12 Pertanyaan yang Relevan atau FAQ PPG Prajab 2022

FAQ PPG prajab 2022 banyak sekali diucapkan oleh masyarakat, khususnya oleh para pendaftar yang memiliki banyak pertanyaan. Karena itu, artikel ini akan mengulas FAQ PPG prajab 2022 yang bisa menjawab pertanyaan yang sedang Anda pikirkan.

Apa Itu PPG Prajab?

Sebelum membahas FAQ PPG prajab 2022, Maia Anda harus tahu lebih dulu apa yang dimaksud dengan PPG prajab. Karena jika Anda langsung membaca FAQ PPG prajab 2022 tanpa paham apa yang dibahas, itu akan percuma saja.

Pendidikan Profesi Guru sendiri adalah sebuah program pendidikan profesi guru. PPG ini menggantikan pendidikan profesi istilah dulu yang dipakai atau PLPG.

PPG ini dibuka untuk pendaftar yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 dan D4, baik itu jurusan pendidikan atau non-kependidikan. Jika Anda adalah lulusan non-kependidikan, maka harus mengikuti PPG prajabatan lebih dulu sebelum menjadi PPG dalam jabatan.

Program pendidikan profesi guru ini bisa diikuti dengan melalui lembaga pendidikan tenaga kependidikan atau yang lebih sering diingat sebagai LPTK. Tetapi LTPK yang dijadikan sarana tidak boleh sembarang, LTPK harus sudah ditunjuk oleh seorang menteri riset dan teknologi, kementerian kebudayaan, kementerian pendidikan, juga harus memiliki studi sesuai jabatan yang ditarget.

Diadakannya program pendidikan profesi guru ini adalah untuk mengasah minat juga bakat sebagai calon pengajar yang bisa memenuhi standar nasional pengajaran Indonesia. Setelah berhasil menyelesaikan program PPG maka akan mendapatkan sertifikat, sertifikat ini sebagai pendidik profesional, usia dini, dan menengah.

Tahun 2022, pemerintah kembali membuka pendaftaran untuk semua calon PPG. Ketika pendaftar berhasil menjadi seorang pendidik yang profesional, maka beban biaya kuliah akan dihilangkan selama 2 semester.

Pada PPG lulusan D4 dan S1 akan belajar kembali dalam rangka meningkatkan kompetensi sosial, pedagogik, juga kepribadian sebagai dasar memulai karier menjadi guru yang memiliki sifat profesional sebagai seorang pengajar.

Formasi menjadi guru di uka disesuaikan dengan kebutuhan betapa banyak guru yang kurang.

FAQ PPG Prajab 2022 yang Sering Muncul

Bagi para pendaftar yang belum memiliki pengalaman apapun pasti sering sekali memiliki banyak pertanyaan mengenai PPG. Karena itu di bawah ini akan membahas FAQ PPG prajab 2022 yang sangat sering dijumpai.

1. Apa Itu PPG Prajab?

Pertanyaan paling atas yang muncul di kolom FAQ PPG Prajab 2022 adalah tentang penjelasan. Apa sebenarnya PPG prajabatan itu?  

PPG prajab adalah sebuah program yang dibuat untuk para pendaftar yang sudah menjadi S1 dan D4. Baik lulusan pendidikan ataupun non-kependidikan bagi calon-calon guru yang ingin mendapatkan sertifikat pendidik anak usia dini, dasar, dan menengah.

2. Apa Manfaatnya?

Pertanyaan  selanjutnya yang muncul di kolom FAQ PPG prajab 2022 adalah pertanyaan tentang manfaat. Apa manfaat dari mengikuti program PPG?

Manfaatnya adalah bisa memperoleh sertifikat seorang pendidik, mampu meningkatkan kompetensi sosial, pedagogik, dan kepribadian profesional untuk persiapan memulai karier. Dan yang terakhir adalah mendapatkan pengakuan banyak orang sebagai pendidik yang profesional.

3. Apa Perbedaan dengan PPG Sebelumnya?

Banyak sekali yang bertanya apa perbedaan PPG saat ini dan juga PPG sebelumnya?

Pendidikan profesi guru yang sekarang pendaftarnya ditetapkan didasari oleh berapa banyak kebutuhan guru.

Lulusan PPG prajabatan sudah pasti akan direkrut menjadi seorang guru. Induksi seorang guru pemula menjadi terintegrasi dengan PPG prajab.

Kurikulum PPG prajab terdiri atas mata kuliah utama, dan mata kuliah hasil pilihan selektif juga elektif dengan jumlah 39 SKS.

