13 Prosedur Penting dan Tahapan Teknis Pendaftaran PPG Prajab

Bagi Anda yang ingin mengikuti PPG Pra Jabatan maka harus tahu lebih dulu tentang teknis pendaftaran PPG Prajab. Untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai teknis pendaftaran PPG prajab, karena itu ikuti artikel ini sampai selesai.

Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan dalam Waktu 2 Semester

Tahun 2022 ini Kemendikbud kembali membuka pendaftaran PPG yang harus mengikuti teknis pendaftaran PPG prajab. Ketika peserta diterima di PPG prajab makan akan dibebaskan dari biaya pendidikan dalam kurun waktu 2 semester.

Tahapan PPG prajab selain harus mengetahui teknis pendaftaran PPG prajab, harus pula mengikuti beberapa tahap seleksi. Tahap seleksi yang harus dilakukan adalah tahap administrasi, tahap tes substantif, dan yang terakhir adalah wawancara.

Sebelum mengetahui teknis pendaftaran PPG, para pendaftar harus tahu lebih dulu mengenai syarat yang harus terpenuhi. Syarat utamanya tentu saja adalah warga negara Indonesia.

Syarat selanjutnya adalah pendaftar belum terdaftar sebagai seorang kepala sekolah atau guru pada dapodik atau data pokok pendidikan. Memiliki usia paling tinggi yaitu 32 tahun.

Harus memiliki ijazah dari pendidikan S1 atau D4 yang sudah terdaftar di PD-dikti, atau pangkalan data pendidikan tinggi. Bisa juga dibuktikan dengan pendaftar yang masuk dalam daftar basis unit pemberian ijazah luar negeri, ini ditujukan untuk pendaftar yang lulus di luar negeri.

Pendaftar memiliki IPK atau indeks prestasi kumulatif dengan nilai paling rendah adalah 3,00. Harus menyertakan juga surat keterangan sehat, baik rohani juga jasmani, syarat ini diserahkan ketika lapor diri.

Tidak lupa harus menyerahkan surat ketar memiliki kelakuan baik, surat ini juga diserahkan ketika lapor diri. Kemudian surat yang membuktikan bebas narkotika, zat adiktif, psikotropika, juga diserahkan ketika lapor diri dilakukan.

Harus memberikan tanda tangan di paksa intergritas. Kemudian harus juga mengikuti semua seleksi seperti tes substantif, administrasi, dan yang terakhir adalah wawancara.

Teknis Pendaftaran PPG Prajab

Sebelum mendaftar menjadi PPG maka harus tahu lebih dulu teknis pendaftaran PPG prajab. Untuk mengetahui teknis pendaftaran PPG prajab, lihat susunannya di bawah ini.

1. Mengunjungi Situs Pendaftaran

Pendaftar bisa membuka situs PPG kemendikbud, pastikan untuk memakai e-mail yang masih aktif. Jangan gunakan alamat email yang sudah tidak aktif karena bisa membuat Anda ketinggalan informasi.

Jika menggunakan alamat email yang tidak aktif, ketika mendapatkan informasi dari pusat maka Anda akan tertinggal. Ketika tertinggal informasi dari pusat, maka semua proses selanjutnya akan terhambat.

2. Memilih Menu yang Tepat

Setelah masuk ke dalam situs, maka pilihlah menu daftar PPG prajab. Dari menu ini akan dipandu ke tahap selanjutnya.

3. Pembuatan Akun

Tahap selanjutnya adalah para pendaftar membuat akun di aplikasi SIMPKB. Ketika masuk ke tahap ini, data mengenai NIK akan terverifikasi secara otomatis.

Akun hanya akan selesai jika data yang sudah diisi memang valid. Jika tidak valid maka bisa merevisi lebih dulu bagian data yang salah.

4. Proses Login

Setelah itu lanjut untuk login pada aplikasi menggunakan username juga password yang dikirim melalui email. Kemudian pendaftar akan diminta mengisi datang yang benar.

Password juga alamat email ini harus diingat untuk kembali login jika sesuatu yang kurang baik terjadi di masa depan. Dengan mengingat alamat email juga passwordnya, maka akun yang Anda miliki akan aman.

5. Proses Pembayaran

Setelah semua pendaftar dinyatakan benar, pendaftar bisa melakukan pembayaran untuk melakukan tes selanjutnya, yaitu substantif.

Sebelum membayar lunas biaya tes pada tahap ini, maka pendaftar juga belum bisa ikut serta tahap selanjutnya. Untuk pembayaran sebaiknya dilakukan secepat mungkin agar tidak lupa dan malah tidak membayarnya.

