Kupas Tuntas 5 Kategori Beserta Contoh TPA Pretest PPG

Contoh TPA pretest PPG dapat Anda pelajari dirumah untuk menghadapi ujian nantinya, karena ini memang sangat penting. Mendapatkan nilai pretest yang bagus tidak akan menjadi sulit kalau Anda sering melakukan latihan-latihan soal dari contoh yang ada.

Pengertian TPA Pretest PPG

Ada beberapa orang yang belum mengerti dan memahami apa itu TPA Pretest PPG. Maka dari itu disini akan diulas secara gamblang tentang pengertian serta fungsinya.

TPA (Tes Potensi Akademik) merupakan suatu rangkaian tes yang dilakukan oleh seseorang atau calon mahasiswa baru perguruan tinggi. Tujuannya yaitu untuk melihat potensi akademik seseorang sebelum mengikuti kegiatan PPG.

TPA bisa juga merupakan salah satu tes psikologi yang digunakan untuk melihat kemampuan seseorang secara intelektual. Karena hal inilah menjadikan TPA sebagai tolak ukur tinggi rendahnya kemampuan dan kecerdasan seseorang.

Contoh TPA pretest PPG

Ada beberapa materi yang akan disampaikan dalam soal TPA pretest PPG, yakni tes verbal, angka, logika dan spasial atau gambar. Berikut Contoh TPA pretest PPG yang bisa Anda gunakan untuk latihan dirumah.

1. Contoh TPA pretest PPG Tes Materi Verbal

Tes verbal atau padanan kata bertujuan untuk mengukur kecerdasan dan ketepatan seseorang dalam mengidentifikasi kata-kata.

1. Haus: Minum: Air

A. Dingin: Jaket: Hangat

B. Pegal: Pijat: Rileks

C. Lapar: Makan: Enak

2. Montir: Bengkel: Mobil

A. Petani: Sawah: Padi

B. Kusir: Delman: Kuda

C. Guru: Kelas: Murid

3. Komposer: Pencipta: Lagu

A. Novelis: Cerita: Buku

B. Penyanyi: Lagu: Suara

C. Bartender: Kopi: Kedai

4. Sepatu – Semir = Sikat – ….

A. Celana

B. Gigi

C. Baju

D. Lantai

5. Teleskop – Bintang = Mikroskop – ….

A. Mikroba

B. Fungi

C. Bakteri

D. Cacing

6. Hujan – Payung = Dingin – …

A. Selimut

B. Jas Hujan

C. Sepatu

D. Topi

2. Contoh TPA pretest PPG Materi Angka

Tes selanjutnya ialah tes angka, yang bertujuan untuk mengukur kemampuan Anda. Tentu dibidang berfikir logis secara matematis dan lebih terstruktur.

Ada beberapa Contoh TPA pretest PPG materi angka atau kuantitatif.

1. 5, 10, 15, 20,….

A. 25

B. 21

C. 30

D. 19

2. 35, 30, 25, 20,….

A. 15

B. 10

C. 5

D 19

 3. 555, 560, …., 570, 575

 A. 532

 B. 666

 C. 565

 D. 569

 4. 1035, 1045, 1055, …, 1075

 A. 1065 B. 1095 C. 1050 D. 1060

3. Contoh TPA pretest PPG Materi Logika

Materi logika diberikan dengan tujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dan menangani masalah secara logis dan lebih masuk akal. Karena memecahkan masalah secara logis dapat dipahami dan dimengerti oleh semua orang.

Soal dengan materi logis ada beberapa bentuk diantaranya logika umum, analisis pertanyaan serta kesimpulan (silogisme), logika cerita dan diagram.

1. Reno dan Ima sedang mendengarkan sebuah lagu. Gina dan Reno memiliki hobi membaca. Siapakah yang sedang mendengarkan lagu sambil membaca….

a. Reno

b. Ima

c. Gina

d. Reno dan Gina

2. Gina menyukai temannya yaitu Reno, siapa yang menyukai Reno pasti menyukai Beni juga. Gina menyukai hanya pria tampan saja. Jadi…