Adanya praktik pengalaman akan menjadi bagian dari proses belajar, akan dilakukan sejak semester awal, disesuaikan mata kuliah yang sedang ditempuh. Semua pejabat yang berkepentingan ikut dalam perekrutan guru-guru baru.

Terlibatnya seorang guru penggerak juga praktisi pendidik dalam upaya pelaksanaan pendidikan profesi guru prajabatan.

4. Berapa Jumlah Formasinya?

Berapakah jumlah formasi yang ada pada tahun 2022? Jawabannya adalah jumlah formasi yang tersedia pada tahun ini mencapai 40.000 formasi.

5. Apa Saja Program Studinya?

Banyak orang yang merasa bingung tentang program studi kemudian bertanya di kolom FAQ. Pada kolom FAQ PPG Prajab 2022, telah dijawab bahwa program studi yang ada adalah guru kelas SD, bahasa Indonesia, matematika, guru kelas TK, pendidikan luar biasa, pendidikan jasmani dan kesehatan.

Selain itu ada juga formasi untuk guru bahasa Inggris, ilmu pengetahuan alam. Ilmu pengetahuan sosial, pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, sejarah, ekonomi, biologi, kimia, dan fisika.

6. Bagaimana Cara Pendaftaran yang Harus Dilakukan?

Pertanyaan bagaimana Cara untuk mendaftar PPG juga sering sekali ditemui. Untuk ikut serta, Anda bisa melakukannya melalui situs PPG kemendikbud lalu isi semua persyaratannya.

7. Bagaimana Tahapan Seleksinya?

Tahapan apa saja yang ada untuk seleksi dan berhasil lulus? Hanya ada tiga tahap seleksi saja, yaitu seleksi administrasi, tes substantif, dan akhirnya tes wawancara ketika berhasil lulus.

8. Apa Itu Tes Substantif?

Pernyataan tentang apa saja yang akan diuji ketika melakukan tes banyak sekali ditemukan di kolom FAQ. Lalu apa saja yang sebenarnya akan dinilai oleh yang bersangkutan?

Pada tes ini maka pendaftar akan diuji kemampuan dasar numerasi dan juga literasinya. Tidak lupa akan diuji tentang penguasaan materi dari bidang studi yang diambil.

9. Dimana Lokasi Tes Substantif?

Setelah mempersiapkan diri untuk tes, lalu dimana tempat pelaksanaannya? Tes ini akan dilakukan di tempat uji kompetensi atau TUK yang sudah dikoordinir oleh pihak LPTK.

10. Berapa Biaya yang Dikenakan?

Apa pendaftar PPG akan dikenai biaya? Jawabannya adalah tidak ada pungutan biaya. Tapi untuk biaya hidup juga pendaftaran selama ikut PPG harus ditanggung oleh masing-masing.

11. Bagaimana Pelaksanaan PPG Pra Jabatan?

Sering orang bertanya bagaimana sebenarnya para pendaftar melakukan programnya? Para pendaftar PPG akan melakukan kuliah kembali dalam waktu 1 tahun atau lebih tepatnya adalah selama 2 semester.

Aktivitas kuliah akan dimulai dengan tahap orientasi dulu, kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran yang dilakukan secara simultan, baik di sekolah, kampus, atau masyarakat. Serangkaian kegiatan tersebut akan ditutup di dengan uji kompetensi profesi guru.

12. Lokasi Pelaksanaan PPG Apakah Sesuai Domisili?

Bagi Anda yang bertanya-tanya harus pergi kemana untuk melakukan kegiatan? Jawabannya adalah PPG akan dilakukan di sebuah LPTK atau perguruan tinggi yang sudah ditetapkan kementerian pendidikan, kebudayaan, juga riset dan teknologi.

Baca Juga: 5 Pertanyaan yang Sering Diajukan atau FAQ PPG Daljab 2022

Cari Tahu Lebih Lanjut Tentang FAQ PPG Prajab 2022 di Situs Kemdikbud

Kolom untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang membuat Anda bingung dapat diakses pada situs PPG kemendikbud. Di sana bAnda bisa melihat banyak pertanyaan tersedia yang sering menjadi masalah bagi pendaftar, beserta Jawa.

Untuk melihat pertanyaan lebih rinci lagi, Anda bisa menekan icon garis tiga di bagian kanan atas. Setelah itu, tuliskan FAQ lalu tekan, di sana sudah tersedia banyak pertanyaan yang mungkin mewakili pertanyaan Anda juga.

Seperti yang sudah dijabarkan pada artikel di atas, diharapkan kebingungan dari para pendaftar dapat hilang karena sudah mendapatkan jawaban. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situs resminya di https://ppg.kemdikbud.go.id/.

Leave a Comment