Rencana 1.086.128 ASN di Tahun 2022: Formasi PPPK Paling Banyak

Sudah dipastikan beberapa waktu lalu, jumlah perekrutan Aparatur Sipil Negara yang berada formasi PPPK jelas tidak mengejutkan lagi. Pasalnya, kabar ini telah beredar sejak akhir tahun 2021 dengan kalimat “CPNS ditiadakan”.

Namun, berapa jumlah formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang akan direkrut tahun ini, jelas menimbulkan penasaran. Nah, berikut disampaikan jumlah Aparatur Sipil Negara yang akan diangkat pemerintah tahun ini berdasar @infopnsdanpppk, simak hingga tuntas, ya.

Apa itu Formasi PPPK?

Sebelum mengetahui total kebutuhan calon pegawai pemerintah tahun 2022, tidak ada salahnya mengetahui lebih mengenai apa itu formasi PPPK. Sebagai informasi, formasi dalam rekrutmen CPNS berarti jalur pendaftaran pelamar di seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil.

Tidak jauh berbeda dengan pengertian di CPNS, formasi dalam pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja pun bermakna serupa. Yaitu, alur untuk seseorang melamar suatu jabatan di status tersebut.

Jumlah Formasi ASN

Berikut adalah rencana jumlah pembukaan slot pegawai Aparatur Sipil Negara, mulai dari PPPK hingga CPNS. Selain itu, terdapat juga formasi untuk putra-putri Papua, selengkapnya di bawah ini.

Formasi PPPK Guru Daerah dan Pusat

Sebagai informasi, formasi dalam pengadaan P3K dibagi menjadi dua, yaitu untuk pemerintah pusat dan daerah. Tahun ini, total keseluruhan jabatan guru yang direncanakan akan direkrut pemerintah adalah 803.018 orang.

Jumlah tersebut akan dialokasikan ke sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan instansi pusat dengan total 45.000 pegawai. Sementara yang lainnya, yaitu sekitar 758.018 akan dialokasikan ke lembaga pendidikan yang berada di daerah-daerah.

1. Dosen (Kemendikbud/Kemenag)

Dari data yang ada, keseluruhan pengampu jabatan dosen akan ditempatkan di instansi pusat. Formasi ini dibuka untuk tenaga pendidik/dosen yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek dan Kemenag.

Sebagai informasi, rencana pengadaan ASN periode 2022 akan membuka lowongan sebanyak 20.000 posisi. Untuk diketahui, formasi ini hanya tersedia dalam pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

2. Tenaga Kesehatan/Dokter

Jabatan yang dibutuhkan pemerintah sekaligus menjadi fokus di rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara tahun ini adalah tenaga kesehatan. Kabarnya, jabatan dokter lebih diutamakan demi memenuhi kebutuhan di berbagai daerah.

Sementara itu, untuk jabatan lain di formasi tenaga kesehatan, seperti bidan, hanya dibuka di beberapa daerah tertentu. Contohnya adalah kawasan di daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur.

Untuk diketahui, total tenaga kesehatan yang dibutuhkan dan dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan adalah 3.000 posisi.

3. Jabatan Teknis Lain

Selain tenaga pendidik dan tenaga kesehatan, pemerintah juga membuka sejumlah formasi PPPK untuk mengisi jabatan teknis lainnya. Jabatan ini akan dialokasikan ke instansi atau lembaga pusat dengan jumlah sekitar 25.554 pegawai.

4. Fungsional Lain

Selain jabatan teknis, pemerintah juga membuka lowongan untuk mengisi jabatan fungsional lainnya. Berdasarkan peraturan terbaru mengenai jabatan fungsional, jumlah posisi yang bisa diisi oleh PPPK adalah 180-an.

Jabatan tersebut terdiri dari berbagai posisi yang dibutuhkan untuk membantu mempercepat pelayanan terhadap masyarakat. Namun, jabatan yang dimaksud tidak tertera dalam struktur pegawai di instansi pemerintahan, baik itu kementerian atau lembaga non-kementerian.

Untuk diketahui, jumlah yang dibutuhkan untuk mengisi jabatan fungsional lain adalah sebanyak 184.239 pegawai. Rencananya, pegawai dengan posisi ini akan dialokasikan ke pemerintah daerah saja.

5. Formasi Putra-putri Papua

Sebagaimana pada pengadaan Calon ASN di tahun-tahun sebelumnya, pemerintah juga memberikan kesempatan bagi putra-putri Papua di periode sekarang. Dari jumlah kebutuhan sebanyak 1 juta ASN, total lowongan yang akan dibuka untuk mengisi formasi PPPK adalah 41.376.

