Bidang Fokus PPPK 2022 dan Kriterianya, Siapkan Ijazah dan Sertifikat

Tahun 2022 pemerintah hanya merekrut anggota PPPK dengan bidang fokus PPPK 2022 saja, sehingga kebijakan tersebut cukup mengejutkan. Untuk sementara ini pemerintah tidak lagi menerima lamaran anggota CPNS dan berupaya menghapus tenaga honorer menjadikannya aparatur sipil negara.

Mengenal Bidang Fokus PPPK 2022  

Pemerintah sudah melakukan berbagai kebijakan untuk para CPNS, PPPK , ASN dan pegawai pemerintah lainnya. Dengan berbagai macam kebijakan inilah diharapkan seluruh kinerja para pegawai dapat terlaksana dengan maksimal dan sesuai.

Untuk saat ini pemerintah hanya memfokuskan untuk bidang tertentu saja. Para tenaga honorer tersebut ada tiga seperti tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan penyuluh.

Adapun beberapa faktor atau kriteria yang harus dipenuhi agar para pegawai ini bisa mendapatkan kebijakan tersebut. Tujuan dari kebijakan yang akan dilaksanakan tersebut yakni sebagai dasar pelaksanaan seleksi calon aparatur sipil (ASN).

Bidang Fokus PPPK 2022 dan Kriterianya  

Tahun 2022 pemerintah telah memberikan kebijakan untuk para pegawai PPPK dengan melakukan tes untuk menjadi tenaga ASN. Berikut bidang fokus PPPK 2022 dan kriterianya.

1. PPPK Tenaga Pendidikan

Kabar gembira untuk para guru honorer tanah air beberapa tahun terakhir ini telah disampaikan oleh Kemendikbud. Mengangkat guru honorer dengan memberi kesempatan untuk tes PPPK.

Apalagi bidang fokus PPPK 2022 sekarang tertuju kepada para tenaga pendidik. Memberikan apresiasi dengan membuka lebar kesempatan untuk para guru honorer untuk menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Tentu saja ini menjadi angin segar lagi setelah kesempatan pertama tadi. Untuk para tenaga pendidik bisa mulai berlomba untuk mencari informasi mengenai hal ini melalui web resmi Kemendikbud.

Apresiasi dari pemerintah seperti ini diharapkan agar para tenaga honorer dapat sepenuh hati mengabdikan diri untuk mencerdaskan anak bangsa. Tanpa ada bayangan pengabdian yang sia-sia karena tidak ada timbal balik dari pemerintah.

2. PPPK Tenaga Kesehatan

Tidak hanya tersenyum agar pendidikan yang mendapatkan kesempatan bagus ini, tenaga kesehatan juga dapat kesempatan yang sama. Tenaga kesehatan juga menjadi bidang fokus PPPK 2022 yang dilirik oleh pemerintah saat ini.

Mengangkat para tenaga kesehatan honorer menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk selanjutnya melangkah menjalani seleksi ASN. Disinilah kesempatan para tenaga kesehatan ini untuk mengikuti tes selanjutnya menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Adapun kebijakan pemerintah ini tidak lain dari program pemerintah. Yaitu penghapusan dan penghentian tenaga honorer di Indonesia tahun 2023.

Dengan kebijakan seperti ini diharapkan para tenaga kesehatan lebih baik dalam melayani masyarakat dalam hal kesehatan. Lebih maksimal dalam mengemban tanggung jawab.

Kini kesempatan menjadi anggota ASN bukan hal yang mustahil lagu untuk para honorer. Semoga kebijakan pemerintah ini kedepannya dapat berjalan sesuai dengan harapan masyarakat Indonesia.

3. PPPK Tenaga Penyuluh

Pemerintah tidak hanya melirik tenaga pendidik dan kesehatan saja untuk dijadikan aparatur sipil negara. Para penyuluh seperti petani juga mendapatkan kesempatan bagus untuk menjadi pegawai pemerintah yakni ASN.

Pemerintah memberikan apresiasi ini tidak lain mendukung program dan kegiatan pertanian. Menteri pertanian mendorong agar para THL-TBPP dapat diangkat menjadi aparatur sipil negara.

Syahrul Limpo selaku menteri pertanian mengatakan atas harapannya agar penyuluh dapat selalu mendampingi para pelaku usaha tani. Pendampingan para penyuluh untuk para pengembang dan pelaku utama usaha tani dimulai dari hulu hingga hilir.

Yang tak lain pendampingan mulai dari awal pengembangan hingga akhir (panen). Harapan dari pemerintah dalam melaksanakan program ini tidak lain untuk kesejahteraan para petani di Indonesia.

