Mekanisme Lengkap Terkait Pengadaan PPPK Info Terbaru dari BKN

Sejak selesai serangkaian seleksi di tahap II (dua), agenda PPPK info terbarunya selalu dinantikan masyarakat umum. Namun, hingga April 2022, pemerintah masih belum menentukan tanggal resmi pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara periode tahun ini.

Meskipun belum terdapat kepastian, tetapi pihak pemerintah terus menyusun kebijakan terbaik yang akan dipakai untuk rekrutmen nanti. Perlu diketahui, berikut adalah draft aturan atau mekanisme yang masih dipertimbangkan pemerintah.

8 Aturan Rekrutmen PPPK Info Terbaru

Melalui kanal YouTube Komisi X DPR RI, mekanisme untuk perekrutan calon PPPK info terbaru disampaikan di sana. Berikut aspek yang masih perlu penyusunan dan kabarnya akan terus digodok hingga aturan benar-benar matang serta tepat digunakan.

1. Kuota PPPK Guru Harus Lebih Banyak

Indonesia masih kekurangan guru, terlebih di sekolah-sekolah yang terletak di daerah pedalaman. Masyarakat pedalaman sangat membutuhkan perhatian lebih besar agar orang-orang di sana beranjak maju.

Untuk mencapai tujuan itu, guru adalah pengayom dan pembimbing paling tepat untuk menciptakan generasi unggul dan berkualitas. Dari keadaan ini, pemerintah sudah mencanangkan lebih dari 900 ribu kuota PPPK yang akan dibuka di rekrutmen periode 2022. Karena itulah, jika Anda adalah seorang guru, maka terus pantau update di situs resmi pendataan guru yaitu https://ppg.simpkb.id/.

2. Peserta PPPK Tahap I & 2 Prioritas

Mekanisme selanjutnya ini seharusnya menjadi keuntungan bagi para peserta PPPK tahap sebelumnya. Jika diresmikan, sebaiknya jangan sampai melewatkan pengadaan yang punya kebijakan terbaik ini.

Yaitu, aturan yang meringankan para peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, khusus bagi yang sudah pernah mengikuti. Selain itu, peserta juga sudah melewati nilai ambang batas, tetapi kalah menjadi yang teratas.

Peserta golongan ini akan diberikan kemudahan dan disediakan seleksi khusus yang punya perbedaan dengan tes untuk pelamar baru.

3. Ada Apa dengan Akhir Mei 2022?

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, hingga saat ini PPPK info terbaru masih seputar jadwal yang menjadi sumber tanda tanya. Serupa dengan itu, akhir Mei disebut BKN akan ada penetapan jumlah formasi resmi.

Untuk diketahui, sampai saat ini usul perekrutan PPPK dari pemerintah daerah dikatakan belum mencapai setengah dari rencana pemerintah pusat. Oleh karenanya, pemerintah masih harus mempertimbangkan bagaimana kelanjutan dari pengadaan Calon ASN versi abad 21 ini.

Sebagai informasi, dari jumlah 1 juta PPPK, berikut adalah rincian formasi yang jadi perencanaan pemerintah. Pertama, pemerintah pusat mencanangkan ASN-PPPK berjumlah 93.554 yang terbagi ke beberapa jabatan, seperti guru, dosen, dokter, dan lain-lain.

Sementara itu, untuk jabatan di pemerintah daerah dicanangkan mencapai angka 942.257 formasi. Kuota tersebut akan dialokasikan untuk jabatan guru dan dan jabatan fungsional lainnya.

4. Tahap 3 Digabung dengan Periode 2022?

Belum terdapat kejelasan, tetapi beberapa pejabat pemerintah, seperti Sekretaris Ditjen GTK, Nunuk Suryani, telah memberi sedikit bocoran. Salah satu pegawai di Kementerian Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini menyebut hal serupa dengan info yang beredar.

Kabarnya, seleksi Pegawai PPK tahap 3 Tahun 2021 memang belum tentu digelar. Terlebih, mengingat waktu yang makin sempit sehingga butuh alternatif agar kebutuhan pegawai terpenuhi dengan cepat tanpa membuang banyak waktu.

Namun, meski belum resmi, mekanisme poin keempat ini telah menimbulkan pro dan kontra di berbagai kalangan. Baik guru maupun masyarakat umum, keduanya punya persepsi masing-masing sehingga pemerintah tidak langsung mengetuk palu dan menetapkan aturan tersebut.

5. Kuota Akan Diperbesar Jika Pemda Mengusulkan

Berdasarkan warta PPPK info terbaru pengadaan ASN tahun 2022, jumlah kuota formasi bisa lebih banyak dari rencana. Dengan catatan, pemerintah daerah harus segera mengajukan usulan mengenai berapa kebutuhan peserta.

