10 Bidang Studi Rekomendasi dan Prosedur Cek Linieritas PPG Prajab

Cek linieritas PPG prajab adalah hal yang harus dilakukan sebelum Anda mendaftar menjadi seorang pendidikan profesi guru. Untuk mengetahui lebih rinci tentang cek linieritas PPG prajab, maka ikuti artikel ini sampai selesai.

Penjelasan Seputar Cek Linieritas PPG Prajab

Ketika mendaftar menjadi seorang pendidikan profesi guru maka akan dihadapkan dengan pemilihan linieritas. Tapi sebenarnya apa itu cek linieritas PPG prajab itu?

Pengertian linieritas sendiri adalah sifat yang menghubungkan antara variabel juga linear. Artinya jika sebuah variabel berubah maka akan mempengaruhi variabel lainnya.

Pengertian cek linieritas PPG prajab dalam pendidikan profesi guru singkatnya adalah pilihan yang tersedia untuk profesi yang diminati. Jika Kualifikasi pendidikan tidak ada, maka bisa jadi posisi dengan kualifikasi jurusan tersebut sedang tidak merekrut orang baru.

Linieritas jurusan pendidikan D4 dan S2 dengan mengikuti pendidikan profesi guru yang sesuai dengan program studi di ijazah D4 atau S1. Tentunya bidang studi untuk pendidik profesi guru disesuaikan dengan formasi yang diminati.

Ketika cek linieritas PPG prajab yang diminati tidak terdaftar, maka pendaftar harus mengubahnya ke pilihan lain. Ini disebabkan formasi yang dituju sedang tidak membutuhkan pekerja baru.

Untuk bisa cek linieritas PPG prajab dalam PPG formasi harus mengikuti aturan pendaftaran yang sebelumnya sudah dibuat oleh para penyelenggara. Jika tidak dilakukan, maka status yang ada di akun sebagai pendaftar yang tertolak.

Pada tahap seleksi administrasi ini akan terjadi dua jenis tolakan. Yaitu tolakan permanen yang berarti benar-benar gagal, tolakan kedua adalah tolakan perbaikan yang masih memiliki kemungkinan untuk diterima.

Khusus untuk pendaftar yang mendapatkan tolakan perbaikan masih bisa revisi jika memang masih ingin lulus. Cara revisi untuk seleksi administrasi ini caranya hanya ada satu, yaitu lengkapi berkas yang kurang, juga buat bidang studi sesuai linieritas.

Kualifikasi pendaftar lulusan D4 juga S1 dengan bidang-bidang studi yang ada pada pendidikan profesi guru harus sesuai dengan ijazah kelulusan. Ijazah yang dipakai harus bisa sesuai dengan formasi yang dilamar.

Ketika studi pada ijazah dan pilihan yang dilakukan pada pendidikan profesi guru terjadi, maka pendaftar harus mengubahnya hingga sesuai. Jika tidak diubah maka tidak bisa untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Bidang Studi yang Bisa Dicek Linieritas PPG Prajab

Kualifikasi pendidikan dengan formasi yang dilamar harus sesuai, karena itu sebelum mendaftar Anda harus memastikan bahwa formasi sudah sesuai. Berikut adalah data untuk cek linieritas PPG prajab.

1. Bidang Studi Bahasa Indonesia

Formasi yang tersedia untuk pendaftar dengan kualifikasi pendidikan S1 dan D4. Formasi yang tersedia adalah guru bahasa dan sastra Indonesia, pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, pendidikan bahasa Indonesia.

Selanjutnya adalah pendidikan bahasa Indonesia dan daerah, pendidikan bahasa, sastra Indonesia dan daerah, pendidikan sastra Indonesia. Kemudian sastra Indonesia, dan juga yang terakhir adalah tadris bahasa Indonesia.

2. Bidang Studi Bahasa Inggris

Formasi yang tersedia untuk pendaftaran dengan kualifikasi pendidikan S1 dan D4. Formasi yang tersedia adalah guru bahasa Inggris, bahasa Inggris untuk industri pariwisata, bahasa Inggris untuk komunikasi bisnis dan profesional, bahasa dan kebudayaan Inggris.

Bahasa dan sastra Inggris, pendidikan bahasa Inggris, pendidikan bahasa dan sastra Inggris, sastra Inggris, dan juga tadris bahasa Inggris

3. Bidang Studi Biologi

Formasi yang tersedia untuk pendaftaran dengan kualifikasi pendidikan S1 dan  D4. Formasi yang tersedia adalah guru biologi, pendidikan biologi, dan tadris biologi.

