Terupdate 2022! Kemenag Siapkan Kuota Beasiswa LPDP Guru

Mengulas lebih jauh terkait kuota beasiswa LPDP guru memang menjadi informasi penting dan harus Anda ketahui. Oleh sebab itu, simak penjelasan berikut agar Anda tidak sampai melewatkannya.

Mengenal Apa itu Kuota Beasiswa LPDP Guru?

Informasi terbaru mengenai beasiswa kini datang dari Kemenag dan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Bagi Anda yang berprofesi sebagai guru tentunya ini merupakan kabar gembira.

Pasalnya lembaga tersebut telah menyiapkan dana pendidikan atau beasiswa guru dalam periode 2022.

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan program dalam upaya meningkatkan kualifikasi dan kompetensi para guru binaan Kementerian Agama. Beasiswa ini merupakan salah satu bagian dari 10 program beasiswa LPDP, baik itu dari program non degree maupun program degree.  

Kuota beasiswa LPDP guru di informasikan menampung hingga 10.000. Tentunya ini akan bermanfaat dan membuka banyak peluang bagi Anda yang berprofesi sebagai guru. Oleh karena itu, diharapkan Anda dapat memanfaatkan peluang yang diberikan semaksimal mungkin.

Menjadi harapan sangat besar untuk dapat membantu dalam mempersiapkan sumber daya manusia unggul. Hal ini juga salah satu upaya dalam menaikkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, terutama guru madrasah dan guru binaan dari Kementrian Agama RI. 

Penganggaran dana beasiswa ini juga diharapkan dapat mempercepat penyelesaian sertifikasi guru binaan Kementerian Agama. Sebab, hingga saat ini tercatat bahwa masih ada sekitar 420.000 guru yang belum memiliki sertifikasi.

Sehubungan dengan adanya hal tersebut, maka pihak dari Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah akan segera melaksanakan tes. Nantinya dilaksanakan berupa seleksi akademik atau pre tes bagi guru madrasah yang akan mengikuti PPG dalam jabatan.

Oleh karena itu, dari pihaknya akan segera menerbitkan Surat Edaran terkait dengan pelaksanaan seleksi akademik PPG bagi guru Madrasah. Maka, sebaiknya guru yang akan mengikuti tes ini diharapkan mempersiapkan diri dengan baik.

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Mengisi Kuota Beasiswa LPDP Guru?

Untuk mendapatkan kuota beasiswa LPDP guru  ini tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Berikut rangkuman persyaratan untuk mendaftar yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

Persyaratan utama dan penting yang harus dipenuhi yaitu memiliki status berkewarganegaraan Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan KTP sebagai kartu identitas WNI.

2. Telah Menyelesaikan Jenjang Pendidikan Tertentu

Untuk yang mendaftar di program S2 atau Magister harus telah menyelesaikan studi program D4 atau S1. Sedangkan bagi pendaftar D4 atau S1 maupun doctor wajib memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan.

Syarat kedua, pendaftar harus memenuhi seluruh kriteria sebagai pendaftar program beasiswa Doktor (S3).

Selain itu, pendaftar yang telah menyelesaikan program Magister (S2) tidak diperkenankan mendaftar program beasiswa magister. Begitu juga ketika Anda telah menyelesaikan program studi doctor (S3), tidak diperkenankan mendaftar program beasiswa doctor.

3. Melampirkan Penyetaraan Ijazah Bagi Lulusan Luar Negeri

Bagi lulusan luar negeri yang akan mendaftar kuota beasiswa LPDP guru, wajib menyertakan penyetaraan ijazah dan konversi IPK. Hal ini berasal dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

4. Tidak Sedang Melaksanakan Studi

Bagi pendaftar diharuskan telah menyelesaikan studinya baik untuk program studi S1 maupun S2. Dengan kata lain tidak sedang menempuh studi on going baik di dalam maupun di luar negeri.

5. Tidak Menerima Beasiswa Lain

Bagi pendaftar harus memastikan bahwa dirinya memang masih belum mendaftar, tidak mendaftar, dan akan menerima, atau sedang menerima beasiswa dari sumber lain. Hal ini dilakukan agar tidak terjadinya double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.

