Mudah Dilakukan! Ini Langkah untuk Cek Linieritas PPG Daljab 2022

Cek linieritas PPG Daljab merupakan salah satu hal penting yang wajib diketahui dan dipahami dengan baik oleh Anda sedang dalam jabatan PPG. Informasi ini juga penting diketahui bagi Anda calon guru ataupun yang tertarik menjadi tenaga pendidik.

Semakin penasaran mengenai penjelasan cek linieritas PPG Daljab? Untuk informasi lebih lengkap, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Lebih Lanjut Tentang Cek Linieritas PPG Daljab

Sebelum memahami lebih jauh tentang cara cek linieritas PPG Daljab, lebih baik jika Anda memahami terlebih dahulu definisi PPG Daljab. Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan atau yang biasa disingkat dengan PPG adalah salah satu kebijakan dari Kemendikbud.

Pada pelaksanaan program PPG tahun ini, salah satu syarat yang harus ditempuh bagi yang sedang dalam jabatan PPG yaitu cek linieritas. Linieritas PPG Daljab adalah kualifikasi kesesuaian antara bidang studi yang diambil saat pendidikan S1/D4 dengan bidang studi PPG Daljab.

Pembentukan kebijakan ini didasarkan dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Kebijakan ini dibentuk dengan tujuan untuk menyelesaikan dan menuntaskan sertifikasi guru dalam jabatan.

Singkatnya, cek linieritas merupakan upaya yang ditempuh untuk memenuhi kualifikasi bidang studi yang ditempuh semasa kuliah dengan bidang PPG. Pentingnya kesesuaian antara jurusan pendidikan dengan bidang studi PPG akan sangat menentukan kompetensi calon guru.

Tujuan Cek Linieritas PPG Daljab

Program ini diadakan setiap tahunnya dimana dilakukan seleksi kepada pendaftar. Bagi pendaftar yang diterima akan melaksanakan serangkaian program pendidikan yang ditempuh selama 1 hingga 2 tahun.

Tujuan dari diselenggarakan program ini yaitu untuk menpersiapkan tenaga pengajar yang lebih kompeten dalam bidangnya. Dengan mengikuti program PPG ini diharapkan akan meningkatkan profesionalitas dari guru.

Selain itu, tujuan dari cek linieritas PPG Daljab ini adalah untuk menata kembali kesesuaian antara kualifikasi akademik seorang guru dengan bidang studi yang diambil dalam PPG. Tak hanya itu, linieritas ini juga dilakukan agar kualitas dan kompetensi guru bisa sesuai dengan ilmu yang telah diperoleh dari program PPG.

Apabila terdapat ketidaksesuaian antara bidang studi pendidikan sebelumnya dengan yang dipilih di PPG, maka peserta akan diminta untuk mengubahnya. Dengan adanya hal ini, diharapkan akan diperoleh hasil yang signifikan terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.

Dirjen GTK Kemendikbudristek telah membuat daftar linieritas sebagai acuan calon peserta PPG Daljab dalam menentukan bidang studi yang sesuai. Tabel linieritas ini dibuat dengan harapan untuk mencegah calon peserta yang salah memilih bidang studi PPG.

Prosedur Cek Linieritas PPG Daljab 2022

Seiring dengan perkembangan digitalisasi yang semakin maju, kini semua hal dapat diakses dengan mudah secara online. Tak terkecuali, kini Anda juga memeriksa linieritas PPG Daljab secara mandiri dengan mudah melalui website resminya.

Dirjen GTK Kemendikbudristek telah menyediakan fasilitas untuk memudahkan cek linieritas Guru Mata Pelajaran dengan jurusan kuliah secara online. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka browser pada Perangkat

Linieritas PPG Daljab kini dapat Anda akses dengan mudah melalui browser pada gadget atau computer Anda secara mandiri. Anda dapat menggunakan browser bawaan perangkat Anda seperti Google Chrome, Mozila Firefox, ataupun sejenisnya.

Pengecekan linieritas PPG ini dilakukan secara online yang tentunya membutuhkan internet untuk mengaksesnya. Pastikan bahwa Anda terhubung dengan koneksi internet yang lancar agar proses pengecekan berlangsung dengan cepat.

Sebelum mengakses cek linieritas PPG Daljab, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan berkas yang diperlukan sesuai peraturan pendaftaran yang berlaku. Hal ini dikarenakan pendaftaran menjadi kesempatan yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin bagi guru atau kepala sekolah yang memenuhi peserta.

