Jadi Bagian dari Guru Penggerak 2022 untuk Meningkatkan Kompetensi

Guru penggerak 2022 merupakan suatu program yang diluncurkan oleh pemerintah untuk menjadi praktisi dan fasilitator dalam dunia pendidikan. Program ini tercetus selama masa pandemic karena banyak siswa kesulitan belajar saat daring.

Pengertian Guru Penggerak 2022

Pengajar adalah tonggak suatu bangsa dimana pada tangannya lahir tunas-tunas baru anak muda berprestasi. Guru juga merupakan obor penerang bagi siswa yang mulai mengeja tentang dunia.

Pendidik bertuga selain mentransfer ilmu kepada muridnya juga harus mendidik supaya memiliki karakter mulia. Hal ini akan terus berjalan sepanjang hayat dikandung badan dengan mengemban amanah yang mulia menjadi pendidik bangsa.

Seiring perkembangan zaman sangat banyak ditemukan berbagai fasilitas dan media untuk menyampaikan ilmu. Perkembangan komputer dan internet membuat para murid tidak terhalang waktu mengetahui suatu ilmu.

Siswa akan mudah mengakses berbagai model ilmu yang ingin diketahui melalui internet dan ruang pendidikan. Pendidik juga semakin dituntut untuk menguasai teknologi supaya tidak ketinggalan dengan para muridnya.

Berbagai lomba untuk meningkatkan kompetensi pengajar diadakan oleh pemerintah untuk menunjang cara mengajar dengan lebih mudah dan sesuai teknologi. Kondisi pandemi yang sempat terjadi di seluruh belahan dunia juga sangat berpengaruh pada dunia pendidikan.

Pengajaran harus dilakukan dengan cara daring menggunakan internet dan tatap muka melalui komputer. Banyak pendidik dan siswa tergagap melalui masa pandemic bagaimana menyampaikan materi supaya murid mengerti.

Pemerintah meluncurkan suatu program yang disebut guru penggerak. Guru penggerak 2022 sudah berjalan selama dua tahun lamanya dan banyak yang terbantu dalam meningkatkan kualitas mengajarnya.

Pengajar penggerak ini diharapkan bisa mendorong atau meningkatkan komunitas belajar untuk pendidikan yang lebih baik. Pendekatan yang dilakukan oleh program ini menggunakan blend learning dan andragogi.

Sistem pembelajaran menggunakan dua cara yang sangat biasa dilakukan oleh pengajar. Sistemnya menggunakan cara daring melalui internet dan tatap muka secara langsung.

Kabar Baik Untuk Semua Guru Dari Kemendikbud

Program ini sudah berjalan selama dua tahun dengan menghasilkan lulusan hingga angkatan 7.  Ada syarat yang harus dipenuhi supaya bisa menjadi salah satu pengajar dalam program ini.

Syarat tersebut diberlakukan untuk mengantisipasi ketidakcocokan dengan sistem yang dijalankan oleh kementrian pendidikan. Tahun 2022 pemerintah malah sudah mulai mengrekrut secara resmi pengajar untuk program ini.

Calon angkatan guru penggerak 2022 angkatan 8, 9, dan 10 akan diangkat langsung oleh kemendikbud. Hal ini tertuang dalam keputusan tahun 2022 nomor 2208/B3 /GT.00.08 yang berlaku untuk seluruh daerah di Indonesia.

Kemendikbud sudah menyampaikan kabar gembira untuk seluruh jajaran pendidik mulai dari PAUD hingga SMA bahkan SLB. Kabar gembira tersebut berupa beberapa poin penting sebagai berikut:

1. Guru Berperan Penting dalam Pendidikan

Pendidik adalah pemimpin dalam mengatur pembelajaran sehingga mendorong murid menjadi lebih aktif dan proaktif dalam kelas. Sedangkan guru penggerak 2022 berfungsi untuk memimpin kegiatan belajar secara holistik untuk meningkatkan minat belajarnya.

Peranan penting yang diemban oleh pengajar penggerak adalah untuk menggerakan komunitas belajar. Komunitas belajar ini didominasi rekan terdekat misalnya teman sejawat yang ada di wilayah kerja maupun sekolah.

Sang pelopor juga harus menjadi pendidik praktik bagi rekan kerja untuk mengembnagkan program pembeljaran. Komunitas belajar yang aktif diharapkan menghasilkan peningkatan murid dalam kepemimpinan di sekolah.

Pendidik yang mengikuti program pemerintah ini harus memiliki peran untuk membuka diskusi positif dan ruang kolaborasi. Kolaborasi antara pihak sekolah dan luar bisa meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Peran lainnya yang diemban adalah menjadi pemimpin dalam proses pembelajaran yang well-being ekosistem. Kondisi ini berarti menciptakan atmosfir pendidikan yang sehat di lingkungan sekolah.

