Agenda Kemdikbud untuk Guru Sesuai SE Nomor 2208/B3/GT.00.08/2022

Agenda Kemdikbud untuk guru merupakan salah satu agenda penting yang perlu diperhatikan oleh tenaga pendidik di seluruh jenjang pendidikan. Informasi penting ini perlu dicermati setiap tanggal pentingnya agar tidak terlewat.

Agenda yang diatur Kemdikbud diharapkan dapat memberikan gambaran umum kepada seluruh guru di Indonesia. Selain itu, adanya agenda dari Kemdikbud juga diharapkan agar guru dapat mempersiapkan diri dengan baik sehingga memberikan hasil maksimal.

Ditinjau dari tujuan dari program ini adalah untuk mensejahterakan seluruh guru di Indonesia. Untuk itu, informasi ini perlu disimak dengan baik oleh para guru mulai dari jenjang TK, SD, hingga SMA.

Pengertian dan Informasi Seputar Agenda Kemdikbud untuk Guru

Sebelum mencermati agenda Kemendikbud untuk Guru tahun ini, alangkah baiknya Anda memahami definisinya dengan baik. Secara umum, agenda mengandung arti jadwal kegiatan yang sudah ditentukan waktu dan lama pelaksanaannya.

Dari pengertian tersebut, dapat diketahui bahwa Agenda Kemdikbud untuk Guru merupakan suatu rangkaian kegiatan yang sudah terjadwal. Program tersebut telah diatur oleh Kemdikbud melalui perilisan surat edaran secara resmi.

Agenda Kemdikbud untuk guru merupakan rancangan program dan kegiatan yang disusun oleh Kemdikbud dengan sasaran para guru di Indonesia. Agenda yang dibuat oleh Kemdikbud ini bertujuan untuk memberikan keuntungan bagi seluruh guru di Indonesia.

Berbagai rancangan kegiatan ini telah disusun secara teratur sehingga para guru yang berpartisipasi dapat mengatur serta mempersiapkan dengan baik. Dengan adanya agenda ini diharapkan tidak ada lagi keluhan keterlambatan atau penyampaian informasi yang mendadak.

Seluruh jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA, SMK, atau SLB sudah ditetapkan beberapa agenda yang harus dijalankan. Kemdikbud mencanangkan program-program tersebut dengan harapan bisa mensejahterakan para guru di Indonesia.

Agenda Kemdikbud di Bulan September untuk Tenaga Pendidik

Pada surat edaran maupun Permendikbud, sudah ditetapkan beberapa agenda bagi tenaga pendidik. Berikut penjabaran beberapa agenda Kemdikbud untuk guru di Indonesia.

Persiapan

Sebagai tenaga pendidik yang sedikit banyak mempengaruhi perkembangan negara, Kemdikbud mengatur serangkaian aturan dan program sedemikian rupa. Dari berbagai program yang diperuntukkan untuk guru tak lain tujuan utamanya adalah proses pembelajaran nantinya.

Proses pembelajaran diharapkan bisa memberikan kenyamanan bagi peserta didiknya. Untuk itu, dibuatlah beberapa program dari kemdikbud yang dikhususkan bagi para guru.

Berbagai program untuk mensejahterakan guru yang berhubungan dengan kualitas pengajarannya telah diagendakan oleh Kemdikbud. Dalam agenda ini juga disisipkan program guru penggerak.

Dimana pada program ini guru dan kepala sekolah jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB dapat berpartisipasi. Dalam program ini para guru dan kepala sekolah dapat melatih dirinya untuk menjadi pemimpin pembelajaran di satuannya masing-masing.

Agenda Pertama

Agenda pertama yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan September 2022 ini adalah rekrutmen PPPK 2022. Rekrutmen calon pegawai ASN ini sudah memiliki rancangan jadwal yang akan dilaksanakan.

Pada Minggu ke-3 Juni 2022 dijadwalkan untuk Penetapan Keputusan Menteri terkait kebutuhan ASN Nasional 2022. Dilanjutkan pada Minggu ke-2 Juli akan dilaksanakan Coaching Clinic Usulan untuk JF guru tahun ajaran 2022 di instansi daerah.

Minggu ke-4 Juni hingga Minggu ke-3 bulan Juli direncanakan Pembukaan Pengusulan ASN 2022 melalui aplikasi formasi bagi instansi daerah.

Rakor transfer naskah soal seleksi tahun 2022 dijadwalkan pada Minggu keempat Agustus 2022. Untuk pendaftaran seleksi CASN kemungkinan akan dilaksanakan pada minggu ketiga dan keempat September 2022.