2. Kunjungi Laman Resmi Cek Linieritas

Dirjen GTK Kemendikbudristek telah memfasilitasi website khusus yang diperuntukkan cek linieritas PPG ini. Website resmi dapat diakses dengan mengunjungi laman https://ppg.kemdikbud.go.id/.

Laman resmi cek linieritas menggunakan website resmi dari kemendikbud. Namun, Anda dapat melakukan Cek Linieritas dengan cara mengklik titik tiga di bagian kanan kemudian mencari opsi Cek linieritas.

3. Tentukan Jenis Guru Mata Pelajaran

Setelah Anda memilih opsi Cek Linieritas di beranda laman resmi PPG Daljab, Anda akan diarahkan memilih guru mata pelajaran. Pengisian jenis guru mata pelajaran dilakukan dengan memilih opsi yang sudah disediakan tanpa harus mengetik ulang.

Jenis mata pelajaran program PPG yang dapat Anda pilih terdapat tiga pilihan. Diantaranya yaitu Guru untuk mata pelajaran umum, guru untuk mata pelajaran kejuruan dan guru mata pelajaran pilihan.

4. Tambahkan Jurusan Pendidikan S-1/D-4

Pada kolom selanjutnya, setelah mengisi jenis guru mata pelajaran, Anda harus menambahkan jurusan S-1/D-4. Pengisian kolom ini disesuaikan dengan bidang studi yang Anda ambil ketika mengenyam pendidikan kuliah.

Berdasarkan informasi dari laman PPG, terdapat setidaknya 15 program studi yang dibuka pada PPG tahun 2022. Diantaranya yaitu Guru Kelas SD, Bahasa Indonesia, Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, dan sebagainya.

Sama halnya dengan jenis guru mata pelajaran, pengisian jurusan pendidikan ini juga dilakukan dengan memilih opsi yang tersedia. Anda hanya perlu mengetikkan beberapa huruf atau kata awal program studi Anda, kemudian memilih opsi yang paling sesuai.

Pastikan bahwa data bidang studi ini diisikan dengan sebenar-benarnya. Karena bidang studi dan jenis mata pelajaran yang sudah Anda isikan akan diperiksa kesesuaiannya.

5. Periksa Kembali

Setelah mengisikan jenis guru mata pelajaran dan jurusan S-1/D-4 berarti Anda telah mengisi data yang diperlukan. Sebelum melakukan tahap akhir pengecekan, periksa kembali bahwa data yang Anda masukkan benar dan tidak ada satupun yang salah.

Jika masih ada yang salah, Anda bisa melakukan pembenaran data kemudian memeriksanya kembali. Apabila dirasa sudah tidak ada yang salah lagi, Anda bisa melanjutkan ke step yang selanjutnya.

6. Klik Tombol Cek

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan setelah mengisikan semua instruksi yaitu memilih opsi cek. Anda bisa mengklik tombol cek berwarna biru yang berada di bawah kolom pengisian jurusan S-1/D-4.

Setelah mengklik tombol tersebut, kemudian akan muncul linieritas bidang studi PPG yang berkaitan. Tunggu proses loading pada browser selesai, kemudian akan ditampilkan hasil yang berkaitan.

Baca Juga: Kejar Posisi Sebagai ASN! Penuhi Persyaratan Terundang Seleksi PPPK

7. Selesai

Setelah melakukan rangkaian prosedur di atas, maka proses cek linieritas PPG Daljab telah selesai dilakukan. Kemudian akan muncul hasil pencarian Anda yang berkaitan dengan data yang sudah Anda isikan sebelumnya.

Anda akan dihadapkan dengan daftar linieritas bidang studi yang sesuai dengan dilengkapi jenjang atau kompetensi keahlian yang bersesuaian. Sebagai contoh jika Anda mengisikan jurusan Pendidikan Biologi, maka akan muncul linieritas bidang studi IPA dan Biologi.

Daftar yang muncul adalah linieritas bidang studi yang memiliki kesesuaian dengan jurusan yang Anda ambil ketika berkuliah S-1/D-4. Dengan mengambil bidang studi yang sesuai dengan jurusan kuliah, diharapkan akan mempersiapkan guru yang lebih kompeten dan professional.

Demikian informasi mengenai prosedur cek linieritas PPG Daljab yang dapat Anda lakukan secara online dengan mudah. Untuk informasi lebih lanjut mengenai linierisasi PPG maupun cara pendaftarannya, Anda bisa mengunjungi laman resmi PPG Kemendikbud melalui https://ppg.kemdikbud.go.id/.

Leave a Comment