Persyaratan Agar Mendapat Undangan PPG Kemenag 2022

Ingin mendapat undangan PPG Kemenag 2022 secara langsung? Ketahui syarat-syaratnya dulu agar Anda bisa segera terundang.

Seperti yang diketahui, Pendidikan Profesi Guru atau PPG saat ini menjadi salah satu jalan agar guru dapat tersertifikasi. Selain mendapat pelatihan keguruan lebih mendalam hingga kompetensi lebih terpercaya, guru juga akan mendapat gelar sebagai bukti menyelesaikan pendidikan.

Dengan program itu, guru pun secara resmi diakui negara dan peluang menjadi ASN formasi PNS lebih besar. Sebagai informasi, program sertifikasi guru merupakan wujud implementasi peraturan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang pengadaan guru dan dosen.

Sebagaimana yang sebelumnya disinggung, terdapat keuntungan seperti mendapat gelar tambahan, peluang menjadi Pegawai Negeri Sipil lebih besar, dan lain-lain. Isi dari aturan tersebut adalah guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi dan sertifikasi pendidik, dan sehat jasmani dan rohani.

Selain itu, guru pun diwajibkan memiliki rasa tanggung jawab untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Prosesnya dimulai dari publikasi data calon mahasiswa untuk sertifikasi yang sudah diverifikasi.

Di sisi lain, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa syarat agar bisa mengikuti Pendidikan Profesi Guru 2022. Bagi guru yang berada di bawah naungan Kemenag, cek secara berkala akun Simpatika untuk melihat undangan PPG Kemenag 2022.

Jika belum mendapat undangan untuk mengikuti PPG Dalam Jabatan, pahami ketentuan yang ditetapkannya dulu. Sudah sesuai?

Syarat Wajib untuk Mendapat Undangan PPG Kemenag 2022

Mengutip dari persyaratan PPG Daljab guru madrasah, terdapat enam syarat yang harus dipenuhi agar mendapat undangan PPG Kemenag 2022. Berikut informasi selengkapnya.

1. Memiliki Akun Simpatika atau Terdaftar di Database Akun Siaga Pendis

Syarat utama agar bisa mendapat undangan PPG dari Kemenag adalah guru harus terdaftar di database www.simpatika.kemenag.go.id. Jika belum terdaftar, silakan daftar terlebih dahulu di portal di atas.

Apabila belum masuk, login menggunakan username dan password masing-masing. Cek portofolio di tombol “portofolio” untuk memastikan kebenaran data atau jika ingin mengubah profil.

Jika sudah, tekan “ok” dan lihat pada bagian bawah menu barusan, terdapat tombol “aktivasi”. Silakan tap menu tersebut dan akun berhasil diaktifkan.

Supaya berjaga-jaga jika sewaktu-waktu data tersebut dibutuhkan, guru dapat mencetaknya dengan mengetap menu “cetak kartu”. Kemudian, simpan file di perangkat.

Untuk aktivasi akun Siaga Pendis, silakan masuk terlebih dahulu ke akun tersebut dengan password masing-masing. Selanjutnya, cari dan tap menu “jadwal dan tugas” kemudian ‘lengkapi” data.

Klik “tambah jam mengajar”, dan isi data yang diminta seperti kelas, jumlah siswa, jumlah jam mengajar, dan lain sebagainya. Terakhir, pilih “tambahkan” dan “unduh jadwal” serta tugas tambahan yang sudah diisi.

2. Linieritas Ijazah yang Dimiliki dengan Mata Pelajaran yang Diajarkan

Guru wajib menyesuaikan ijazah yang dimiliki dengan pendidikan yang diajarkannya sebagai syarat agar dapat undangan PPG Kemenag 2022. Kualifikasi pendidikan minimal S1 atau D4 dengan program pendidikan telah terverifikasi dan tervalidasi di Simpatika.

