Jurusan yang Relevan dengan PPPK Kesehatan Apa Saja?

Tahun ini pemerintah akan merekrut tenaga kesehatan non ASN (PPPK), tahu kah Anda PPPK kesehatan apa saja? Para PPPK kesehatan ini juga akan mendapatkan tunjangan dan gaji sama halnya dengan PNS, kecuali dana pensiun.

Pengertian PPPK Kesehatan

PPPK kesehatan merupakan pegawai pemerintah di bidang kesehatan. Para tenaga PPPK kesehatan ini juga menandatangani perjanjian kerja yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Tenaga kesehatan ini juga mendapatkan tunjangan serta gaji yang sama besar dengan PNS. PPPK kesehatan terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, bidan, perawat, sampai apoteker.

Memiliki tugas serta peran masing-masing, membuat tenaga kesehatan ini wajib mendapatkan tunjangan serta apresiasi dari pemerintah. Sebagai pelayan masyarakat dan mengabdikan kepada masyarakat tentu peran tenaga kesehatan sangatlah penting.

PPPK Kesehatan Apa Saja?

Mengenal lebih dekat dengan para tenaga kesehatan atau PPPK kesehatan, berikut ulasannya:

1. Dokter Umum

PPPK kesehatan apa saja? Untuk yang pertama ialah dokter umum. Para tenaga medis ini seringkali terlihat dan dinas di puskesmas atau rumah sakit negeri.

Dokter umum ini juga menghadapi ujian untuk menjadi seorang ASN sama seperti pegawai yang lain. Biasanya para dokter ini akan membuat sebuah grup telegram dimana nantinya akan dibahas tentang segala informasi tentang tes PPPK ini.

Misalnya membahas tentang materi yang akan disampaikan saat tes, latihan soal kompetisi, teknis dokter, kompetensi manajerial, sosio-kultural, sampai wawancara. Setelah itu para dokter ini akan saling sharing tentang informasi dan mendiskusikan semua hal.

Tujuannya agar para dokter ini bisa mengikuti tes PPPK kesehatan dengan lancar dan baik. Sehingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

Sehingga para Nakes ini bisa mendapatkan tunjangan serta apresiasi yang sesuai dari pemerintah. Memiliki peran penting dalam bidang kesehatan serta layanan untuk masyarakat tentu para NaKes berhak atas apresiasi yang tinggi.

2. Dokter Spesialis

PPPK kesehatan apa saja? Dokter spesialis, tenaga kesehatan yang bekerja sesuai dengan keahliannya. Misalnya dokter spesialis anak melayani pasien anak dengan berbagai macam keluhan.

Dokter spesialis jantung bekerja dengan menangani pasien dengan keluhan jantung, dokter kulit dan dokter spesialis lainnya. Para dokter spesialis ini mengikuti tes PPPK sesuai dengan prosedur serta materi yang berkaitan dengan pekerjaannya. Para dokter spesialis ini memiliki peran yang sangat penting dibidang kesehatan, apalagi jika ada pasien dengan keluhan berbeda.

Melihat peran para tenaga kesehatan ini memang sangat penting dan patut mendapatkan apresiasi serta tunjangan atas jasanya.

3. Dokter Gigi

PPPK kesehatan apa saja? Selanjutnya ialah dokter gigi, para dentist ini juga akan menghadapi ujian PPPK sebelum menjadi pegawai ASN. Segala persiapan juga tidak luput dari perhatian para dokter gigi ini.

Mulai dari mempersiapkan materi, segala macam informasi,  dan macam teknis tentang perawatan gigi.  Para dokter gigi ini juga akan membentuk grup di media sosialnya untuk membahas segala macam mengenai tes PPPK yang akan dihadapi.

Dokter gigi mengambil peranan terhadap kesehatan gigi dan mulut para pasien. Misalnya pasien yang mengalami keluhan radang gusi, gigi berlubang, sariawan, cabut gigi, atupun hanya sekedar periksa gigi rutin.

4. Bidan

Bidan desa sering dijumpai di POSKESDES ( Pos Kesehatan Desa). Para bidan ini melayani masyarakat dibidang kebidanan seperti posyandu, kehamilan dan kelahiran anak.

Para bidan desa ini juga bertanggungjawab atas kesehatan bayi, balita, ibu-ibu hamil, bahkan yang telah melahirkan. Bertugas mengkontrol kesehatan, vitamin yang harus diberikan serta vaksin lengkap (untuk bayi dan balita).

