Kelulusan PPG Daljab Kemenag di 15 Provinsi Ini, Mana Domisili Anda?

Informasi mengenai kelulusan PPG Daljab Kemenag adalah yang paling ditunggu setelah mengikuti serangkaian tes dan prosedur. Artikel ini akan membahas seputar kelulusan PPG Daljab Kemenag.

Kelulusan PPG Daljab Kemenag

Informasi mengenai kelulusan PPG Daljab Kemenag adalah informasi yang paling ditunggu oleh semua pendaftar. Informasi kelulusan ini banyak membuat orang berdebar karena hasil yang dimuat di dalamnya.

Memeriksa pelaksanaan aktivitas seleksi administrasi PPG daljab tahun 2022, di lingkungan kementerian riset dan teknologi, pendidikan, kebudayaan. Tahap ini akan dilakukan dengan basis daring menggunakan aplikasi SIMPKB, dengan isi seperti berikut.

Surat pemberitahuan kelulusan PPG Daljab Kemenag diberitahukan oleh surat bentuk digital yang diberikan melalui situs resmi PPG kemendikbud. Dari surat edaran ini diberikan berapa jumlah pendaftar dan informasi penting lainnya.

Adapun isi dari surat edaran tersebut adalah seperti misalnya jumlah hasil seleksi tes administrasi sebanyak 391 ribu sudah dinyatakan lulus. Seleksi administrasi dengan daftar rekapan yang terlampir, hasil lulus atau tidaknya bisa dilihat pada situs PPG kemendy atau bisa juga melalui akun SIMPKB.

Seorang guru yang berhasil lulus seleksi administrasi selanjutnya akan mengikuti sebuah seleksi akademik yang dilaksanakan sebagaimana sudah dijadwalkan.

Isi dari surat lampiran kelulusan selanjutnya adalah bagi guru yang sudah diluluskan tahap seleksi administrasi untuk segera melakukan upgrade nomor telepon. Tidak hanya nomor, dibutuhkan pula pas foto, juga tautan belajar, id terletak di profil akun SIMPKB masing-masing pendaftar.

Pemberitahuan mengenai seleksi akademik yang akan dilaksanakan secara daring. Informasi mengenai seleksi akademik mulai dari hal-hal yang diperlukan, sampai bagaimana cara mengikuti seleksi sudah akan diberitahukan.

Pada laman resmi PPG kemendikbud, dijelaskan secara rinci keburu untuk melakukan seleksi akademik. Penjelasan berisi peralatan yang diperlukan, sampai tata cara ikut serta melakukan seleksi akademik.

Hasil Kelulusan PPG Daljab Kemenag Berdasarkan Provinsi

Berikut adalah data yang didapat dari hasil kelulusan PPG Daljab Kemenag mengenai jumlah kelulusan beberapa provinsi. Banyak sedikitnya jumlah kelulusan bukan berarti daerah tersebut memiliki tenaga kependidikan yang buruk, berikut datanya.

1. Provinsi Jawa Barat

Di provinsi Ini pendaftar PPG yang berhasil lulus berjumlah sekitar 54 ribu orang lebih. Jumlah yang cukup banyak mengingat banyaknya lembaga-lembaga penting yang ada di Jawa Barat menjadi masuk akal.

2. Provinsi Jawa Tengah

Pada provinsi ini yang berhasil lulus segala rangkaian tes berjumlah 42 ribu orang lebih. Jumlah yang tidak kalau banyak dari provinsi Jawa barat.

3. Provinsi Jawa Timur

Pada provinsi Ini pendaftar PPG yang berhasil lulus sekitar 46 ribu orang. Hal ini menunjukkan bahwa Jawa timur memiliki para pendidik yang penuh dengan semangat untuk memajukan bangsa.

4. Provinsi Aceh

Pada provinsi ini diperoleh data pendaftar PPG yang lulus sebanyak 15 ribu orang. Jumlah ini masih dibilang cukup banyak untuk masuk skala nasional karena tidak kurang dari 10 ribu orang.

5. Provinsi Bali

Sedangkan untuk provinsi Bali, jumlah pendaftar yang berhasil lulus berjumlah 8 ribu orang lebih. Jumlah 8 ribu orang juga tidak terlalu rendah karena hampir menuju 10 ribu orang.

6. Provinsi Banten

Jumlah peserta PPG yang berhasil lulus sampai tahap akhir berjumlah 12 ribu orang. Jumlah kelulusan pada provinsi ini cukup banyak dengan lebih dari 10 ribu orang.

