28 Poin Pembaruan Pada Sistem Update Dapodik Versi 2023

Sebelum membahas tentang update dapodik versi 2023, maka Anda harus tahu lebih dulu apa itu dapodik dan fungsinya untuk sekolah, PTK dan siswa. Untuk mengetahui update dapodik versi 2023 maka ikuti artikel ini sampai selesai.

Mengetahui Aplikasi Dapodik

Aplikasi dapodik merupakan sebuah aplikasi untuk komputer, dibuat oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. Dibuat supaya sekolah bisa melaporkan data secara langsung ke kementerian  secara online, tanpa dibatasi oleh jarak.

Dapodik merupakan kependekan dari data pokok pendidikan, dimana adalah sistem untuk mendata semua hal yang terkait dengan kurikulum. Yang termasuk kurikulum meliputi data siswa, sekolah, guru, dan sarana prasarana dari tiap sekolah baik dalam atau luar negeri.

Pada tahun 2012 saat terjadi perubahan teknologi dalam kementerian, adalah saat awal perubahan sistem data dapodik. Saat ini dapodik merupakan satu-satunya aplikasi bagi kemendikbud untuk menyampaikan semua kebijakan sekolah. Kebijakan yang terkait biasanya adalah tentang bantuan sarana dan prasarana, sampai tunjangan-tunjangan guru dan lainnya.

28 Pembaruan Pada Sistem Update Dapodik Versi 2023

Dapodik melakukan update dapodik versi 2023 untuk memperbaiki bagian-bagian yang kurang mudah difungsikan. Update Dapodik Versi 2023 ini dipastikan bisa mempermudah para penggunanya, berikut update dapodik versi 2023 yang terjadi:

1. Perbaikan Tombol Sinkronisasi

Perbaikan bugs yang pertama adalah pada bagian tombol sinkronisasi, bisa menjadi tombol untuk tarik data.

2. Pemilihan Jenjang

Ketika pada versi sebelumnya pengguna merasa kesulitan untuk memilih kurikulum, atau tingkat dari berbagai jenjang KB, SPS, TPA. Tapi setelah update dapodik versi 2023 pengguna akan mendapatkan kemudahan lebih dari sebelumnya.

3. Penambahan Peserta Didik

Perbaikan selanjutnya yang dilakukan adalah perbaikan bugs untuk bagian menambahkan peserta didik baru jenjang SPK KB. Kesulitan seperti ini tidak akan terjadi lagi setelah update dapodik versi 2023.

4. Validasi Kelas

Bugs selanjutnya yang mengalami perbaikan adalah validasi kelas untuk tingkat kelas 3, 6, 9, 12. Validasi ini dibuat khusus untuk sekolah yang menjadi penyelenggara IKM.

5. Validasi JJM

Perbaikan ini untuk setiap rombel yang memakai kurikulum merdeka di jenjang SD. Adanya perbaikan pada aplikasi, khususnya bagian validasi JJM sangat memudahkan para pengguna.

6. Pemilihan Kurikulum

Perbaikan Ini dibuat untuk memilih kurikulum merdeka di jenjang SMALB juga sekolah yang berada di bawah naungan kemenag. Perbaikan pada bagian pemilihan Kurikulum bisa membantu para tenaga kependidikan untuk melakukan pemilihan kurikulum.

7. Perbaikan Penyimpanan

Bugs yang diperbaiki saat menyimpang C3 dan C2 untuk kurikulum 2013 untuk jenjang SMK. Perbaikan saat menyimpan juga sangat penting, karena jika gagal menyimpan data harus dibuat ulang dan memakan waktu lebih lama lagi.

8. Memetakan Peserta

Perbaikan bugs selanjutnya adalah saat memetakan para peserta didik untuk rombongan belajar, tapi untuk mata pelajaran pilihan saja.

9. Validasi Tingkat Kelas

Bugs yang diperbaiki adalah validasi yang berada pada tingkat kelas 3, 6, 9, 12 untuk sekolah yang menjadi penggerak.

10. Pengecekan Data Dinamis

Update dapodik versi 2023 yang selanjutnya adalah sistem pengecekan data yang bersifat dinamis juga agregasi sarpas.

11. Kolom Program

Perbaikan bugs pada saat registrasi siswa untuk kolom program belajar bagi sekolah yang menjalankan sistem penegak.

12. Mengunduh Formulir

Aplikasi ini kembali diperbaiki pada bagian pengunduhan formulir PTK.

13. Menginput Luas

Bugs yang diperbaiki adalah ketika mengimput luas tapak dari bangunan pada menu bangunan.

14. Perbaikan Mata Pelajaran

Untuk sekolah penggerak, ada perbaikan di bagian referensi mata pelajaran.