Para bidan ini juga bertanggungjawab atas kesehatan para lansia (lanjut usia) dengan seringnya mengadakan penyuluhan. Setidaknya satu bulan sekali para lansia akan di periksa kesehatannya serta memberikan vitamin secara gratis.

Para bidan ini sebelum dinas dan menjadi pegawai ASN juga menghadapi tes PPPK. Dengan materi yang tentunya berbeda dengan dokter umum, spesialis dan dokter gigi.

5. Perawat

Pppk kesehatan apa saja? Perawat, atau lebih dikenal sebagai pembantu atau asisten dokter. Bertugas mengecek ulang dan mengkontrol pasien yang sudah ditangani oleh dokter terlebih dahulu.

Biasanya para perawat akan mengkontrol obat yang harus dikonsumsi pasien, tekanan darah pasien dan lain sebagainya.

Tapi tahukah Anda bahwa perawat juga termasuk pegawai ASN yang juga mengikuti tes PPPK kesehatan. Materi yang akan disampaikan juga tidak terlalu beda jauh dari tenaga kesehatan lainnya.

6. Apoteker

Jika Anda pergi ke apotek pasti akan dilayani oleh seseorang yang mengerti dan paham betul dengan obat-obatan. Bahkan paham dan mengerti dengan resep yang ditulis oleh dokter.

Padahal Anda sendiri mungkin tidak paham atau bahkan tidak bisa membaca tulisan tersebut. Inilah tugas seorang apoteker, seseorang yang melayani Anda saat membeli obat-obatan.

Para apoteker ini tidak luput dari ujian atau tes PPPK kesehatan. Para apoteker yang lulus ujian akan ditugaskan di apotek rumah sakit, puskesmas bahkan apotek yang sudah ditentukan sebelumnya.

Jadi PPPK kesehatan apa saja? Seorang apoteker, yang bertanggung jawab memberikan obat sesuai resep dari dokter.

7. Nutrisionis

PPPK kesehatan apa saja yang Anda ketahui? Seorang nutrisonis, merupakan pekerjaan di bidang kesehatan terutama nutrisi makanan.

Bertanggungjawab atas makanan yang akan dikonsumsi oleh para pasien. Dengan memperhatikan komposisi makanan, nutrisi, dan vitamin.

Selain nutrisi dan vitamin, seorang nutrisonis juga wajib memperhatikan keadaan pasien. Misalnya alergi pasien terhadap salah satu makanan juga perlu diperhatikan agar tidak memperparah keadaan pasien.

Para nutrisionis juga harus paham betul dengan kebijakan Kemenkes, undang-undang kesehatan, dan lainnya. Seperti halnya dengan nakes lainnya nutrisionis juga mengahadapi tes PPPK kekesehatan.

Agar dapat bertugas dan mendapatkan izin lisensi dari pemerintah. Juga mendapatkan apresiasi berupa tunjangan dan gaji yang sama besar dengan ASN.

Baca Juga: Sudah Tahu Berapa Tahun Masa Berlaku SK PPPK? Yuk, Simak di Sini!

Apakah Jurusan Anda Relevan dengan Formasinya?

Jadi PPPK kesehatan apa saja yang Anda ketahui? Dokter umum, spesialis, gigi, bidan, perawatan, apoteker sampai nutrisionis. Para tenaga kesehatan ini memiliki peran serta keahlian pada masing-masing bidang.

Bertugas melayani masyarakat dengan sepenuh hati dan ikhlas membuat para tenaga kesehatan ini menjadi sangat penting. Dengan mengikuti tes PPPK kesehatan para tenaga kesehatan akan mendapatkan apresiasi dari pemerintah.

Mendapatkan tunjangan serta gaji yang cukup besar. Juga mendapatkan izin lisensi bertugas dan berdinas.

Dengan mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi tes PPPK agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai. Para tenaga kesehatan ini dapat membuat forum atau grup di masing-masing media sosial sesuai bidangnya.

Dapatkan informasi lengkapnya tentang berbagai informasi mengenai PPPK kesehatan di situs resminya https://casn.kemkes.go.id

Demikian artikel PPPK kesehatan apa saja ini dibuat, semoga memberi informasi yang bermanfaat. Para tenaga kesehatan berhak mendapatkan apresiasi serta tunjangan yang layak dari pemerintah, karena peran NaKes sebagai garda terdepan.

Leave a Comment