7. Provinsi Bengkulu

Sedangkan di provinsi Bengkulu jumlah yang berhasil lulus berjumlah sekitar 3 ribu orang. Jika dibandingkan dengan provinsi Banteng, jumlahnya 4 kali lebih kecil karena hanya ada 3 ribu orang yang berhasil lulus.

8. Provinsi DI Yogyakarta

Jumlah pendaftar yang lulus di daerah provinsi DI Yogyakarta juga sekitar 3 ribu orang, sama seperti daerah provinsi Bengkulu. Jumlah ini terbilang sedikit jika dibandingkan dengan provinsi Jawa barat, tengah, juga timur.

9. Provinsi DKI Jakarta

Untuk provinsi DKI Jakarta para peserta yang lulus seleksi PPG berjumlah sekitar 9 ribu orang. Jumlah yang cukup banyak jika dibandingkan dengan provinsi DI Yogyakarta, tapi masih lebih sedikit daripada provinsi Jawa barat.

10. Provinsi Gorontalo

Jumlah peserta yang berhasil lulus dari segala seleksi PPG adalah 2 ribu orang. Jumlah kelulusan di provinsi Gorontalo juga lebih kecil dibandingkan provinsi DI Yogyakarta.

11. Provinsi Jambi

Di provinsi Jambi jumlah kelulusan peserta PPG mencapai 5 ribu orang. Jumlah 5 ribu orang memang bukan jumlah sedikit, tapi jika dibandingkan provinsi Jawa Barat maka perbedaannya cukup jauh.

12. Provinsi Lampung

Pada provinsi ini jumlah kelulusan peserta PPG mencapai 10 ribu orang. Jumlah yang cukup banyak jika dilihat dari data-data sebelumnya.

13. Provinsi Maluku

Sedangkan untuk provinsi Maluku memiliki jumlah kelulusan peserta PPG dengan jumlah sekitar 3 ribu orang.

14. Provinsi Maluku Utara

Hasil dari kelulusan pada provinsi Maluku utara memiliki jumlah 2 ribu orang. Jumlah ini lebih sedikit dari provinsi Maluku.

15. Nusa Tenggara Barat

Di provinsi NTB memiliki jumlah kelulusan pendaftar PPG sebanyak 12 ribu orang. Jumlah ini bisa dibilang cukup banyak jika dilihat dari data skala nasional.

Baca Juga: 12 Pertanyaan yang Relevan atau FAQ PPG Prajab 2022

Gaji Setelah Kelulusan PPG Daljab Kemenag

Ketika pendaftar berhasil melewati kelulusan PPG Daljab Kemenag maka akan diberi tunjangan bagi guru yang ikut serta dalam program pemerintah. Tapi ketika berbeda-beda jenis guru, maka berbeda pula besar tunjangannya.

Untuk guru dengan status PNSD untuk golongan 3A dengan kepemilikan ijazah D4 dan S1 dengan waktu pengabdian masih 0 tahun. Gaji yang akan diterima berada pada angka Rp2,5 juta sampai Rp4,2 juta.

Sedangkan untuk golongan terakhir yang memiliki jabatan tinggi memiliki gaji sebesar Rp3,5 juta sampai Rp5,9 juta.

Selanjutnya untuk guru CPNSD yang masih belum ikut serta program prajabatan akan digaji 80% setiap bulan. Untuk golongan 3A maka gajinya sebesar Rp2,7 juta, karena tidak 100% yang didapat sekitar Rp2juta saja.

Kemudian untuk guru non PNS inpassing memiliki gaji yang sama besar dengan seorang PNS dalam satu bulan kerja. Ada pula guru non PNS yang non inpassing digaji sebesar Rp1,8 dalam satu bulan.

Karena itu, guru non PNS dan juga belum inpassing harus secepatnya mengurus SK agar gaji bisa setara dengan gaji pokok seorang PNS. Terakhir adalah guru PPPK digaji sesuai SK atau satu kali dari gaji pokok.

Guru PPPK rata-rata berada pada golongan 9, bagi guru PPPK yang baru kerja selama 0 tahun maka gaji yang didapat sebesar Rp2,9 juta. Jumlah gaji ini akan terus mengalami kenaikan setiap 2 tahun sekali.

Guru PPPK juga memiliki kemungkinan untuk bisa naik pangkat. Tentu saja dengan syarat harus memenuhi jumlah angka kredit yang ada, dimana kenaikan pangkat ini terjadi setiap 3-4 tahun sekali.

Itulah informasi sekitar kelulusan PPG Daljab Kemenag yang bisa disampaikan, diharapkan informasi para pembaca bertambah karena artikel ini. Untuk mencari informasi lengkap, maka bisa kunjungi situs resmi PPG di https://seleksippg.kemenag.go.id/.

Leave a Comment