16 Komponen Penting Terkait Prosedur Konfirmasi Kesediaan PPG Daljab

Untuk Anda yang ingin menjadi seorang PPG maka harus tahu lebih dulu tentang konfirmasi kesediaan PPG Daljab. Pada artikel ini akan membahas hal-hal yang bersangkutan dengan konfirmasi peserta yang bersedia mengikuti tahap selanjutnya.

Mengapa Penting untuk Segera Konfirmasi Kesediaan PPG Daljab?

PPG Daljab merupakan kegiatan yang dibuat untuk para lulusan S1 juga D4 kependidikan atau non-kependidikan. Kegiatan ini diadakan untuk mengasah bakat dan minat agar mampu menguasai kompetensi keseluruhan menurut standar yang ada.

Informasi tentang ketersediaan PPG dalam jabatan adalah kegiatan di mana informasi dari pusat yang menyampaikan syarat-syarat. Syarat-syarat ini ditujukan kepada para calon mahasiswa untuk segera melakukan konfirmasi tentang ketersediaan.

Komponen Konfirmasi Kesediaan PPG Daljab

Pernyataan ini menyangkut pendaftar yang siap untuk mengikuti PPG. Cara melakukannya adalah dengan menggunakan laman PPG resmi dari pemerintah.  Berikutnya adalah informasi yang terkait dengan konfirmasi kesediaan PPG Daljab.

1. Informasi Penempatan

Pada informasi bagian ini, ditujukan kepada mahasiswa yang mendaftar menjadi PPG dalam jabatan kategori 2. Penempatan ke perguruan tinggi yang menyelenggarakan kegiatan PPG dapat dilihat dalam laman PPG kemendikbud.

Cara untuk melihat informasi ini melalui SIMPKB dengan akun masing-masing yang digunakan sejak awal. Peserta dilarang untuk memakai akun milik orang lain.

2. Penempatan untuk Guru

Jika pendaftar adalah seorang guru juga sudah mendapat informasi tentang penempatan PPG Daljab kategori 2 memiliki kewajiban. Kewajiban yang dimaksud adalah kewajiban untuk melakukan kegiatan konfirmasi kesediaan dalam jaringan melaluinya situs PPG kemendikbud.

Karena seleksi dilakukan jauh-jauh hari sebelum bulan Agustus 2022, maka waktu konfirmasi terbatas. Waktu yang sudah ditetapkan untuk menunggu data konfirmasi terpenuhi adalah 6 Agustus sampai 17 Agustus 2022.

3. Tahap Setelah Konfirmasi

Ketika peserta sudah menyatakan bersedia untuk mengikuti kegiatan PPG Daljab akan segera dilanjutkan pada kegiatan berikutnya. Kegiatan yang akan dilakukan adalah aktivitas belajar secara mandiri dengan menggunakan tautan yang akan disampaikan di SIMPKB.

Selain melakukan belajar mandiri, peserta juga akan diminta untuk menyiapkan dokumen tentang diri. Laporan ini sangat penting untuk kelanjutan kegiatan PPG Daljab tahap selanjutnya.

4. Hasil Konfirmasi

Selanjutnya adalah hasil konfirmasi kesediaan PPG Daljab. Hasil ini memuat penetapan para mahasiswa PPG Daljab kategori 2.

5. Media Pemberitahuan

Hasil setelah tahap konfirmasi akan diberikan setelah penetapan guru, yaitu 18 Agustus 2022. Media yang akan digunakan untuk memberikan informasi ini adalah laman resmi PPG kemendikbud.

Lama ini dipakai untuk memberitahukan beragam informasi karena memang sudah dipilih oleh pemerintah. Penggunaan yang mudah juga pembaruan menjadi mempermudah proses pemberian informasi.

6. A1 dan Pakta

Format ini dibutuhkan ketika peserta hendak melaporkan diri saat konfirmasi kesediaan PPG Daljab. Format dapat diunduh dari aplikasi SIMPKB yang digunakan.

7. Biodata Mahasiswa

Biodata ini dilampirkan sesuai dengan format PD DIKTI. Pada format yang ada tidak boleh diubah.

8. Surat Pernyataan Izin

Dokumen ini juga menjadi syarat penting bagi konfirmasi kesediaan PPG Daljab. Surat bisa didapatkan dari kepala sekolah yang diunduh dari aplikasi SIMPKB.

9. Scan Ijazah

Surat penting selanjutnya adalah scan ijazah. Scan ini dilakukan untuk membuktikan bahwa peserta memang seorang sarjana.

10. Scan Transkrip

Scan transkrip nilai yang dimiliki selama kuliah juga harus dilaporkan. Nilai-nilai harus murni dan tidak ada rekayasa oleh peserta.

11. Scan Kartu Identitas

Kartu identitas juga harus dilampirkan sebagai penguat pendaftaran. Tidak boleh menggunakan KTP orang lain dengan alasan apa pun.

