5 Pertanyaan yang Sering Diajukan atau FAQ PPG Daljab 2022

Apa saja pertanyaan yang sering diajukan atau FAQ PPG Daljab dan penjelasan terkait sistem serta prosedurnya? Seleksi akademik PPG Daljab (Dalam Jabatan) tahun 2022 mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat. Seleksi akademik ini dimaksudkan untuk menetapkan peserta PPG Daljab tahun 2022.

Teknis mengenai apa saja persiapan peserta untuk mengikuti seleksi akademik ini telah dijelaskan secara lengkap dalam buku panduan. Bagi beberapa orang, penjelasan dalam buku panduan ini dianggap masih ambigu dan perlu dipastikan lagi.

Tak jarang, masih ditemui kendala atau permasalahan ketika persiapan dan pelaksanaan PPG Daljab 2022. Di bawah ini adalah ringkasan FAQ PPG Daljab beserta jawaban dan solusi resmi dari Dirjen Kemendikbud Ristek.

PPG Daljab Sebagai Langkah Konkrit Pengembangan Potensi Guru

PPG Daljab atau Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kualitas lulusan sarjana. Program PPG ini bisa diikuti oleh lulusan S1 Kependidikan atau S-1/D-IV Non Kependidikan yang telah memenuhi syarat dan ketentuan.

Program ini diselenggarakan bagi mahasiswa lulusan S-1 atau D-IV yang memiliki bakat dan minat untuk menjadi seorang guru. Melalui pendidikan keprofesian ini, mahasiswa dapat mendapatkan sertifikat keprofesian tertulis sebagai seorang guru.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan merupakan kebijakan Kemendikbud untuk menuntaskan sertifikasi guru dalam jabatan. Adapun agenda program ini diadakan sebagai program pengganti program sebelumnya yang bernama Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG).

Program  ini memiliki sedikit perbedaan dengan pelaksanaan PLPG. Jika PLPG dilaksanakan secara singkat 11 hari saja, program PPG dilaksanakan selama 2 semester atau satu tahun.

Selain itu, dengan mengikuti seluruh rangkaian program pendidikan keprofesian guru, Anda dapat memperoleh tambahan gelar. Apabila lulusan S1 Kependidikan bergelar S.Pd., setelah mengikuti PPG bertambah menjadi S.Pd., Gr.

FAQ PPG Daljab 2022

Untuk mengetahui lebih jelas terkait PPG Daljab, berikut beberapa pertanyaan yang dapat mewakili rasa penasaran di benak Anda.

1. Apa Saja Syarat yang Harus Dipenuhi Peserta untuk dapat Mengikuti PPG Dalam Jabatan?

Salah satu FAQ PPG Daljab yang paling sering dipertanyakan adalah seputar pernyaratan PPG Daljab sendiri. Untuk dapat mendaftar sebagai calon peserta program PPG, terdapat beberapa persyaratan peserta yang harus dipenuhi.

Persyaratan pertama yaitu pendaftar merupakan guru di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang belum mengikuti program sertifikasi guru. Pendaftar harus sudah terdaftar pada data pokok Pendidikan Kemendikbud Ristek.

Pendaftar juga harus memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) sebagai identitas bagi seorang guru. Calon peserta PPG ini harus sudah diangkat menjadi seorang guru selambat-lambatnya pada 1 Januari 2019.

Pendaftar diwajibkan telah aktif mengajar selama dua tahun terakhir dan berusia setinggi-tingginya 58 tahun terhitung sampai 31 Desember 2022. Selain itu, pendaftar juga harus memenuhi kualifikasi sehat jasmani rohani, bebas narkotika dan zat adiktif lainnya, serta berkelakuan baik.

2. Apakah Guru Honorer Dapat Mendaftar Menjadi Peserta PPG Daljab 2022?

FAQ PPG Daljab yang masih banyak dicaritahu kebenarannya adalah mengenai guru honorer yang menjadi peserta PPG Daljab. Menurut laman resmi PPG Kemendikbud, guru honorer tidak termasuk salah satu target dari Program PPG Dalam Jabatan 2022.

Alasan guru honorer tidak diperbolehkan mendaftar yaitu berstatus guru honorer sekolah dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Hal inilah yang menjadi penyebab guru honorer tidak memenuhi kualifikasi sebagai pendaftar program PPG ini.

3. Bagaimanakah Langkah Selanjutnya Setelah Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi?

Pertanyaan mengenai tahapan seleksi PPG Daljab menjadi salah satu FAQ PPG Daljab yang banyak dicaritahu kebenarannya.  Hal ini dikarenakan setiap tahapan seleksi menjadi pertimbangan kelulusan untuk menjadi guru profesional.

