Peluang Formasi PPPK Guru SLB: Salah Satu yang Terbanyak

Formasi PPPK guru SLB sudah dipersiapkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan RI Nadiem Makarim dan termasuk yang terbanyak. Untuk kuota formasi PPPK guru SLB sendiri dipersiapkan cukup banyak. Dengan peserta sebanyak 5.218 orang namun yang dikatakan lulus serta menerima SK sebanyak 2.318 orang.

Mengenal PPPK Guru SLB

PPPK guru SLB merupakan seseorang yang memiliki peranan penting dalam perkembangan anak-anak “istimewa”. Menjadi sosok pahlawan tanpa tanda jasa dengan bterjun mengayomi, mendidik serta mengambil andil dalam perkembangan anak berkebutuhan khusus.

Adapun syarat khusus yang perlu dimiliki oleh seorang guru SLB yang perlu diperhatikan. Misalnya sabar, telaten serta lulus tes psikologi.

Hal ini dikarenakan seorang guru SLB merupakan seseorang yang mengabdi untuk perkembangan anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Seperti tunarungu, tunawicara, tunagrahita, autis, tunalaras, dan kebutuhan khusus lainnya.

Jadi PPPK guru SLB adalah seorang pendidik yang telah lulus program studi pendidikan SLB dan sudah terdaftar di DAPODIK. Untuk saat inipun seorang guru SLB pun serah diberi kesempatan untuk menjadi seorang ASN.

Memberikan penghasilan serta tunjangan yang lebih layak sebagai bentuk apresiasi dari Kemendikbud atas dedikasinya.

Peluang, Syarat, dan Ketentuan Formasi PPPK Guru SLB

Berikut peluang serta syarat yang perlu diketahui apabila Anda seorang pendidik termasuk dengan lulusan sekolah luar biasa (SLB).

1. Jumlah Kuota Guru yang Direkrut

Pemerintah menggaungkan program untuk perekrutan PPPK guru sebagai bentuk apresiasi. Dengan merekrut kurang lebih satu juta tenaga pendidik dalam beberapa gelombang.

Memang kali ini terlihat sangat banyak akan kuota yang menjadi program dari pemerintah tersebut. Akan tetapi jumlah melingkupi seluruh guru seperti Bahasa Inggris, matematika, geografi, fisika, guru SLB dan guru-guru program studi lainnya.

Akan tetapi informasi ini tentu menjadi angin segar bagi tenaga pendidik honorer yang telah lama mengabdikan diri. Memberikan kesempatan untuk menerima apresiasi dari pemerintah.

Berupa gaji yang lebih layak, tunjangan dan fasilitas lainnya. Perlu digaris bawahi juga mungkin studi yang saat ini Anda pegang tidak sebanyak yang dibutuhkan.

Ada beberapa studi yang memang sedang dibutuhkan sehingga kuota tersebut lebih mungkin banyak terisi. Begitu juga sebaliknya, akan tetapi Anda tidak perlu berkecil hati dengan tetap mempersiapkan diri.

Agar saat menjalani tes dapat dengan baik Anda laksanakan serta lolos seleksi PPPK guru.

2. Peluang PPPK Guru SLB

Adapun informasi tentang tenaga pendidik untuk sekolah luar biasa, mungkin kurang baik didengar. Karena untuk saat ini kuota yang dibutuhkan untuk tenaga pendidik SLB ini hanya membutuhkan satu sampai dua orang saja.

Hal ini bisa dikarenakan sekolah SLB negeri sendiri hanya berada ditingkat kabupaten saja. Memang jumlah sekolah SLB tidak sebegitu banyak seperti halnya sekolah umum lainnya.

Apalagi sekolah SLB masih jarang sekali hanya beberapa disetiap provinsinya. Untuk penerimaan CPNS tahun lalu saja kurang dari lima orang. Bisa jadi tahun ini kuota formasi PPPK guru SLB kurang lebih sama dengan tahun sebelumnya.

3. Materi yang Diujikan

Pengumuman passing grade seleksi PPPK guru telah disampaikan oleh Kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (KEMENPAN-RB). Informasi ini telah tertuang pada keputusan menteri PAN-RB dengan nomor 1127 dan 128 tahun 2021.

Untuk standar dalam penilaian seleksi PPPK guru ditetapkan oleh nilai yang dihasilkan saat menjalani seleksi. Adapun beberapa materi yang perlu diperhatikan agar saat seleksi tiba, Anda dapat menyelesaikan dengan baik.

Seperti tentang kompetensi teknis sebayak 100 soal, kompetensi manajerial sebanyak 25 soal. Sedangkan untuk kompetensi sosial kultural ada 20 soal dan wawancara sebanyak 10 sial.

