Syarat, Sistem dan Manfaat PPG Daljab Kategori 1 Tahun 2022

PPG Daljab Kategori 1 dilaksanakan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan untuk meningkatkan kompetensi dalam dunia pengajaran. Kompetensi perlu dipelajari dan diikuti untuk mengetahui minat dan bakat para peserta yang mengikutinya.

Pengertian PPG Daljab Kategori 1

Guru merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab mendidik dan memberikan pengetahuan. Guru juga bertugas memberikan pelajaran bagi peserta didik untuk mengetahui apa yang tidak diketahui sebelumnya.

Pembelajaran dilakukan dengan berbagai cara baik secara tatap muka maupun secara daring. Banyak media yang bisa digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan pembelajaran kepada murid.

Dewasa ini internet semakin berkembang dan bisa diakses dimana saja sehingga bisa dimanfaatkan sebagai media. Pengajar bisa mengembangakn bahan pembelajran untuk diakses dimanapun dan kapanpun oleh peserta didik.

Kemampuan dalam mengembangaka bahan ajar supaya lebih menarik mendorong guur untuk semakin mengenbangkan kompetensinya. Keahlian menguasai teknologi untuk menghasilkan bahan pembelajaran yang update dan terkini harus dimiliki dengan baik.

Banyak pendidik mengalami gagap tehnologi yang bekembang dnegan sangat pesat. Hal ini disebabkan karena tuntutan pekerjaan yang mengarah semakin cepat dengan menggunakan dunia digital.

Pendidik harus selalu mendapatkan informasi terbaru untuk menciptakan bahan ajar yang menarik dan menyenangkan. Bagi guru yang belum menguasai keahlian tersebut akan diberikan kesempatan mengikuti uji kompetensi.

Kementerian pendidikan dan kebudayaan memberikan peluang bagi guru yang baru menyelesaikan pendidikan untuk mengikuti PPG. PPG adalah singkatan darI pendidikan profesi guru yang dilaksanakan setelah menyelesaikan sarjana pendidikan.

Program tersebut dibagi dalam beberapa kategori untuk memudahkan dalam menyeleksi jumlah guru yang mampu menyelesaikan pendidikan. PPG Daljab Kategori 1 merupakan gelombang pertama yang mengikuti uji kompetensi tersebut.

Peserta profesi pendidikan guru berasal dari lulusan sarjana pendidikan dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Semua guru tahun 2022 harus mengikuti seleksi uji kompetensi ini untuk bisa mengajar dan menjadi seorang pendidik yang baik.

Informasi Tentang PPG Daljab

PPG Daljab Kategori 1 merupakan gelombang pertama dalam melaksanakan pendidikan uji kompetensi untuk pengajar. Program ini merupakan salah satu cara kementrian pendidikan pengajaran dalam mempersiapkan lulusan sarjana kependidikan untuk menjadi pendidik.

Program ini juga bisa diikuti oleh sarjana non kependidikan dengan bukan latar belakang pendidikan. Sarjana non kependidikan tersebut harus memiliki minat dan dan bakat menjadi seorang pendidik.

PPG Daljab Kategori 1 menjadi pelopor program dari Kemendikbud tersebut mulai dijalankan. Proses tersebut akan dibagi menjadi beberapa gelombang penerimaan sehingga bagi yang sudah memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri.

Anda bisa mengikuti segala prosedur yang ditetapkan dengan rajin mencari informasi yang diperlukan. Adapun informasi tentang PPG Daljab lebih rinci bisa Anda dapatkan di bawah ini:

1. Syarat PPG Daljab

Setiap peserta PPG Daljab harus memenuhi persyaratan umum untuk mendaftar menjadi peserta dalam program kependidikan tersebut. Syarat pertama adalah persyaratan umum seperti lulusan sarjana atau D4 dari semua universitas minimal terakreditasi B.

Syarat usia minimal selama mendaftar adalah maksimal 30 tahun yang dihitung mulai 31 Desember. Pastikan juga data Anda sudah terdaftar di PDDIKTI sehingga bisa terbukti pernah melakukan pengajaran.

Syarat kedua yang harus dipenuhi peserta adalah syarat prajabatan. Anda diharuskan melengkapi beberapa dokumen seperti scan biodata asli, ijazah, dan transkrip nilai.

Dokumen lainnya berupa pas foto diharuskan mengenakan baju hitam putih dengan latar merah untuk wanita dan biru untuk pria. Anda juga harus mempersiapkan KTP, surat kesehatan jasmani dan rohani, serta SKCK.