Oleh karenanya, guru wajib melakukan verval ijazah di Simpatika guna menyinkronkan background pendidikan dengan pelajaran yang diampu. Untuk linieritas guru dengan sertifikat pendidik, dapat dilihat di aturan Keputusan Menteri Agama Nomor 890 Tahun 2019.

Selain itu, terdapat pula di Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Penetapan Linieritas Guru dengan Sertifikat Pendidik.

3. Mempunyai Nomor Pendidik Kemenag (NPK)

Jika guru di lingkungan Kementerian Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi diwajibkan memiliki NUPTK, Kemenag mewajibkan guru madrasah mempunyai NPK. Kedua nomor tersebut sama-sama sebagai ciri atau identitas dari guru tersebut, berasal dari Kemenag atau Kemendikbud.

4. Undangan PPG Kemenag 2022 Diberikan Pada Minimal TMT 2015

Syarat selanjutnya agar mendapat undangan PPG Kemenag 2022 adalah tercatat sebagai guru dengan TMT 2015. Sebagaimana diketahui, TMT atau Terhitung Mulai Tanggal merupakan lampiran yang menyatakan waktu dan tanggal pengangkatan seseorang untuk menjalankan tugasnya.

TMT 2015 menjadi salah satu aturan mengikuti Pretest atau PPG Daljab lingkungan Kemenag sesuai Keputusan Menteri Agama (KMA). Tepatnya di dalam peraturan Nomor 745 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan.

Sebagai informasi, Terhitung Mulai Tanggal yang ditetapkan menjadi syarat mengikuti PPG Daljab 2022 maksimal 15 Desember 2015. Jadi, pastikan Anda melihat kembali surat keterangan tersebut apabila lupa.

5 Maksimal Usia 58 Tahun untuk Dapat Undangan PPG Kemenag 2022

Guna terdaftar sebagai calon mahasiswa Pendidikan Profesi Guru dan mendapat surat undangan resminya, kriteria usia maksimal adalah 58 tahun. Hal tersebut selaras dengan aturan yang telah ditetapkan dalam KMA Nomor 745 Tahun 2020.

6. Registrasi Mandiri di Simpatika atau Siaga

Jika persyaratan di atas terdapat dalam diri Anda, silakan registrasi Pendidikan Profesi Guru di laman Simpatika atau Siaga. Dengan begitu, Anda berkesempatan mendapat undangan PPG Kemenag 2022 sekaligus Pretest dan resmi mengikuti program sertifikasi guru.

Sebagai informasi, jadwal pendaftaran PPG sudah dibuka sejak tanggal 12 Februari dan akan ditutup pada 25 Februari mendatang. Apabila terdapat ketidaktepatan data, guru dapat memperbaikinya hingga 27 Februari.

Informasi tambahan, hasil seleksi administrasi akan diumumkan per tanggal 7 Maret mendatang. Dengan catatan, jika terdapat pengunduran jadwal karena kendala atau yang lainnya.

Pentingnya Sertifikasi Guru dan Undangan PPG Kemenag 2022

Seperti hal lainnya, sertifikasi berarti wujud bahwa sesuatu tersebut dapat dipercaya dari berbagai aspeknya. Dalam hal ini, yakni guru, berarti seseorang dapat lebih terpercaya akan kompetensinya, profesionalismenya, serta berbagai sudut baik lainnya.

Selain itu, sertifikasi guru juga berperan sebagai bukti kelayakan seseorang menjadi tenang pendidik. Kemudian, dengan kualitas cara mendidik yang lebih baik, martabat guru juga bisa naik.

Mengikuti seleksi administrasi dan mendapat undangan PPG Kemenag 2022 merupakan jalan bagi guru madrasah untuk itu semua. Namun, apabila tahun ini belum berhasil, cobalah lagi di tahun berikutnya hingga bisa mendapat sertifikat kelayakan.

Demikianlah informasi perihal persyaratan agar mendapat undangan PPG Kemenag 2022 dan sedikit gambaran mengenai manfaatnya. Semoga bermanfaat dan berhasil lolos di tahap administrasi serta menjadi bagian dari PPG Daljab tahun ini!

Leave a Comment