15. Referensi Variabel

Pada data dinamis, setelah melalui update dapodik versi 2023 bisa melakukan perubahan referensi pada variabel.

16. Pemindahan Atribut

Untuk pemindahan Atribut dari jenis PTK yang awalnya berada pada formulir, sekarang berpindah pada formulir penugasan.

17. Penambahan Atribut

Adanya penambahan atribut bagi kebutuhan khusus yang ada di formulir PTK.

18. Penambahan Atribut Orang Tua

Diadakannya penambahan artribut kelas untuk para orang tua dalam data rinci di sekolah jenjang PAUD.

19. Penambahan End Point’

Penambahan ini dibuat pada web service aplikasi untuk keperluan yang berkaitan dengan e-rapor.

20. Pengisian Projek

Dibuat penambahan projek penguatan profil pelajar pancasila, hanya bagus sekolah yang jadi penyelenggara IKM.

21. Penambahan Sub Menu

Adanya penambahan sub menu yang baru dalam mata pelajaran pilihan dalam menu rombongan belajar yang dikhususkan sekolah penggerak.

22. Penambahan Instrumen

Ditambahkan pula perbaikan instrumen yang  terkait dengan implementasi insersi pendidikan yang anti korupsi.

23. Validasi Sekolah

Seluruh sekolah negeri diharuskan untuk mengisi NPWP juga nama wajib pajak.

24. Validasi Jumlah Jam

Dibuatnya penambahan jumlah jam untuk mata pelajaran dan boleh diajar dengan guru yang berbeda, supaya jam setiap pekan tidak melebihi struktur.

25. Penambahan Mata Pelajaran

Penambahan dari mata pelajaran pilihan diambil oleh para siswa yang ada pada fase F dalam kurikulum merdeka.

26. Penambahan No Handphone

Aplikasi ini juga diperbarui dengan adanya validasi penambahan nomor handphone agar GTK bisa menjadi warning.

27. Penutupan Pengisian

Penutupan ini dibuat pada tingkat kerusakan yang ada di bangunan.

28. Perubahan Bisnis

Dibuat pula perubahan bisnis dalam proses pengisian yang tingkat kerusakannya ada pada ruang.

Baca Juga: Penuhi 9 Syarat Ini Supaya Honorer Diangkat PPPK Tahun 2022

Fungsi Dapodik yang Harus Diupdate

Setelah mengetahui perubahan yang dilakukan, maka selanjutnya Anda akan diajak untuk mengetahui fungsi dari dapodik. Fungsinya seperti untuk memantau alokasi dana BOS bagi sekolah yang disesuaikan dengan jumlah siswanya.

Alokasi penerima kuota pemerintah tunjangan bagi para guru yang sudah memenuhi syarat. Juga alokasi bantuan untuk sarana dan prasarana bagi sekolah yang memiliki fasilitas belum memadai.

Untuk mengajukan sebuah perbaikan dalam kesalahan di lembaga sekolah. Pengajuan verifikasi juga validasi data juga nomor unit para pendidik juga tenaga kependidikan.

Kemudian untuk mengajukan verifikasi dan validasi data para siswa juga NISN atau nomor induk siswa nasional. Selain nomor induk siswa, juga untuk NPSN atau nomor pokok sekolah nasional.

Pemerataan juga pemetaan bagi guru-guru. Monitoring juga evaluasi kebijakan dari program yang diadakan Kemendikbud.

Fungsi terakhir adalah untuk meningkatkan efektivitas bagi pelapor yang berasal dari sekolah menuju kementerian. Juga untuk mengurangi adanya risiko penyimpangan atau adanya pelanggaran yang pernah terjadi sebelumnya.

Itulah beberapa fungsi yang bisa didapatkan dari aplikasi dapodik. Aplikasi ini membantu banyak sekali kegiatan yang dilakukan dalam lembaga pemerintah, terutama bidang pembelajaran.

Dengan adanya aplikasi ini pengirim data tidak akan menjadi lama juga sulit seperti beberapa tahun lalu sebelum dibuatnya aplikasi. Walau masih memiliki kekurangan, tapi update yang terus dilakukan membuat aplikasi dapodik menjadi lebih baik.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah, tapi zaman dulu biasanya hanya dipakai oleh tenaga administrasi. Setelah zaman semakin berkembang, aplikasi ini bisa digunakan oleh seluruh sekolah.

Dari artikel yang menjelaskan tentang update dari aplikasi dapodik, diharapkan bisa menambah wawasan Anda dalam dunia pendidikan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut juga lengkap, bisa kunjungi website https://dapo.kemdikbud.go.id/.

Leave a Comment