A. Reno merupakan bukan pria tampan

B. Reno merupakan pria yang tampan

C.Reno dan Beni sama-sama menyukai Gina

D. Gina tidak menyukai Beni

3. Wilayah sungai Amazon merupakan daerah panas serta lembap. Jenis tumbuhan apakah yang hidup di sekitar sungai Amazon?

A. Pohon-pohon jenis bergetah dan semak

B. Tanaman karet

C. Rerumputan

D. Semua jawaban salah

4. Ada lima mahasiswa telah selesai menempuh ujian akhir semester. Nilai masing-masing anak berbeda ada yang tinggi dan rendah. Nilai Linda lebih tinggi dari nilai Mita, Jihan mendapatkan nilai tertinggi. Dina memperoleh nilai lebih tinggi dari Linda. Silvi mendapatkan nilai lebih rendah dari Linda, tetapi lebih tinggi dari Mita. Menurut Anda bagaimana urutan kelima mahasiswa ini apabila diurutkan sesuai nilai yang diperoleh, mulai dari yang tertinggi sampai terendah…

A. Silvi, Mita, Linda, Dina, Jihan

B. Jihan, Mita, Silvi, Dina, Linda

C. Jihan, Silvi, Dina, Mita, Linda

D. Jihan, Linda, Silvi, Mita, Dina

5. Banyak orang masih merokok demi kepuasan serta melampiaskan kebosanannya. Maka tidak seorang pun yang mengindahkan dampak negatif yang akan terjadi pada tubuh. Ada beberapa zat berbahaya di dalam rokok tersebut, salah satunya ialah nikotin. Zat nikotin merupakan salah satu kandungan yang ada dalam rokok bisa berakibat gejala ringan. Tetapi apabila dilakukan secara terus menerus dampak yang diakibatkan akan bertambah parah. Akan tetapi sampai sekarang tidak ada orang yang rusak kesehatannya karena merokok. Meskipun demikian larangan atau peringatan tidak menyurutkan para perokok untuk berhenti ataupun meminimalisir merokok. Oleh sebab itu….

A. Percuma jika ada peringatan bahwa rokok dapat merusak kesehatan, karena dianggap omong kosong belaka.

B. Merokok dapat merusak kesehatan.

C. Jawaban A dan B salah.

D. Jawaban A dan B benar.

4. Contoh TPA pretest PPG dengan Materi Spasial atau Gambar.

Untuk materi yang terakhir ialah materi spasial atau gambar. Memiliki tujuan untuk mengukur daya pikir seseorang dengan melihat daya ruang logikanya.

Materi gambar yang diberikan mungkin akan sedikit mengecoh pikiran Anda. Akan tetapi jika diteliti atau ditelaah akan sangat mudah untuk ditebak.

Gambar yang ada pada soalan juga hanya bentuk sederhana misalnya balok, kubus ataupun bentuk rumput tidak beraturan.

5. Contoh TPA pretest PPG Materi Anonim dan Antonin

Materi anonim dan Antonim merupakan materi yang.engingatkan akan pelajaran bahasa Indonesia jaman sekolah menengah. Materi seperti ini bertujuan mengembangkan daya pikir Anda dengan berbagai kosakata.

Contoh anonim sebagai berikut:

1. Berkembang =….

A. Tumbuh

B. Bertambah banyak

C. Bertambah besar

D. Beraneka Ragam

2. Harum =…..

A. Wangi

B. Sedap

C. Enak

D. Aroma

Contoh soal antonim:

1. Besar =….

A. Kecil

B. Sedang

C. Mungil

D. Mini

2. Tinggi =…

A. Pendek

B. Kecil

C. Rendah

D. Mungil

3. Gemuk =…

A. Kurus

B. Kecil

C. Ringan

D. Longgar

Baca Juga: SK PPPK adalah Dokumen Penting Sesuai UU ASN Tahun 2014

Pastikan untuk Rajin Ikut Tryout CPNS

Contoh TPA pretest PPG ini dapat membantu Anda saat akan mengikuti tes di suatu universitas perguruan tinggi. Tujuan dari tes sendiri untuk melihat dan mengukur kemampuan serta kecerdasan seseorang dengan mengandalkan logika.

Sebenarnya materi yang digunakan pada soal tes merupakan semua kegiatan atau aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Cari tahu tentang contoh-contoh soal tes lainnya beserta informasi lengkapnya di berbagai media sosial atau di situs resmi pemerintah.

Intinya walaupun soal tes dengan materi sederhana, akan tetapi akan menjadi sulit jika Anda tidak konsentrasi. Jawaban dengan mudah akan Anda temukan sesuai logika apabila di baca, di telaah dan dimengerti dengan baik.

Itulah beberapa Contoh TPA pretest PPG yang sering muncul pada soalan tes. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda sehingga memudahkan untuk menjawab.

Leave a Comment