Pemerintah mengharapkan melalui program ini bisa menjadikan seorang pendidik bisa menumbuhkan profil pelajar pancasila di sekolah.

2. Guru Penggerak Mendapat Pendidikan Tambahan

Pemerintah mengharuskan pengajar yang ingin mengikuti guru penggerak 2022 harus mengikuti pendidikan selama 6 bulan. Pengajar yang sudah lolos seleksi tes maka akan mendapatkan pendidikan untuk meningkatkan kompetensi dalam suatu lokakarya yang diadakan bersama.

Kompetensi yang akan diperoleh selama mengikuti pendidikan yang pertama bisa memimpin pembelajaran yang mengutamakan murid. Pengajar akan memperoleh ilmu untuk belajar secara berkelompok atau mandiri yang dibimbing, menyenangkan, dan terorganisir.

Pengalaman belajar yang didapatkan akan bisa saling berbagi dengan pengajar yang lolos seleksi lainnya. Keuntungan mengikuti ajang ini adalah mendapatkan bimbingan langsung dari mentor pendamping yang menemani dan membimbing secara langsung.

Pengajajar akan mendapatkan tempat baru untuk mengembangkan skill yang dimiliki. Anda juga akan memperoleh sertifikat pendidik penggerak dan sertifikat pendidikan selama 310 JP.

Anda tidak perlu khawatir karena selama mengikuti program ini maka pemerintah akan membantu dengan memberikan paket data dan konsumsi. Pemerintah juga menanggung akomodasi dan pelaksanaan lokakarya sesuai kebutuhan.

3. Waktu Pendaftaran

Guru penggerak 2022 angkatan 8 akan mulai dilaksanakan pada tahun 2023 tepatnya bulan April. Sasaran rekrutmen akan dilaksanakan pada 484 kabupaten digunakan untuk pendaftaran reguler.

Ada 30 kabupaten membuka pendaftaran untuk pengajar khusus dan 30 kabupaten untuk penggerak intensif. Penggerak daus juga membuka rekrutmen di 30 kabupaten yang ditunjuk.

Waktu pembelajaran berlangsung enam bulan dengan sistem luring dan daring. Keuntungannya bagi pengajar yang belum mengikuti PPG maka hanya perlu melaporkan diri saja serta mengikuti ujian terakhir UKIN dan UPI.

Waktu mendaftar mulai tanggal 1 hingga 30 September tahun 2022. Pendidik yang sudah atau belum bersertifikasi berpeluang mengikuti program ini.

Ada dua tahap pengrekrutan yaitu registrasi dan penilaian simulasi mengajar dan wawancara. Registrasi mulai dengan melengkapi pemberkasan, portofolio, esai, RPP, dan penilaian esai.

Sedangkan tahap kedua Anda harus mengajar dan mengikuti wawancara.  Lulusan ini diharapkan menjadi tenaga pengajar yang membuat siswa bahagia dan nyaman dalam belajar.

Program ini sudah menyasar seluruh pengajar ASN maupun tidak. Kepala sekolah ASN dan non ASN di semua jenjang pendidikan juga termasuk didalamnya.

4. Syarat Menjadi Guru Penggerak

Guru penggerak 2022 angkatan 8,9 dan 10 harus memenuhi syarat dan kriteria dari Kemendikbud. Syarat pertama semua guru yang mendaftar harus memiliki SK mengajar dan jika kepala sekolah maka harus ada NRKS.

Pengajar harus terdaftar di Dapodik dengan kualifikasi pendidikan minimal S1/D4.  Pendidik juga dituntut sudah mengajar selama lima tahun.

Terakhir, pendidik tersebut berumur tidak kurang dari 50 tahun dengan 10 tahun masa kerja berakhir setelahnya.

5. Waktu Seleksi

Waktu seleksi program kemendikbud untuk tahap 1 mulai tanggal 1 hingga 30 September 2022 dengan melakukan proses registrasi.

Tanggal 2 hingga 4 November hasil seleksi diumumkan. Seleksi tahap 2 dengan mengajar dilakukan tanggal 8 November hingga 24 Februari.

Tanggal 27 hingga 28 Februari akan diumumkan calon pengajar yang lulus. Tanggal 4 April hingga 13 Oktober  2023 mulai dilakukan pendidikan.

Baca Juga: 28 Poin Pembaruan Pada Sistem Update Dapodik Versi 2023

Libatkan Diri dalam Aktivitas Peningkat Profesionalisme

Guru penggerak 2022 merupakan program pemerintah untuk meningkatkan kompetensi pendidik dengan menyediakan sarana untuk belajar. Waktu pelaksanaan berlangsung selama enam bulan setelah lulus seleksi.

Siapa saja pengajar yang mengajar boleh mengikuti program tersebut selama memenuhi syarat yang ditentukan Kemendikbud. Guru penggerak 2022 memiliki tujuan untuk membuat pendidikan bangsa menjadi lebih maju lagi.

Leave a Comment