Tahapan pertama dalam rangkaian seleksi PPG Daljab adalah seleksi administrasi yang berkaitan erat dengan pemutakhiran data calon peserta. Pada tahap ini, para guru akan terjaring dalam data PPG Daljab seperti kualifikasi ijazah dengan ketentuan harus S1.

Untuk calon peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi PPG Daljab 2022 bisa menunggu informasi berikutnya mengenai seleksi akademik. Setelah memenuhi kualifikasi seleksi administrasi, para guru akan mendapatkan undangan untuk seleksi akademik berupa pretest ujian masuk.

3. Apakah SIMPKB Itu? Apakah Wajib Bagi Pendaftar untuk Memiliki Akun SIMPKB?

SIMPKB merupakan singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian dan Berkelanjutan. SIMPKB menjadi salah satu syarat calon pendaftar untuk mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru 2022.

Bagi Anda yang telah memenuhi syarat sebagai peserta PPG, wajib memiliki alamat email aktif untuk mendaftar di SIMPKB. Pendaftaran akun SIMPKB dapat dilakukan melalui https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/.

4. Apakah Kepala Sekolah Bisa Mendaftar Seleksi PPG Daljab 2022?

Pertanyaan mengenai kepala sekolah yang mendaftar dalam seleksi PPG Daljab menjadi salah satu daftar FAQ PPG Daljab tahun ini. Berdasarkan penjelasan Kemendikbudristek, salah satu ketentuan untuk mengikuti PPG Daljab 2022 adalah terdaftar sebagai guru di Dapodik.

Apabila status yang tertulis dalam Dapodik adalah sebagai guru maka dapat mengikuti seleksi PPG Daljab sesuai dengan syarat ketentuannya. Salah satu alasan kepala sekolah tidak bisa mendaftar yaitu dikarenakan kepala sekolah tidak memiliki kewajiban untuk mengajar.

5. Apakah Seorang Guru Bisa Mengikuti Program Guru Penggerak dan PPG Secara Bersamaan?

FAQ PPG Daljab selanjutnya yang masih banyak dibingungkan yaitu mengenai hubungan antara program penggeran dan PPG Daljab. Program guru penggerak dan PPG memiliki orientasi yang sama yaitu mewujudkan pendidikan di Indonesia yang lebih baik melalui pendidikan.

Sebenarnya dalam proses seleksi diperbolehkan untuk mengikuti kedua program ini dengan catatan bisa mengatur waktu dengan baik. Namun, apabila kedua program ini memiliki waktu yang bertabrakan maka tidak bisa.

Apalagi program PPG Daljab ini dilakukan setiap hari dari Senin hingga Sabtu selama jam kerja. Meskipun mengikuti kedua program ini diperbolehkan, namun Anda perlu mempertimbangkan dengan baik konsekuensinya.

Baca Juga: 10 Bidang Studi Rekomendasi dan Prosedur Cek Linieritas PPG Prajab

Pahami FAQ PPG Daljab untuk Mengikuti Prosedur Secara Tepat

Setelah pembahasan beberapa FAQ PPG Daljab yang ramai oleh berbagai topik pertanyaan membuktikan program ini cukup menjadi perhatian. Pendaftar program PPG Daljab ini juga semakin banyak tiap tahunnya.

Bagi Anda lulusan sarjana pendidikan maupun non pendidikan yang berminat menjadi seorang guru, program PPG dapat menjadi pilihan terbaik. Ada beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa Anda peroleh melalui program pendidikan keprofesian ini.

Keuntungan yang menjadi tujuan utama program ini yaitu memperoleh kompetensi lebih sebagai tenaga pengajar. Melalui program ini para guru dipersiapkan menjadi guru yang lebih kompeten dalam bidangnya masing-masing.

Setelah mengikuti serangkaian PPG ini, Anda akan memperoleh sertifikat tertulis untuk keahlian dalam pendidikan profesi guru yang Anda ambil. Selain itu, Anda juga mendapat gelar tambahan Gr, yang merupakan kepanjangan dari guru profesional.

Keuntungan lain yang bisa Anda peroleh apabila mengikuti PPG adalah mendapatkan peluang menjadi PNS yang lebih besar. Anda tidak perlu mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) sehingga memperbesar peluang Anda menjadi PNS.

Itulah beberapa pembahasan penting mengenai permasalahan yang seringkali menjadi pertanyaan bagi calon pendaftar. Bagi Anda yang ingin menggali informasi lebih lanjut mengenai berbagai FAQ PPG Daljab beserta jawabannya dapat mengunjungi laman resmi web Kemdikbud.

Leave a Comment