6. Beasiswa Hanya untuk Kelas Reguler

Pada dasarnya, kuota beasiswa LPDP guru tidak diperuntukkan untuk kelas eksekutif, kelas khusus, kelas karyawan, dan kelas jarak jauh. Selain itu juga tidak diperuntukkan bagi kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk, kelas internasional khusus tujuan dalam negeri.

Juga tidak untuk kelas yang diselenggarakan di lebih dari satu Negara perguruan tinggi dan kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP.

7. Mengisi Formulir Pendaftaran Online

Bagian terakhir yaitu para pendaftar wajib mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online. Kemudian bersedia menandatangani dan menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran dengan format terlampir.

Selain itu, diharuskan menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia. Penulisan proposal juga wajib bagi pendaftaran program pendidikan dokter dan menulis riwayat dan tautan publikasi ilmiah apabila ada.

8. Hal Penting dan Harus Diperhatikan Calon Pelamar

Selain menjelaskan berbagai macam hal yang harus dipersiapkan, selain itu perlu juga mempertimbangkan kebutuhan lainnya. Berikut ini akan dipaparkan dengan lebih detail dan lengkap lagi.

9. Komponen Biaya yang Diberikan

Untuk penerima beasiswa ini akan menerima beberapa benefit yaitu biaya pendidikan dan biaya pendukung. Secara umum, biaya pendidikan mencakup biaya pendaftaran, SPP atau tuition Fee, tunjangan buku, biaya penelitian tesis atau disertasi dan biaya seminar internasional.

Selain itu juga  biaya publikasi untuk jurnal internasional. Sedangkan untuk biaya pendukung mencakup beberapa kebutuhan sehari-hari.

Hal tersebut diantaranya untuk transportasi, aplikasi visa, asuransi kesehatan hingga biaya hidup bulanan. Selain itu juga mencakup kebutuhan biaya kedatangan, biaya keadaan darurat, dan untuk tunjangan keluarga.

10. Proses Seleksi Beasiswa

Terkait proses yang dilakukan untuk mendaftar beasiswa reguler terdapat beberapa tahapan. Diantaranya yaitu seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan substansi.

Bagi pendaftar yang mengunggah LoA Unconditional dapat melanjutkan pada tahap seleksi substansi tanpa mengikuti seleksi bakat skolastik.

11. Cara Mendaftar Beasiswa

Bagi para pendaftar hal pertama yang harus dilakukan yaitu mendaftar secara online pada situs yang tersedia. Kemudian pendaftar harus melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang ada pada syarat dan ketentuan pendaftaran.

Hal berikutnya yaitu melakukan submit aplikasi pendaftaran yang telah diisi untuk mendapatkan registrasi. 

12. Skema Beasiswa Reguler

Bagian terakhir dari kuota beasiswa LPDP guru yaitu mampu mengelola skema dari beasiswa regular yang diberikan untuk jenjang pendidikan. Program single degree Magister lama pendanaannya paling lama 24 bulan.  Sedangkan untuk program single degree doktor lama pendanaan dikabarkan paling lama berkisar 48 bulan.

Hal tersebut terkecuali untuk beberapa jurusan seperti program magister psikologi profesi dengan lama pendanaan dapat melebihi 24 bulan. Hal itu karena disesuaikan dengan masa studi yang tercantum pada kurikulum.

Baca Juga: PPG Madrasah Daring dari SE No. B-476/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/07/202

Segera Daftar dan Penuhi Persyaratannya

Dari berbagai informasi tersebut tentunya akan menjadi peluang bagi Anda yang berprofesi sebagai guru untuk masuk ke dalam  kuota beasiswa LPDP guru ini. Menjadi harapan pula Anda dapat memaksimalkan potensi dengan peluang yang diberikan.

Untukmengikuti dan mengisikuota tersebutharus didukung dengan persiapan yang matang. Pastikan Anda telah memenuhi persyaratan yang ada dan melaksanakan seleksi akademik melalui link berikut https://www.kemenag.go.id/.

Leave a Comment