printout Menjadi E Materi Dokumen PPG

Persiapan yang Matang Diharapkan Menuai Hasil Maksimal

Dengan mantapnya persiapan yang dilakukan, dan diharapkan proses perkuliahan bisa berjalan dengan maksimal. Agenda yang dilakukan pada rapat koordinasi program PPG 2022 tersebut sangatlah penting.

Pada kegiatan Rakornas tersebut adalah sebuah pertanda tanganan  Perjanjian serta kerjasama pada PPG Dalam Jabatan bagi Guru Madrasah dan PAI Tahun Anggaran 2022. Dekan FTIK sebagai pertanggung jawab LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo sudah melakukan penandatangan sebuah perjanjian serta kerja sama.

Yaitu dengan Direktur GTK Madrasah dan Direktur PAI. Perjanjian dan Kerjasama tersebut mempunyai tujuan untuk menjamin kelancaran dan akuntabilitas pelaksanaan PPG pada tahun 2022. Terutama dalam sebuah hal pelaksanaan serta penggunaan dana penyelenggaraan PPG pada tahun 2022 ini.

Seperti yang sudah dijabarkan pada artikel di atas kemendikbud telah membuka PPG 2022 ini. Lalu jika Anda ingin mengetahui lebih dalam Anda bisa lihat pada web https://ppg.kemdikbud.go.id/. Di sana Anda bisa melihat bagaimana caranya untuk mendaftar dan lain sebagainya.

Leave a Comment