12. Pas Foto

Peserta juga wajib melakukan scan pas foto dimensi dengan ukuran sebesar 3 × 4. Pas foto haruslah foto terbaru dari peserta.

Usahakan foto yang dipakai adalah foto dengan wajah peserta ketika mendaftar. Jangan gunakan foto lama yang memungkinkan wajah menjadi berbeda.

13. SKCK

Surat ini menjadi sangat penting untuk membuktikan bahwa peserta tidak pernah terlibat kejahatan. Karena jika pemerintah salah memilih maka yang akan terdampak pertama kali adalah murid sebagai generasi penerus.

Surat SKCK ini harus resmi dari catatan kejadian tanpa ada perubahan. Peserta sangat dikarang membayar polisi demi mendapatkan isi surat yang memuaskan.

14. Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat juga menjadi syarat untuk konfirmasi kesediaan PPG Daljab. Dokumen ini akan membuktikan bahwa peserta layak bekerja dan mentalnya tidak terganggu.

Kesehatan menjadi syarat penting ketika hendak menjadi seorang pengajar. Jika guru sehat maka proses pembelajaran bersama murid akan berlangsung baik.

15. Surat Bebas Napza

Seorang calon guru haruslah terbebas dari jeratan narkoba untuk bisa memberikan pengajaran yang baik. Surat bebas napza ini bisa didapatkan dari rumah sakit.

Tetapi surat sangat dilarang mendapatkan rekayasa. Peserta tidak boleh menyuap dokter agar memberikan hasil yang diinginkan sesuai peserta.

16. Scan Kartu NPWP

Scan ini hanya dilakukan oleh peserta yang memiliki kartu NPWP saja. Jadi, bagi peserta yang tidak memilikinya tidak wajib melakukan scan ini.

Tidak perlu pula memaksakan diri untuk membuatnya secepat mungkin. Cukup lewati saja tahap ini karena tidak akan jadi masalah.

Baca Juga: 7 Pertanyaan Penting atau FAQ Seputar Lapor Diri PPG Daljab

Jumlah Peserta Konfirmasi Kesediaan PPG Daljab

Peserta yang diterima dan harus melakukan konfirmasi tersebar di seluruh Indonesia. Dari setiap provinsi jumlah peserta yang berhasil lulus sangat beragam.

Pada provinsi Aceh memiliki jumlah sasaran sebanyak 572 peserta. Provinsi Bali memiliki jumlah sasaran sebanyak 1.389 peserta.

Untuk provinsi Banten memiliki jumlah sasaran sebanyak 1.324 peserta. Provinsi Bengkulu memiliki jumlah sasaran sebanyak 260 peserta.

Pada provinsi DI Yogyakarta memiliki jumlah sasaran sebanyak 1.009 peserta. Sedangkan provinsi DKI memiliki jumlah sasaran sebanyak 1.411 peserta.

Untuk provinsi Gorontalo memiliki jumlah sasaran sebanyak 141 peserta. Sedangkan provinsi Jambi memiliki jumlah sasaran sebanyak 431 peserta.

Pada provinsi Jawa Barat memiliki jumlah sasaran sebanyak 5.345 peserta. Sedangkan provinsi Jawa Tengah memiliki jumlah sasaran sebanyak 6.902 peserta.

Untuk provinsi Jawa Timur memiliki jumlah sasaran sebanyak 4.393 peserta. Untuk provinsi Barat memiliki jumlah sasaran sebanyak 685 peserta.

Pada provinsi Kalimantan Selatan memiliki jumlah sasaran sebanyak 686 peserta. Sedangkan provinsi Kalimantan  Tengah memiliki jumlah sasaran sebanyak 481 peserta.

Untuk provinsi Kalimantan Timur memiliki jumlah sasaran sebanyak 639 peserta. Untuk provinsi Kalimantan Utara memiliki jumlah sasaran sebanyak 155 peserta.

Pada provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki jumlah sasaran sebanyak 395 peserta. Sedangkan provinsi Kepulauan Riau memiliki jumlah sasaran sebanyak 458 peserta.

Untuk provinsi Sulawesi Barat memiliki jumlah sasaran sebanyak 221 peserta. Untuk provinsi Riau memiliki jumlah sasaran sebanyak 651 peserta.

Pada provinsi Kalimantan Barat memiliki jumlah sasaran sebanyak 685 peserta. Sedangkan provinsi Kalimantan Selatan memiliki jumlah sasaran sebanyak 686 peserta.

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel di atas mengenai konfirmasi kesediaan PPG Daljab. Diharapkan Anda sudah tidak merasa bingung tentang hal apa pun, untuk informasi lengkap bisa kunjungi situs https://ppg.kemdikbud.go.id/.

Leave a Comment