4. Bidang Studi Ekonomi

Formasi disediakan bagi pendaftar yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 dan D4. Formasi yang ada adalah sebagai guru ekonomi Islam, ekonomi, ekonomi Buddhis, ekonomi dan pembangunan, ekonomi Hindu.

Selain itu ada juga formasi untuk guru ekonomi pembangunan, ilmu ekonomi, pendidikan ekonomi, pendidikan ekonomi koperasi, juga pendidikan tata niaga.

5. Bidang Studi Fisika

Formasi yang tersedia akan dibuka untuk lulusan D4 dan S1. Formasi yang ada adalah sebagai guru fisika, pendidikan fisika, tadris fisika.

6. Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam

Jabatan yang tersedia diperuntukkan bagi lulusan D4 dan S1. Formasi yang ada adalah sebagai guru pendidikan ilmu pengetahuan alam, pendidikan sains, tadris ilmu pengaturan alam (konsentrasi fisika).

Juga sebagai guru tadris ilmu pengetahuan alam, tadris IPA, tadris IPA biologi, dan tadris IPA konsentrasi fisika.

7. Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial

Jabatan-jabatan Yang ada akan dibuka untuk lulusan D4 dan S1. Formasi yang tersedia adalah sebagai guru pendidikan IPS, tadris IPS, tadris ilmu pengetahuan sosial (konsentrasi sejarah).

8. Bidang Studi Kimia

Bagi lulusan D4 dan S1 bisa memiliki kesempatan mendapatkan formasi ini. Formasi yang disediakan adalah sebagai guru kimia, tadris kimia, pendidikan kimia.

9. Bidang Studi Matematika

Pendaftar dari lulusan D4 dan S1 bisa mengambil formasi ini. Formasi yang bisa dilamar adalah sebagai guru matematika, pendidikan matematika, tadris matematika.

10. Bidang Studi Pendidikan Guru Paud

Lulusan D4 dan S1 bisa juga mengincar formasi ini. Formasi yang disediakan adalah sebagai pendidikan Islam anak usia dini, pendidikan anak usia dini, pendidikan anak usia dini Buddha, pendidikan guru anak usia dini.

Selain itu, ada juga pendidikan guru madrasah Raudhatul Athfal, pendidikan guru pendidikan anak usia dini, pendidikan guru pendidikan anak usia dini Hindu. Pendidikan guru Raudhatul Athfal, pendidikan Kristen anak usia dini, pendidikan psikologi konseling Buddha, PJJ pendidikan guru pendidikan anak usia dini, psikologi, psikologi Islam, psikologi Kristen.

Baca Juga: 11 Perbedaan 2 Jenis PPG 2022: Pra Jabatan dan Dalam Jabatan

Kriteria Pelamar yang Dapat Mengajukan

Setelah melihat cek linieritas PPG prajab, pasti Anda tertarik untuk mendaftar ke salah satu bidang dari sekian banyak. PPG memang menyiapkan banyak sekali wadah untuk berbagai bidang studi mendapatkan pengalaman dengan minat dan bakat masing-masing.

Tapi jika ingin masuk ke salah satu bidang itu, maka harus mendaftarkan diri lebih dulu untuk mengikuti seleksi. Lalu, bagaimana kriteria pelamar yang memiliki kemungkinan untuk diterima?

Kriteria pendaftar yang paling dasar adalah harus seorang warga negara Indonesia. Selanjutnya pendaftar tidak pernah menjadi seorang guru.

Pelamar harus memiliki usia paling tinggi 32 tahun ketika melakukan pendaftaran. Memiliki ijazah dari pendidikan yang sudah ditempuh, minimal lulusan D4 dan S1.

Pelamar juga harus memiliki IPK minimal 3,00 dari IPK 4,00. Harus memiliki keterampilan surat bahwa sehat jasmani maupun rohaninya.  Harus juga memiliki surat keterangan berperilaku baik. Juga surat yang membuktikan terbebas dari jeratan narkoba.

Memberikan tandatangan pada pakta integritas. Dan yang terakhir adalah mampu untuk mengikuti seleksi administrasi, dilanjut tes substantif, dan akhirnya wawancara.

Itulah informasi mengenai linieritas seputar PPG yang diharapkan bisa membantu Anda untuk menambah pengetahuan sebelum mendaftarkan diri. Untuk informasi lebih lanjut, bis kunjungi situs resmi dari https://ppg.kemdikbud.go.id/.

Leave a Comment