6. Cetak Kartu Tes

Jika sudah, maka harus mencetak kartu tes seleksi substantif dengan menggunakan aplikasi SIMPKB. Pastikan kartu yang sudah tercetak disimpan dengan baik agar tidak hilang ketika akan digunakan.

7. Pelaksanaan Tes

Jika sudah mencetak kartu, maka pendaftar bisa langsung melakukan tes substantif. Untuk melakukan tes ini pastikan Anda mengingat username juga password yang sebelumnya sudah dimiliki.

Sebelum melakukan tes juga, pastikan sudah mendapatkan exambrowser yang baru. Hal ini berguna untuk menampilkan keseluruhan layar secara penuh, dan juga mencegah peserta yang melakukan tes berpindah menggunakan aplikasi lain.

8. Pengumuman Lulus

Untuk pengumuman lulus atau tidak, bisa dilihat pada aplikasi SIMPKB.

9. Kegiatan Wawancara dan Hasilnya

Jika dinyatakan lulus, maka pendaftar akan melakukan wawancara yang dilakukan secara online.  Untuk hasil wawancara bisa dilihat pada aplikasi yang sama. Aplikasi ini akan memberikan semua kebutuhan informasi terkait proses pendaftaran PPG.

10. Proses Penempatan

Jika pendaftar lulus tes wawancara, maka akan diproses untuk segera ditempatkan ke perguruan tinggi yang sesuai dengan formasi PPG yang telah dipilih.

11. Persetujuan Mengikuti PPG

Jika semua sudah selesai, maka pendaftar harus memberi tahu bersedia untuk mengikuti PPG prajab yang akan dilaksanakan di perguruan tinggi yang sebelumnya sudah ditentukan di aplikasi, disesuaikan dengan jadwal.

12. Penetapan Mahasiswa

Penetapan mahasiswa PPG prajab akan dilakukan oleh direktorat jenderal GTK.

13. Ketersediaan Formasi

Formasi dibuka disesuaikan dengan jabatan nasional pada bidang mata kuliah. Jabatan yang dibuka juga akan disesuaikan dengan kebutuhan keseluruhan, berapa banyak pegawai yang dibutuhkan.

Baca Juga: Mudah Dilakukan! Ini Langkah untuk Cek Linieritas PPG Daljab 2022

Keuntungan Setelah Lulus teknis Pendaftaran PPG Prajab

Ketika sudah dinyatakan lulus teknis pendaftaran PPG prajab, maka akan banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Keuntungan setelah lulus teknis pendaftaran PPG prajab adalah bisa menjadi guru yang profesional karena meningkatnya kemampuan.

Selain itu bisa juga menambahkan pengalaman mengenai proses pembelajaran yang terjadi di sekolah. Yang paling diincar adalah mendapatkan sertifikat pendidik sebagai seorang guru yang profesional.

Masa depan yang sudah terjamin karena memiliki tunjangan sertifikasi untuk tingkat kesejahteraan pada hidup. Bisa menempuh pendidikan dengan biaya studi jika mendapat PPG yang bersubsidi.

Bisa mengasah kemampuan untuk mengajar dengan melakukan praktek langsung. Mengikuti PPG juga bisa menambah relasi bertambah selama proses pembelajaran berlangsung.

Selain mendapatkan teman, jika menjadi seorang PPG juga bisa menambah berbagai ilmu baru. Anda juga bisa meningkatkan kemampuan dalam menggunakan komputer.

Bisa ikut serta dalam melakukan studi banding ke berbagai sekolah sebagai kegiatan PPL. Jika Anda merasa lelah dengan proses mengajar yang memiliki banyak tugas, maka menjadi PPG bisa menjadi solusi untuk beristirahat.

Program ini memiliki banyak sekali keunggulan dalam bidang karier atau juga kesehatan rohani. Mengikuti kegiatan seperti ini juga berguna untuk menambah wawasan untuk mendapatkan pekerjaan lebih baik kedepannya.

Tapi tentu saja diterima menjadi PPG bukan suatu hal yang mudah karena banyak orang yang menginginkannya juga. Karena banyaknya keuntungan dari bergabung menjadi PPG membuat banyak orang tergiur.

Dari artikel di atas dapat disimpulkan apa itu PPG dan bagaimana cara untuk melakukan pendaftaran. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi situs resmi https://ppg.simpkb.id.

Leave a Comment