Semua materi kompetensi soal tersebut harus Anda kuasai sehingga dapat dengan mudah juga untuk dijawab.

4. Seleksi Kompetensi Formasi PPPK Guru SLB

Dalam ujian PPPK guru nantinya ada beberapa seleksi yang wajib dijalankan. Untuk mendapatkan nilai sesuai dengan syarat kelulusan.

Antara lain dengan menjalani seleksi kompetensi manajerial sebanyak 130 dengan nilai komulatif yang harus didapatkan maksimal 200.

Selanjutnya seleksi kompetensi sosial kultural sebesar 130 dengan nilai komulatif yang harus dipenuhi maksimal 200. Untuk seleksi terakhir yang harus dilakukan oleh para calon PPPK ialah seleksi wawancara.

Dengan nilai ambang batas sebesar 24 dengan nilai kumulatif dengan maksimal 40. Seluruh seleksi tersebut maksimal 500.

Adapun para peserta seleksi ini harus dapat menyesuaikan diri masing-masing posisi yang sedang dilamar. Seorang pendidik yang dapat mengikuti seleksi harus sudah terdaftar di DAPODIK Kemendikbud.

5. Aktif Mengajar Sebagai Syarat Seleksi

Adapun syarat yang harus dipenuhi agar Anda dapat mengikuti seleksi dan mengisi formasi PPPK guru SLB. Seperti Anda merupakan seorang tenaga pendidik honorer di SLB negeri yang masih aktif dalam mengajar.

Proses mengajar masih dibawah kewenangan pemerintah daerah serta telah terdaftar sebagai guru di DAPODIK Kemendikbud. Memiliki sertifikat pendidik linier dengan formasi yang masih tersedia di sekolah dimana Anda mengajar.

Untuk tes seleksi pertama ada beberapa syarat bagi peserta termasuk guru SLB. Misalnya pelamar tidak melamar ke instansi lain.

Harus melamar dengan formasi yang sesuai dengan sertifikat pendidik atau kualifikasi pendidikan. Apabila tidak tersedia formasi sesuai dengan sertifikat atas kualifikasi pendidikan maka dapat melamar di formasi lain.

6. Ketentuan Melamar Formasi PPPK Guru SLB

Setiap formasi PPPK terdapat ketentuan yang berlaku untuk dapat melamar. Seperti halnya dengan ketentuan melamar formasi PPPK guru SLB.

Seperti melakukan tes PPPK tahap pertama, apabila terdapat formasi di sekolah masing-masing berarti Anda harus melamar pada instansi tersebut. Tetapi apabila tidak tersedia formasi di sekolah Anda dapat melamar ke instansi atau sekolah lainnya.

Apabila disekolah Anda terdapat kualifikasi tidak sesuai dengan yang Anda miliki. Maka Anda harus mendaftar pada instansi lain dengan kualifikasi pendidikan yang sesuai.

Untuk tes tahap pertama dan kedua tidak boleh mengikuti dengan lintas kabupaten. Tetapi jika tes tahap ketiga boleh mengikuti tes lintas kabupaten.

Baca Juga: Pahami Seluruh Info Rekrutmen PPPK 2022 Terbaru

Pahami Formasi PPPK Guru SLB Sesuai Aturan yang Berlaku

Mengisi formasi PPPK guru SLB memang sedikit sulit, hal ini dikarenakan sedikitnya sekolah SLB negeri yang berdiri. Untuk sekolahnya sendiri pun hanya dapat ditemukan di tingkat kabupaten bahkan hanya beberapa saja untuk setiap provinsi.

Tidak jarang untuk menjadi seorang guru SLB sangat kurang diminati karena faktor tersebut. Peluang sedikit karena memang formasi yang dibutuhkan hanya beberapa saja.

Hal ini sudah terjadi ditahun-tahun sebelumnya dan masih berlanjut hingga sekarang. Meskipun pemerintah memiliki program merekrut satu juta guru dalam beberapa periode, tidak lantas dapat menambah kuota untuk guru SLB.

Adapun syarat-syarat, ketentuan seleksi dan beberapa kompetensi yang akan diujikan saat seleksi berlangsung. Beberapa materi juga akan diujikan dengan maksimal nilai kelulusan yang wajib dipenuhi.

Untuk para guru SLB diharapkan tidak perlu khawatir, bisa jadi untuk tahun-tahun berikutnya kuota PPPK guru SLB dapat bertambah. Anda cukup mempersiapkan diri agar selalu siap saat ada informasi seleksi PPPK guru SLB selanjutnya.

Dapatkan informasi tentang PPPK guru hanya di web resmi https://gurupppk.kemdikbud.go.id. Itulah beberapa informasi tentang formasi PPPK guru SLB yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat dan tetap semangat untuk mengikuti seleksi PPPK selanjutnya.

Leave a Comment