Agenda Kedua

Agenda selanjutnya yang akan dicanangkan oleh Kemdikbud yaitu kegiatan yang berkaitan dengan adanya pembukaan pendaftaran PPG Prajabatan 2022. Hal ini dikutip dari postingan resmi melalui akun instagram PPG Kemdikbud bahwa pendaftaran PPG Prajabatan 2022 akan segera dibuka.

Pendaftaran PPG Prajabatan untuk gelombang kedua ini rencananya akan dibuka mulai tanggal 26 Agustus hingga 26 September 2022. Bidang studi yang dapat diikuti pada seleksi ini terdiri dari 18 bidang.

Adapun bidang studi yang dapat Anda ikuti yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Ekonomi, dan PGSD. Berikutnya juga ada bidang IPA, IPS, Kimia, Matematika, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, dan Pendidikan Luar Biasa.

Selain itu ada Pendidikan Kewarganegaraan, Sejarah, Geografi, Sosiologi, Bimbingan Konseling, dan Seni Budaya. Anda bisa memilih bidang dari 18 yang dibuka sesuai dengan bakat dan minat diri Anda.

Agenda Ketiga

Untuk agenda ketiga, Kemdikbud telah menyiapkannya sesuai dalam Permendikbud Nomor 4 tahun 2022. Pada peraturan ini dijelaskan beberapa poin penting terkait tunjangan profesi, tunjangan khusus, dan tambahan penghasilan guru ASN.

Dalam peraturan ini dikatakan bahwa para guru yang bersertifikasi akan mendapatkan jadwal pencairan pada bulan September 2022. Sebelum itu, guru bersertifikasi diimbau untuk melakukan sinkronisasi data.

Sinkronisasi data ini dilakukan pada tanggal 31 Agustus untuk pencairan tunjangan guru triwulan 3 bulan September. Sinkronisasi data di sini dimaksudkan agar pencairan tunjangan triwulan 3 ini tidak mengalami keterlambatan yang berarti.

Agenda Keempat

Agenda keempat sekaligus agenda terakhir yang disiapkan Kemdikbud terdapat dalam Surat Edaran tentang adanya rekrutmen Calon Guru Penggerak (CGP).

SE Nomor 2208/B3/GT.00.08/2022 ini menjelaskan bahwa rekrutmen ini angkatan ke 8, 9, dan 10. Surat ini diterbitkan pada 14 Agustus 2022 lalu.

Dalam surat ini dikatakan bahwa pendaftaran program guru penggerak akan dibuka pada 1 September hingga 30 September 2022. Pelaksanaan PGP angkatan 8 direncanakan akan dilaksanakan mulai bulan April 2023 mendatang selama enam bulan lamanya.

Jika sebelumnya pada angkatan 1 hingga 4 pola pembelajaran dilaksanakan selama 9 bulan, berbeda dengan angkatan 5 ke atas. Angkatan lima hingga 8, 9, dan 10 direncanakan akan dilakukan selama 6 bulan saja.

Baca Juga: Dihilangkan atau Ditambah? Ini Info Lengkap Seputar Tunjangan Non ASN

Cara Melihat Program atau Agenda Kemdikbud untuk Guru

Informasi mengenai program pemerintah terutama Kemdikbud dalam mensejahterakan seluruh guru di Indonesia kini tengah ramai dibicarakan. Berbagai agenda kegiatan untuk guru yang telah diatur Kemdikbud dapat Anda lihat dengan mudah melalui website resminya.

Perlu diingat bahwa, informasi yang valid dan terpercaya hanya disampaikan melalui website remi Kemdikbud pada laman https://www.kemdikbud.go.id/. Dengan mengakses laman tersebut, Anda bisa memantau informasi terbaru dan lengkap mengenai agenda guru.

Agenda disini telah diatur sedemikian rupa dengan mencantumkan nama kegiatan, penyelenggara, tanggal hingga tempat pelaksanaan kegiatan. Kelengkapan informasi ini tentu sangat membantu bagi Anda yang memang tertarik dengan program pemerintah, terutama para guru.

Selain melalui website di atas, Anda juga dapat memantau informasi terbaru dari Kemdikbud melalui berbagai akun sosial media resminya. Anda bisa melihat info terbaru mengenai berbagai agenda ini melalui akun Instagram, Twitter, hingga akun Tiktok resmi Kemdikbud.

Akun media sosial Kemdikbud mampu menyajikan info terbaru yang dikemas dengan menarik sehingga lebih menarik untuk disimak. Kini Anda bisa mengikuti informasi terbaru mengenai Agenda Kemdikbud untuk Guru dengan mudah, baik melalui website maupun media sosial.

Leave a Comment