Sekalipun sangat tinggi, pemerintah pusat bisa saja menyetujuinya. Namun lagi-lagi, jumlah peserta seleksi hingga formasi nanti sangat tergantung pada kebijakan daerah.

Untuk itu, jika Anda sebagai guru merasa bisa menjadi bagian PPPK dengan catatan formasi kebutuhan cukup besar, coba cara berikut. Pihak pemerintah menyarankan calon peserta PPPK supaya langsung usul pada PPK atau Pejabat Pembina Kepegawaian.

6. PPPK 2022 Mengakomodasi Peserta Tahun Lalu

Bagi guru yang tidak mendapat kabar lanjutan setelah lulus passing grade, dan itu adalah kesalahan BKN maka bisa melakukan pengajuan. Nantinya, jika ikut seleksi PPPK info terbaru peserta bisa mendapatkan skala prioritas dari Panselnas.

7. Guru Tidak Bisa Mengajukan Posisi Sesukanya

Pada beberapa jenis seleksi, terdapat mekanisme yang memperbolehkan peserta memilih lokasi instansi sendiri. Namun, di beberapa pengadaan seperti PPPK info terbarunya peserta lama harus ikut pada ketentuan sistem rekrutmen.

Termasuk melaksanakan tanggung jawab yang diberikan di wilayah mana pun oleh instansi pemerintah. Cara ini dianggap efektif untuk menekan pergeseran wilayah tugas peserta PPPK.

Dengan menerapkan sistem ini, peserta yang sudah siap bakal lebih semangat sebab kualitas bahan yang lembut dan menjamin.

8. Mempercepat Perekrutan 1 juta ASN-PPPK

Sempat disinggung sebelumnya, perekrutan calon PPPK info terbarunya peserta harus lebih banyak dari tahun sebelumnya. Dengan ini, rencana untuk merekrut  Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja dalam jumlah besar dapat terpenuhi.

Tahapan Rekrutmen PPPK 2022

Melansir dari sistem seleksi PPPK, berikut prediksi jadwal sebagaimana dipaparkan dalam Channel Youtube Komisi X DPR. Pertama, kebutuhan formasi pegawai tahun ini akan dimutakhirkan di bulan Mei.

Sebelum itu, usul pengajuan formasi dari Pemerintah Daerah akan ditunggu hingga masuk akhir April. Selanjutnya, panitia akan memvalidasi usulan kebutuhan dan menetapkan kebutuhan tersebut antara Mei hingga Juni.

Berikutnya, formasi akhir akan disampaikan pada bulan Juni dan jumlah formasi segera diintegrasikan dengan sistem SSCASN. Selanjutnya, panitia mengumumkan jumlah resmi formasi dan membuat agenda pasti pengadaan atau pendaftaran di https://sscasn.bkn.go.id/.

Terakhir, saatnya peserta maju dan membuktikan diri jika kompetensinya cukup menunjang tanggung jawab PPPK dengan jabatan tujuan. Untuk diketahui, prediksi jadwal registrasi hingga seleksi kompetensi pada rekrutmen PPPK adalah bulan Juli.

Namun, untuk mendapatkan info resminya, Anda bisa terus memantau pengumuman terbaru dari laman BKN resmi.

Baca Juga: Daftar Orang-Orang yang Tidak Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Indonesia

Pentingnya Selalu Update PPPK Info Terbaru

Sebagai informasi, total formasi PPPK yang sudah masuk rencana di pengadaan nanti adalah 17.3 persen. Jika dikonversikan pada angka, jumlah yang sudah pasti dibuka adalah sekitar 13.239 peserta.

Jumlah ini masih bisa bertambah dan diharapkan bisa terus bertambah. Untuk diketahui, di antara jabatan yang paling dibutuhkan di PPPK Guru 2022 adalah Guru PJOK dan Guru Kelas TK.

Selain itu, terdapat juga kebutuhan Guru Agama dan Guru Seni Budaya atau Milik, yakni Muatan Lokal. Pemerintah berharap dengan kesempatan menjadi ASN yang terbuka lebar ini, masyarakat mempunyai animo tinggi.

Sehingga, distribusi guru merata dan ekonomi guru pun bisa lebih sejahtera dibandingkan dengan status honorer. Bagaimana menurut Anda, bisa bersiap untuk mencapai kedudukan terbaik di rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja?

Nah, itulah ulasan seputar pengadaan PPPK info terbaru mengenai jadwal yang masih belum diresmikan Panitia Seleksi Nasional. Meskipun masih prediksi, tetapi pengadaan ini pasti dilangsungkan sehingga persiapan tetap wajib dilaksanakan, ya.

Leave a Comment