Surat berkelakuan baik bisa Anda buat di kantor polisi wilayah domisili. Anda juga dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp300 ribuan yang harus ditransfer melalui BTN atau BNI.

Syarat ketiga PPG dalam jabatan harus menyelesaikan sarjana pendidikan dan sudah berstatus guru sejak 2015. Anda bisa mengecek data sebagai guru di Dapodik sehingga terbukti sudah bertugas selama kurun waktu tertentu.

Anda diharuskan memiliki nomor unik tenaga kependidikan atau NUPTK dengan batas usia maksimal 58 tahun. Syarat selanjutnya adalah berkas yang harus dilengkapi seperti ijazah, transkrip, SK mengajar, guru tetap yayasan, dan lainnya.

Anda juga harus menyediakan surat kesediaan mengikuti PPG seperti syarat yang diunggah oleh peserta PPG Daljab Kategori 1. Surat integritas juga diperlukan untuk mempertanggung jawabkan semua dokumen yang dilampirkan.

2. Sistem Belajar

Sistem pembelajaran yang dilakukan murid PPG daljabmengikuti perkuliahan dilakukan dengan berbagai cara. Cara yang dipakai dalam proses belajar mengajar menggunakan sistem tatap muka, peer teaching, dan praktik pengalaman mengajar.

PPG juga menggunakan sistem daring karena guru harus melaksanakan pengajaran di sekolah. Biasanya pembelajaran secara daring dilakukan pada awal program dimulai sehingga guru bisa menyesuaikan jadwalnya terlebih dahulu.

Setelah peserta dinyatakan lulus seleksi maka akan menjalani orientasi di LPTK. Lalu, perkuliahan tatap muka sudah bisa dimulai.

Waktu yang diperlukan untuk mengikuti PPG dalam masa jabatan adalah tiga tahun lamanya. Pada masa pandemic proses keseluruhan berlangsung secara daring.

3. Biaya PPG

Pembayaran terhadap program ini dikenakan biaya sebesar Rp7,5 jutaan hingga Rp9 jutaan. Pembayaran ini sudah mulai dicantumkan mulai dari peserta PPG Daljab Kategori 1.

Biaya ini ditanggung langsung oleh peserta tanpa adanya subsidi dari pihak pemerintahan. Program ini juga bisa diikuti oleh masyarakat umum yang berkeinginan menjadi seorang pendidik.

4. Kemampuan Tambahan

Program ini akan memberikan kesempatan kepada guru untuk meningkatkan kualitas menjadi lebih baik lagi. Ada beberapa kemampuan yang harus dikuasai oleh para pendidik yaitu critical thinking yang membuat Anda bisa berpikir kritis.

Kemampuan kedua berupa problem solving yang bisa menyelesaikan masalah yang datang menghadang. Guru dituntut juga menguasai komunikasi yang baik serta kemampuan berkolaborasi.

Kemampuan ini untuk menghasilkan proses pembelajaran menjadi lebih baik dengan bekerja sama dengan yang lain. Kemampuan selanjutnya dari program Mendikbud ini adalah menguasai ilmu teknologi terkini.

Anda juga harus mempelajari berbagai model pembelajaran sehingga menghasilkan kreativitas dan skill yang inovatif.

5.  Manfaat mengikuti PPG Daljab Kategori 1

Program pemerintah ini sangat bermanfaat bagi pendidik secara keseluruhan. Manfaat pertama yang didapatkan berupa mendapatkan ilmu baru yang update dan mengikuti perkembangan zaman.

Keuntungan kedua bisa mendapatkan gelar tambahan. Gelar S.Pd. Gr sangat diperlukan untuk masa kenaikan jabatan sehingga berguna untuk karir.

Jika Anda sudah menyelesaikan pendidikan prajab tersebut maka akan mendapatkan sertifikat tambahan. Anda juga akan memperoleh pengalaman mengajar yang baru dengan berkolaborasi dengan teman dari berbagai daerah.

Baca Juga: Aplikasi E-PKS untuk Peserta yang Lolos Pretest PPG Daljab

Segera Manfaatkan Kesempatan Ikut Pendidikan Profesi Guru

PPG Daljab Kategori 1 merupakan gelombang pertama uji kompetensi untuk pendidik yang diselenggarakan oleh Kemendikbud.  Program ini mengalami perpanjangan dalam masa pendaftaran hingga tanggal 17 Juli 2022.

Program ini boleh diikuti oleh seluruh lulusan sarjana dan D4 baik jurusan kependidikan maupun Non kependidikan. PPG Daljab Kategori 1 sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidik dalam mengajar dan berkolaborasi.

Leave a Comment