Selain untuk jabatan dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, pemerintah tidak membuka lowongan untuk mengisi status CPNS. Pasalnya, kembali pada informasi yang telah disinggung sebelumnya, tahun ini tidak ada perekrutan ASN dengan formasi CPNS.

Namun, untuk mengisi kebutuhan pegawai struktural di lembaga pemerintahan, pemerintah membuka lowongan sebanyak 8.941 posisi. Posisi tersebut direncanakan akan diisi oleh lulusan sekolah kedinasan saja.

Jadwal Seleksi PPPK 2022

Setelah mengetahui jumlah formasi yang dibutuhkan pemerintah untuk mengisi berbagai jabatan, kabar mengenai jadwal seleksi jelas dinantikan. Nah, untuk diketahui, hingga saat ini pemerintah belum menetapkan kapan jadwal seleksi ASN ini diselenggarakan.

Pasalnya, jumlah 1 juta ASN yang dicanangkan sebagaimana disebutkan sebelumnya masih belum terpenuhi. Pemerintah pusat masih menunggu usul kebutuhan lanjutan dari para pejabat daerah.

Diketahui, pemerintah pusat akan segera melakukan koordinasi dan komunikasi lebih lanjut mengenai rekrutmen PPPK bulan April ini. Hal ini menjadi tanda bahwa pengadaan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja tampaknya akan segera dibuka.

Jika dilihat dari pengadaan seleksi tahun lalu, tampaknya PPPK 2022 juga akan dibuka pertengahan tahun, serupa dengan pengadaan sebelumnya. Lantas, apa saja yang harus disiapkan calon pelamar untuk mengisi salah satu formasi PPPK sebagaimana disebutkan?

Persiapan Menjelang PPPK 2022

Guna menjadikan diri Anda siap menjalani seleksi PPPK nanti, penting bagi masyarakat untuk menyiapkan beberapa hal untuk proses melamar. Tidak lain dan tidak bukan, persiapan yang perlu dilakukan saat ini adalah mengumpulkan berkas atau dokumen untuk mendaftar seleksi.

Dengan mempersiapkan berkas-berkas ini lebih awal, Anda bisa lebih teliti ketika nanti proses registrasi resmi dibuka. Untuk diketahui, berikut adalah beberapa dokumen penting yang wajib disiapkan sejak saat ini.

Di antaranya, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), ijazah dan transkrip nilai dari pendidikan terakhir calon pelamar. Selanjutnya, Anda juga perlu menyiapkan pas foto dengan kualitas terbaik, tetapi beresolusi sesuai ketentuan.

Umumnya, maksimal 200 atau 300 KB. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan berkas lamaran sesuai ketentuan instansi yang dilamar.

Selain itu, terdapat pula syarat melampirkab surat pernyataan yang menjadi syarat lain lembaga tujuan.

Baca Juga: 242.080 Formasi PPPK Kemenag 2022 Segera Dibuka, Siap Ikut?

Siap Menjadi ASN PPPK 2022?

Jadi, itulah jumlah formasi PPPK yang saat ini dibutuhkan pemerintah untuk mengisi berbagai jabatan di lembaga pemerintahan. Setelah mengetahui tingginya kebutuhan ASN, bagi yang berniat mengikuti seleksi dan menjadi bagian dari status itu, Anda wajib bersiap.

Persiapan fisik yang bisa Anda lakukan untuk sekarang adalah menyiapkan dokumen lamaran. Di sisi lain, Anda juga perlu menyiapkan mental dan wawasan guna menghadapi serangkaian seleksi di pengadaan PPPK nanti.

Sebagai informasi, terdapat tiga jenis tes yang akan dilalui peserta, di antaranya adalah seleksi kompetensi teknis. Selanjutnya, terdapat seleksi kompetensi manajerial dan akan dilanjutkan dengan seleksi kompetensi sosio kultural.

Lebih lanjut, peserta yang berhasil melewati semua tahapan seleksi kompetensi itu akan masuk ke tahap wawancara. Sebagai informasi, seluruh tahapan dalam rekrutmen diadakan dengan sistem profesional berbasis CAT atau Computer Assisted Test.

Dengan teknologi ini, transparansi seleksi makin terjamin dan hasil yang akan tampil tidak bisa dimanipulasi. Jadi, siap mengikuti seleksi dan mengisi salah satu formasi PPPK yang dibutuhkan pemerintah tahun ini?

Leave a Comment