Syarat Mendaftar Sebagai Peserta Seleksi Hingga Cara Login SIM PPG

Cara login SIM PPG sebetulnya sangat mudah, tetapi tidak sedikit masyarakat yang belum memahami sehingga terhambat melakukan tahapan selanjutnya. Sebagai informasi, berikut adalah informasi cara login SIM PPG serta hal-hal yang penting diketahui calon mahasiswa Pendidikan Profesi Guru!

Sekilas Tentang PPG

PPG (Pendidikan Profesi Guru) merupakan program lanjutan bagi mahasiswa yang ingin menjadi guru setelah lulus sarjana kependidikan maupun non-kependidikan. Program ini merupakan pengganti Akta IV yang tidak lagi diberlakukan sejak tahun 2005.

Untuk diketahui, program PPG dilaksanakan dalam jangka 1 sampai 2 tahun guna meningkatkan skill tenaga pendidik profesional. Di program ini, calon pendidik tidak hanya diajarkan untuk menjadi pengajar yang mengajarkan.

Lebih dari itu, calon guru di program pendidikan ini bakal diajarkan bagaimana menjadi teman yang baik untuk siswanya. Kemudian, menjadi orang tua yang mampu mengerti problem di antara anak didiknya, tetapi tidak lupa posisinya sebagai guru.

Dengan memahami posisi siswa dan ingat posisinya sebagai guru, para peserta PPG ini diharapkan bisa menjadi tenaga pendidik ahli. Simpelnya, dengan ilmu yang didapatkan dari program profesi tersebut, guru-guru bisa menjadikan kegiatan belajar itu sebagai sesuatu yang menyenangkan.

Dengan perspektif itu, para siswa pun bisa lebih bersemangat dalam belajar dan mengembangkan potensi masa depannya. Simak informasi selengkapnya mengenai  program Pendidikan Profesi Guru di ulasan berikut ini, ya!

Serba-serbi Pendaftaran Program PPG

Di tahun 2022, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kembali menyelenggarakan program PPG dengan sistem seleksi. Untuk menjadi bagian peserta seleksi, masyarakat bisa melakukan registrasi terlebih dahulu di laman resminya dengan memenuhi beberapa hal berikut.

1. Syarat Daftar PPG Prajab

Sebelum membahas cara login SIM PPG yang menjadi salah satu teknis mengikuti program ini, perlu Anda ketahui dulu syarat-syaratnya. Berdasarkan informasi yang tertera di laman PPG Kemendikbud, terdapat sepuluh syarat yang harus dipenuhi agar bisa menjadi peserta seleksi.

Di antaranya, pertama, pendaftar merupakan warga negara Indonesia yang tinggal dan mempunyai kewarganegaraan Indonesia. Kedua, Calon peserta bukan merupakan tenaga pendidik ataupun kepala sekolah yang terdaftar di Dapodik (Data Pokok Kependidikan).

Ketiga, calon mahasiswa berusia maksimal 32 tahun pada 31 Desember di tahun pendaftaran, dalam hal ini berarti 2022. Keempat, calon peserta telah lulus sarjana dengan tingkat Strata-Satu ataupun Diploma-Empat.

Kelima, peserta mengantongi nilai IPK sekurang-kurangnya 3.00 saat kuliah. Keenam, pendaftar dinyatakan sehat jasmani maupun rohani, wajib melampirkan surat keterangan dari Dokter PNS/Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah.

Ketujuh, pendaftar seleksi wajib melampirkan surat keterangan berkelakuan baik, seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Kedelapan, menyertakan surat keterangan bebas narkoba dan zat adiktif lainnya.

Kesembilan, menandatangani pakta integritas dan terakhir, wajib mengikuti setiap tahapan dalam program ini. Di antaranya adalah Seleksi Administrasi, Tes Substansi, hingga Wawancara.

2. Syarat Administrasi Mendaftar PPG Prajab

Untuk diketahui, salah satu cara login SIM PPG adalah dengan mendaftar akun terlebih dahulu di portal resminya. Dengan akun tersebut, pendaftar bisa masuk ke laman PPG dan mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa program tersebut.

Sebagai informasi, terdapat syarat administrasi yang nantinya perlu dipenuhi pendaftar. Satu di antaranya adalah membayar biaya pendaftaran seleksi tahap I dan II sebesar Rp200 ribu.

Hal itu tertuang dalam Pengumuman Nomor 2518/B/GT.00.03/2022 Dirjen GTK Kemendikbud. Biaya tersebut wajib dibayarkan tiap-tiap pendaftar selama masa pelengkapan administrasi berlangsung, yakni tanggal 20 sampai 30 Juni 2022.