Meningkatkan produktivitas dalam bidang pertanian sehingga mengangkat perekonomian para petani Indonesia beserta keluarganya. Tentu bisa dibayangkan akan kebijakan pemerintah saat ini.

Perekonomian Indonesia mulai merangkak naik sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

4. Kriteria untuk Tenaga Kesehatan

Seperti yang sudah diterangkan diatas tentang bidang fokus PPPK 2022 yang dilirik pemerintah yakni tenaga kesehatan. Adapun kriteria yang harus dipenuhi para tenaga kesehatan ini agar mendapatkan kesempatan menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Seperti tenaga kesehatan belum menjadi seorang ASN, masih menjadi tenaga kontrak atau honorer pemerintah provinsi/ kabupaten/ kota. Masih menjadi tenaga honorer atau kontrak BLUD, kontrak dengan DAK non fisik (BOK), PTT.

Menjadi sukarelawan yang bekerja dengan menggunakan fasilitas kesehatan milik pemerintah. Fasilitas kesehatan tersebut digunakan untuk mengisi serta memenuhi kebutuhan dalam melayani kesehatan di daerah.

Selanjutnya ialah termasuk dalam 30 jenis jabatan fungsional kesehatan sesuai dengan keputusan presiden 38/2020. Memiliki latar belakang pendidikan tenaga kesehatan minimal D3, telah terdaftar dan terdata dalam SISDMK per tanggal 1 April 2022.

Mempunyai STR yang masih aktif untuk kategori Jabfung kesehatan sesuai dengan ketentuan KEMENPAN-RB 980/2021. Memiliki SIP untuk bekerja di fasyankes, serta mendapat usulan dari pemerintah provinsi dan kabupaten/ kota.

5. Kriteria untuk Tenaga Pendidik (Guru)

Impian para guru honorer kini telah terwujud, ini merupakan bentuk dari pengabdian para guru. Apresiasi dari pemerintah dengan melihat bidang fokus PPPK 2022 pada bidang pendidikan.

Mendapatkan kesempatan menjadi seorang aparatur sipil negara merupakan impian semua tenaga honorer. Berikut kriteria yang wajib dipenuhi oleh para tenaga pendidik honorer agar dapat melangkah ke jenjang aparatur sipil negara.

Yakni menjadi tenaga honorer THK-II sesuai dengan database THK-II di Badan Kepegawaian Negara (BKN). Guru honorer yang masih aktif dalam mengajar di sekolah negeri maupun swasta dibawah kewenangan pemerintah daerah.

Terdaftar sebagai guru DAPODIK kementrian pendidikan dan kebudayaan. Merupakan lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang belum menjadi seorang guru dan terdaftar di database Kemendikbud.

Edaran kebijakan tersebut sudah terlampir di Kementerian pendidikan dan kebudayaan no 1460/B.B1/GT.02.01/2021.

Baca Juga: Angin Segar dari 4 Menteri: Prosedur Pengangkatan Nakes PPPK 2022                    

Pastikan untuk Mengikuti Seleksi Sesuai dengan Aturan

Bidang fokus PPPK 2022 untuk saat ini yang dilirik pemerintah ada tiga yakni tenaga kesehatan, tenaga pendidik dan penyuluh. Ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah terhadap tenaga honorer yang telah mengabdikan diri kepada masyarakat.

Menjadikan program dari pemerintah yakni menghapus dan menghentikan adanya tenaga honorer. Dengan memberikan kesempatan menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Para tenaga honorer dapat menggali informasi ini dari berbagai situs resmi pemerintah seperti https://www.bkn.go.id Mendapatkan kesempatan bagus seperti ini jangan pernah terlewatkan.

Adapun harapan dari pemerintah agar para tenaga honorer yang diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN) bisa lebih maksimal melayani masyarakat. Mengabdikan diri untuk masyarakat serta dapat mengangkat perekonomian.

Membentuk masyarakat Indonesia menjadi manusia yang memiliki kualitas. Tidak hanya mengangkat perekonomian para tenaga honorer tetapi pemerintah juga berharap kebijakan tersebut dapat berdampak besar dengan kehidupan masyarakat.

Mendongkrak perekonomian masyarakat setelah diterjang keterpurukan akibat pandemi. Adapun kriteria yang wajib dipenuhi para tenaga honorer agar dapat melanjutkan langkah menjadi ASN.

Demikian artikel tentang bidang fokus PPPK 2022 yang dapat disampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah dengan harapan kehidupan para tenaga honorer lebih terjamin.

Leave a Comment