3. Cara Login SIM PPG

Seperti dikatakan sebelumnya, untuk bisa masuk website Pendidikan Profesi Guru dan mengajukan pendaftaran sebagai peserta, masyarakat wajib memiliki akun. Anda bisa mengeklik laman https://ppg.kemdikbud.go.id/ untuk mulai melakukan pendaftaran akun PPG Prajab.

Selanjutnya, jika sudah punya akun, Anda bisa mengikuti cara login SIM PPG berikut ini. (1) Pastikan akun telah divalidasi melalui link di email yang dikirimkan pihak Kemendikbud.

(2) Login dengan mengeklik tombol masuk di laman untuk mengonfirmasi registrasi. (3) Anda akan diarahkan menuju laman masuk, cara login SIM PPG berikutnya adalah menginput data akun yang sebelumnya dibuat.

(4) Tulis username email yang dipakai untuk registrasi beserta password yang Anda buat sebelumnya. Terakhir, (5) klik menu Masuk dan Anda berhasil login ke laman SIM PPG.

4. Bidang Studi PPG

Tahun ini, Kemendikbud menyediakan kuota peserta program Pendidikan Profesi Pendidikan Prajabatan sebanyak 40.000 mahasiswa. Mahasiswa tersebut nantinya bisa memilih salah satu bidang studi dari 15 prodi yang tersedia di program ini.

Di antaranya adalah Guru Kelas SD, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial, serta Bahasa Inggris. Kemudian, terdapat studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn), Sejarah, Ilmu Pengetahuan Alam, Ekonomi, dan Biologi.

Bidang studi selanjutnya adalah Pendidikan Kimia, Fisika, Guru Kelas TK, dan Pendidikan Luar Biasa. Dari portal FAQ PPG, bidang studi tersebut dibuka sesuai dengan data kekosongan tenaga pendidik di 2023 hingga 2024.

5. LPTK yang Menyelenggarakan PPG Prajab

Sebagai informasi, terdapat lebih dari 75 perguruan tinggi yang ikut berkontribusi dalam pelaksanaan program pendidikan profesi ini. Di antara banyaknya kampus tersebut, pendaftar yang lolos seleksi akan didaftarkan secara langsung oleh pihak Kemendikbud.

Beberapa Lembaga Pendidikan Tinggi Keguruan yang menyelenggarakan kegiatan ini di antaranya, Universitas Ahmad Dahlan dan IKIP Siliwangi. Selanjutnya, terdapat Universitas Bengkulu, Universitas Hamzanwadi, Universitas Jambi, Universitas Jember, dan masih banyak lagi.

Anda bisa menemukan informasi lengkap mengenai LPTK yang menyelenggarakan program PPG Prajab di laman Info LPTK PPG Kemendikbud.

Baca Juga: Sangat Dinanti-nanti: Pembukaan Lowongan 1 Juta Formasi ASN

Bakti pada Negeri Dimulai dengan Tertib Mengikuti Tahapan Seleksi

Bagi Anda yang baru mengenal program ini, mengetahui cara login SIM PPG tentu adalah hal yang penting. Selain itu, syarat dan informasi mengenai mekanisme program Pendidikan Profesi Guru juga wajib diketahui calon pendaftar seleksi.

Sebagaimana disebut sebelumnya, salah satu syarat yang wajib dipenuhi pendaftar agar menjadi mahasiswa PPG adalah mengikuti semua tahapan seleksi. Seperti telah disinggung sebelumnya, terdapat tiga tahapan yang harus dilalui peserta, di antaranya seleksi administrasi, tes substansi, dan wawancara.

Pada tahap pertama, yakni seleksi administrasi, peserta wajib melampirkan seluruh data yang diminta Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Pada laman SIMPKB tersebut, pendaftar bisa menginput data atau berkas dalam bentuk file dengan format sebagaimana diminta.

Di tahap kedua, yakni tes substansi, terdapat dua jenis uji pengetahuan yang wajib dilalui peserta. Di antaranya adalah Tes Penguasaan Bidang serta Tes Kemampuan Dasar Literasi dan Numerasi.

Sementara itu, di tahap ketiga atau tahap wawancara, calon mahasiswa akan diinterview secara langsung. Baik dengan sistem daring maupun luring.

Nah, itulah informasi mengenai cara login SIM PPG dan seputar Pendidikan Profesi Guru yang perlu diketahui para pendaftar seleksi PPG. Jadi, jika ingin menjadi bagian pahlawan tanpa jasa, mulai dengan tertib mengikuti tiap tahapan seleksinya, ya.

Leave a Comment